Tips & Cara Menjadi Blogger Yang Sukses

cara menjadi blogger

Punya rencana menjadi Blogger dan ingin sukses di bidang ini? Pelajari tips blogging / cara menjadi blogger dulu supaya lebih mudah dalam menjalankannya. Blogging tidak hanya hobi namun bisa menjadi sumber rezeki jika dilakukan dengan tepat. Jadi tidak heran jika banyak orang memilih menjadi blogger karena dapat meraup pundi-pundi uang dibidang ini.

Namun, meskipun blogger dapat menghasilkan uang bukan berarti mudah karena Anda harus melakukannya secara konsisten dan dengan strategi yang tepat. Setiap hal yang dapat memberikan keuntungan tentunya perlu kerja keras untuk mencapai-nya. Begitu dengan blogger, jika Anda ingin menjadi blogger yang sukses maka ada upaya yang harus Anda tempuh. Namun tenang karena disini kami akan berbagi tips blogging untuk menjadi blogger yang sukses.

Namun sebelum memasuki pada pembahasan cara menjadi blogger sukses, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang membuat seorang blogger gagal. Sehingga Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang dapat membuat Anda gagal dalam melakukan blogging.

Faktor yang Membuat Seorang Blogger Gagal

Bagi yang hobi merangkai kata-kata akan sangat menyenangkan menjadi blogger, apalagi jika dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Tentunya ini menjadi hobi yang menyenggangkan plus menguntungkan. Namun untuk menjadi blogger yang sukses tidak mudah karena ada banyak hal yang harus dilakukan. Jika menjadi blogger mudah, maka tidak akan ada orang yang gagal bukan? Nah supaya Anda tidak gagal menjadi blogger sukses maka hindari faktor-faktor berikut.

1 Tidak Konsisten dan Fokus

Penyebab seorang blogger gagal yaitu mereka tidak konsisten dalam membuat postingan blog. Mereka hanya senang ketika awal memulai saja namun di pertengahan jalan mereka berhenti. Ini yang akan menyebabkan seorang blogger gagal yang pada akhirnya tidak dapat menghasilkan penghasilan online.

Ketika blog berhenti update postingan terbaru maka pengikut akan meninggalkan blog tersebut karena tidak dapat menemukan informasi terbaru. Mereka akan mencari blogger lain untuk menemukan apa yang mereka cari. Jika ini terjadi pada Anda maka Anda akan kehilangan pengikut karena mereka akan meninggalkan Anda.

2. Tidak Fokus Terhadap Topik Utama

Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger adalah tidak fokus terhadap satu topik. Jika Anda melakukan hal ini maka blog Anda dianggap tidak profesional karena mencampur adukan topik. Jika sejak awal Anda membangun blog dengan topik kesehatan maka seterusnya harus membahas tentang kesehatan. Namun jika Anda membahas tentang digital marketing maka Anda harus fokus pada topik digital marketing.

Jika Anda membuat postingan blog dengan berbagai topik maka akan dianggap tidak konsisten dan akan membingungkan pengikut Anda. Jadi untuk itu Anda perlu menghindari faktor ini karena dapat menghambat kesuksesan blog Anda. Lebih baik fokus terhadap satu topik dan konsisten terhadap apa yang di bangun sejak awal.

3. Tidak Memprioritaskan Kualitas

Ada ribuan blog yang sama seperti milik Anda dan mereka juga ingin tampil di halaman depan hasil pencarian. Untuk membuat postingan mereka mudah ditemukan oleh pengguna internet maka mereka harus berlomba-lomba membuat postingan berkualitas. Yang sering membuat blogger gagal yaitu tidak fokus pada kualitas postingan, melainkan hanya fokus pada kuantitas postingan.

Padahal syarat utama menjadi blogger sukses adalah menyajikan postingan yang berkualitas dan bermanfaat bagi audiens. Ini merupakan syarat yang harus dimiliki oleh blogger, karena kualitas postingan sangat mempengaruhi kesukesaan blog itu sendiri.

4. Mengabaikan SEO

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula blogger adalah tidak menerapkan SEO pada blog mereka. Padahal SEO sangat penting karena dapat mendorong kesuksesan blog. Blog yang di optimalkan untuk mesin pencari akan lebih mudah mendapatkan peringkat sehingga dapat menghasilkan banyak pengunjung.

SEO sangat penting bagi blog karena dapat meningkatkan peringkat, kredibilitas dan tentu saja lalu lintas. Selain itu SEO juga mendatangkan audiens target karena SEO merupakan strategi untuk menargetkan orang-orang yang tepat sasaran.

5. Tidak Sabaran

Menjalankan segala sesuatu perlu proses dan waktu untuk mencapai kesuksesan. Begitu pun dengan menjadi blogger sudah barang tentu membutuhkan proses dan perjalanan yang panjang untuk menuju kesuksesan. Ini lah yang membuat blogger gagal karena mereka tidak sabaran dalam menjalankan prosesnya.

Cara Menjadi Blogger Yang Sukses

Setelah Anda mengetahui kesalahan blogging, kini saatnya Anda memasuki pada pembahasan cara menjadi blogger yang sukses. Ada beberapa tips / cara sukses blogging untuk menjadi blogger yang menghasilkan.

1. Membuat Blog Profesional

Yang harus Anda lakukan pertama kali ketika berencana menjadi blogger adalah memiliki blog profesional. Syarat utama menjadi blogger yang sukses yaitu dengan menyajikan blog profesional. Anda perlu membuatnya dengan desain yang menunjang seperti SEO friendly, Responsive dan mobile friendly.

Selain itu, tampilan blog juga harus menarik dan mudah dijelajahi. Oleh karena itu blog Anda perlu dibuat dengan navigasi dan tata letak yang sederhana namun tetap profesional. Dengan menyajikan blog yang profesional dan desain menunjang dapat meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengunjung.

2. Membuat Konten Berkualitas Terkait Bidang Anda

Setelah memiliki blog profesional tahap selanjutnya adalah membuat konten-konten berkualitas terkait bidang Anda. Anda perlu membuat konten yang informatif sesuai dengan bidang yang Anda pilih. Selain itu Anda harus membuat konten yang SEO friendly supaya lebih mudah untuk di rayapi dan di indeks oleh mesin pencari.

Konten yang ramah SEO berpeluang lebih besar mendapatkan peringkat lebih tinggi sehingga dapat menghasilkan lalu lintas lebih banyak. Jadi ketika Anda membuat konten berkualitas, Anda juga perlu fokus pada SEO Anda supaya di beri peringkat yang lebih baik oleh mesin pencari. Anda bisa membuat konten edukasi, konten menghibur maupun penawaran.

3. Respon Terhadap Pembaca

Untuk membuat pembaca lebih dekat dengan Anda, Anda perlu interaktif dengan mereka. Misalnya saja membalas / menjawab komentar mereka terkait pertanyaan mereka. Ketika Anda lakukan ini maka akan lebih menarik pembaca lain dan memungkinkan mereka untuk ikut komentar. Mereka juga akan menganggap Anda orang yang ramah dan perduli karena mau membalas setiap komentar mereka.

Interaktif terhadap pembaca juga akan sangat menguntungkan bagi Anda karena pembaca merasa lebih dekat dan pada akhirnya selalu mengikuti blog Anda. Selain itu hal ini akan menarik perhatian pembaca baru yang pada akhirnya bisa selalu mengikuti postingan terbaru Anda.

4. Konsisten

Cara menjadi blogger yang sukses adalah dengan konsisten memberikan update postingan dalam topik yang sama. Anda bisa memposting konten berkualitas setiap hari untuk membantu mesin pencari terus merayapi dan mengindeks blog Anda. Konsisten menyajikan informasi terbaru terkait bidang Anda akan membuat mesin pencari memberi peringkat lebih tinggi dan tentu saja meningkatkan kepercayaan pembaca.

Ini akan sangat bermanfaat pada pertumbuhan blog Anda, selain menaikkan peringkat dan kepercayaan pembaca, konsisten dan rutin memposting konten berkualitas akan meningkatkan lalu lintas blog Anda. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda semakin bagus pula untuk pertumbuhan blog Anda.

5. Menerapkan Strategi SEO Terbaru

SEO membantu blog Anda mudah ditemukan di mesin pencari, jadi melakukan SEO pada blog Anda adalah ide yang bagus. Anda harus menerapkan strategi SEO sesuai dengan algoritma Google terbaru. Melakukan strategi SEO baik SEO onpage maupun off page, karena kedua teknik ini akan mendorong peringkat dan lalu lintas blog Anda.

Selain itu SEO menargetkan audiens target yang tepat jika tujuan Anda membangun blog untuk menghasilkan uang secara online. Dengan SEO Anda akan menggunakan kata kunci yang terkait industri Anda untuk mendatangkan orang-orang yang tepat.

Nah itulah tips / cara blogging untuk menjadi blogger yang sukses. Anda bisa mulai sejak dini untuk membangun blog profesional. Jika butuh bantuan jasa pembuatan blog profesional jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membuat blog profesional dengan desain yang menunjang.