Mari Mengenal Cache Website Manfaat dan Jenisnya

cache website

Apa itu Cache Website dan mengapa begitu penting bagi website? Mari pelajari lebih lanjut tentang Cache Website, manfaat dan jenis-jenisnya disini. Di artikel ini kami telah menyiapkan pengertian Cache Website, manfaat dan jenis-jenisnya, jadi pastikan Anda terus membaca tulisan ini hingga akhir.

Jika Anda pernah mengalami kejadian menjengkelkan ketika mengakses website karena loading yang lama mungkin karena pemilik website tidak menggunakan Cache Website. Kami yakin ketika Anda menemukan website yang loadingnya menyita waktu Anda, maka Anda akan segera meninggalkannya dan mencari situs web yang memiliki loading lebih cepat.

Apabila kejadian itu menimpa pengunjung website Anda maka rasio bounce rate akan tinggi yang pada akhirnya mengakibatkan penurunan peringkat dan lalu lintas. Itu mengapa Anda perlu mempertimbangkan Cache pada website Anda jika tidak ingin website Anda mengalami loading yang lama ketika diakses.

Tapi sebelum Anda menerapkan Cache website pada website, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu Cache website, manfaat dan jenis-jenisnya supaya memudahkan Anda mengambil keputusan untuk website Anda. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Cache Website?

Web Cache merupakan penyimpanan data di server yang dapat digunakan kembali untuk menampilkan hasil pada permintaan berikutnya. Karena data sudah tersimpan pada server maka website tidak akan membutuhkan loading yang lebih lama karena dapat dengan cepat menampilkan data yang sudah ada.

Pada umumnya situs website dilihat puluhan, ratusan bahkan ribuan kali per bulan oleh pengguna mesin pencari. Dan setiap kali browser memproses permintaan maka server harus melakukan perhitungan yang rumit dan memakan waktu. Namun dengan adanya web cache, server dapat mengingat hasil akhir dalam menampilkan hasil halaman web Anda, sehingga hasil pencarian dapat ditampilkan lebih cepat.

Jenis-Jenis Web Caching

Ketika Anda memutuskan untuk menerapkan web caching tentunya Anda ingin tahu jenis-jenisnya sehingga Anda bisa menentukan menggunakan jenis web caching yang mana. Berikut jenis-jenis web caching.

1. Browser Cache

Ketika Anda mengunjungi situs web maka sebagian data akan disimpan oleh browser nah kumpulan data ini di sebut sebagai browser cachce. Browser cachce memungkinkan menyimpan data sementara pada browser Anda, ini memudahkan server menampilkan hasil setiap kali Anda mengunjungi situs.

Misalnya saja Anda sering mengunjungi situs web “darmanto.com untuk mendapatkan informasi ter upadate maka browser Anda akan secara otomatis menyimpan data ini. Jadi ketika Anda ingin mengunjungi situs web darmanto.com hasil yang ditampilkan akan lebih cepat dari sebelumnya.

2. Server Cache

Hampir sama dengan browser cachce, server cachce juga berfungsi menyimpan data namun yang membedakannya adalah tempat penyimpanan yaitu terletak pada server. Jenis web cache yang satu ini dapat menyimpan data lebih banyak jika dibandingkan dengan browser cachce. Sehingga memungkinkan menyajikan hasil yang disimpan yang pada akhirnya membuat semuanya lebih cepat.

Jika Anda pernah mendengar istilah “object caching” dan “full-page caching” ini adalah metode cache server. Object caching tidak menyimpan satu halaman penuh melainkan hanya menyimpan sebagian data.

Apa Saja Manfaat Web Cache?

Web cache sangat bermanfaat bagi website karena dapat menghemat bandwidth serta meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi. Pada umumnya web cache sangat penting dalam pengoptimalan seluler.

Anda tahu bahwa penggunaan smartphone lebih mendominasi dalam mengakses internet baik dalam mengakses media sosial bahan mesin pencari. Menurut penelitian, 70% lalu lintas berasal dari perangkat seluler, jika Anda tidak mengoptimalkan situs web Anda untuk seluler maka website Anda tidak akan direkomendasikan oleh mesin pencari.

Jika Anda ingin website Anda mendapatkan lalu lintas dari berbagai perangkat maka Anda harus mengoptimalkan website Anda untuk perangkat seluler dan desktop. Ini akan membantu meningkatkan peringkat dan juga meningkatkan pengalaman pengguna.

Setelah Anda mengetahui pengertian Web Cache dan jenisnya, Anda juga perlu tahu manfaatnya. Jadi apa saja manfaat Web Cache? Berikut beberapa manfaat cache website yang wajib Anda ketahui:

1. Meningkatkan Loading Website

Seperti yang Anda tahu bahwa website yang loadingnya lama memiliki potensi rasio bouce rate tinggi. Apabila rasio pentalan tinggi dapat berpengaruh terhadap prospek dan penjualan. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin website Anda mengalami penurunan lalu lintas dan peringkat maka akan lebih bijak jika Anda memperhatikan kepuasan pengguna. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan kecepatan loading website Anda.

Nah manfaat dari Web Cache ini adalah untuk mempercepat loading website. Anda bisa menerapkannya pada website Anda sehingga mengurangi tingkat pentalan yang tinggi. Ini akan membantu meningkatkan kepuasan pengguna yang akhirnya dapat berdampak besar pada peningkatan penjualan.

2. Membantu Meningkatkan Peringkat

Manfaat dari web cache berikutnya adalah membantu menaikkan peringkat website Anda. Web cache berpengaruh terhadap kecepatan loading dan pengalaman pengguna dalam hal respons terhadap berbagai perangkat. Ini akan membuat mesin pencari memberikan peringkat yang lebih baik untuk website Anda.

3. Meningkatkan Pengalaman Pengguna Yang Lebih Baik

Situs website yang cepat dan dapat diakses di berbagai perangkat akan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengunjung menyukai situs web yang cepat dan mudah diakses dari berbagai perangkat. Karena kepuasan pengguna tidak terletak pada konten saja namun juga pada pengalaman yang Anda tawarkan.

Karena web cache dapat menghemat memori, meningkatkan loading website dan meningkatkan pengalaman pengguna dari segi seluler maka akan membuat pengunjung senang berkunjung ke situs web Anda.

Kesimpulan

Kini Anda sudah mengetahui pengertian Cache Website, jenis-jenisnya dan manfaatnya. Jadi pada dasarnya web cache merupakan elemen yang dapat membantu menghemat memori, meningkatkan kecepatan website dan pengoptimalan seluler.

Pelajari juga: Apa itu SSL / TLS?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *