Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis-Jenis Pemasaran Online Paling Umum

Jenis Pemasaran Online

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan pemasaran online, maka Anda wajib tahu jenis-jenis pemasaran online. Karena pemasaran online mencangkup banyak jenis dan cara yang berbeda dalam menjalaninya, itu mengapa Anda wajib mempelajarinya. Dengan mengetahui jenis-jenis pemasaran online, Anda dapat merencanakan strategi pemasaran online yang sukses.

Salah satu manfaat dari pemasaran online adalah lebih mudah menjangkau pelanggan potensial. Namun untuk menjalankan pemasaran online, Anda perlu memilih jenis pemasaran online mana yang tepat untuk bisnis Anda. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena di artikel ini, kami akan memberi tahu Anda, apa saja jenis pemasaran online yang paling umum.

Jadi ketika Anda akan menjalankan pemasaran online, Anda dapat menentukan jenis pemasaran online mana untuk memulai. Mari, jelajahi bersama jenis pemasaran online yang umum yang dapat diterapkan untuk bisnis Anda.

1. Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial

Pemasaran media sosial adalah proses mempromosikan bisnis untuk mendapatkan penjualan melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Instgram. Social media marketing sendiri memiliki dua opsi, yaitu organik (gratis) dan berbayar.

Melakukan pemasaran media sosial organik yaitu berfokus pada membangun komunitas dan memperdalam hubungan dengan audiens target untuk mendorong minat beli. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan dalam pemasaran media sosial organik.

Salah satu yang umum dilakukan adalah dengan memposisikan merek Anda sebagai otoritas di niche pasar Anda. Anda dapat melakukannya dengan memposting konten berharga di akun media sosial Anda secara konsisten. Konten yang Anda posting bisa berupa gambar, video dan konten teks yang dibagikan dari situs website ke media sosial Anda.

Untuk membuat konten media sosial Anda menarik perhatian audiens target, Anda perlu membuatnya unik dan mewakili merek Anda. Ketika Anda memberikan konten yang khas dengan merek Anda, maka audiens target Anda lebih mudah mengenal merek Anda. Dan jika mereka membutuhkan produk atau layanan yang sama seperti Anda tawarkan, maka mereka akan mencari merek Anda.

Sedangkan pemasaran media sosial berbayar membutuhkan biaya untuk mempromosikan merek Anda. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan melalui pemasaran media sosial berbayar, karena setiap platform memiliki opsi promosi berbayarnya sendiri. Anda dapat menggunakan media sosial seperti Facebook Ads, Instagram Ads atau Twitter Ads untuk mengiklankan produk atau layanan Anda kepada penggunanya.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah jenis pemasaran online yang paling umum dan mungkin sudah tidak asing bagi Anda. SEO merupakan jenis pemasaran online yang sangat populer dan hampir semua pengusaha online menjalankannya. Search Engine Optimization (SEO) adalah metode mendatangkan lalu lintas berharga ke situs website dengan cara meningkatkan peringkat di mesin pencari.

SEO sendiri memiliki beberapa jenis optimasi yang membuat situs website disukai oleh mesin pencari dan pengguna. Jenis SEO yang paling umum adalah SEO onpage, SEO off page, SEO teknis dan SEO konten. Dari beberapa jenis SEO ini sangat berperan penting untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari, sehingga dapat mendorong lebih banyak lalu lintas berharga ke situs website Anda.

3. Content Marketing

Content Marketing

Pemasaran konten / content marketing merupakan proses membuat, mendistribusikan dan mempromosikan konten relevan secara konsisten yang dirancang secara strategis untuk menarik minat, melibatkan serta mengubah audiens target menjadi pelanggan. Ini merupakan jenis pemasaran online yang wajib ada di dalam list pemasaran pemilik bisnis.

Terdapat banyak bentuk konten yang dapat digunakan dalam mempromosikan bisnis seperti postingan blog, video, gambar, infografis, email dan lain sebagainya. Artikel yang saat ini Anda baca pun termasuk ke dalam pemasaran konten. Pemasaran konten terikat erat dengan banyak jenis pemasaran online termasuk pemasaran media sosial dan SEO.

Seperti yang telah Anda baca sebelumnya bahwa pemasaran media sosial merupakan salah satu saluran untuk mendistribusikan dan mempromosikan konten. Sedangkan kaitannya dengan SEO yaitu postingan blog yang Anda buat, merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat merek Anda tampil lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari.

4. Search Engine Marketing (SEM)

SEM

Jika Anda sudah tidak asing dengan SEO, maka Anda juga sudah tidak asing dengan SEM (Search Engine Marketing). Dimana SEM merupakan jenis pemasaran online yang menampilkan situs website Anda di halaman satu mesin pencari dengan cara instan. SEM Merupakan jenis pemasaran online berbayar yang menampilkan situs website Anda di halaman satu tanpa menunggu waktu yang lebih lama.

Yang paling populer dari Search Engine Marketing adalah Google Ads, karena Google Ads merupakan layanan periklanan yang di tawarkan oleh mesin pencari terbesar di dunia yaitu Google. Dikarenakan kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencari mereka, maka tidak heran jika para pengusaha online Indonesia memanfaatkan Google Ads untuk mempromosikan merek mereka di Google.

Google Ads sendiri menggunakan sistem PPC (Pay Per Click), dimana Anda hanya akan membayar kepada Google, apabila iklan Anda mendapat klik. Jenis pemasaran online ini cukup efektif untuk menghasilkan prospek berkualitas dengan cara yang lebih instan.

5. Pemasaran Email / Email Marketing

Pemasaran Email

Salah satu jenis pemasaran online yang cukup populer adalah email marketing. Email marketing adalah proses pemasaran yang memanfaatkan email untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan dan calon pelanggan. Untuk melakukan pemasaran email, maka Anda harus mengumpulkan email dari pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Menjalankan pemasaran email yang efektif dapat mendorong prospek berharga untuk membeli produk atau layanan Anda. Anda dapat menargetkan pelanggan baru bahkan pelanggan lama, Anda dapat mengirimkan email tentang penawaran baru, diskon hingga produk baru kepada mereka.

Selain itu, pemasaran email dapat membangun koneksi yang lebih erat antara Anda dengan pelanggan Anda. Anda dapat membuat pesan penawaran yang menarik yang di sertakan dengan banner untuk menarik perhatian audiens target Anda.

6. Pemasaran Influencer

influencer marketing

Satu lagi jenis pemasaran online yang saat ini tengah menjadi tren, yaitu pemasaran influencer. Influencer adalah seorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Anda dapat menggunakan seorang influencer untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pengikutnya. Ini cukup efektif untuk mendorong lebih banyak prospek berharga yang berpeluang membeli apa yang Anda tawarkan.

Ketika Anda menggunakan seorang influencer untuk memperkenalkan produk atau layanan Anda, Anda tidak perlu memilih seorang influencer yang memiliki 1 juta pengikut. Karena semakin banyak jumlah pengikut yang mereka miliki, maka semakin tinggi juga tarif yang akan mereka tawarkan kepada Anda. Anda cukup menggunakan influencer biasa, namun memiliki pengikut yang potensial.

Pada dasarnya pemasaran online sangat penting bagi setiap bisnis. Jika Anda menjalankannya dengan benar dan cocok dengan bisnis Anda, maka hasil yang akan diperoleh pun akan sangat luar biasa. Apabila Anda membutuhkan layanan pemasaran online seperti jasa SEO, jasa SEM dan pemasaran media sosial, jangan ragu untuk menghubungi kami!