Mengenal Search Engine Marketing (SEM) dan Manfaatnya untuk Bisnis

apa itu search engine marketing

Mari mengenal apa itu Search Engine Marketing (SEM) dan manfaatnya untuk bisnis, di postingan kali ini kami akan membahas pengertian SEM dan manfaatnya untuk bisnis. Jadi pastikan Anda terus membaca tulisan ini untuk mendapatkan informasi penting tentang pemasaran mesin pencari.

Jika selama ini Anda sudah sangat familiar dengan SEO, tapi apakah Anda sudah tahu tentang Search Engine Marketing (SEM)? SEO dan SEM memiliki tujuan yang sama, yaitu menampilkan situs website Anda di halaman 1 mesin pencari untuk mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Meskipun memiliki tujuan yang sama, menampilkan situs web Anda di halaman 1 hasil pencarian, namun kedua strategi ini berbeda.

Anda bisa menggabungkan SEO dan SEM untuk membuat merek Anda lebih menonjol di hasil pencarian mesin pencari. Dengan cara yang tepat Anda bisa mendapatkan lebih banyak prospek dan penjualan dengan menggabungkan kedua strategi ini. Karena SEO dan SEM memang memiliki keunggulan masing-masing yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Jadi sebenarnya apa itu Search Engine Marketing (SEM) mengapa begitu penting untuk bisnis Anda? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Yang Dimaksud Dengan Search Engine Marketing?

search engine marketing

SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan iklan berbayar untuk membuat situs website Anda muncul di hasil pencarian mesin pencari. Jika SEO memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuat situs website tampil di halaman 1 hasil pencarian. Maka berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing), dimana dengan iklan berbayar Anda bisa menampilkan situs web Anda di halaman 1 hasil pencari mesin pencari dalam hitungan jam.

Dalam strategi Search Engine Marketing atau SEM mencangkup beberapa cara seperti PPC, CPA dan CPM. Namun yang paling sering di jalankan oleh pengusaha online Indonesia adalah PPC. Dimana PPC (Pay Per Click) merupakan iklan berbayar yang menggunakan sistem bayar per klik seperti Google Ads. Google Ads adalah layanan iklan berbayar yang di luncurkan oleh Google, dimana Google adalah salah satu mesin pencari yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.

Ini adalah salah satu alasan mengapa jasa Google Ads profesional menjadi pilihan terbaik untuk menjalankan iklan berbayar situs web Anda. Karena Google merupakan mesin pencari pertama yang di gunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga dengan menampilkan iklan Anda disana dapat menjangkau orang yang secara aktif mencari produk atau layanan Anda.

Jika Anda ingin merek Anda mencapai visibilitas dan penjualan lebih cepat, Anda bisa menjalankan strategi SEM yang dibarengi dengan strategi SEO. Kenapa harus dibarengi dengan SEO? Karena dengan SEM Anda bisa mendapatkan visibilitas dan penjualan lebih cepat, namun dengan SEO Anda bisa mendapatkan dan mempertahankan visibilitas dan penjualan dimasa mendatang.

Itu mengapa, jika Anda menjalankan strategi Search Engine Marketing (SEM) perlu dibarengi dengan SEO. Karena sifatnya dari iklan berbayar hanya sementara, jika Anda berhenti melakukan iklan berbayar maka situs web Anda pun tidak akan ditampilkan lagi di hasil pencarian. Namun dengan SEO, situs web Anda akan tetap berada di hasil pencarian selama Anda terus mengoptimalkannya untuk mesin pencari.

Perbedaan SEO dan SEM

SEM VS SEO

Di dunia pemasaran digital, banyak orang yang masih bingung antara SEO dan SEM. Meskipun keduanya masih dibawah payung yang sama yaitu sama-sama mempromosikan bisnis melalui mesin pencari, namun keduanya merupakan konsep yang sangat berbeda. Jadi, penting bahwa harus memahami pengertian dan konsep dari keduanya ketika Anda akan mulai melakukan pemasaran produk atau layanan melalui mesin pencari.

Perbedaan SEO dan SEM terletak pada cara mendapatkan lalu lintas situs web Anda. SEO atau Search Engine Optimization meningkatkan peringkat situs web Anda dengan konten yang di tulis relevan untuk mendorong klik secara organik. Sementara SEM atau Search Engine Marketing mengandalkan iklan berbayar untuk menampilkan situs web Anda di halaman satu hasil pencarian untuk menghasilkan prospek lebih cepat. SEO dan SEM sangat penting untuk strategi pemasaran bisnis yang perlu Anda jalankan saat ini.

Menjalankan SEO berarti Anda harus taat pada serangkaian aturan dan praktik terbaik berdasarkan algoritma mesin pencari terbaru. Ini bertujuan untuk membuat situs web Anda mencapai halaman depan hasil pencarian secara organik tanpa harus membayar kepada Google untuk berada di posisi tersebut.

Dan jika Anda menjalankan SEM, Anda bisa mencapai puncak dengan waktu yang lebih cepat dan tanpa harus bekerja keras. Melakukan Search Engine Marketing dapat membantu perusahaan Anda mencapai hasil yang positif tanpa harus menunggu lama, namun Anda harus menyiapkan budget tertentu.

Jadi pada intinya, SEO tidak membayar kepada mesin pencari dan sementara SEM membayar untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian.

Manfaat Search Engine Marketing Untuk Bisnis Secara Umum

SEM Search Engine Marketing

Nah Anda telah mengetahui definisi Search Engine Marketing (SEM) dan juga perbedaannya dengan SEO. Kini tiba saatnya Anda mengetahui manfaat dari Search Engine Marketing untuk bisnis. Berikut beberapa manfaat Search Engine Marketing yang harus Anda ketahui:

1. Menjangkau Pelanggan Secara Instan dan Fleksibel

Google Ads adalah iklan berbayar dari Google yang sering dijalankan sebagai strategi jangka pendek atau jangka panjang untuk mencapai visibilitas produk atau layanan Anda secara lebih cepat. Iklan berbayar seperti Google Ads dapat memberi hasil yang lebih cepat karena memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan tertarget secara cepat dan instan.

Menjalankan iklan berbayar di mesin pencari merupakan strategi pemasaran digital yang sangat fleksibel, karena Anda memiliki kontrol untuk kampanye iklan Anda. Ini merupakan strategi pemasaran yang sangat terukur yang bisa Anda jalankan untuk bisnis Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu cara meningkatkan brand awareness adalah dengan melakukan iklan berbayar di mesin pencari. Dengan iklan Google memungkinkan merek Anda di tampilkan baik di judul iklan, deskripsi, tautan ekstensi maupun URL tayangan. Dengan demikian jika iklan Anda sering muncul di halaman depan hasil pencarian Google Anda telah meningkatkan brand awareness.

3. Menargetkan Konsumen Pada Waktu yang Tepat

Iklan Anda hanya akan di tampilkan di hasil pencarian Google kepada pelanggan saat mereka secara aktif mencari solusi dari layanan dan produk yang Anda tawarkan. Iklan Anda hanya akan di tampilkan kepada orang-orang yang membutuhkan produk atau layanan Anda dengan melakukan pencarian online. Ketika merek Anda tampil di depan mereka pada saat ini, kemungkinan besar mereka mengklik iklan Anda dan dikonversi menjadi penjualan.

Nah itulah pengertian Search Engine Marketing, perbedaan dengan SEO serta manfaat untuk bisnis. Jika Anda membutuhkan bantuan dari jasa iklan digital profesional untuk mengiklankan bisnis Anda di mesin pencari langsung saja hubungi kami.

× Butuh Bantuan?