Cara Ampuh Menghindari Google Penalty

Google Penalty

Google Penalties merupakan ancaman serius bagi pemilik website di seluruh dunia, karena Google menjadi mesin pencari yang digunakan di hampir semua negara. Karena terkena Google Penalti adalah mimpi buruk bagi pemilik website. Jadi tidak heran jika Google Penalty sangat dihindari oleh mereka karena tidak ingin berpengaruh pada penjualannya.

Website yang terkena hukuman Google akan berdampak pada penurunan peringkat, lalu lintas bahkan penjualan. Peringkat website akan secara drastis turun yang pada akhirnya berdampak pada penurunan lalu lintas. Jika lalu lintas hilang maka penjualan online pun mengalami penurunan karena situs web tidak dapat ditemukan oleh calon pembeli dan tidak dapat ditemukan oleh pelanggan.

Jika itu terjadi pada situs web Anda sangat memungkinkan berpengaruh terhadap penjualan Anda. Meskipun Google Penalti menjadi ancaman yang menakutkan bagi pemilik bisnis, namun ada cara / strategi untuk menghindarinya. Di artikel ini kami telah menyiapkan penjelasan tentang apa itu Google Penalti, penyebab terjadinya Google Penalti pada website, dan cara menghindari Google Penalti. Jadi pastikan Anda tetap fokus membaca tulisan ini sampai selesai!

Apa Itu Google Penalty?

Google Penalty merupakan sanksi yang dijatuhkan oleh mesin pencari Google pada situs web yang melanggar pedoman algoritma Google. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pada penurunan peringkat website di hasil pencarian, hilangnya lalu lintas website hingga penurunan penjualan. Jika website melakukan kesalahan maka Google akan memberikan hukuman berupa turunnya peringkat bahkan hilangnya website Anda di SERP.

Ada dua sanksi yang di berikan Google pada situs web yang ketahuan melanggar, yang pertama menurunnya peringkat ke halaman lain. Dan yang kedua hilangnya peringkat website (tidak akan terlihat di hasil pencarian meskipun halaman 10). Baik menurun bahkan hilangnya peringkat tentunya sangat berpengaruh terhadap lalu lintas website Anda. Itu mengapa menghindari Google Penalti merupakan tindakan yang tepat.

Jadi pada intinya Google Penalty merupakan salah satu tindakan yang di rancang untuk menghukum website yang melanggar ketentuan Google. Hukuman Google bisa terjadi akibat terjadinya perubahan algoritma yang berlaku untuk semua website. Namun Google Penalty secara khusus di rancang untuk memberi hukuman pada situs website yang tidak memiliki atribut atau parameter sesuai dengan algoritma yang berlaku.

Penyebab Website Dikenakan Google Penalti

Cara Menghindari Google Penalti

Sebelum memasuki ke pembahasan cara menghindari hukuman Google, ada baiknya Anda mengetahui penyebab website terkena Google Penalty. Dengan mengetahui penyebabnya Anda bisa melakukan hal yang membuat Google senang dengan website Anda sehingga terhindar dari hukuman. Lalu apa saja penyebab website di beri hukuman oleh Google? Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Perubahan Algoritma

Penyebab website terkena hukuman Google yang pertama karena terjadinya perubahan algoritma. Jika terjadinya perubahan algoritma maka tidak hanya satu dua website saja yang mengalami dampak buruknya namun banyak website. Untuk memulihkan website dari hukuman Google ini Anda harus menyesuaikan dengan algoritma terbaru yang berlaku. Sehingga website dapat segera pulih dan peringkat kembali normal. Anda dapat mencari tahu perubahan algoritma terbaru dan memperbaiki apa yang perlu diperbaiki dari situs web Anda.

2. Melanggar Ketentuan Algoritma Google

Yang menyebabkan Google memberi hukuman pada website karena website tersebut melakukan pelanggaran / kesalahan. Misalnya saja melakukan manipulasi Google untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi. Menggunakan cara curang untuk menaikkan peringkat website dan masih banyak lagi. Jika website Anda dioptimasi dengan strategi yang tidak sesuai dengan pedoman Google maka website Anda dalam ancaman Google Penalti.

Ada beberapa hal yang memicu terjadinya Google Penalti pada website yang melanggar ketentuan Google seperti:

  1.  Keyword Stuffing
  2. Hidden Text
  3. Cloaking
  4. Spyware, Adware, & Virus
  5. Deceptive redirects
  6. Pemberian Backlink yang tak wajar

Untuk lebih memudahkan Anda memahami Google Penalti yang dikenakan pada situs web yang melanggar adalah dengan memahami Black Hat SEO. Karena teknik Black Hat SEO merupakan teknik meningkatkan peringkat yang di larang oleh Google.

Cara Menghindari Google Penalti

Meskipun Google Penalty sangat menakutkan bukan berarti tidak ada cara untuk menghindarinya. Jika Anda melakukan optimasi website dengan berpedoman pada algoritma Google terbaru maka Anda akan terhindar dari hukuman Google. Nah berikut cara menghindari hukuman Google pada website:

  1. Melakukan strategi optimasi website sesuai algoritma Google terbaru – Cara ampuh menghindari hukuman Google yaitu mengikuti aturan yang diberlakukan oleh Google.
  2. Tingkatkan kualitas konten – Mesin pencari lain hingga Google menyukai artikel yang relevan dan mengandung manfaat bagi pengguna. Membuat konten yang berkualitas dan relevan adalah salah satu cara terhindar dari Google Penalti.
  3. Bangun Backlink Berkualitas – Menghindari hukuman Google yang paling wajib Anda lakukan adalah menghindari pembuatan backlink dengan kualitas rendah. Backlink yang memberi manfaat bukan kuantitasnya namun kualitasnya itu mengapa Anda perlu membangun backlink berkualitas.
  4. Menjaga keamanan website Anda – Tidak hanya berfungsi untuk menghindari hukuman Google, namun juga melindungi website dari perentas yang akan merugikan Anda.
  5. Hindari Keyword Stuffing – Keyword Stuffing merupakan tindakan yang melanggar pedoman Google. Jika Anda melakukan Keyword Stuffing pada halaman konten Anda ini sangat berbahaya untuk website Anda. Cobalah untuk menghindari cara ini untuk meningkatkan peringkat.

Kesimpulan

Ketika Anda mengoptimasi website sangat penting untuk memperhatikan aspek-aspek yang mendorong peringkat dan aspek-aspek yang merusak peringkat. Anda perlu mengetahui penyebab Google memberi hukuman pada website supaya dapat menghindarinya. Untuk membantu Anda menghindari Google Penalty, itu mengapa artikel ini dibuat. Diharapkan setelah Anda membaca artikel ini, Anda dapat dengan mudah melakukan optimasi website dengan teknik yang benar.

Jika butuh bantuan mengelola website supaya terhindar dari hukuman Google jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang!