Apa Itu Content Marketing & Mengapa Begitu Penting?

Content Marketing

Sebenarnya apa itu content marketing dan mengapa Anda sangat membutuhkannya? Jika Anda hanya mengandalkan pemasaran tradisional untuk mendatangkan pelanggan, ketahuilah bahwa itu sudah tidak lagi efektif. Sebagai pengusaha yang berpikir maju, Anda pastinya tahu ada cara yang lebih baik daripada itu.

Untuk membuat bisnis tetap berjalan baik dan mendapatkan hasil yang di harapkan, maka Anda harus mengikuti perkembangan zaman dan terus berinovasi, baik itu untuk produk / layanan maupun inovasi strategi pemasaran Anda. Dampak dari mengikuti perkembangan yang ada dan terus berinovasi dalam memasarkan bisnis, Anda bisa mengikuti perubahan perilaku pembeli.

Di era serba internet ini, perilaku pembeli berubah, dimana mereka lebih menyukai membeli barang atau layanan yang mereka butuhkan melalui online / internet. Pembelian secara online dapat menghemat waktu dan juga lebih praktis, karena mereka tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang atau layanan yang mereka butuhkan.

Untuk menargetkan orang-orang yang lebih memilih melakukan pembelian secara online, Anda bisa melakukan content marketing. Content marketing / pemasaran konten adalah salah satu cara efektif untuk menarik minat beli dari audiens yang Anda targetkan. Itu mengapa Anda wajib memasukkan pemasaran konten ke dalam list pemasaran Anda.

Mengenal Content Marketing Lebih Dekat

Apa itu content marketing? Content marketing adalah kegiatan mempromosikan bisnis / merek yang memusatkan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan untuk menarik dan mempertahankan audiens target untuk mendorong tindakan yang menguntungkan. Pemasaran konten dapat di jalankan melalui mesin pencari maupun media sosial.

Content marketing merupakan bagian dari pemasaran digital, dimana cara kerjanya menggunakan konten berupa artikel blog, gambar, video infografis dan lain-lain yang di didistribusikan melalui situs website, email dan sosial media. Namun untuk menarik minat audiens target, konten yang dibuat harus relevan, menarik dan konsisten.

Bagi para pelaku usaha online, content marketing sangat penting, karena dapat memberi dampak positif untuk pertumbuhan bisnis. Content marketing yang dijalankan dengan benar dapat membantu meningkatkan reputasi perusahaan Anda dan meningkatkan penjualan. Apabila Anda benar-benar memberi konten yang relevan dan berguna bagi prospek dan pelanggan untuk membantu memecah masalah mereka, maka mereka berpeluang mengkonversi.

Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi Dalam Content Marketing

Manfaat content marketing

Tidak ada yang lebih baik dari pemasaran konten, karena pemasaran konten memberi banyak manfaat jika dijalankan dengan benar. Content marketing adalah strategi pemasaran yang wajib Anda terapkan jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak prospek dan konversi. Untuk membantu Anda mengambil keputusan, Anda wajib tahu manfaat content marketing / pemasaran konten seperti berikut:

1. Karena Mesin Pencari Menyukai Konten

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan istilah “content is king” dimana konten menjadi elemen penting dalam pemasaran online. Apalagi Google dewanya mesin pencari sangat menyukai konten yang berkualitas tinggi. Konten yang relevan dan berkualitas akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi yang pada akhirnya mendorong lebih banyak prospek.

Google adalah platform digital yang menyumbang lalu lintas situs website lebih besar daripada platform digital lain. Tidak heran jika konten yang Anda buat untuk mesin pencari terbaik ini harus relevan dan memiliki kualitas tinggi supaya mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

2. Content Marketing Mendorong Lebih Banyak Penjualan

Mendapatkan banyak lalu lintas situs website tidak akan ada artinya jika tidak menghasilkan lebih banyak konversi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena pemasaran konten dapat membantu mendorong lebih banyak prospek yang berpeluang mengkonversi.

Menurut penelitian, perusahaan yang konsisten menjalankan pemasaran konten dapat meningkatkan tingkat konversi berkalilipat di banding mereka yang hanya fokus pada pemasaran biasa. Itu artinya content marketing memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan suatu bisnis.

3. Membangun Brand Awareness

Konten yang bermanfaat yang melibatkan audiens target dapat meningkatkan brand awareness Anda. Misalnya saja ada audiens target Anda yang minat dengan produk atau layanan, namun mereka belum sempat untuk mempelajari merek Anda. Maka dengan membuat konten bermanfaat yang memberikan solusi, Anda telah berupaya untuk melibatkan prospek Anda. Ini juga dapat membantu membangun brand awareness Anda, brand awareness merupakan salah satu manfaat dari pemasaran konten.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Konten merupakan investasi terbaik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Semakin banyak konten yang Anda buat dengan memberikan nilai kepada audiens target, maka semakin besar pula kepercayaan yang dapat Anda bangun. Konten adalah salah satu cara efektif yang bisa Anda gunakan untuk membangun kepercayaan pelanggan.

Anda dapat memberi solusi terbaik kepada audiens target Anda dengan cara yang unik yaitu menuangkanya ke dalam berbagai jenis konten untuk membangun kepercayaan. Dengan konten Anda mulai membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda yang nantinya menumbuhkan rasa percaya terhadap merek Anda.

5. Membangun Kredibilitas dan Otoritas

Ketika Anda membuat konten-konten yang memberikan nilai untuk prospek dan pelanggan Anda, itu artinya Anda sedang membangun kredibilitas dan otoritas Anda dengan audiens target Anda. Untuk membangun kredibilitas dan otoritas yang kuat Anda bisa membuat konten blog yang menulis tentang industri Anda untuk membantu memecah masalah mereka. Anda dapat menulis postingan blog yang memberikan solusi kepada audiens target Anda dengan produk / layanan Anda.

Jika Anda konsisten menulis artikel blog yang relevan tentang industri Anda, ini dapat mendorong audiens target Anda mempercayai saran dan bimbingan Anda pada produk atau layanan yang menjadi solusi bagi mereka. Konten yang relevan dan berkualitas dapat membantu Anda memanfaatkan semua manfaat pemasaran konten Anda.

Nah itu dia pengertian content marketing dan manfaatnya untuk bisnis jika di jalankan dengan benar. Jangan tunda lagi untuk melakukan pemasaran konten untuk bisnis Anda, mulai sejak dini dan terus konsisten!

Baca juga artikel berikut:

  1. Fungsi & Manfaat Desain Grafis Untuk Bisnis
  2. Cara Mengoptimalkan SEO Pada Postingan Blog
× Butuh Bantuan?