Fungsi & Manfaat Desain Grafis Untuk Bisnis Yang Harus Anda ketahui

Manfaat Desain Grafis Pada bidang bisnis

Sudah tahukah Anda fungsi dan manfaat desain grafis dalam bidang bisnis? Sejak dulu bahkan sebelum memasuki era digital, desain grafis telah menjadi elemen penting dalam bisnis. Desain grafis telah digunakan untuk kebutuhan bisnis yang berfungsi menarik minat dari audiens target.

Desain grafis memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi bisnis, itu mengapa desain grafis menjadi sangat penting dan berpengaruh pada kesuksesan pemasaran digital Anda. Pemasaran digital tanpa adanya grafis yang efektif akan sulit mencapai tujuan Anda, Anda akan kesulitan menyampaikan maksud atau nilai perusahaan Anda kepada audiens target Anda.

Menggunakan desain grafis yang efektif untuk kebutuhan bisnis dapat membantu meningkatkan minat beli audiens target Anda. Konsumen akan lebih percaya dan memilih produk atau layanan yang menggunakan desain grafis unik dan profesional. Selain itu, dengan desain grafis dapat membantu mereka kembali lagi pada bisnis Anda ketika mereka akan melakukan pembelian berikutnya.

Coba bayangkan saja jika bisnis tanpa desain grafis seperti logo. Perusahaan tanpa logo akan sulit dikenali oleh audiens target, karena mereka tidak memiliki pembeda yang lebih menonjol dari pesaing mereka. Itu mengapa desain grafis diciptakan untuk menjadikan pembeda antara bisnis satu dengan yang lainnya.

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah rancangan grafis yang dibuat oleh seorang profesional untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan pesan melalui media visual seperti fotografi maupun tipografi. Desain grafis dalam bisnis dapat berupa logo perusahaan, infografis dan kartu nama.

Dengan menyertakan desain grafis dalam bisnis, Anda dapat membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda. Karena dengan desain grafis, konsumen akan lebih tertarik dengan apa yang Anda tawarkan dibandingkan jika Anda tidak menggunakan desain grafis untuk bisnis Anda.

Untuk membuat desain grafis yang lebih menarik untuk bisnis, Anda perlu memahami tentang dasar-dasar desain grafis, seperti elemen serta prinsip dalam membuat desain grafis. Elemen yang dimaksud disini adalah warna, bentuk, garis ukuran, tekstur, jenis font, dan ruang. Semua ini perlu di terapkan pada sebuah desain grafis, sehingga menciptakan kesan yang lebih menarik dan profesional.

Sedangkan untuk prinsip pada desain grafis meliputi keseimbangan, kontras, tekanan, gerakan, proporsi dan irama. Prinsip-prinsip ini sangat penting dalam desain grafis karena merupakan sebuah pedoman untuk menghasilkan komposisi yang selaras dan efektif.

Jika Anda ingin membuat desain grafis untuk bisnis Anda, maka Anda perlu mencari jasa desain grafis profesional yang mengetahui dasar-dasar desain grafis ini. Meskipun tidak semua desain grafis harus berpatokan dengan dasar-dasar ini, namun seorang desain grafis profesional harus memahami tentang dasar-dasar ini.

Fungsi dan Manfaat Desain Grafis Dalam Bisnis

Apa itu Desain Grafis

Desain grafis merupakan media penting yang dapat meningkatkan cara bisnis Anda berkomunikasi dengan konsumen. Desain grafis berfungsi menyampaikan ide-ide bisnis Anda dengan cara yang lebih efektif dan indah. Berikut fungsi lain dari desain grafis dalam bisnis.

1. Desain Grafis Adalah Identitas Bisnis Anda

Dalam dunia bisnis, desain grafis sangat penting apalagi untuk tujuan pemasaran digital. Desain grafis merupakan identitas bisnis Anda yang membedakan Anda dengan pesaing dan berfungsi untuk menarik perhatian prospek Anda. Mungkin bisnis Anda sama dengan bisnis orang lain, namun dengan desain grafis Anda akan menjadi bisnis yang berbeda.

Anda dapat melihat merek Indomie dan Mie Sedap, dimana keduanya adalah perusahaan berbeda namun menjual jenis produk yang sama. Kesimpulannya adalah mereka menargetkan audiens yang sama dengan menggunakan identitas merek yang berbeda.

Ketika seseorang ingin membeli mie instan di toko, maka mereka akan menjumpai beberapa jenis produk yang sama, namun mereka dapat mengidentifikasi kurang dari 1 detik produk dengan merek favorit mereka. Desain grafis seperti logo dapat terlintas di pikiran mereka bahkan ketika mereka tidak melihat produknya.

Dengan kata lain, mengapa bisnis membutuhkan desain grafis karena desain grafis berfungsi sebagai penghubung antara bisnis dengan konsumen Anda dan mereka mengidentifikasi merek Anda di antara ratusan produk yang sama.

2. Desain Grafis Berbicara Lebih Baik dari Sekedar Kata-Kata

Jika Anda pernah mendengar ungkapan “One picture is worth a thousand words” atau “Sebuah gambar bernilai seribu kata” itu memang benar. Selain membuat sebuah bisnis lebih mudah untuk di ingat, desain grafis seperti logo memiliki banyak nilai yang tersimpan didalamnya.

Logo memiliki banyak makna yang terselip visi dan misi dari perusahaan tersebut. Ketika sebuah bisnis mengirimkan pesan tentang visi dan misi , maka desain akan lebih dulu masuk kemudian kata-katanya. Desain yang akan menyampaikan pesan dengan jelas dan lebih baik daripada kata-kata.

3. Desain Grafis Dapat Meningkatkan Penjualan

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa desain grafis mampu meningkatkan penjualan dengan cara menarik perhatian dan minat audiens target Anda. Desain grafis menarik perhatian audiens target dengan menuangkan ide cerdas dan menyenangkan yang dapat di tuangkan pada brosur kertas, banner pada halaman Facebook, banner pada situs website dan logo yang dapat meningkatkan penjualan Anda.

Orang-orang lebih cenderung menyukai desain yang bagus, menarik, unik dan profesional yang menggugah minat mereka terhadap apa yang Anda tawarkan. Jika Anda mampu mengemas dengan baik desain pada bisnis Anda, kemungkinan besarnya audiens target Anda memilih merek Anda daripada pesaing Anda.

Ketika Anda berjalan-jalan di supermarket atau melihat katalog online, mungkin Anda akan menemukan ratusan produk dan merek yang bersaing mendapatkan perhatian Anda. Jadi, kira-kira produk mana yang akan menarik perhatian Anda? Tentu saja produk yang memiliki kemasan yang menarik. Iya mungkin Anda dapat berubah pikiran, namun desain yang bagus adalah salah satu yang menarik perhatian Anda dan akan menciptakan kesan pertama yang baik.

Ketika Anda membangun strategi desain grafis, Anda dapat menyinkronkannya dengan pandangan dan pendapat audiens target Anda, cara ini cukup efektif untuk menghasilkan lebih banyak penjualan.

Kesimpulan

Sebuah perusahaan maupun bisnis perlu memiliki identitas merek untuk membedakan merek Anda dengan milik orang orang. Itu mengapa desain grafis menjadi sangat penting bagi bisnis. Dengan desain grafis seperti logo, banner, kartu nama dan brosur dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda serta penjualan.

Menggunakan desain yang lebih baik akan meningkatkan banyak aspek pada bisnis Anda . Jika Anda membutuhkan dari seorang ahli desain grafis untuk pembuatan logo, banner, brosur, kartu nama hingga situs website, langsung saja hubungi kami. Tim desain kami siap menciptakan identitas merek yang luar biasa untuk bisnis Anda!

× Butuh Bantuan?