Ini Dia Cara Mengoptimalkan SEO Pada Postingan Blog

cara meningkatkan seo blog

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang ingin tahu tentang bagaimana cara mengoptimalkan SEO pada postingan blog. Tidak heran jika banyak orang yang ingin tahu cara mengoptimalkan SEO pada postingan blog, karena blog adalah salah satu elemen penting dalam menghasilkan pendapatan secara online.

Jika Anda seorang pebisnis yang memanfaatkan blog untuk mendatangkan pelanggan secara online online, maka wajib mengoptimalkan blog Anda untuk mesin pencari. Dengan mengoptimalkan SEO pada postingan blog menggunakan strategi yang benar dapat membantu bisnis Anda memimpin di hasil pencarian untuk kata kunci yang relevan.

Blog merupakan bagian dari situs website yang dapat membantu meningkatkan lalu lintas dengan cara melakukan postingan blog secara konsisten. Postingan blog yang konsisten dan dioptimalkan untuk SEO akan sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Jadi, bagaimana cara mengoptimalkan SEO pada postingan blog supaya mendapatkan peringkat yang lebih tinggi serta prospek lebih banyak? Tenang, karena kami disini telah menyiapkan langkah demi langkah mengoptimalkan SEO pada postingan blog yang bisa Anda ikuti. Jadi pastikan terus membaca!

Cara Mengoptimalkan SEO Pada Postingan Blog Secara Efektif

Memiliki blog yang ramai pengunjung akan sangat menyenangkan apalagi jika akhirnya mereka mengkonversi. Blog adalah media digital yang di gunakan untuk berbagi informasi bermanfaat yang secara bebas dapat di akses oleh semua orang. Blog sendiri sering di manfaatkan untuk menghasilkan uang secara online, baik bagi individu, bisnis maupun perusahaan.

Itu mengapa banyak blogger atau bisnis yang akan menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan pengunjung blog. Nah salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan melakukan SEO pada postingan blog Anda. Dengan SEO, postingan blog Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian Google untuk menghasilkan pengunjung lebih banyak.

Berikut cara atau langkah-langkah mengoptimalkan SEO pada postingan blog yang bisa Anda terapkan:

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan penelitian kata kunci. Melakukan riset kata kunci sebelum membuat postingan blog adalah ide yang bagus. Postingan blog yang menggunakan kata kunci relevan dapat membantu mendatangkan pengunjung yang berkualitas.

Anda bisa melakukan riset kata kunci dengan menggunakan alat seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest atau SEMrush. Dengan alat-alat ini Anda bisa mendapatkan kata kunci relevan yang terkait dengan penjualan industri Anda.

Setelah Anda menemukan kata kunci relevan yang memiliki volume pencarian, Anda bisa langsung mulai membuat postingan blog dengan menyertakan kata kunci tersebut. Gunakan kata kunci tersebut di berbagai tempat seperti judul, subjudul, paragraf pertama, paragraf penutup, tag judul serta meta deskripsi.

Meskipun kata kunci penting di dalam postingan blog, tapi bukan berarti Anda boleh memaksimalkan kata kunci tersebut. Terlalu banyak kata kunci malah tidak bagus untuk perkembangan peringkat, alih-alih Google menaikkan peringkat postingan blog Anda, Anda malah membuat Google bingung memahami postingan blog Anda.

2. Mengoptimalkan Gambar SEO Friendly

Untuk mempercantik artikel blog Anda adalah dengan menambahkan gambar yang menarik dan relevan dengan topik terkait. Ketika menambah gambar pastikan Anda memasukkan kata kunci terkait pada teks ALT, file gambar serta menulis deskripsi singkat pada kolom deskripsi gambar.

Gambar pada artikel blog tidak hanya mempercantik saja, namun berfungsi untuk mudah ditemukan pada pencarian gambar di mesin pencari. Ketika gambar Anda tampil di barisan pertama pencarian gambar, maka kesempatan gambar Anda di klik lebih besar.

3. Menggunakan Internal dan Eksternal Link

Langkah selanjutnya mengoptimalkan SEO artikel blog adalah dengan memberi Internal link dan eksternal link. Anda bisa membuat internal link untuk mengarahkan pembaca ke halaman lain di blog Anda yang terkait dengan topik pembahasan.

Lalu Anda buat eksternal link yang mengarahkan pada halaman blog milik orang lain yang terkait dengan topik yang sedang Anda bahas. Tujuan memasukkan internal link dan eksternal link adalah untuk membuat pembaca semakin lama di dalam blog Anda. Sehingga ini dapat mengurangi rasio bounce rate yang tinggi.

4. Memanfaatkan Media Sosial Untuk Memperluas Jangkauan

Media sosial adalah platform kedua yang digunakan untuk menemukan berbagai informasi. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan blog Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membagikan postingan blog Anda di berbagai akun media sosial Anda. Cara ini cukup efektif untuk mendorong lalu lintas yang tertarik dengan pasotingan blog Anda.

Nah itu dia cara mengoptimalkan SEO pada postingan yang bisa Anda terapkan. Jika Anda butuh bantuan layanan SEO profesional, langsung saja hubungi kami. Strategi SEO kami siap membuat merek Anda memimpin!

× Butuh Bantuan?