Pengertian Internal Link Dan External Link Serta Cara Membuatnya

Artikel tentang pengertian internal link dan external link Serta Cara Membuatnya pada pagi ini akan saya share karena ternyata masih banyak yang sering menanyakannya.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara ringkasnya saja namun semoga tetap bisa dipahami dengan jelas. Langsung saya jelaskan dua istilah dalam blogging ini karena istilah internal link dan eksternal ini cukup sering terdengar terutama karena istilah ini berkaitan dengan teknik SEO dalam website/blog.

PENGERTIAN INTERNAL LINK DAN EXTERNAL LINK

Internal Link

Internal link adalah link yang dibuat karena untuk mengaitkan antara link di artikel satu dengan link artikel lainnya dalam satu blog. Internal link bertujuan untuk memberitahukan ke pembaca maupun search engine tentang adanya keterkaitan artikel yang dibuat dengan artikel lainnya yang sudah diposting sebelumnya.

Dengan membuat internal link,web mendapatkan backlink dari internal link web itu sendiri. Dengan adanya internal link, crawler Google dalam menjelajahi halaman situs kita akan lebih mudah sehingga berpengaruh terhadap posisi artikel kita di search engine. Selain itu, internal links juga memudahkan para pengunjung website kita untuk menemukan informasi lain yang masih terkait dengan artikel yang dibuat.

Dengan cara ini, Anda akan membuat pengunjung bisa berada lebih lama di situs web/blog kita. Pada intinya, internal linking dalam website/ blog adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization).

CARA MEMBUAT INTERNAL LINK

Untuk membuat internal link pada artikel blogspot

Untuk membuat internal link pada blog platform blogspot caranya adalah Blok teks yang ingin di link ke artikel lain yang masih dalam satu blog, dan masukkan link artikel yang diinginkan mengarahkan ke link lain. Contoh seperti gambar dibawah ini yang mana saya membuat internal link ke artikel saya yang terkait dengan pengertian SEO:

Internal Link
Pengertian Internal Link

Untuk membuat internal link pada artikel blog WordPress

Untuk membuat internal link pada blog platform wordpress caranya hampir sama saja dan hanya bentuk tombol/tab editor menyisipkan link internal.

Langkah pertama tetap blok tulisan yang ingin dilink ke artikel lain lalu klik tombok tautan link seperti gambar dibawah ini.

blank

Setelah tombol insert link/taut link diklik,nanti di teks yang sudah di blok akan muncul kolom untuk paste link yang mau di tambahkan. Setelah itu klik enter. Nanti link/insert link akan aktif.

External link

External link adalah sebuah link/tautan yang sengaja dibuat/pasang pada sebuah halaman web anda atau artikel Anda yang menuju ke domain web lain ataupun blog lain selain blog anda.

Eksternal link adalah kebalikan dengan internal link. External link berpengaruh tidak bagus untuk SEO website Anda terutama bila link yang keluar menuju web yang pageranknya lebih rendah, tidak relevan dengan konten web Anda dan status linknya dibuat dofollow. External link meningkatkan potensi pengunjung web Anda pergi ke link web external tersebut.

Kesimpulannya, link internal adalah link yang menuju link lain tapi masih didalam link web sendiri. Sedangkan link external adalah link yang menuju link web lain/link keluar.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang pengertian Internal Link Dan External Link Serta Cara Membuatnya. Semoga bisa dipahami.

One thought on “Pengertian Internal Link Dan External Link Serta Cara Membuatnya

Comments are closed.

× Butuh Bantuan?