Memanfaatkan Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Citra merek

pemasaran media sosial

Jika Anda pernah melihat pesaing mempromosikan merek mereka melalui media sosial, itu disebut social media marketing. Social media marketing / pemasaran media sosial merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan citra merek. Jadi tidak heran jika pesaing Anda melakukan social media marketing untuk menargetkan pengguna media sosial yang potensial.

Karena selain melalui mesin pencari, Anda bisa memperoleh lalu lintas website melalui social media marketing. Jika Anda melakukannya dengan benar, yaitu mengarahkan pengguna media sosial mengunjungi situs website. Maka dapat di pastikan Anda akan mendapatkan prospek yang bersumber dari media sosial.

Kami yakin bahwa Anda sudah tidak asing asing dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi. Beberapa platform media sosial ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kesadaran merek.

Alasan kuat mengapa sosial media marketing dapat membantu meningkatkan kesadaran merek adalah karena hampir semua pengguna internet di seluruh dunia memiliki akun media sosial. Dan itu artinya, Anda dapat mengenalkan merek Anda kepada jutaan bahkan miliaran pengguna media sosial di seluruh dunia.

Namun sebelum Anda melangkah lebih jauh, Anda perlu mengetahui dulu pengertian sosial media marketing dan apa saja sih manfaat yang bisa Anda nikmati jika melakukannya. Simak penjelasannya di bawah ini!

Definisi Social Media Marketing Secara Umum

Manfaat Social Media Marketing

Jika Anda mencari cara terbaik untuk menjangkau pelanggan, social media marketing merupakan salah satu opsi termudah dan yang paling hemat biaya yang bisa Anda lakukan. Teknik pemasaran dengan media sosial adalah cara yang ampuh bagi bisnis apapun untuk menjangkau prospek dan penjualan. Dan jika Anda belum melakukan pemasaran media sosial melalui Facebook, Instagram dan Twitter, Anda telah ketinggalan!

Jadi apa itu social media marketing dan mengapa Anda membutuhkannya? Social media marketing / pemasaran media sosial merupakan aktivitas promosi suatu merek / produk yang di lakukan melalui platform-platform media sosial. Misalnya saja Anda melakukan promosi produk atau layanan Anda di Facebook dengan menggunakan konten yang menarik perhatian audiens Anda.

Ada banyak sekali platform media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis, namun yang paling umum di gunakan adalah Facebook dan Instagram. Bukan tanpa alasan, karena Facebook merupakan aplikasi media sosial yang memiliki 2,7 miliar pengguna aktif di bulanan seluruh dunia. Sedangkan Instagram memiliki pengguna aktif sebanyak 69,2 juta di seluruh dunia.

Dari banyaknya pengguna, inilah yang menjadikan pemasaran media sosial sangat efektif yang membawa kesuksesan luar biasa untuk bisnis Anda, meningkatkan pengenalan merek dan mendorong prospek dan penjualan. Ketahui juga keuntungan-keuntungan lain dari social media marketing!

Keuntungan Melakukan Media Sosial Marketing Yang Harus Anda Ketahui

Social Media Marketing

Social media marketing merupakan salah satu jenis content marketing yang sangat umum di jalankan dalam strategi pemasaran. Apapun bisnis yang Anda jalankan membutuhkan pengakuan merek, dan salah satu cara terbaik adalah dengan social media marketing. Namun tidak hanya itu, pemasaran media sosial dapat memberi banyak keuntungan apabila Anda melakukannya dengan benar. Berikut Beberapa manfaat / keuntungan dari melakukan social media marketing:

1. Meningkatkan Brand Awereness

Media sosial adalah alat yang ideal untuk meningkatkan pengakuan merek dan pengakuan merek adalah elemen yang mendatangkan uang. Mengapa demikian? Karena semakin banyak orang yang mengenal perusahaan Anda, maka semakin banyak pula penjualan yang akan dapatkan.

Yang perlu Anda lakukan untuk membuat orang-orang mengenal merek Anda adalah dengan membuat akun media sosial yang dikhususkan untuk perusahaan Anda. Setelah itu, Anda mulai memposting konten yang terkait dengan merek Anda dan berinteraksi dengan pengikut Anda.

Pastikan Anda membuat postingan secara rutin, tidak harus setiap jam Anda melakukannya, namun cukup satu kali sehari. Namun pastikan Anda membuatnya dengan semenarik mungkin untuk mengundang interaksi. Anda juga bisa menghubungkan website Anda dengan akun media sosialnya. Misalnya saja Anda membagikan konten-konten yang ada di situs web Anda di media sosial Anda. Ini merupakan cara efektif untuk mengarahkan pengguna media sosial ke situs web Anda.

2. Hemat Biaya

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan pemasaran media sosial adalah hemat biaya. Anda hanya perlu membuat akun khusus untuk perusahaan Anda, lalu memposting konten Anda disana. Namun apabila Anda ingin meningkatkan penjualan, Anda bisa melakukan iklan berbayar, misalnya saja Facebook Ads atau Instagram Ads.

Sosial media marketing memang tidak langsung memberi hasil instan, apalagi untuk pemasaran media sosial secara organik. Namun jika Anda melakukannya secara konsisten dan dengan teknik yang tepat, maka pemasaran sosial media dapat memberi keuntungan pada bisnis Anda.

3. Mendorong Lalu Lintas dan Peringkat Website

Social media marketing membantu mendorong lalu lintas ke situs website dengan cara membagikan link website atau halaman website di setiap postingan sosial media. Cara ini cukup ampuh untuk mengarahkan pengguna media sosial yang potensial ke situs website.

Selain mendorong lalu lintas ke situs website, pemasaran media sosial dapat berpengaruh pada peringkat situs web. Apabila banyak pengguna media sosial mengunjungi situs web melalui link yang Anda bagikan di media sosial, maka ini membantu mengirim sinyal ke Google, bahwa website Anda populer dan relevan.

4. Membangun Kedekatan Dengan Pelanggan

Sosial media adalah platform yang memudahkan Anda lebih dekat dengan pelanggan Anda. Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan audiens target melalui postingan-postingan yang Anda buat. Misalnya saja, audiens Anda memberikan komentar terkait apa yang Anda posting, maka Anda dapat dengan segera merespon mereka.

Ketika Anda merespon tanggapan dari audiens Anda pada setiap postingan, otomatis Anda telah membangun kedekatan dengan mereka. Ketika mereka berinteraksi di media sosial, Anda dapat mengarahkannya pada pesan pribadi untuk membuatnya mengkonversi.

5. Membantu Meningkatkan Prospek dan Konversi

Mendatangkan prospek berkualitas perlu upaya, dan cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan sosial media marketing. Melakukan optimasi website sangat penting, namun menjalankan pemasaran media sosial juga perlu. Seperti yang telah Anda ketahui di nomor 3, bahwa sosial media dapat membantu mendorong lalu lintas.

Apabila website Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas potensial, maka kemungkinan besarnya penjualan Anda meningkat. Anda dapat menggabungkan strategi SEO dengan strategi pemasaran media sosial. Ini dapat membantu Anda mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari dan juga dari media sosial.

Kesimpulan

Jika Anda terjun ke dalam pemasaran online, maka Anda harus totalitas dalam menjalankannya. Anda harus mengoptimasi website Anda dengan SEO maupun iklan Google dan di dorong dengan pemasaran media sosial. Dengan menggabungkan kedua strategi ini akan sangat membantu merek Anda mudah di temukan di mesin pencari dan media sosial.

Apabila Anda membutuhkan bantuan kami untuk melakukan pemasaran online yang lebih baik, hubungi kami sekarang!

× Butuh Bantuan?