Cara Sederhana Daftar Google Keyword Planner Gratis

Cara Sederhana Daftar Google Keyword Planner Gratis

Jangkau pelanggan potensial Anda dengan kata kunci yang tepat. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas yang Anda tergetkan di Google. Pertama-tama Anda harus melakukan riset kata kunci untuk memahami apa yang sebenarnya orang cari. Dengan demikian Anda dapat melakukan strategi pemasaran konten atau iklan berbayar dengan menggunakan kata kunci yang digunakan untuk mencari informasi produk atau layanan Anda.

Kini riset kata kunci lebih mudah, karena Google memiliki alat yang dapat Anda gunakan untuk meneliti kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Sehingga akan membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk ide konten Anda, postingan sosial media bahkan iklan berbayar. Alat penelitian kata kunci yang di sediakan Google adalah Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner adalah alat riset kata kunci yang sangat luar biasa yang memiliki beberapa manfaat yang sangat jelas. Manfaat yang paling utama dari alat riset kata kunci ini adalah menyarankan ide kata kunci yang relevan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Google menyediakan alat ini supaya memudahkan para webmaster untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Apakah Anda ingin tahu cara melakukan riset kata kunci dengan alat Google ini? Jika iya, selamat karena di artikel ini, kami akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara menggunakan Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci relevan dari Google Keyword Planner. Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya, langsung saja Anda simak langkah-langkah di bawah ini untuk bisa Anda ikuti atau praktikan.

Baca juga artikel yang dapat membantu Anda:

  1. Memahami Strategi Kata Kunci 2020
  2. 5 Tips Untuk Membantu Memilih Kata Kunci Yang Tepat

Cara Mendapatkan Akses Google Keyword

Cara Menggunakan Google Keyword Planner Anda bisa ketik kata “Google Keyword Planner” di pencarian Google atau anda bisa klik di sini. Setelah Anda masuk kedalam halaman Google Keyword Planner, Anda akan melihat layar seperti di bawah Ini. Lalu Anda tekan tombol “Go To Keyword Planner”

Google Keyword Planner

Buat Akun Google Keyword Planner Anda

Lalu Anda buat akun baru. Ketika Anda sampai ke tahap pembuatan akun baru Anda akan melihat layar “What are your main advertising goals?” Anda tidak perlu memilih salah satu opsi yang di Tunjukan di layar tersebut. Anda harus mengklik tombol kecil di bawah “Next?” cobalah lihat gambar dibawah ini.

blank

Setelah Anda mengklik tombol seperti gambar diatas, Anda menuju ke layar berikutnya. Anda isi dengan nama bisnis Anda dan situs website Anda dan langkah-langkah berikutnya lalu Anda klik “Next”

Cara riset kata kunci

Dan akhirnya Anda akan melihat layar seperti dibawah ini:

belajar Meriset kata kunci

Klik “Explore Your Account” Lalu klik “Tool Setting” akan muncuul seperti gambar dibawah ini, Anda klik “Keyword Planner”

Belajar riset kata kunci

Dan akhirnya Anda telah memiliki akses Google Keyword Planner. Disini Anda tidak perlu memasukkan info penagihan atau menjalankan iklan Adwords. Sekarang saatnya kita belajar bagaimana menggunakan alat ini.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Anda akan diberikan dua opsi untuk memulainya seperti:

  1. Temukan Kata Kunci, Mendapatkan gagasan kata kunci yang dapat membantu Anda menjangkau orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.
  2. Mendapatkan Volume Pencarian, Anda dapat melihat volume pencarian dan metrik historis lainnya untuk kata kunci Anda.

Kedua opsi ini membawa Anda ke paket kata kunci, tapi mungkin apa yang Anda lihat akan sedikit berbeda tergantung dengan pilihan Anda. Mari kita mulai menemukan kata kunci Anda.

Menggunakan Google Keyword Planner untuk Gagasan Kata Kunci baru

Di layar di bawah ini, Anda akan diberikan dua opsi yang bertuliskan “Discover new keywords” dan “Get search volume and forecasts”

kata kunci

Disinilah Anda dapat memasukkan kata kunci yang Anda targetkan, Anda bisa mengklik kotak yang muncul di layar Anda, Anda masukan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Disini Anda hanya perlu mengetikan topik, industri, produk atau apapun yang Anda inginkan untuk kata kunci terkait. Apapun yang Anda ketik di kotak pencarian, disitu Anda akan menemukan kata kunci terkait seusai dengan apa yang Anda ketik.

Cara riset kata kunci Google Keyword Planner

Apabila Anda telah memasukkan istilah pencarian, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman hasil yang akan menampilkan daftar kata kunci terkait.

Google Keyword Planner

Disini kami memberikan contoh istilah “kontraktor kolam renang” dan istilah yang terkait dengan kolam renang. Jika Anda sudah melakukan seperti gambar diatas, Anda bisa menggunakan filter jangkauan dan kata kunci Anda untuk menyortir daftar kata kunci Anda dan menemukan kata kunci terbaik untuk bisnis Anda.

Selain itu juga Anda bisa menggunakan tab “Grouped Ideas” untuk menemukan rangkaian kata kunci terkait berdasarkan kata kunci utama. Ini yang menarik dari alat ini, karena Anda dapat mencari 10 kata kunci sekaligus. Tetapi untuk lebih maksimal hasil kata kunci Anda, kami sarankan Anda hanya berfokus pada satu kata kunci sekaligus. Jika Anda melakukan satu per satu untuk penelitian kata kunci Anda, maka akan lebih teratur.

Jika Anda telah mengetahui cara diatas, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah ini sesuai dengan setiap topik baru yang Anda inginkan. Apabila Anda telah paham dengan dasar-dasar penelitian kata kunci, kini Anda dapat beralih ke tips yang akan bermanfaat . Yaitu tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan Google Keyword Planner.

Filter untuk Membatasi Audiens yang Anda Jangkau

Untuk membantu membatasi audiens yang Anda jangkau, berikut filter yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki dan mengurutkan daftar kata kunci Anda:

  1. Bahasa, Filter ini memungkinkan Anda menemukan kata kunci hanya dalam bahasa tertentu dan akan memfilter kata kunci dalam bahasa lain. Selain itu data volume pencarian kata kunci Anda juga akan spesifik untuk pencarian dalam bahasa tertentu.
  2. Lokasi, Filter ini akan memberikan data volume pencarian Anda untuk kata kunci dari lokasi tertentu. Yang lebih keren dari fitur ini adalah Anda dapat menemukan kata kunci yang sedang tren di lokasi tertentu, alih-alih tren global.
  3. Kata Kunci Negatif, Untuk mempersempit hasil pencarian kata kunci Anda, Anda dapat memanfaatkan kata kunci negatif. Menggunakan kata kunci ini sangat membantu Anda untuk mempersempit pencarian kata kunci, karena Anda tidak ingin kata kunci yang tidak relevan atau tidak terkait dengan bisnis Anda.
  4. Jaringan Pencarian, Tidak kalah bermanfaat, filter ini memutuskan dari mana data kata kunci dan tren pencarian berasal. Disini Anda bisa memilih seluruh web atau Anda bisa membatasi hanya untuk Google dan Google Search Partners.
  5. Tanggal, Dengan filter ini Anda dapat memilih periode waktu untuk membatasi hasil pencarian Anda. Ini artinya Anda dapat melihat volume dan tren pencarian kata kunci untuk periode waktu tertentu.

Filter Kata Kunci untuk Membatasi Biaya

Anda perlu tahu ini, tentang menggunakan Google Keyword Planner yaitu terdapat berbagai filter kata kunci. Filter kata kunci ini sangat membantu Anda menemukan kata kunci yang paling relevan untuk bisnis Anda. Berikut beberapa filter utama:

  1. Pencarian Bulanan Rata-Rata, Anda dapat menggunakan filter ini untuk mengurutkan dan melfiter kata kunci berdasarkan dengan jumlah rata-rata pencarian bulanan.
  2. Posisi Rata-Rata Organik, Ini sangat bermanfaat, yaitu dapat menujukan peringkat halaman Anda untuk kata kunci tertentu dibandingkan dengan peringkat halaman lain untuk kata kunci yang sama.
  3. Bagian Tayang Organik, Anda dapat melihat persentase kali peringkat halaman untuk kata kunci yang Anda tergetkan.
  4. Tawaran Yang Disarankan, Ini sangat membantu Anda untuk memilih kata kunci yang tepat dan relevan untuk bisnis Anda berdasarkan tawaran yang disarankan untuk kata kunci Anda.
  5. Pangsa Tayangan Iklan, Ini adalah metrik yang menunjukan kepada Anda jumlah orang yang benar-benar melihat iklan untuk kata kunci setelah mencari kata kunci itu.
  6. Kompetisi, Filter ini berfungsi untuk mengurutkan kata kunci berdasarkan seberapa sulit mereka bersaing.

Di artikel ini telah dijelaskan bagaimana cara mengakses Google Keyword Planner dan cara menggunakannya. Riset kata kunci membutuhkan banyak waktu, tapi untuk menghasilkan konten yang berperingkat baik, ini sangat perlu Anda lakukan.

Jika Anda merasa kesulitan melakukan riset kata kunci, Anda dapat menggunakan layanan dari ahlinya. Anda tidak perlu repot-repot melakukan ini, kata kunci yang ditargetkan pun bisa Anda dapatkan dengan mudah. Hubungi kami untuk mendapatkan kata kunci relevan terkait dengan bisnis Anda sekarang!

× Butuh Bantuan?