Jenis Situs Website Populer yang Dapat Anda Buat

Jenis situs website

Sampai saat ini ada miliaran situs website tersedia untuk browsing internet. Semua situs web ini bersaing untuk mendapatkan peringkat dan lalu lintas potensial setiap harinya. Meskipun situs web hingga kini telah mencapai angka yang fantastis, bukan berarti semuanya sama. Ada banyak jenis situs website dengan masing-masing fungsi dan tujuan yang berbeda, menggunakan desain yang berbeda, dan juga dengan biaya desain yang berbeda-beda.

Anda penasaran, apa sebenarnya jenis situs website? Jangan khawatir, itu sebabnya kami membuat artikel ini. Kami akan menujukan kepada Anda sejumlah kategori situs website yang paling populer dan umum di gunakan. Sehingga nantinya akan membantu Anda menentukan jenis website apa yang cocok dengan Anda. Mari, langsung kita mulai, Anda bisa langsung membaca tulisan ini hingga selesai.

1. Situs Website E-Commerce

Jenis website yang populer dan umum digunakan yang pertama adalah situs website E-Commerce. Jenis situs website ini merupakan tempat orang-orang membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda. Sebuah situs website yang terdapat keranjang belanja dan cara memberikan data tentang kartu kredit untuk pembelian termasuk dalam jenis situs website ini.

Jika Anda sedang membangun situs website untuk perusahaan dan bermaksud untuk menjual produk-produk Anda, maka jenis situs website E-Commerce adalah pilihan yang sangat tepat. Anda bisa membuat situs website E-Commerce dangan halaman yang kuat, sehingga mumudahkan pengguna untuk menelusuri produk, memfilter kategori, menyoroti penjualan khusus dan melakukan pembelian. Perlu diingat apabila Anda membuat situs web jenis ini, Anda harus mengambil tindakan untuk menjamin keamanan pembayaran pembeli Anda.

2. Situs Website Bisnis

Apakan Anda seorang pebisnis? Jika iya, Anda harus membuat situs website bisnis untuk mempromosikan bisnis Anda sekarang. Jenis situs website ini terbukti sangat penting, karena kebanyakan konsumen akan mencari bisnis online sebelum mereka memutuskan untuk melakukan pembelian. Jadi, jika Anda belum memiliki situs web bisnis, kami sarankan untuk segera membuatnya dan Anda dapat merasakan manfaatnya.

Coba Anda bayangkan jika bisnis Anda tidak memiliki situs web, bagaimana konsumen Anda bisa menemukan Anda secara online? Jika Anda tidak berpikir untuk memiliki situs web bisnis, maka ini berarti Anda akan kehilangan konsumen Anda dan Anda akan dikalahkan oleh pesaing yang sudah memiliki situs website.

Apabila Anda membuat situs website untuk bisnis Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan elemen branding yang sama dengan merek bisnis Anda, seperti logo Anda, warna merek Anda, gambar dan lain sebagainya. Idealnya situs web bisnis mencangkup kumpulan halaman informasi yang menggambarkan bisnis Anda, seperti barang atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan demikian situs website bisnis Anda dapat mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari dan mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Mengapa Website Penting Untuk Bisnis Online Anda?

Sebenarnya jenis situs website E-Commerce juga termasuk kedalam jenis website bisnis. Dimana pelanggan Anda dapat membeli produk atau layanan Anda secara langsung melalui situs website.

3. Blog Pribadi

Selanjutnya adalah jenis website blog, mungkin Anda pernah melihat blog pribadi yang biasanya ditulis oleh satu orang dan berfokus pada niche tertentu. Jika Anda pernah melihat blog perjalanan hidup, bisnis dan kewirausahaan, kecantikan, kesehatan dan kebugaran, makanan dan resep dan lain sebagainya, itu disebut sebagai blog pribadi.

Blog bisa dimiliki oleh siapa saja, karena siapapun dapat memulai blog pribadi tentang apa saja yang memungkinkan bermanfaat untuk orang lain. Tetapi apabila Anda ingin memonetisasikan blog Anda di masa mendatang, sebaiknya Anda mempersempit fokus ke topik tertentu. Dengan demikian Anda bisa membangun pemirsa setia Anda yang tahu apa yang diharapkan dari blog Anda.

Jika Anda fokus dengan blog yang Anda monetisasikan untuk menjual produk atau layanan Anda sendiri, maka nantinya akan menghasilkan lalu lintas dan juga menghasilkan uang.

4. Situs Website Portofolio

Sama seperti namanya situs web jenis ini digunakan sebagai portofolio online Anda. Situs website portofolio biasanya digunakan untuk memamerkan bakat dan kemampuan dan bahkan dapat membantu memberikan Anda lebih banyak pelanggan atau meningkatkan peluang untuk Anda mendapatkan posisi pekerjaan tertentu. Maka dari itu jenis situs web ini wajib dimiliki oleh para orang kreatif dan pekerja lepas yang mencari pekerjaan.

Situs web jenis ini juga biasanya digunakan oleh penyedia layanan online seperti desain grafis, pengembangan situs website dan keterampilan pemasaran online. Walaupun jenis situs web ini ditujukan seperti apa yang telah disebutkan, tetapi Anda bisa membuat portofolio untuk apapun. Misalnya saja memiliki keahlian melukis, memahat atau membuat seni berwujud, Anda bis menampilkannya di situs web portofolio Anda.

5. Situs Website Hiburan dan Media

Jika Anda suka mencari informasi berita terbaru di internet, Anda akan menemukan jenis situs website ini. Jenis situs website media ada dimana-mana, karena mereka bagian besar dari waktu dunia dihabiskan di website. Situs website media dan situs web hiburan memiliki perbedaan yaitu situs web media pada umumnya memiliki berita yang di isi oleh wartawan atau jurnalis yang meliputi peristiwa terkini atau berita terkini tentang berbagai topik yang sedang tren.

Sedangkan situs website hiburan adalah situs website yang biasanya menyajikan berita yang kurang penting seperti, gosip selebritas, komik web, kuis menyenangkan atau jenis konten yang memicu intrik yang membuat Anda tertawa. Tapi tidak jarang, situs web media menampilkan konten yang menghibur dan situs web hiburan menampilkan topik media.

6. Situs Web Pendidikan

Jika Anda pernah menemukan situs website universitas atau situs web sekolah, itu termasuk kedalam jenis situs website ini. Situs website akademik, situs website organisasi akademik dan situs web yang menyediakan kursus online untuk siswa dan orang yang ingin belajar juga disebut sebagai situs web pendidikan. Situs website pendidikan dibuat dengan tujuan menyediakan pengunjung materi pendidikan atau juga memberikan pengujung informasi tentang lembaga pembelajaran.

Jadi, Jenis Situs Web Apa yang Ingin Anda Buat?

Sebelum Anda memutuskan jenis situs website apa yang akan Anda buat, sebaiknya Anda memikirkan tujuan Anda membuatnya. Apapun jenis situs website yang nantinya Anda buat, pastikan bahwa Ada menawarkan nilai nyata bagi audiens Anda. Ketika Anda membaca artikel ini, Anda telah melihat jenis situs website mana yang memiliki spesifikasi yang cocok untuk Anda. Jika Anda ingin membuat situs website untuk promosi produk atau layanan Anda, Anda bisa membuat situs website bisnis.

Namun, jika Anda ingin membuat situs web yang ditujukan untuk kegiatan pribadi, Anda bisa membuat blog. Atau jika Anda adalah seorang kreatif seni dengan membuat situs website portofolio adalah pilihan yang tepat. Untuk membuat situs website yang tepat untuk Anda, Anda harus lebih mementingkan apa yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Tetapi jika Anda masih bingung mengenai jenis situs web apa yang akan Anda buat, Anda bisa langsung menghubungi kami. Kami adalah perusahaan digital marketing yang menyediakan layanan Jasa Design Website yang akan membantu Anda menentukan jenis situs web Apa yang sesuai dan cocok dengan Anda. Anda bisa menghubungi kami melalui online atau langsung hubungi kami melalui telepon di 082310361484 & 08170133458.