4 Faktor Yang Dapat Meningkatkan Peringkat Situs Web

Faktor-Faktor Yang Dapat Meningkatkan Peringkat Situs Web

Jika Anda adalah seorang pemilik situs website pastinya Anda ingin halaman web Anda menempati posisi tertinggi di Google. Maka dari itu Anda harus mengetahui apa saja faktor yang dapat meningkatkan peringkat Anda. Untuk meningkatkan lalu lintas pada situs website Anda dapat melihat rekomendasi strategi SEO 2020 yang dapat membantu untuk meningkatkan lalu lintas yang datang dari berbagai sumber.

Untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari situs website harus memiliki konten yang berkualitas yang mampu mendorong meningkatkan peringkat. Ingin tahu apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi menaikkan peringkat? Silahkan Anda baca artikel ini hingga selesai.

Apa Saja Faktor Peringkat Google yang masih diperhitungkan?

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya faktor apa saja yang dapat membantu Anda masuk ke halaman satu mesin pencari? Mungkin Anda tidak asing dengan algoritma Hummingbird yang berfokus pada semantik bukan otomatisasi pencocokan tepat, semua pembaharuan google ditujukan untuk menyenangkan pengguna bukan spesialis SEO. Apabila kita melihat kembali, kita semua dapat melihat pembaharuan algoritma google seperti:

  1. Algoritma Google Panda diluncurkan pada 2011 menurunkan peringkat halaman dengan konten yang buruk.
  2. Algoritma Google Page Layout diluncurkan pada 2012 berpengaruh terhadap halaman dengan desain yang berkualitas rendah, banyak pop-up, spanduk serta iklan yang memukau.
  3. Algoritma Google Penguin diluncurkan pada 2012 yaitu menghukum situs website yang membeli tautan dan memiliki banyak tautan spam.
  4. Algoritma Google Pigeon diluncurkan pada 2014 yaitu berfokus pada peringatan halaman yang relevan untuk pencarian lokal.
  5. Algoritma Google Mobile Friendly diluncurkan pada 2015 yaitu ditujukan untuk memberikan dorongan situs website ramah seluler.

Elemen yang juga sangat penting dan memiliki dampak besar pada peringkat situs website yaitu Google RankBrain. Ini merupakan pendekatan baru yang dapat menentukan peringkat dengan menggunakan teknologi pembelajaran mesin pencari untuk mengevaluasi halaman serta memberikan hasil paling relevan untuk pengguna.

Dari melihat pembaharuan algoritma ini, kita dapat melihat bahwa semua ditujukan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna seperti halnya:

  1. Relevansi dan kualitas konten
  2. Backlink
  3. Pengguna situs website (UX)

Hal ini bisa dianggap sebagai faktor peringkat terkuat yang perlu Anda optimalkan konten Anda.

1. Konten Berkualitas

Bagaimana konten yang berkualitas? Konten yang dibuat dengan mempertimbangkan manfaat yang diberikan kepada pengguna, daya tarik visualnya dan juga panjang katanya. SEO Plugin sendiri selama bertahun-tahun telah merekomendasikan penggunanya untuk menulis artikel yang panjangnya lebih dari 300 kata. Mungkin beberapa waktu lalu orang-orang terobsesi dengan konten yang berbentuk panjang, namun apakah panjang konten dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi?

Artikel yang lebih panjang dan memiliki kualitas yang baik jauh lebih baik yang diberikan kepada pengguna. Karena ini dapat memberi peringkat jauh lebih baik dibanding dengan salinan 200 kata yang lebih pendek. Menurut penelitian dari Neil Patel mengatakan bahwa sebagian besar hasil dari Top 1 mesin pencari merupakan halaman website yang memiliki lebih dari 2.000 kata salinan. Pengguna yang menulis lebih panjang dengan kualitas yang baik, akan sering memberikan sinyal ke google. Sehingga google akan menaikkan peringkat tulisan tersebut, tahukah Anda, bahwa sebagian orang lebih mempercayai konten dengan bentuk panjang dibanding dengan yang lebih pendek.

Untuk mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari bukan hanya sekedar artikel yang panjang, melainkan juga harus relevansi konten dengan pengguna. Relevansi disiini berarti Anda harus membuat karya yang menyediakan konetn yang sesuai dengan apa yang mereka cari, disinilah kata kunci sangat berguna. Kata kunci ekor panjang menjelaskan konten lebih tepat, halaman dengan konten yang lebih relevan akan mengalahkan mereka yang memiliki DR lebih tinggi atau pun dengan beberapa domain rujukan.

2. Backlink

Terlepas dari kenyataan terkadang relevansi konten dapat mengalahkan backlink. Backlink masih menjadi salah satu faktor menaikkan peringkat, karena Google menganggap kepercayaan pengguna sebagai salah satu faktor peringkat utama untuk situs web dan juga halaman web. Sederhananya seperti ini, dimana pengguna memberikan suara mereka untuk halaman dengan menautkan kepada mereka. Semakin banyak pengguna yang tertaut kembali ke sumber daya, semakin tinggi pula Google meningkatkan peringkat ke hasil pencarian mesin pencari.

Dan tentunya disini berbicara mengenai baclink yang berkualitas tinggi dari situs website. Membeli backlink dalam jumlah besar merupakan masuk kedalam kategori SEO abu-abu. Mungkin saat ini masih banyak orang yang menggunakan cara ini, tapi perlu diingat bahwa itu tidak akan membuat situs website Anda mencapai puncak dan bertahan disana. Anda harus tahu bahwa praktik ini sangat ditantang oleh google, bukan tidak mungkin situs website Anda bisa di blacklist dari pencarian google atau di deindex google.

3. Mobile Friendly dan Kecepatan Memuat Halaman

Ini merupakan dua faktor perangkat yang datang secara bersamaan. Anda harus tahu bahwa Google memperhatikan secara seksama semua situs website yang pindah ke pengguna perangkat seluler. Sebagus apapun konten yang telah Anda buat, tetapi situs website Anda tidak mobile friendly tidak akan membantu peringkat Anda. Karena halaman website yang tidak menyajikan konten yang bisa diakses di perangkat seluler akan mengalami penurunan peringkat yang signifikan. Untuk meningkatkan peringkat situs website Anda, pastikan bahwa situs web Anda ramah seluler.

Pastikan bahwa Anda memiliki situs website yang semua halamannya responsive dan memiliki kecepatan yang maksimal. Untuk membuat halaman web cepat memuat Anda dapat mengoptimalkan dengan cara kode yang lebih bersih, ukuran gambar yang kecil atau ringan serta struktur halaman yang responsive dan lain-lain. Satu lagi yang harus Anda perhatikan yaitu halaman yang responsive di seluler juga harus menghindari pop-up, pengantara mandiri yang memaksa pengguna untuk menonton iklan yang menempati menempati sebagian besar ruang.

Baca Juga: Cara Mempercepat Situs Web

4. Faktor SEO Yang Lebih Teknis

Selain dari 3 faktor yang telah kami sebutkan diatas, Anda juga harus mempertenggangkan beberapa aspek teknis yang dapat mempengaruhi peringkat halaman website Anda.

  1. Jika situs website Anda masih HTTP segeralah beralih ke HTTPS. Tidak hanya meningkatkan peringkat, tetapi dengan menggunakan HTTPS juga akan meningkatkan kepercayaan pengguna dan Google pada situs website Anda.
  2. Struktur URL, memang kata kunci pencocokan tepat di URL tidak ada hubungannya dengan peringkat tinggi. Tetapi bukan berarti Anda harus meninggalkan URL. Perlu diingat bahwa Bot Google merayapi semua URL secara merata dan mesin pencari terbesar Google merekomendasikan penggunaan struktur URL sederhana yang jelas bagi pengguna untuk meningkatkan UX. Jadi Anda buatlah URL yang lebih deskriptif untuk membantu pengguna memahami kemana mereka melangkah. Anda harus menghindari URL multi-folder untuk alasan UX yang sama.

Untuk mencapai posisi puncak Anda dapat berfokus pada sinyal kepercayaan, relevansi konten serta manfaat yang di berikan kepada pengguna Anda, keterbacaan dan otoritas situs website Anda. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda di sosial media Anda.

× Butuh Bantuan?