11 Tips untuk Meningkatkan Kinerja WordPress

Meningkatkan Kinerja WordPress

Ingin meningkatkan pengalaman pengguna lebih baik lagi? Anda dapat melakukan dengan cara Meningkatkan kecepatan situs website WordPress. Teknik mempercepat situs website WordPress saat ini paling di cari dalam mengenai situs website. Pemilik situs website E-Commerce terus berinovasi karena pembeli cenderung memilih belanja online karena mereka dapat menghemat waktu, energi serta kemudahan yang ditawarkan. Itulah beberapa alasan mengapa situs website E-Commerce berbasis WordPress harus memiliki kecepatan pemuatan yang maksimal untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Jika situs website berbasis WordPress tidak di maintenance dengan baik akan semakin lambat dari waktu ke waktu. Situs website mengumpulkan data, menjadi kompleks serta menjadi kurang efisien. Walaupun ini normal hingga batas tertentu, tetapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah situs web WordPress Anda menjadi lambat.

Alasan WordPress Perlu Dipercepat

Situs website yang cepat memuat halaman adalah situs website yang disukai oleh pengguna. Kecepatan memuat halaman website merupakan faktor paling peting yang dapat berpengaruh terhadap semua hal seperti lalu lintas situs website, konversi, rasio pentalan, kepuasan pengunjung serta pendapatan. Berikut sejumlah alasan mengapa situs website WordPress Anda perlu di percepat:

  1. Meningkatkan kecepatan adalah faktor utama dalam posisi pencarian. Anda harus tahu bahwa situs website yang memuat lambat dapat meningkatkan rasio pentalan. Website yang lambat memuat akan ditinggalkan oleh pengguna atau pengunjung. Mereka tidak akan memeriksa situs web Anda karena halaman web Anda lambat dan akan membutuhkan banyak waktu untuk menuju kesana.
  2. Jika Anda mengunjungi sebuah situs website dan ternyata situs web tersebut lambat memuat, Kami pastikan Anda akan segera meninggalkan situs web tersebut. Sama halnya dengan pengunjung website Anda, pengunjung website Anda tidak akan sebaran. Anda harus tahu bahwa konsumen mengharapkan situs web E-Commerce dimuat dalam waktu kurang dari 3 detik.
  3. Untuk mendapatkan peringkat tertinggi di google, maka situs web Anda harus memiliki kecepatan yang maksimal. Karena kini kecepatan situs website termasuk ke dalam algoritma google. Memiliki situs website yang memuat lambat dapat berakibat kehilangan peringkat Google dan akhirnya Anda juga akan kehilangan pengunjung potensial Anda.

Untuk menghindari Anda kehilangan peringkat dan juga lalu lintas organik, kami telah menyiapkan beberapa cara atau tips kinerja WordPress yang dapat Anda tindak lanjuti.

Tips yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Kinerja WordPress Anda

Pastinya Anda ingin situs web Anda dapat bekerja dengan baik seperti mendatangkan lalu lintas dan konversi. Untuk menjaga situs web tetap memuat dengan cepat Anda perlu melakukan usaha. Dibawah ini sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja situs website WordPress.

1. Memiliki Hosting Web Yang Bagus

Hosting merupakan salah satu faktor yang paling penting yang mempengaruhi kecepatan situs website WordPress Anda. Untuk situs website Anda cepat memuat Anda harus menggunakan hosting yang berkualitas tinggi. Anda perlu berpikir dua kali sebelum Anda memilih hosting . Pastikan Anda memilih hosting yang tepat dan menawarkan harga hosting yang relevan.

Perlu diingat bahwa Anda harus memilih hosting yang tepat untuk Anda dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang terpenting dari hal ini adalah Anda bisa menggunakan layanan hosting WordPress yang dikelola, hosting yang dikhususkan untuk WordPress.

2. Menginstall Plugin Caching yang Tepat di WordPress Anda

Faktor kedua untuk mempercepat situs website WordPress adalah dengan menginstall plugin caching yang tepat. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghemat banyak sumber daya sehingga memuat halaman akan lebih cepat karena plugin caching akan menyimpan salinan halaman situs website ke dalam file sementara. Alih-alih mengirim permintaan ke database MySQL untuk memuat halaman yang di minta oleh pengguna.

Dengan menginstall plugin caching yang tepat dapat memuat halaman yang diminta oleh pengguna dari file sementara, tanpa harus mengirim permintaan ke database Anda setiap saat. Sehingga pengguna Anda tidak akan mengkonsumsi sumber daya server Anda setiap mereka mengunjungi situs website Anda.

3. Mengoptimalkan Gambar

Yang membuat situs website WordPress Anda lambat memuat adalah karena gambar serta file yang di tampilkan di situs web Anda. Dengan mengoptimalkan gambar pada situs web Anda dapat membuat peningkatan besar pada waktu Pemuatan kecepatan situs website Anda.

Perlu di ingat bahwa pengoptimalan gambar harus fokus pada ukuran, format, skala dan atribut src. Jika ukuran gambar semakin besar, maka semakin lama pula situs web akan memuat. Untuk mempercepat situs web Anda memuat Anda dapat memperkecil ukuran gambar Anda. Sebelum Anda posting gambar untuk memperkecil ukuran gambar Anda bisa kompres gambar terlebih dahulu. Ini sangat membantu Anda untuk mendapatkan gambar berukuran kecil.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan format JPEG untuk gambar yang di posting di situs website Anda. Jangan gunakan gambar dengan format GIF karena ini dapat memperlambat kecepatan memuat situs website Anda. Pastikan juga bahwa kode gambar And benar, Kode src gambar yang sesuai adalah tidak memiliki sumber dalam kata lain adalah tidak akan mengarahkan browser Anda untuk membuat permintaan ke halaman yang sebenarnya. Sehingga tidak akan menambah beban yang tidak perlu pada server Anda.

Baca juga: Kecepatan Halaman dan Cara Mempercepat Situs Web

4. Memilih Tema Pemuatan Yang Cepat dan Kode Yang Baik

Meningkatkan kecepatan WordPress Anda harus memilih tema dengan properti bersih, ringan dan juga dapat melakukan keajaiban pada kecepatan situs website Anda. Dengan memilih tema yang tepat dan cepat dapat mewakili atau mencerminkan kan merek Anda. Untuk mengetahui kecepatan halaman website Anda, Anda bisa menggunakan alat seperti Google PageSpeed ​​Insights

Untuk memilih tema yang tepat dan cepat ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda akan memilih tema situs web Anda:

  1. Harga Tema, Anda tidak perlu memilih tema yang terlalu mahal, Anda cukup membeli tem yang disesuaikan dengan fungsionalitas yang dibutuhkan situs website Anda. Tapi Anda juga jangan memilih tema yang termurah yang tidak memiliki fitur yang situs website Anda butuhkan. Jangan karena Anda ingin menghemat uang Anda dan akhirnya memilih tema yang termurah, Pilihlah tema yang tidak menghambat kinerja situs website Anda.
  2. Dukungan Pengembang, ini berfungsi untuk Anda dapat meningkatkan tema situs web Anda di masa mendatang. Anda dapat melihat riwayat log tema, informasi pengembang serta ulasan dari pelanggan untuk mengetahui apakah pengembang secara teratur melakukan perubahan pada tema.
  3. Kesiapan Seluler, Seperti yang telah kita tahu bahwa, situs website haruslah ramah seluler. Jika situs web Anda tidak ramah seluler maka kemungkinan Anda akan kehilangan lalu lintas situs web Anda. Jadi, pilihlah tema yang dapat merespons lalu lintas dengan baik apapun perangkat yang pengguna gunakan.
  4. Kompatibilitas lintas browser, Tidak hanya kesiapan seluler, tetapi juga harus yang Kompatibilitas lintas browser. Karena pengunjung situs web Anda akan menggunakan browser yang berbeda.
  5. Kompatibilitas plugin, dengan Kompatibilitas plugin Anda dapat menyesuaikan situs website, Anda dapat meningkatkan tampilan, menambahkan fitur-fitur khusus atau pun untuk meningkatkan tingkat konversi. Anda bisa memilih tema yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda termasuk dengan plugin yang di perlukan untuk memperbaikinya.

5. Memperkecil file CSS dan JS

Untuk meningkatkan kecepatan memuat situs website WordPress, Anda dapat mengurangi file HTML, JavaScript dan CSS. Terutama apabila situs website Anda berjalan melalui Google Page Insights. Dari proses minifikasi dan pengoptimalan backend situs website Anda akan membantu situs web berjalan lebih cepat dengan menghapus spasi yang tidak diperlukan, jeda bari dan komentar. Apabila jumlah data yang ditransfer lebih sediki, maka situs website Anda akan berjalan lebih cepat.

6. Kurangi Jumlah Plugin

Mempercepat situs website WordPress dengan cara mengurangi jumlah plugin di situs website Anda. Apabila saat ini Anda banyak menyimpan plugin yang tidak Anda inginkan di situs website Anda. Ini akan menghasilkan banyak beban pada sumber daya server Anda pada saat file cadangan sedang dibuat.

Untuk mempercepat situs website Anda, Anda dapat melakukan pemeliharaan basis data reguler dengan mencopot pemasangan plugin yang tidak Anda gunakan. Jika Anda tidak mengetahui plugin mana yang banyak menghabiskan ruang, Anda bisa menonaktifkan masing-masin, kemudian Anda ukur kinerja server. Disitu Anda dapat mencari tahu mana yang plugin yang tidak terpakai dan yang mempengaruhi kinerja situs website Anda.

7. Menggunakan Tombol Berbagi Media Sosial yang Efisien

Jika Anda ingin menggunakan tombol media sosial, Anda juga harus mempertimbangkan kecepatan saat Anda menggunakan plugin tombol berbagai media sosial yang efisien. Selain penggunaan plugin yang tepat dan cepa, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah penempatan tombol media sosial Anda untuk mencegah halaman Anda memuat lambat. Perlu Anda ingat bahwa semakin banyak tombol media sosial akan berdampak negatif terhadap kecepatan situs website. Pilihlah lokasi yang tepat yang tetap mengurangi beban pada situs web, sehingga audiens Anda dapat mengklik dan akhirnya juga dapat membantu konversi Anda.

8. Menggunakan HTML bukan PHP

Untuk membuat situs website Anda lebih cepat, Anda dapat menggunakan HTML bukan PHP. Walaupun PHP dapat membantu situs website lebih efisien dengan mengurangi kebutuhan untuk memasukan informasi yang sama lebih dari sekali. Tetapi PHP akan menghabiskan lebih banyak ruang server, jadi untuk meningkatkan kecepatan situs website, Anda dapat merubah menjadi HTML.

Baca juga: Cara Memposting Kode HTML Pada Postingan Blog

9. Kurangi Pengalihan di Situs Website

Yang berikutnya untuk membantu kecepatan pemuatan situs website, Anda dapat mengurangi pengalihan di situs website Anda. Anda harus mempertahankan jumlah pengalihan d situs website seminimal mungkin. Karena jika terus bertambah pengalihan di situs website Anda, halaman ini akan cenderung memperlambat waktu yang diperlukan browser untuk membuka halaman yang benar.

Apabila Anda memiliki link yang hilang dan sehingga menghasilkan 404 Error HTTP segera perbaiki. Perlu di ketahui bahwa file-file ini sering membebani serves situs web dengan mengambil rata-rata memori 60 hingga 100 MB. Jika Anda tidak tahu cara untuk memperbaikinya sendiri, Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga alih-alih untuk memeriksa 404 Error.

10. Bersihkan Perpustakaan Media

Untuk meningkatkan kecepatan WordPress, bersihkan perpustakaan Media pada situs web Anda, Biasanya lupa untuk menghapus dan membersihkan sejumlah besar gambar atau file media yang datang dari tema yang digunakan pada situs website Anda. Apabila Anda tidak menggunakannya Anda dapat membersihkan nya.

Anda perlu tahu bahwa seirng bertambah usia situs website akan terus mengunggah file media yang memungkinkan memakan lebih banyak ruang. Jika Anda membersihkan perpustakaan media, ini akan menambah jumlah ruang kosong di situs website, sehingga akan membantu memuat situs web lebih cepat. Untuk melakukannya Anda cukup masuk ke media dashboard WordPress Anda, Anda klik ikon drop-down dan klik “Unattached Media” Anda bisa menggunakan plugin seperti Media Cleaner untuk membantu Anda membersihkan.

11. Optimalkan Tabel Database Situs Web

Anda perlu tahu bahwa WordPress dikendalikan oleh database MySQL, dimana data situs website Anda disimpan disini. Termasuk dengan revisi halaman situs website Anda, Saat anda melakukan perubahan di situs website, ini bisa menjadi sedikit lebih pada dan akhirnya membuat kinerja yang lebih lambat.

Ada dua cara melakukan ini, yang pertama Anda bisa mengoptimalkan database secara manual di server dengan menggunakan phpMyAdmin. Tapi dengan cara ini jika Anda melakukannya tanpa pengetahuan, ini malah dapat merusak situs website Anda. Cara yang kedua, jika Anda adalah seorang pemula dalam melakukan pembersihan database, Anda dapat menginstall plugin seperti Advanced Database Cleaner untuk membantu Anda.

Jika Anda memiliki situs WordPress yang memuat dengan cepat ini akan sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. Pengalaman pengguna yang terbaik menjadi sangat penting dalam menciptakan dan memelihara situs website E-Commerce yang sukses. Selain itu juga Meningkatkan kecepatan WordPress atau mempercepat waktu pemuatan situs website juga dapat membantu untuk meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari.

Jika Anda masih kesulitan untuk melakukan tips ini yaitu Meningkatkan kecepatan WordPress, mari bicarakan dengan tim kami, tim kami akan membantu menciptakan situs website yang cepat. Jika Anda adalah seorang pemilik situs website E-Commerce yang ingin mempercepat situs website Anda, Anda dapat menghubungi kami sekarang.!

× Butuh Bantuan?