Tips untuk UKM Mempertahankan Bisnis Selama Pandemi Corona

Tips untuk UKM Mempertahankan Bisnis Selama Pandemi Corona

Bagaimana cara mempertahankan bisnis selama corona? Mungkin pertanyaan tersebut telah ada dalam pikiran para pemilik UKM. COVID-19 menjadi momok menakutkan bagi siapa saja, tidak terkecuali bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Banyak dari para pelaku UKM yang terkena dampak dari pandemi COVID-19, tapi menutup sementara sebuah bisnis bukanlah keputusan yang tepat. Jika Anda menghentikan sementara kegiatan pemasaran bisnis Anda, maka ketika pandemi ini berakhir, Anda harus memulai memasarkan bisnis Anda kembali dari nol.

Memang tidak ada yang tahu kapan pandemi corona ini akan berakhir, tapi menutup bisnis Anda dan membukanya kembali setelah pandemi berakhir juga bukan ide yang bagus. Tidak hanya Anda yang mengalami penurunan penjualan, tapi ada ribuan pebisnis yang mengalami dampaknya. Tapi mereka tetap bertahan hingga kini, karena keberlanjutan bisnis harus tetap mereka lakukan supaya bisnis mereka tetap bertahan.

Memang tidak mudah mempertahankan bisnis dan memperjuangkan penjualan di tengah pandemi. Tapi, Anda harus optimis dan percaya bahwa musibah ini akan segera berakhir dan membuat semuanya kembali normal. Agar bisnis Anda tetap bertahan dalam kondisi ini, kami telah menyiapkan sejumlah strategi penjualan untuk memastikan bisnis Anda tetap berjalan dan tetap mendapatkan pelanggan. Berikut tips Mempertahankan bisnis selama corona yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda.

1. Memperbaiki Kualitas Produk

Kualitas Produk

Jadikan pandemi ini sebagai hikmah untuk bebenah pelayanan dan kualitas produk Anda. Ini merupakan waktu yang tepat bagi para pemilik Usaha Kecil Menengah dalam memperbaiki kualitas produk atau layanan yang Anda tawarkan selama ini. Anda dapat melihat apa saja yang perlu di tambahkan dalam memperbaiki produk atau layanan Anda.

Anda juga dapat menciptakan inovasi baru ketika Anda memperbaiki kualitas produk atau layanan dengan menciptakan produk atau layanan baru yang dapat berjalan di kondisi apapun. Selain memperbaiki kualitas produk atau layanan, Anda juga perlu memperbaiki strategi pemasaran bisnis Anda. Banyak dari para pelaku UKM yang masih takut dalam mengonlinekan bisnisnya, padahal mengonlinekan bisnis adalah strategi paling efektif untuk mendapatkan pelanggan.

2. Melakukan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Strategi Pemasaran

Anda dapat memanfaatkan kondisi ini untuk memperkuat strategi pemasaran bisnis Anda. Selain melakukan perbaikan kualitas produk dan layanan, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Jika saat ini pelanggan Anda tidak dapat datang langsung ke toko atau kantor Anda, Anda dapat mempermudah mereka dengan pelayanan online.

Anda dapat memanfaatkan media digital untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan Anda. Dengan melakukan digital marketing tidak hanya menjangkau pelanggan yang sudah ada saja, melainkan Anda dapat menjangkau pelanggan baru. Pelanggan dan calon pelanggan Anda saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka di rumah dan lebih banyak waktu untuk menggunakan smartphone untuk mencari informasi, produk atau layanan yang mereka butuhkan di Google.

Artikel terkait : Tips Pemasaran UKM Selama Pandemi COVID-19

Ini adalah kesempatan Anda untuk melakukan promosi produk atau layanan Anda kepada mereka dengan menampilkan bisnis Anda didepan mereka. Buat situs website bisnis Anda tampil di halaman satu Google untuk kata kunci yang relevan, sehingga calon pelanggan dapat menemukan bisnis Anda. Membuat bisnis Anda mudah ditemukan di internet dapat membantu mendatangkan pelanggan baru yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Atau setidaknya membantu untuk bisnis Anda tetap mendapatkan penjualan disaat pandemi ini.

3. Mempersiapkan UKM Anda untuk Lebih Berkembang

Mempersiapkan UKM Anda untuk Lebih Berkembang

Sebagai pelaku UKM yang kreatif Anda harus memanfaatkan masa krisis ini untuk meningkatkan keahlian Anda demi perkembangan bisnis Anda di masa mendatang dengan merencanakan metode pemasaran yang kreatif. Misalnya saja Anda perlu melakukan pemasaran digital dengan membuat website untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Sehingga ketika kondisi ini kembali normal, Anda dapat dengan mudah mempromosikan bisnis Anda secara online.

Apabila Anda telah memiliki situs website untuk bisnis Anda, kini saatnya Anda melakukan optimasi SEO pada situs web Anda. Mungkin saat ini pesaing Anda telah menghentikan upaya pemasaran mesin pencari mereka. Sehingga ini adalah kesempatan Anda untuk membuat bisnis Anda terlihat dan mendapatkan peringkat tertinggi di Google. Semakin banyak halaman web dari kata kunci yang mendapatkan peringkat tertinggi di Google, maka akan semakin bagus reputasi bisnis Anda.

Dengan melakukan pemasaran digital misalnya saja SEO, maka Anda telah berinvestasi untuk jangka panjang. Ini bukanlah krisis keuangan yang terjadi seperti di tahun 2008 yang membawa dampak pada daya beli yang menurun drastis. Saat ini hanya health crisis, dimana pola masyarakat yang hanya menahan daya beli, bukan karena mereka tidak mampu untuk membeli. Jika kondisi ini kembali normal dan semua orang sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Maka ekonomi berpotensi kembali membaik dan berjalan normal sehingga daya beli kembali meningkat.

4. Terus Lakukan Penjualan

Mempersiapkan UKM Anda untuk Lebih Berkembang

Jangan panik, jangan putus asa dan jangan berhenti melakukan upaya penjualan. Anda harus optimis dan tetap berfikir positif bahwa Anda bisa mempertahankan UKM dan terus melakukan penjualan produk Anda. Ada banyak cara untuk mendatangkan pelanggan yang bisa Anda ikhtiarkan untuk membuat mereka membeli produk Anda.

Keadaan ini memang sulit bagi siapa saja, tapi bukankah kita harus tetap berjalan ke depan dan menghadapi rintangan yang ada untuk menuju kesuksesan? Bukan hanya Anda yang merasakan ini tapi kita semua, masyarakat dunia sedang menghadapi corona bersama-sama. Jadi, tetap lakukan upaya penjualan, supaya setelah semua ini berakhir Anda tidak harus memulai lagi dari nol. Semoga tips mempertahankan bisnis selama corona ini dapat membantu Anda untuk bertahan dan tetap menjalankan bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan pemasaran digital yang profesional, perusahaan digital marketing kami dapat membantu. Diskusikan dengan kami kebutuhan pemasaran digital Anda, kami siap membantu Anda untuk memasarkan produk atau layanan Anda secara online. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis!

× Butuh Bantuan?