Tips & Trik Meningkatkan Online Presence Bisnis Di Tahun 2021

online presence

Mengapa Anda harus meningkatkan online presence bisnis Anda di tahun 2021? Jika pada tahun 2020 Anda mengalami kemunduran dalam bisnis karena terjadinya pandemi, maka awal tahun ini adalah saatnya mulai meningkatkan kehadiran online bisnis Anda.

Berharap pandemi ini segera berakhir sambil meningkatkan kehadiran online bisnis adalah cara terbaik untuk tetap menghidupkan bisnis Anda. Dunia memang sedang dilanda pandemi namun bukan berarti itu menghalangi bisnis Anda untuk terus tumbuh bukan? Jadi fokus pada peningkatan online presence adalah upaya terbaik menghadapi keadaan sekarang.

Semua orang tahu bahwa tahun 2020 adalah tahun yang kurang menguntungkan bagi sebagian pebisnis. Banyak pelaku bisnis mengalami kerugian, bangkrut bahkan gulung tikar. Namun tidak sedikit pula yang masih bertahan dan terus mengupayakan perbaikan dan meningkatkan bisnis mereka.

Salah satu upaya yang dapat di lakukan oleh pelaku bisnis adalah dengan meningkatkan online presence bisnis. Anda perlu berpindah merek secara online untuk membuat bisnis Anda tetap hidup dan menghasilkan penjualan yang lebih baik. Menawarkan produk / layanan secara online adalah cara efektif untuk tetap produktif ditengah pandemi seperti saat ini.

Selain tetap aktif meningkatkan penjualan Anda juga berpartisipasi dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. Lagi pula dengan online, Anda bisa menjangkau pasar lebih luas dibandingkan dengan metode tradisional. Nah untuk meningkatkan online presence pada bisnis Anda simak tips dan triknya dibawah ini!

Tips Jitu Meningkatkan Online Presence Pada Bisnis

Pandemi ini tidak hanya di alami oleh satu negara saja namun seluruh dunia, jadi yang mengalami kemunduran dalam bisnis bukan hanya Anda tetapi banyak orang. Berakhirnya pandemi tidak dapat di prediksi meskipun sudah memasuki tahun baru. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk membuat bisnis Anda tetap produktif.

Online Presence Pada Bisnis

Untuk mendatangkan pelanggan potensial Anda bisa menjalankan strategi pemasaran online. Dimana Anda bisa menjangkau audiens target lebih banyak tanpa harus keluar rumah, toko / kantor untuk promosi. Lagi pula promosi melalui jaringan internet lebih efektif karena Anda bisa menargetkan orang-orang yang tepat sasaran.

Anda dapat mengatur target pasar dan audiens target Anda seperti geografis, gender, usia, minat dan lain sebagainya. Ini akan lebih memudahkan Anda dalam mengenali audiens target Anda. Ketika Anda mengenali audiens maka akan lebih mudah menarik mereka menjadi pelanggan yang membeli produk / layanan Anda.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kehadiran online pada bisnis? Simak dan pelajari tips dan trik dibawah ini!

1. Jangan Hanya Berdiam

Pandemi ini bisa dijadikan sebagai perenungan dalam membangun bisnis yang lebih baik lagi. Anda bisa mengambil hikmah dari keadaan ini dimana mulai saat ini Anda perlu menyesuaikan diri pada strategi pemasaran baru. Karena jika hanya mengandalkan strategi pemasaran tradisional memungkinkan Anda tidak dapat bertahan lebih lama ketika terjadi pandemi seperti saat ini.

Ini adalah tahun baru, normal baru yang tidak hanya cukup di mulai dengan perpindahan tradisional ke online untuk bisnis Anda. Namun ini adalah peluang besar bagi Anda untuk lebih mengeksplor kehadiran bisnis Anda secara online. Anda dapat menawarkan produk / layanan Anda kepada calon pelanggan secara luas.

2. Meningkatkan Situs Website Anda

Online Presence bisnis

Pembelian online adalah tren baru yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar konsumen melakukan pembelian secara online karena lebih praktis dan menghemat waktu. Mereka cukup mengandalkan smartphone atau perangkat lain yang tersambung dengan internet untuk memesan produk / layanan yang dibutuhkan.

Tren pembelian online akan terus berkembang di tahun 2021, itu artinya bisnis harus mampu mengikuti tren yang ada untuk tetap hidup. Jika Anda belum memindahkan produk / layanan Anda secara online maka sekaranglah waktu yang tepat untuk melakukannya.

Anda perlu memiliki situs website yang mutakhir dengan desain yang menunjang. Jika Anda sudah memiliki situs website maka tugas selanjutnya adalah meningkatkan fungsi website Anda. Tidak hanya itu Anda juga wajib membuat website Anda di sukai oleh mesin pencari dan pengguna dengan mengoptimalknya untuk SEO.

3. Mengoptimalkan Situs Anda Untuk Pengguna Smartphone

Untuk mengakses internet tidak hanya bisa dilakukan melalui perangkat desktop saja namun juga berbagai perangkat lain seperti smartphone. Semakin berkembangnya teknologi, sekarang ini menjelajahi internet bisa melalui perangkat smartphone.

Ini artinya situs web Anda wajib dioptimalkan untuk pengguna smartphone. Karena sekarang ini pengguna smartphone lebih dominan dalam menjelajahi internet. Pengguna internet lebih besar kemungkinannya membeli produk / layanan Anda. Itu mengapa mengoptimalkan website pada pengguna seluler adalah tindakan yang tepat.

4. Tingkatkan UX Dan UI Pada Website Anda

Tujuan Anda mengonlinekan bisnis tidak hanya untuk mendatangkan traffic saja melainkan untuk mengubah mereka menjadi pelanggan yang membeli. Jadi membuat website Anda mudah di akses dan mengkonversi adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Membuat website dengan desain menunjang dan menampilkannya di halaman satu hasil pencarian barulah tahap awal. Untuk membuat website Anda menghasilkan penjualan Anda perlu meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Cara meningkatkan pengalaman pengguna yang efektif adalah dengan melibatkan UX dan UI. Apabila Anda meningkatkan kemudahan akses melalui UX dan UI pada website Anda maka akan memudahkan pengguna melakukan tindakan selanjutnya.

Mereka akan lebih mudah memutuskan dan melakukan tindakan untuk membeli produk / layanan Anda. Bayangkan saja jika mereka kesulitan memahami situs web Anda misalnya saja kesulitan menavigasi. Maka peluang mendapatkan penjualan semakin kecil. Jadi buatlah situs web Anda responsive yang mudah di navigasi oleh pengunjung Anda.

Artikel terkait: Apa Itu User Experience (UX) Mengapa Begitu Penting Bagi Bisnis?

5. Meningkatkan SEO Website Anda

Seperti yang sering kami ungkapkan bahwa syarat utama mendatangkan lalu lintas website adalah dengan menampilkannya di hasil pencarian mesin pencari. Ini artinya website Anda harus memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari dari pesaing Anda.

Jika Anda bertanya bagaimana cara meningkatkan peringkat dan lalu lintas organik maka jawabannya adalah dengan SEO. Search Engine Optimization atau yang sering di singkat SEO adalah proses pengoptimalan website / halaman web supaya diberikan peringkat lebih tinggi oleh mesin pencari seperti Google.

Syarat yang tidak boleh Anda lupakan ketika meningkatkan online presence pada bisnis adalah SEO. Karena SEO merupakan teknik efektif dalam menampilkan merek Anda di hadapan audiens target Anda. Ketika merek Anda muncul di pencarian audiens target kemungkinan mereka membeli lebih besar. Dan itu artinya penjualan Anda dapat meningkat.

6. Buat Konten Berkualitas dan Menarik

Salah satu elemen yang menarik perhatian audiens target adalah konten. Untuk meningkatkan online presence bisnis Anda adalah dengan menyajikan konten yang berkualitas dan menarik. Tidak hanya ramah bagi pembaca saja namun konten harus dibuat untuk ramah mesin pencari.

Sangat disarankan ketika Anda membuat konten pastikan SEO friendly karena ini sangat berpengaruh terhadap peringkat yang nantinya di berikan oleh mesin pencari. Anda perlu membuat konten yang memberi manfaat dan solusi bagi pembaca Anda. Ini sangat penting karena dapat meningkatkan pengalaman yang luar biasa terhadap merek Anda.

Baca juga: 6 Manfaat Konten Pada Website yang Wajib Anda Ketahui

7. Audit Website

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kehadiran online bisnis Anda adalah dengan melakukan audit website. Audit website adalah tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja website. Yang mencangkup audit website adalah keamanan, kecepatan, bounce rate, tingkat konversi dan juga SEO.

Tujuan melakukan audit website adalah untuk mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan dari situs web Anda. Bagaimana untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, pengunjung website dan meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Setiap bisnis harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dalam menghadapi berbagai halangan yang menghampiri. Terbukti dari pandemi ini, banyak orang yang belum siap dengan keadaan ini. Sebelum pandemi banyak orang yang berfikir bahwa mereka tidak perlu mengonlinekan bisnis. Namun pada kenyataannya mengonlinekan bisnis sangat membantu di kondisi seperti ini.

Jadi, apakah Anda akan terus berdiam diri? Mulai lah apa yang bisa Anda lakukan sekarang jangan pernah tunda lagi. Buatlah merek Anda mudah ditemukan secara online dan hasilkan lebih banyak pelanggan potensial!

Jika butuh bantuan terkait pemasaran online jangan ragu untuk menghubungi kami. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi gratis!