Apa Itu User Experience (UX) Mengapa Begitu Penting Bagi Bisnis?

Apa Itu UX

Jika Anda adalah pemilik bisnis online tentunya Anda ingin tahu apa itu User Experience (UX) dan manfaatnya bukan? Media digital seperti website harus dibuat dengan desain User Experience yang lebih baik. Karena ini berpengaruh terhadap kepuasan pengguna yang pada akhirnya memungkinkan meningkatkan konversi.

Ada banyak aspek yang mempengaruhi konversi website salah satunya adalah User Experience. Jika Anda membangun website namun tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka itu tidak akan menghasilkan apa-apa. Apabila Anda peduli dengan konversi, itu artinya Anda harus membangun website yang ramah pengguna dengan mengutamakan pengalaman pengguna Anda.

Tahukah Anda bahwa rasio pentalan / bounce rate yang tinggi diakibatkan oleh pengalaman pengguna yang rendah? Pengalaman pengguna yang rendah akan membuat bounce rate tinggi dan itu artinya pengguna meninggalkan website Anda sebelum mereka mengkonversi. Jika itu terjadi pada website Anda bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan? Jadi meningkatkan pengalaman pengguna adalah cara terbaik untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan konversi.

Jadi Sebenarnya Apa Itu UX (User Experience) Design?

Pengertian User Experience (UX) adalah sebuah perasaan yang dirasakan oleh pengguna ketika mereka menggunakan produk / layanan, sistem atau aplikasi. Sebenarnya pengertian dari User Experience sendiri cukup luas namun pada intinya ini mencangkup apa saja yang membuat pengguna merasa lebih mudah dalam menavigasi produk dan seberapa relevan konten yang disajikan.

User Experience (UX) design atau pengalaman pengguna adalah proses membangun pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Desain pengalaman pengguna sangat penting bagi website, aplikasi seluler dan yang lainnya. Jadi jika ingin meningkatkan pengalaman yang luar biasa pada pengguna website Anda maka Anda wajib membuat website dengan UX yang lebih baik.

Prinsip desain User Experience adalah membuat pengalaman pelanggan lebih menyenangkan dalam menemukan apa yang mereka cari. Ini perlu di buat dengan mulai memperhatikan nilai solusi yang memperjelas kapabilitas dan manfaat yang ditawarkan oleh produk kepada pelanggan potensial Anda. Anda perlu membuatnya untuk mudah di temukan dan diakses oleh audiens target Anda.

Mengapa Desain UX Itu Penting?

User Experience

Jika Anda peduli pada perkembangan bisnis online yang Anda jalankan maka Anda perlu mempertimbangkan desain UX pada website Anda. Karena dengan menyajikan website yang memberikan pengalaman pengguna luar biasa dapat membantu meningkatkan kesuksesan bisnis online Anda. Berikut beberapa manfaat desain UX yang harus Anda ketahui:

1. Meningkatkan Kepuasan Pengguna

Tahukah Anda bahwa website yang memberikan kemudahan pada penggunanya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan? Desain pengalaman pengguna atau User Experience adalah tentang membuat website mudah digunakan oleh penggunanya. Itu artinya Anda berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan pada merek Anda.

Apabila pelanggan merasa puas terhadap merek Anda maka untuk meningkatkan kepercayaan mereka akan lebih mudah. Merek yang memberikan kepuasan pada pelanggannya akan lebih mudah meningkatkan penjualan karena merek Anda akan lebih di percaya. Jadi jika Anda ingin meningkatkan kepuasan pelanggan Anda perlu menyajikan website dengan desain UX.

2. Membangun Kepercayaan Pengguna

Seperti yang telah kami jelaskan di nomor 1 bahwa desain UX dapat meningkatkan kepercayaan terhadap merek Anda. Itu karena website Anda mudah di jelajahi dan memberikan kepuasan terhadap mereka. Perlu Anda ketahui bahwa pengalaman pengguna menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.

Pengalaman pengguna yang luar biasa baik dari segi merek, produk dan layanan Anda akan membuat pelanggan mempercayai perusahaan Anda. Ini artinya Anda membangun kesadaran / pengenalan merek yang lebih baik kepada konsumen Anda. Semakin baik merek Anda di percaya maka akan lebih mudah dalam meningkatkan penjualan.

3. Desain UX Meningkatkan Pendapatan Anda

Jika Anda memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa maka pelanggan akan puas dan lebih memilih merek Anda. Namun jika Anda memberikan desain UX yang buruk maka pelanggan akan segera meninggalkan Anda. Keuntungan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa yaitu membantu meningkatkan pendapatan Anda.

Pelanggan akan lebih mudah menuju pada apa yang mereka butuhkan. Misalnya saja mereka akan lebih mudah dalam melakukan pembelian produk atau layanan yang Anda tawarkan. Mereka tidak harus bersusah payah menuju halaman pembelian pada website Anda. Jadi website tidak hanya bagus namun efektif dalam mengkonversi.

Baca juga: Penyebab Website Tidak Menghasilkan Penjualan

4. Membangun Interaksi Antara Pengguna Dengan Konten Anda

Desain UX adalah cara terbaik untuk membangun interaksi pelanggan dengan konten Anda. Interaksi sangat penting karena dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan merek Anda. Desain User Experience mendorong pengguna berinteraksi dengan konten Anda untuk membaca artikel di blog atau melihat postingan yang terkait bahkan membeli produk / layanan Anda.

Anda dapat menggunakan berbagai teknik desain konten untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan konten Anda. Anda bisa melakukannya dengan membuat website Anda lebih ramah seluler dan dengan konten yang bermanfaat sehingga pelanggan akan lebih mudah menjelajahi situs web Anda. Perlu di ingat bahwa Anda harus membuat konten yang dapat memecah masalah pelanggan Anda. Ini penting dalam membangun interaksi yang lebih baik.

Kesimpulan

Baik situs website maupun aplikasi memerlukan desain User Experience untuk mempermudah pelanggan. Sehingga mereka dapat dengan mudah menggunakan atau menjelajahi situs website Anda. Karena dengan memudahkan pengguna itu artinya Anda memudahkan mereka untuk mengkonversi.

Nah jika Anda butuh bantuan seputar pemasaran online jangan ragu untung menghubungi kami. Kami siap melayani kebutuhan pemasaran online Anda. Hubung kami sekarang untuk konsultasi gratis!