Penyebab Website Tidak Menghasilkan Penjualan

penyebab Website Tidak Menghasilkan Penjualan

Perusahaan Anda memiliki website namun tidak menghasilkan penjualan? Sudah tahu penyebab website tidak mendatangkan pelanggan potensial? Website yang menghasilkan penjualan adalah website yang dioptimasi untuk audiens target Anda. Karena sebagus apapun website yang Anda buat tidak akan menghasilkan penjualan apabila Anda tidak mengoptimasinya dengan benar.

Seperti halnya pemasaran tradisional, Anda membuat toko fisik dengan desain yang bagus dan menarik, namun Anda tidak mempromosikan kepada khalayak luas produk atau layanan Anda. Lalu bagaimana pelanggan Anda dapat menemukan merek Anda? Sedangkan mempromosikannya saja tidak. Maka audiens target Anda tidak akan pernah tahu bahwa Anda menjual produk atau layanan yang mereka butuhkan. Hal ini pun berlaku pada website dimana website juga perlu di promosikan.  

Website adalah media digital yang wajib di miliki oleh perusahaan, namun jika website tidak dioptimalkan dengan baik untuk mendatangkan pelanggan juga sama saja. Website dapat membantu mendatangkan pelanggan potensial apabila Anda mengelolanya dengan benar, namun website tidak akan menghasilkan apapun jika Anda membiarkannya. Jadi tidak heran jika para pemilik website  akan maintenance website mereka untuk berkinerja lebih baik dan mendatangkan pelanggan berkualitas.

Nah lalu apa saja penyebab website tidak menghasilkan penjualan? Anda bisa menyimak penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Website Tidak Mendatangkan Penjualan

Tujuan Anda membuat website tentunya untuk membantu meningkatkan penjualan bukan? Website adalah alat penjual onlin yang sangat efektif, karena Anda bisa mempromosikan produk / layanan ke khalayak luas tanpa ada batasan waktu. Bisnis yang buka 24 jam nonstop berpeluang lebih besar mendapatkan penjualan lebih banyak dibanding bisnis yang hanya buka di jam kerja. Tidak heran jika pemilik bisnis menggunakan website sebagai media promosi mereka.

Meskipun website sangat efektif untuk promosi namun ada beberapa penyebab yang membuat website tidak menghasilkan penjualan. Mari pelajari apa saja penyebab website tidak menghasilkan penjualan di bawah ini:

1. Website Tidak Profesional

Penyebab pertama mengapa website tidak mendatangkan penjualan yaitu website di buat tidak profesional. Website yang baik adalah website yang di bangun dengan desain yang menunjang seperti SEO friendy, Responsive dan Mobile Friendly. Selain itu website juga harus memiliki navigasi dan layout sederhana namun tetap profesional. Tidak hanya itu situs web harus memiliki load time ideal yaitu kurang dari 3 detik sehingga mengurangi tingkat pentalan pengguna.

Apabila perusahaan Anda menyajikan website tidak profesional bagaimana mesin pencari dan pengguna tertarik dengan website Anda? Karena salah satu syarat utama mendatangkan pelanggan secara online adalah dengan membuat website Anda di beri peringkat lebih tinggi oleh mesin pencari. Website yang berada di halaman 1 hasil pencarian memiliki peluang lebih besar mendapatkan pelanggan berkualitas. Maka ketika website Anda mendapatkan pelanggan berkualitas lebih banyak maka dapat meningkatkan penjualan.

Dampak yang terjadi jika website tidak profesional yaitu mesin pencari tidak dapat menemukan situs web Anda sehingga tidak dapat memberi peringkat lebih tinggi. Ini artinya website Anda juga tidak dapat ditemukan oleh calon pelanggan Anda sehingga website Anda tidak menghasilkan penjualan. Untuk membuat website Anda berkinerja lebih baik Anda bisa meminta bantuan jasa redesign website profesional.

2. Website Tidak Muncul di Halaman 1 Mesin Pencari

Peringkat mesin pencari sangat berpengaruh terhadap penjualan. Karena sangat jarang pengguna mesin pencari mengunjungi halaman lain selain halaman satu hasil pencarian. Itu mengapa website yang berada di halaman satu hasil pencarian memiliki peluang yang lebih besar dalam mendapatkan lalu lintas.

Jika website Anda tidak berada di halaman satu hasil pencarian terkait kata kunci tertarget maka merek Anda tidak akan ditemukan oleh calon pembeli Anda. Ketika merek Anda tidak di temukan maka calon pelanggan Anda akan membeli di pesaing Anda. Itu mengapa website yang tidak muncul di hasil pencarian penyebab bisnis Anda tidak mendapatkan penjualan online.

3. Salah Target Pasar

Tahukah Anda bahwa salah target pasar juga berpengaruh terhadap penjualan Anda. Jika Anda merasa website Anda memiliki peringkat tinggi dan visitor yang cukup banyak namun penjualan tidak meningkat. Itu artinya Anda perlu mengecek apakah Anda telah menargetkan orang-orang yang tepat sasaran. Karena Anda memiliki peringkat tinggi namun tidak menghasilkan pelanggan yang berkualitas.

Akibat salah menargetkan audiens target dapat berpengaruh terhadap penjualan Anda. Mungkin lalu lintas website Anda banyak namun itu tidak akan berpengaruh terhadap penjualan Anda. Karena yang mengunjungi website Anda bukan berasal dari orang-orang yang membutuhkan produk atau layanan Anda.

Untuk mengetahui apakah Anda sudah menargetkan orang-orang yang tepat sasaran atau belum itu sangat mudah. Anda dapat melihat analytic dan mencari tahu halaman web atau kata kunci mana visitor Anda berasal. Jika visitor berasal dari kata kunci yang tidak relevan dengan industri Anda maka itu tidak akan berpengaruh pada peningkatan penjualan.

Kesimpulan

Pada intinya untuk membuat website menghasilkan penjualan adalah dengan membuatnya di sukai oleh mesin pencari dan pengguna. Ini artinya website Anda harus profesional, tampil di halaman satu dan menargetkan orang-orang yang tepat sasaran.

Nah itulah ke tiga penyebab website tidak menghasilkan penjualan. Jika Anda butuh bantuan, silahkan konsultasikan dengan kami sekarang!