Kenali Apa Saja Penyebab Situs Website Down

Penyebab website Down

Bagi para pemilik situs website Anda wajib tau penyebab situs website down, karena dengan mengetahuinya Anda dapat menghindari atau menanggulanginya. Hampir semua pemilik situs website memiliki kekhawatiran apabila situs website mereka mengalami down ketika di akses. Karena situs website yang mengalami masalah ketika di akses adalah masalah besar, dan itu dapat mempengaruhi bisnis Anda. Karena masalah situs website yang berlarut tanpa di perbaiki dengan segera sama saja dengan bisnis yang mengunci pintu selama jam buka.

Seperti yang kita tahu bahwa menjalankan situs website berarti Anda harus memelihara situs website Anda untuk tetap berjalan baik dan lancar tanpa kendala. Dengan melakukan pemeliharaan yang tepat juga dapat membantu situs website Anda terhindar dari penalti peringkat, kehilangan pengunjung dan peluang lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab situs website down dan membuat kerugian besar bagi kelangsungan situs website Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang pemilik bisnis dan mengalami situs website down dalam waktu yang lama, maka ini akan mempengaruhi pendapatan Anda. Apabila Anda adalah seorang freelancer dan situs web portofolio Anda mengalami masalah, ini akan menyebabkan Anda kehilangan peluang tertentu.

Jadi, apa sebenarnya yang membuat situs website down? Sebenarnya ada banyak penyebab situs website down, tapi di tulisan ini kami hanya akan menjelaskan alasan yang paling umum mengapa sebuah situs website mengalami downtime dan bagaimana cara untuk mendeteksinya. Silahkan Anda membaca tulisan di bawah ini hingga selesai!

6 Penyebab Umum Situs Website Down

Penyebab Situs Website Down

Downtime situs website adalah waktu dimana sebuah situs website mengalami masalah atau tidak dapat di akses sepenuhnya yang mengakibatkan situs website tidak dapat melakukan tugas utamanya bagi penggunanya. Maka situs website tersebut di katakan down atau disebut juga sebagai downtime situs website.

Yang membuat para pemilik situs website gelisah, karena downtime situs website merupakan ancaman serius bagi bisnis saat ini. Karena dapat merugikan perusahaan seperti ketidakpuasan pelanggan, citra merek yang tercoreng, menurunnya peringkat di hasil pencarian dan juga dapat mengakibatkan kehilangan pelanggan potensial.

Situs website adalah wajah dari merek Anda dan merupakan media yang menghubungkan perusahaan Anda dengan pelanggan Anda. Jadi, apabila situs website Anda mengalami masalah ketika mereka mengakses situs website Anda, ini akan menjadi masalah besar bagi Anda. Untuk itu penting bahwa situs website yang selalu mendatangkan pelanggan wajib menjadi prioritas utama bisnis Anda.

Dengan demikian Anda harus mengetahui penyebab-penyebab mengapa situs website Anda mengalami down seperti dibawah ini:

1. Lonjakan Lalu Lintas Besar-besaran

Tentunya setiap pemilik situs website mengharapkan mendapatkan banyak lalu lintas, tapi tahukah Anda bahwa arus lalu lintas yang secara tiba-tiba terlalu besar dapat mengakibatkan down pada situs website Anda? Misalnya saja Anda memiliki konten yang menjadi viral dan akhirnya membuat situs website Anda down, ada kemungkinan bahwa situs website Anda mengalami lonjakan lalu lintas.

Untuk menghindari hal ini terjadi pada situs website Anda, pastikan Anda menggunakan hosting dari penyedia hosting terbaik. Pastikan juga Anda melakukan pemeliharaan server secara rutin, karena pemeliharaan server sangat diperlukan untuk pembaruan perangkat keras maupun pembaruan keamanan perangkat lunak.

Baca juga: Alasan Maintenance Situs Web Sangat Penting

Untuk melakukan pemeliharaan server, Anda dapat melakukannya ketika situs website Anda mendapatkan sedikit lalu lintas. Atau Anda dapat melakukannya di tengah malam, karena ini merupakan waktu awal yang baik.

2. Kesalahan Plugin atau Ekstensi

Tentunya Anda sudah sangat akrab dengan istilah plugin, dimana plugin adalah bagian dari perangkat lunak tambahan yang dapat di instal di situs website Anda. Plugin memberikan fungsi atau fitur tambahan seperti formulir kontak, fitur bagikan ke sosial media dan lain sebagainya. Plugin sendiri di sediakan oleh pihak ketiga, dimana platform situs website Anda tidak menyediakan fitur yang Anda butuhkan untuk dipasang di situs website Anda. Jadi, perlu untuk menginstalnya untuk menggunakannya di situs website Anda.

Masalah dari plugin dan ekstensi mungkin karena itu dibuat oleh pihak ketiga dimana Anda tidak mengenal mereka yang memungkinkan sebagian pembuatnya membuat plugin yang tidak terlalu stabil dan yang lainnya membuat plugin dengan kualitas bagus tapi gagal memperbaruinya. Jika plugin tidak dibuat dengan sangat baik dan tidak diperbarui, itu dapat membuat situs website Anda downtime.

3. Kesalahan Kode

Penyebab website bisa down mungkin karena Anda sendiri atau orang lain yang memiliki akses ke situs website Anda. Bisa saja Anda atau orang tersebut tidak sengaja mengacaukan kode website Anda. Ini biasanya terjadi ketika Anda atau orang kepercayaan Anda melakukan pemeliharaan atau melakukan pembaruan situs website. Jika Situs website Anda mengalami kesalahan ketika di akses saat Anda melakukan pembaruan atau pemeliharaan, itu berarti Anda mengalami kesalahan kode.

4. Serangan Virus

Penyebab lain mengapa situs website Anda down adalah karena terjadinya serangan virus. Serangan virus dapat merusak kinerja situs website, salah satunya membuat situs website Anda down dan tidak dapat di akses oleh pengguna. Serangan bisa dari bot atau orang-orang yang tidak menginginkan situs website Anda berjalan dengan baik, sehingga mereka mencoba untuk meretas situs website Anda.

Terdapat banyak bot di internet yang dapat membawa virus ke situs website Anda, mereka seperti serangga di internet yang dapat merusak kinerja situs website. Virus merupakan masalah serius bagi pemilik situs website, karena virus dapat membuat situs website mereka tidak bekerja normal dan mengakibatkan pengunjung langsung pergi meninggalkan situs website.

5. Peretas

Penyebab lain situs website down adalah peretasan, hacker mencoba meretas situs website Anda dan dapat menjadikan situs website Anda tidak berfungsi dengan baik. Ini merupakan salah satu serangan situs website yang menjadikan pemilik website melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan keamanan situs websitenya. Peretas adalah orang-orang yang jahat dan dengan sengaja masuk ke situs website Anda untuk mencuri data dan lain sebagainya.

Serangan peretasan yang sering terjadi adalah serangan DDos (Distributed Denial of Service). Dimana peretas membanjiri situs website dengan lalu lintas dari semua sumber, apabila mereka berhasil maka situs website Anda dapat mengalami down. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak jenis serangan hacker yang bisa menyebabkan situs website Anda down dan tidak berfungsi sama sekali.

Jadi, jika situs website Anda tiba-tiba mengalami lonjakan lalu lintas yang terlalu drastis, ini bisa di sebabkan oleh peretas yang mencoba membuat situs website Anda down. DDos menyerang situs website dengan memberikan lalu lintas palsu dengan volume tinggi yang bertujuan untuk menjatuhkan situs website Anda. Jika situs website Anda tidak memiliki keamanan yang kuat, ini dapat menjadikan peretas dengan mudah memasuki situs website Anda dan menjadikannya tidak berfungsi.

6. Kesalahan Domain

Mungkin selama ini Anda berfikir bahwa domain tidak mempengaruhi situs website down. Tapi, domain juga merupakan salah satu yang dapat menyebabkan situs website Anda down juga lho? Nama domain adalah alamat situs website Anda, dimana nama domain merupakan alamat yang dapat membawa pelanggan untuk membeli apa yang Anda tawarkan.

Contoh sederhananya, Anda telah mengundang seseorang untuk berkunjung ke rumah Anda, maka yang Anda lakukan adalah dengan memberi mereka alam rumah Anda, sehingga mereka dapat menemukan rumah Anda dengan mudah dan cepat. Nah itu juga sama dengan Nama Domain, apabila audiens target Anda tidak dapat menemukan domain Anda, maka mereka juga tidak akan menemukan situs website Anda.

Yang menyebabkan situs website down berikutnya dikarenakan domain yang telah kadaluwarsa. Karena domain yang sudah kadaluwarsa membuat situs website Anda tidak akan lagi muncul online. Untuk menghindari ini terjadi pada situs website Anda, Anda wajib untuk selalu memeriksa tanggal kadaluwarsa domain Anda.

Butuh Bantuan Layanan Maintenance Website Profesional?

Untuk menghindari penyebab-penyebab situs website Down, maka Anda perlu untuk melakukan maintenance website. Sehingga situs website Anda akan terus bekerja dengan baik dan tetap mendapatkan lebih banyak lalu lintas yang normal. Tetapi, terkadang melakukan maintenance website menjadi sulit karena memerlukan keahlian khusus.

Untuk itu, kami menyediakan jasa maintenance website untuk membantu situs website Anda tetap berjalan dengan baik dan tidak mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh 6 penyebab situs website down. Dengan menggunakan layanan maintenance website profesional, situs website Anda akan di kelola dengan tepat. Dan apabila situs website Anda mengalami salah satu dari 6 penyebab situs website down seperti diatas, maka situs website Anda akan segera diperbaiki di detik dan menit itu juga.

Jadi, jangan biarkan situs website Anda terabaikan dan tidak menghasilkan apapun. Buat situs website Anda terus berjalan dengan normal dan menghasilkan hasil seusai harapan. Hubungi kami untuk memesan layanan maintenance website yang dapat membantu untuk menghindari situs website Anda Down. Dapatkan konsultasi gratis dari tim terbaik kami dengan menghubungi kami hari ini!