Bagaimana Desain Website Dapat Mempengaruhi Kesuksesan Pemasaran Anda?

Bagaimana Desain Website Dapat Mempengaruhi Kesuksesan Pemasaran Anda

Tahukah Anda bahwa desain situs web dengan kesuksesan pemasaran saling terkait satu sama lain? Jika selama ini Anda menganggap bahwa desain website tidak berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah strategi pemasaran itu salah besar. Karena pada kenyataannya desain website sangat berpengaruh terhadap kesuksesan strategi pemasaran Anda.

Misalnya saja jika desain web Anda tidak responsive maka ini akan mempengaruhi pada peringkat dan lalu lintas website Anda. Itu artinya desain website sangat berpengaruh terhadap pendapatan prospek Anda. Jadi Anda perlu merancang situs website yang sesuai harapan mesin pencari dan pengguna. Sehingga akan lebih mudah mendapatkan peringkat lebih tinggi menghasilkan lebih banyak prospek.

Dan yang paling penting dari semua ini adalah Anda perlu membangun website dengan desain yang menunjang agar memudahkan pelanggan mengkonversi. Dengan demikian Anda akan lebih mudah menjalankan pemasaran online yang lebih baik dan mencapai kesuksesan.

Jadi, apakah Anda sudah memastikan bahwa desain website Anda dioptimalkan untuk kesuksesan pemasaran Anda? Cara yang paling efektif untuk mengetahuinya adalah dengan mencari tahu tujuan bisnis Anda dan segera mencari jasa website profesional untuk mencapai tujuan Anda.

Jika tujuan Anda adalah untuk perolehan prospek, brand awareness, penjualan dan lain sebagainya. Dan setelah Anda mengetahui semua tujuan bisnis Anda, maka Anda bisa membicarakannya kepada penyedia jasa website profesional. Anda bisa mendiskusikan proyek website Anda dengan kami, kami siap membantu Anda mencapai tujuan website Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui Situs Website Mencapai Tujuan Bisnis?

Dalam membangun pemasaran online yang sukses Anda perlu memperhatikan berbagai aspek salah satunya adalah desain situs web. Nah untuk mengetahui apakah situs web Anda sesuai tujuan Anda atau belum Anda bisa menggunakan cara sesederhana ini.

Ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda mengetahui apakah situs web Anda telah mencapai tujuan. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat memastikan situs web Anda mencapai tujuan bisnis Anda:

  • Apakah desain situs web Anda SEO friendly?
  • Apakah situs web Anda memiliki tata letak dan navigasi efektif
  • Sudahkah desain situs web Anda responsive dan mobile friendly?
  • Apakah situs web Anda cepat dalam memuat?
  • Sudahkah situs web Anda dibangun sesuai dengan citra merek Anda?
  • Apakah situs web Anda memberikan kemudahan dalam konversi?
  • Apakah Anda sudah menerapkan alat analytics pada website?

Jika dari beberapa pertanyaan ini situs website Anda tidak memenuhi kriteria maka itu artinya Anda perlu melakukan redesign website. Desain ulang website dapat membantu meningkatkan performa website Anda sehingga dapat mencapai tujuan Anda.

Alasan Desain Website Mempengaruhi Kesuksesan Pemasaran

Alasan Desain Website Mempengaruhi Kesuksesan Pemasaran

Setiap strategi pemasaran tentunya memiliki tujuan untuk mencapai tujuan bisnis. Itu mengapa Anda menjalankan pemasaran online dengan tujuan meningkatkan perolehan prospek, pengenalan merek dan penjualan. Nah untuk itu Anda wajib tahu alasan-alasan bagaimana desain website sangat mempengaruhi kesuksesan pemasaran. Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Desain SEO Friendly

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan istilah SEO, begitu pun dengan desain situs web SEO friendly. Situs web yang mutakhir harus SEO friendly karena akan memudahkan mesin pencari merayapi dan mengindeks setiap halaman web Anda. Apabila situs web mudah di diindeks oleh mesin pencari maka akan lebih mudah di beri peringkat lebih tinggi dan pada akhirnya menghasilkan lebih banyak prospek berkualitas yang mengkonversi.

Jika situs website Anda sudah SEO friendly maka tahap selanjutnya merencanakan strategi SEO efektif untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas website Anda. Anda perlu fokus pada strategi SEO menyeluruh seperti SEO teknis, SEO onpage, off page, SEO content dan lain sebagainya.

Anda juga wajib fokus pada pemilihan kata kunci relevan terkait industri Anda. Ini sangat penting karena kata kunci merupakan salah satu kunci untuk mendatangkan pelanggan berkualitas. Jadi ketika Anda fokus pada SEO Content dan SEO onpage pastikan Anda menyertakan kata kunci relevan disetiap konten Anda.

2. Navigasi & Tata Letak Yang Menarik Audiens Target

Bukankah Anda membangun website untuk mendatangkan pelanggan yang tepat? Itu mengapa menyajikan desain yang menarik bagi audiens target adalah keputusan yang tepat. Anda perlu membuat website dengan navigasi dan tata letak yang efektif supaya memudahkan pelanggan Anda untuk menemukan apa yang mereka cari.

Ketika sebuah website mempermudah pengguna dalam menemukan apa yang mereka cari akan memudahkan mereka mengkonversi. Karena kebanyakan konsumen tidak suka dengan website yang rumit sehingga mereka kesulitan menemukan apa yang cari. Nah jika ini terjadi pada website Anda maka akan sangat berpengaruh terhadap tingkat konvesi.

3. Desain Responsive & Mobile Friendly

Salah satu yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran online adalah desain situs web responsive dan mobile friendly. Karena kini mengakses internet tidak hanya melalui desktop saja melainkan berbagai perangkat yang tersedia. Misalnya saja melalui smartphone, tablet dan lain sebagainya. Nah itu mengapa untuk menjangkau pengguna perangkat seluler diperlukan desain website yang mendukung.

Untuk mencapai tujuan bisnis maka Anda harus menyajikan website yang responsive dan mobile friendly. Desain responsive merupakan teknologi yang membuat tampilan website Anda secara otomatis mengikuti layar perangkat pengguna. Ini penting karena akan membuat tampilan website tetap profesional meskipun di akses di berbagai perangkat. Lagi pula ini juga akan menambah kesan profesional pada merek Anda.

Selain itu website Anda harus mobile friendly dimana perangkat smartphone sangat mendominasi dalam mengakses internet. Jadi apabila website Anda didesain dengan desain mobile friendly akan memudahkan pengguna smartphone mengakses website Anda tanpa harus melakukan setting manual. Ini juga akan memudahkan pengguna untuk mengkonversi melalui perangkat mereka.

4. Load Time Website

Apakah Anda tahu idealnya website memuat? Idealnya load time website adalah kurang dari 3 detik. Dan jika website Anda memiliki load time lebih dari 3 detik itu artinya website Anda lambat. Tahukah Anda bahwa website yang lambat dalam memuat tidak disukai pengguna bahkan langsung ditinggalkan sebelum menampilkan hasil.

Website yang lambat adalah masalah serius dalam pemasaran online karena dapat menyebabkan bounce rate / tingkat pentalan yang tinggi. Apabila website memiliki tingkat pentalan tinggi itu artinya kepuasan pelanggan sangat kurang. Karena pengguna akan segera meninggalkan website Anda sebelum mereka mengkonversi.

Jika ini dibiarkan dalam waktu yang lama maka akan berdampak pada kepuasan pelanggan sehingga dapat mengurangi peringkat bahkan lalu lintas. Nah untuk memaksimalkan load time Anda bisa memperbaiki situs web Anda dengan mendesain ulang website Anda.

5. Desain Sesuai Dengan Citra Merek

Apabila Anda ingin meningkatkan citra merek / pengenalan merek Anda bisa memanfaatkan website untuk menampilkan gambaran merek Anda. Anda bisa melakukannya dengan menyajikan website profesional yang memudahkan mereka mengingat merek Anda.

Karena website adalah media yang juga merupakan identitas merek sehingga harus dibuat sesuai dengan perwakilan merek Anda. Dengan mengembangkan identitas merek dapat membantu Anda dalam membangun kepercayaan pelanggan yang pada akhirnya meningkatkan konversi. Karena pelanggan yang percaya terhadap suatu merek akan lebih mudah mengambil keputusan dalam membeli.

Untuk itu Anda perlu membuat website pada tempat yang tepat karena membangun website dengan tujuan meningkatkan citra merek dibutuhkan pengetahuan tentang perusahaan Anda. Penyedia layanan website harus mengetahui pedoman merek Anda seperti visual merek Anda, navigasi, pesan dan struktur.

6. Desain Ramah Konversi

Menyajikan website yang ramah konversi akan lebih mudah meningkatkan penjualan. Karena pelanggan Anda akan lebih mudah melakukan tindakan ketika mereka menjelajah website Anda. Website yang ramah konversi yaitu website yang menyajikan elemen seperti tombol WA, berlangganan, halaman harga, landing page dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya website dibuat untuk membuat pengguna tertarik membeli produk atau layanan Anda.

Meskipun pada umumnya konversi dianggap sebagai pembelian namun Anda harus tahu bahwa konversi tidak hanya pembelian saja. Namun bisa berupa berlangganan artikel, mengirim email dan lain sebagainya. Pada intinya Anda perlu membuat website yang mendorong pengguna mengklik CTA pada website Anda.

7. Alat Analytics

Dengan menggunakan alat analytics Anda bisa dengan mudah mengetahui setiap sudut website Anda. Anda bisa melihat bagaimana website Anda menghasilkan lalu lintas berkualitas. Dengan alat ini Anda juga bisa mengoptimalkan pengguna dengan memahami peringkat website, halaman website yang menghasilkan lalu lintas, perangkat pengguna dan masih banyak lagi.

Alat analytics juga dapat membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran website yang lebih baik. Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk memantau perkembangan website Anda. Google Analytics menampilkan hasil yang lengkap sehingga Anda dapat melihat apakah strategi Anda berhasil atau perlu di perbaiki.

Nah itulah desain website yang berpengaruh terhadap kesuksesan pemasaran. Jika Anda butuh bantuan dari perusahaan desain website profesional jangan ragu untuk menghubungi sekarang. Kami melayani pembuatan website baru dan desain ulang website. Mari diskusikan proyek website Anda dengan tim desainer website kami sekarang!