Jenis-Jenis Kata Kunci Dalam SEO Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis kata kunci dalam SEO

Salah satu cara menciptakan strategi SEO terbaik adalah dengan mengetahui jenis – jenis kata kunci dalam SEO. Karena dengan mengetahui jenis-jenis kata kunci SEO dapat memudahkan Anda menemukan strategi SEO yang tepat untuk industri Anda.

Jadi jika saat ini Anda sedang mempelajari SEO, mencari informasi tentang jenis-jenis kata kunci SEO adalah ide yang bagus. Dalam dunia SEO terdapat beberapa jenis optimasi SEO dan juga jenis kata kunci SEO. Dimana Anda wajib mempelajari keduanya jika Anda ingin mengoptimasi SEO pada situs websie Anda.

Kata kunci adalah salah satu elemen penting dalam pemasaran online, dimana kata kunci merupakan ujung tombak dari kesuksesan pemasaran online. Jika Anda menggunakan kata kunci yang tepat dalam pemasaran online Anda, maka Anda bisa menghasilkan prospek dan penjualan lebih banyak.

Namun jika Anda salah dalam memilih kata kunci untuk konten website / blog Anda, maka dipastikan situs web atau blog Anda akan sepi pengunjung. Jika pun website Anda memiliki banyak pengunjung, kemungkinan besarnya bukanlah orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk atau layanan Anda.

Kata kunci tidak hanya penting dalam SEO, namun juga sangat penting dalam pemasaran media sosial. Kata kunci di gunakan untuk hastag agar audiens yang mencari kata kunci tersebut dapat menemukan postingan Anda. Ketika mereka menemukan akun Anda dengan postingan konten yang berharga, Anda memiliki peluang untuk menjadikan mereka sebagai pelanggan Anda.

Nah sebelum Anda mulai melakukan penelitian kata kunci, Anda wajib tahu jenis-jenis kata kunci dalam SEO berikut ini:

1. Buying Keywords

Buying keyword adalah kata kunci yang di gunakan oleh pencari yang memiliki maksud membeli produk atau layanan melalui pencarian di mesin pencari atau sosial media. Sebagai contohnya, Anda menjual kaos polos dan untuk memudahkan audiens target menemukan Anda. Maka Anda harus menggunakan buying keyword seperti “jual kaos polos”.

Namun pada umumnya buying keywords memiliki persaingan peringkat yang lebih sulit. Jika Anda ingin menggunakan buying keyword untuk konten Anda, maka Anda perlu membuatnya lebih berkualitas untuk mendapatkan peringkat di halaman satu hasil pencarian Google.

Jenis kata kunci SEO ini umum di gunakan oleh para pemilik bisnis online untuk mendorong lebih banyak penjualan. Jadi jika Anda menjalankan SEO untuk kebutuhan promosi bisnis Anda, maka Anda perlu menggunakan buying keyword ketika Anda membuat konten untuk situs web / blog Anda.

Untuk memudahkan buying keywods Anda masuk halaman satu Google, Anda bisa membuatnya dengan lebih panjang. Istilah ini biasa di sebut sebagai long tail keyword.

2. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah frasa kata kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik yang kemungkinan besarnya di gunakan oleh audiens target ketika ingin melakukan pembelian. Ini mungkin sedikit sulit, namun ini akan sangat berharga jika Anda tahu cara menerapkannya.

Seperti yang sudah di jelaskan di nomor satu, bahwa jika Anda menjual kaos polos, kemungkinan besarnya merek Anda tidak akan muncul di peringkat teratas pencarian organik untuk kata kunci “kaos”. Ini disebabkan karena banyaknya persaingan, apalagi jika Anda adalah perusahaan kaos yang masih kecil.

Namun ada cara lain untuk tetap mendatangkan prospek, yaitu dengan menggabungkan buying keyword dengan long tail keyword. Misalnya saja dengan kata kunci “jual kaos polos murah” dengan begitu merek Anda memiliki peluang besar untuk ditemukan oleh konsumen yang mencari kaos polos dengan harga murah.

3. Kata Kunci Baru Jangka Pendek (Musiman)

Untuk mengikuti minat konsumen, Anda bisa menggunakan kata kunci baru jangka pendek atau kata kunci musiman. Anda perlu mengikuti tentang sesuatu yang sedang tren baru-baru ini. Jika Anda menjual kaos, Anda bisa mengikuti tren yang sedang viral, misalnya saja dengan kata kunci “kaos kopi”. Dimana kaos kopi menjadi trend ketika tayangnya film Indonesia yaitu Filosofi Kopi yang diperankan oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho.

Penggunaan kata kunci musiman memang tidak memberikan manfaat untuk jangka panjang. Namun ini dapat membantu Anda mendapatkan lalu lintas dan tentu saja meningkatkan penjualan. Orang-orang yang mencari kata kunci tentang kaos kopi dapat menemukan halaman web Anda jika Anda membuatnya lebih menarik dari orang lain.

4. Kata Kunci Evergreen Jangka Panjang / Kata Kunci Abadi

Kata Kunci Abadi adalah kata kunci yang relevan sepanjang waktu. Mungkin volume penelusuran dapat berubah-ubah, namun tidak akan ada perubahan yang sangat ekstrem. Jadi ketika Anda mempublikasikan konten Anda menggunakan kata kunci jenis ini, kemungkinan beberapa tahun kedepan masih ada pengguna yang mencari.

Apabila Anda berfokus pada kata kunci abadi, pastikan Anda membuatnya dengan semenarik mungkin. Anda juga perlu memastikan kata kunci tersebut dapat menua dengan dengan menarik bahkan lebih baik lagi. Namun Anda perlu memperbarui konten setiap di perlukan untuk membuatnya lebih relevan dari tahun ke tahun.

Untuk menemukan kata kunci relevan Anda bisa melakukan riset kata kunci menggunakan alat atau secara manual. Anda bisa menerapkan tips memilih kata kunci yang tepat untuk industri Anda.

Kesimpulan

Nah itu dia ke 4 kata kunci dalam SEO yang paling umum. Anda bisa menerapkan jenis kata kunci tersebut ketika Anda membuat konten pada situs web / blog Anda. Jika Anda butuh bantuan untuk melakukan riset kata kunci berbagai jenis kata kunci dalam SEO, jangan ragu untuk menghubungi kami!

× Butuh Bantuan?