6 Cara Jitu Optimasi Gambar Untuk Website & SEO Anda

Cara optimasi gambar untuk website
Manfaat optimasi pada gambar website adalah untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian gambar

Tahukah Anda bahwa optimasi gambar untuk website wajib Anda lakukan jika Anda ingin meningkatkan halaman web Anda. Salah satu elemen yang mempengaruhi peringkat mesin pencari adalah gambar. Lagi pula dengan mengoptimasi gambar pada website dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna.

Halaman web yang diberi gambar akan menambah daya tarik tersendiri bagi pembaca karena mereka tidak akan merasa bosan. Bayangkan saja jika Anda hanya menyajikan teks tanpa di sertai gambar, maka pembaca akan merasa bosan.

Meskipun Anda membuat konten teks berkualitas namun tidak di sertai dengan gambar, ini akan mengurangi kepuasan pembaca. Gambar adalah media visual yang dapat menarik perhatian pengunjung website. Itu mengapa Anda perlu memberikan setidaknya dua gambar pada setiap halaman konten Anda.

Gambar memang sangat penting untuk setiap halaman konten teks karena dapat berpengaruh terhadap peringkat dan pengalaman pembaca. Namun gambar juga harus dioptimasi supaya bermanfaat bagi website Anda. Nah di artikel ini kami telah menyiapkan pembahasan tentang cara optimasi gambar untuk website.

6 Cara Optimasi Gambar Untuk Website

Cara ini bisa Anda terapkan pada website Anda untuk meningkatkan kinerja website yang lebih baik. Dengan mengoptimalkan gambar pada setiap gambar yang diunggah di website akan membantu menarik perhatian pembaca. Mari pelajari sekarang!

1. Gunakan Gambar Berkualitas

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menggunakan gambar yang berkualitas, baik dari segi ukuran maupun dari segi resolusinya. Anda perlu memperhatikan ukuran gambar yang akan Anda unggah di website. Ukuran gambar yang baik yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu besar.

Jika ukuran gambar terlalu besar akan membuat halaman web Anda lambat. Sedangkan ukuran gambar yang terlalu kecil akan membuat tampilan tidak profesional. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan resolusi dari gambar Anda.

Untuk mendapatkan gambar berkualitas Anda bisa mencarinya di Google atau membuatnya sendiri. Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang desain grafis tentunya Anda akan sangat mudah menciptakan gambar berkualitas untuk website.

Namun setiap gambar yang di unggah di situs web Anda harus sesuai dengan topik pembahasan Anda. Apabila gambar untuk kebutuhan toko online maka ada baiknya dengan mengambil foto sendiri. Anda bisa menggunakan kamera smartphone atau DSLR untuk mengambil gambar produk-produk Anda.

Setelah gambar di ambil Anda bisa menyesuaikan ukuran dan resolusinya sehingga bagus ditampilkan di toko online Anda. Dengan menampilkan gambar asli akan meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.

2. Menggunakan Jenis File Yang Tepat

Langkah ke dua yaitu menggunakan jenis file yang tepat. Penggunaan jenis file gambar juga perlu diperhatikan karena tidak semua file gambar cocok di unggah di situs web. Jadi Anda perlu tahu jenis file gambar apa saja yang tepat di masukkan ke dalam konten halaman Anda.

Cara optimasi gambar website
Cara optimasi gambar website yang efektif

Pada umumnya jenis file yang digunakan untuk halaman konten yaitu PNG dan JPEG. Keduanya memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, namun tetap berkinerja lebih baik untuk website Anda. Anda bisa menggunakan diantara keduanya ketika untuk situs web Anda.

PNG merupakan jenis file gambar yang memiliki kualitas bagus yaittu dengan resolusi super tinggi. namun memiliki kelemahan yaitu memiliki ukuran yang sangat besar. Sedangkan JPEG adalah file gambar yang memiliki kualitas resolusi dibawah PNG tapi JEPG dapat menyesuaikan level kualitas dengan keseimbangan lebih baik.

3. Kompres Gambar

Karena ukuran file gambar sangat berpengaruh terhadap kinerja website maka Anda harus menyesuaikannya. Jika ukuran file terlalu besar maka Anda perlu memperkecilnya. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengkompres gambar dengan aplikasi yang bayak tersedia.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa ukuran gambar dapat berpengaruh terhadap kecepatan memuat. Jika dalam satu halaman terdapat banyak ukuran file yang besar maka akan lama dalam memuat. Anda perlu tahu bahwa banyak orang yang tidak suka menunggu terlalu lama halaman web terbuka.

Jadi untuk mengurangi tingkat bounce rate, Anda bisa mengurangi ukuran file untuk membuat halaman web Anda cepat dalam memuat. Anda bisa kompres gambar yang memiliki ukuran besar dengan alat kompres gambar. Alat kompres gambar banyak tersedia Anda bisa menggunakan iloveimg.com untuk memperkecil ukuran file gambar Anda.

4. Gunakan Kata Kunci Sebagai Nama File Gambar Anda

Untuk memudahkan mesin pencari memahami gambar yang Anda unggah di halaman website Anda maka Anda perlu memberi nama file. Nama file bisa berupa kata kunci yang Anda targetkan terkait dengan topik yang Anda bahas. Jika untuk toko online, Anda bisa memberi file gambar dengan nama produk atau kata kunci terkait produk.

Sebelum Anda mengunggah gambar di website, Anda bisa melakukan riset kata kunci terkait topik pembahasan. Jika Anda sudah menemukan kata kunci yang tepat maka bisa dijadikan sebagai nama file gambar Anda. Memberi nama pada gambar akan sangat membantu peringkat pada pencarian gambar.

Tahukah Anda bahwa ada banyak orang yang juga melakukan pencarian gambar untuk menemukan layanan atau produk yang mereka butuhkan? Dan jika gambar Anda berada di barisan atas, maka berpeluang untuk di klik bukan? Inilah fungsi dari memberi nama pada file gambar, Anda bisa sekaligus menargetkan peringkat tinggi di hasil pencarian gambar.

5. Isi Teks Alt yang SEO-Friendly

Ketika Anda mengunggah gambar pada website pastikan Anda mengisi teks Alt, Judul dan keterangan dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Sama halnya dengan nama file, teks Alt yang SEO friendly juga akan sangat membantu peringkat halaman web Anda.

Optimasi gambar
Lengkapi konten teks Anda dengan gambar yang di optimalkan

Tahukah Anda bahwa optimasi gambar juga termasuk pada SEO on page? SEO onpage mencangkup pembuatan konten dimana ada gambar didalamnya. Untuk membuat halaman web Anda semakin SEO friendly, maka optimasi pada gambar perlu Anda lakukan.

6. Letakan Gambar di Tempat Yang Tepat

Yang terakhir adalah peletakan gambar, Anda perlu meletakan gambar di tempat yang tepat. Gambar harus sesuai dengan topik Anda lalu di letakan pada teks yang berkaitan dengan gambar Anda. Pada umumnya gambar di letakan di bawah judul konten teks. Namun tidak hanya di bawah judul, gambar juga bisa diletakan pada teks yang sesuai dengan pesan dari gambar Anda.

Jika konten teks Anda membahas tentang menggoreng ikan maka gambar yang harus diletakan pada pembahasan tersebut adalah gambar ikan goreng bukan ayam goreng. Sehingga mesin pencari dapat memahami maksud dari konten Anda. Ini akan bermanfaat bagi peningkatan peringkat mesin pencari Anda.

Baca juga:

  1. Jasa Optimasi Page Speed & Perbaikan Website WordPress
  2. Cara Melakukan Optimasi SEO Pada Website Baru?

Kesimpulan

Gambar adalah elemen penting bagi website karena gambar merupakan konten, jadi harus di optimalkan bukan? Nah ke 6 cara ini bisa Anda terapkan pada website Anda setiap Anda mengunggah gambar. Jika Anda melakukannya dengan benar maka akan berdampak baik pada website Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.