Bagaimana Cara Melakukan Optimasi SEO Pada Website Baru?

Cara Optimasi SEO Website

Bagaimana cara optimasi SEO website yang tepat untuk menghasilkan peringkat lebih tinggi dan banyak lalu lintas? Jika Anda baru saja membuat situs website dengan desain yang modern dan canggih. Itu saja tidak cukup untuk membuat situs web Anda tampil di halaman satu hasil pencarian mesin pencari.

Semua orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan berbagai informasi termasuk produk dan layanan yang mereka butuhkan. Sebagian orang sebelum melakukan pembelian produk atau layanan yang mereka butuhkan, mereka akan mencarinya di mesin pencari.

Salah satu mesin pencari yang paling banyak memiliki pengguna di seluruh dunia adalah Google. Jika Anda ingin bisnis Anda muncul di halaman satu Google ketika orang-orang mengetikan kata kunci yang Anda targetkan, Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda. Optimasi SEO pada situs website baru harus menjadi prioritas Anda sehingga situs web Anda mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian.

Anda ingin mendatangkan lebih banyak lalu lintas potensial ke situs web baru Anda, maka Anda harus memulainya dari suatu tempat. Mulailah dengan meningkatkan SEO pada situs Website Anda sehingga peringkat situs web Anda naik dan situs web Anda tampil di halaman satu Google yang pada akhirnya mendatangkan lebih banyak lalu lintas potensial ke situs web Anda.

Lalu, bagaimana cara melakukan optimasi SEO pada situs web baru? Di tulisan ini kami telah menyiapkan beberapa cara mudah optimasi SEO pada situs website baru yang dapat Anda lakukan. Google adalah mesin pencari yang selalu melakukan perubahan algoritma yang bertujuan untuk selalu memperbaiki hasil pencarian.

Cara Optimasi SEO Pada Website Dengan Langkah Sederhana

Ketika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial, maka situs web Anda harus muncul di halaman satu mesin pencari terlebih dahulu. Sehingga situs web Anda dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung potensial yang dapat di konversi menjadi penjualan Anda. Tapi untuk menaikkan peringkat situs website Anda di halaman satu Google Anda perlu mengoptimasi SEO pada situs website Anda. Tapi tenang karena kami telah memiliki tips dan cara optimasi seo website.

Berikut langkah-langkah cara optimasi seo website yang akan mengantar Anda untuk sukses dalam hal SEO. Sehingga Anda dapat mengubah fokus Anda menjadi konversi sambil terus memposting konten baru:

1. Analisis Semua Data Situs Web Anda

Cara optimasi seo website yang pertama adalah dengan mengumpulkan semua data dari situs website Anda, akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan perencanaan strategi. Dengan mengumpulkan banyak data Anda dapat memperhatikan pola. Apabila hanya satu dua orang yang gagal mengklik CTA Anda, mungkin Anda tidak harus khawatir akan hal itu. Tapi, jika sebagian besar dari pengunjung situs web Anda tidak mengklik CTA, maka Anda harus melakukan perubahan atau melakukan beberapa penyesuaian.

Anda dapat memanfaatkan data dari Google Search Console untuk melihat perilaku pengguna dan data lalu lintas situs website Anda secara jelas. Anda dapat melihat laporan perilaku pengguna, disitu Anda dapat mengetahui perilaku pengunjung ketika mereka mendarat situs website Anda. Sedangkan data GSC melacak metrik kunci, misalnya jumlah sesi, jumlah sesi unik, rasio pentalan dan masih banyak informasi lainnya.

Dengan melakukan analisa pada situs website, Anda juga bisa menemukan berbagai data seperti sumber rujukan yang dapat memberi tahu Anda tentang audiens Anda. Anda bisa mencari halaman web Anda yang mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan lebih banyak konversi dibandingkan dengan halaman yang lain. Anda dapat mereplikasi halaman tersebut di seluruh situs web Anda.

2. Penelitian Kata Kunci Secara Menyeluruh

Optimasi SEO pada website baru dimulai dari penelitian kata kunci. Karena kata kunci adalah penentu untuk mendapatkan lalu lintas yang tepat yang dapat di konversi menjadi pembeli. Ketika Anda memulai melakukan optimasi SEO pada situs web Anda, Anda harus Anda memahami tentang lanskap pencarian saat ini dan kata kunci bisnis Anda.

Melakukan penelitian kata kunci sebenarnya tidak hanya dilakukan pada awal strategi pemasaran mesin pencari saja, namun Anda juga perlu mengevaluasi ulang. Karena volume pencarian selalu berubah bahkan setiap bulannya, maka Anda harus sering melakukan penelitian kata kunci supaya tetap up to date.

Penelitian Kata Kunci

Alat seperti Google Keyword Planner yang di sediakan oleh Google dapat membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis dan industri Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian dari yang terendah hingga volume pencarian tertinggi.

Anda juga harus melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci ekor panjang yang sesuai dengan maksud dari calon pelanggan Anda. Anda dapat memposisikan diri Anda sendiri sebagai calon pelanggan dengan mengetikan kata kunci yang mungkin orang lain juga mencarinya.

Anda dapat melakukan penelitian kata kunci untuk membuat lebih banyak halaman untuk situs web Anda. Buat postingan blog Anda dengan mendalam dan panjang yang memberikan informasi yang lebih medetail tentang topik yang sedang Anda bahas. Ini merupakan cara optimasi seo website yang wajib Anda terapkan pada SEO Anda.

3. Buat Konten Hebat dengan Kata Kunci dalam Pikiran

Berikutnya cara optimasi seo website adalah membuat konten hebat yang relevan dengan kata kunci terkait dengan bisnis Anda. Konten adalah perantara situs web Anda mendapatkan lalu lintas potensial, dan memposting konten secara konsisten dapat membantu situs web Anda muncul pada lebih banyak pencarian.

Ketika Anda membuat konten, Anda harus menyelipkan kata kunci yang relevan didalamnya secara strategis. Pada intinya pembuatan konten pada situs website bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang mencarinya.

Anda dapat membuat konten dengan bentuk panjang. Jika dulu konten hanya memerlukan 300 kata dan mengoptimalkan kata kunci saja dapat meningkatkan peringkat, cara itu sudah tidak berlaku lagi sekarang. Idealnya konten yang harus Anda buat lebih dari 1000 kata dan pastikan bahwa itu berkualitas.

Memang panjang bukanlah segalanya, tapi dengan konten yang lebih panjang dapat mengirimkan sinyal kepada Google bahwa Anda memberikan lebih banyak informasi. Manfaat dari konten bentuk panjang akan membuat orang yang membaca artikel Anda akan menghabiskan waktu lebih lama di halaman itu. Jika banyak dari pengunjung situs web Anda membaca hingga selesai konten bentuk panjang Anda, maka situs web Anda dapat memperoleh peringkat lebih tinggi.

4. Mengoptimalkan untuk SEO On Page

Yang paling penting dalam melakukan cara optimasi seo website, Anda perlu melakukan SEO on page, faktor-faktor seperti subjudul, meta tag dan siput URL juga termasuk ke dalam SEO on page. Ketika Anda melakukan SEO on page Anda harus menggunakan kata kunci utama Anda dalam informasi utama Anda. Selain itu juga harus tampil di slug dan subjudul, pastikan bahwa dalam salinan Anda menyelipkan kata kunci Anda.

Letakan kata kunci utama Anda secara strategis di seluruh salinan Anda, seperti subjudul dan teks alt gambar. Anda juga harus menyertakan banyak konteks untuk masing-masing sehingga Google secara akurat dapat memahami apa yang Anda maksudkan.

5. Mengoptimalkan untuk SEO off page

Selain melakukan SEO on page, Anda juga perlu melakukan SEO off page. Misalnya saja dengan melakukan blogging tamu atau membagikan konten Anda di media sosial itu semua dapat meningkatkan SEO situs website Anda. Ketika Anda melakukan SEO off page Anda memperhatikan apakah itu relevan untuk situs web atau tidak. Karena jika Anda melakukan kesalahan dalam SEO off page, alih-alih ingin meningkatkan peringkat situs web Anda, malah dapat berdampak penurunan peringkat Anda.

6. Situs Web Ramah Seluler

Tentunya Anda tidak ingin melewatkan konversi yang bersumber dari perangkat mobile, seperti ponsel pintar, tablet dan Ipad. Maka dari itu situs web Anda perlu dioptimalkan untuk pencarian perangkat mobile. Sekarang ini teknologi semakin maju, dengan menggunakan ponsel pintar orang-orang dapat mendapatkan berbagai informasi di mesin pencari. Begitupun bagi mereka yang ingin membeli produk atau layanan Anda, mereka bisa mendapatkannya melalui perangkat mobilenya.

Dengan mengoptimalkan situs web Anda ramah seluler, maka Anda telah membantu para pengguna perangkat mobile untuk menemukan bisnis Anda dengan mudah. Situs web Anda akan tetap terlihat profesional ketika di akses di ponsel pintar dan memudahkan pengguna untuk melakukan keterlibatan di situs web Anda.

7. Mengoptimalkan Kecepatan

Kebanyakan orang akan tidak sabaran dan meninggalkan situs website yang memuat dengan lambat. Idealnya situs web memuat adalah kurang dari 3 detik, jika situs web Anda memuat lebih dari 3 detik maka Anda telah kehilangan konversi sebesar 7%. Coba bayangkan saja jika situs web Anda memiliki kecepatan yang ideal, maka pengunjung Anda tidak akan meninggalkan situs web Anda dan itu artinya rasio pentalan Anda rendah.

Kecepatan sangat berpengaruh dalam SEO dan konversi, untuk mengetahui apakah situs web Anda memiliki kecepatan yang ideal Anda dapat mengecek situs web Anda di GTmetrix. Dengan Alat ini Anda dapat mengetahui seberapa cepat situs web Anda dan dapat mengoptimalkannya untuk situs web Anda lebih cepat.

Kini Anda telah mengetahui cara optimasi seo website. Dengan mengetahui SEO dasar kini Anda dapat melakukan optimasi SEO pada situs website Anda. Anda perlu memahami 7 langkah diatas untuk membuat SEO Anda sukses dan menghasilkan peringkat, lalu lintas dan konversi yang diharapkan. Tapi jika Anda tidak melakukannya sendiri, Anda dapat menggunakan seorang ahli untuk membantu Anda dalam melakukan SEO Anda.

Apakah Anda Membutuhkan Bantuan Seorang Ahli?

Spesialis jasa SEO kami dapat membantu Anda dalam melakukan SEO yang ditujukan untuk mengkonversi. Anda dapat menghubungi tim kami untuk berdiskusi tentang optimasi SEO pada website Anda. Anda dapat memulainya sekarang untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas potensial yang dapat di konversi. Semua kebutuhan pemasaran mesin pencari Anda dapat Anda percayakan kepada kami Ahlinya pemasaran online.

× Butuh Bantuan?