Apa itu SSL / TLS? Haruskah Saya Menggunakannya?

apa itu ssl dan tls

Apa itu SSL dan TLS? Haruskah saya menggunakannya?

Jika Anda adalah seorang yang perduli dan sangat melindungi website Anda, maka Anda perlu menggunakan SSL maupun TLS. SSL dan TLS merupakan protokol yang dapat membantu Anda dalam mengautentikasi serta memindahkan data di internet dengan aman. Meskipun keduanya sama-sama berfungsi untuk keamanan website, namun SSL dan TLS sedikit berbeda. Jadi apa itu SSL dan TLS? Dan apa yang membuat keduanya berbeda?

Di artikel ini Anda dapat mempelajari apa itu SSL dan TLS, perbedaan dari keduanya dan juga manfaat dari menggunakannya. Jadi pastikan Anda tetap membaca tulisan ini hingga selesai untuk mendapatkan manfaat dan ilmu yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda.

Apa Itu SSL dan TLS?

Apa sih sertifikat SSL / TLS itu? Secure Socket Layer atau yang lebih kita kenal dengan SSL dan Transport Layer Security (TLS) adalah sistem keamanan yang di pasang pada website dengan tujuan mengamankan pertukaran data yang terjadi di internet. Dengan memasang sistem keamanan pada website dapat membantu melindungi data penting Anda dari pihak lain.

Coba Anda bayangkan jika komputer Anda terhubung ke situs website, maka komunikasi dimulai antara browser web komputer dengan server web tempat situs web di hosting. Dan Anda harus tahu bahwa komunikasi yang berlangsung biasanya tidak dijaga. Ini artinya komunikasi yang berlangsung dapat di lihat oleh pihak ketiga. Jika Anda mengirimkan informasi pribadi di tempat yang terbuka, tentu saja ini tidak ideal dilakukan.

Apa Perbedaan Antara SSL dan TSL?

Perbedaan SSL dan TLS

SSL dan TSL merupakan protokol kriptografi yang mengamankan data dan mengotentikasi jaringan ketika terjadinya pemindahan data di internet. Sebagai contohnya, Anda melakukan pembayaran kartu kredit di website Anda, dengan memasang TLS maupun SSL dapat membantu Anda memproses data dengan aman sehingga pihak lain tidak dapat melakukan hal jahat.

Jadi apa perbedaan antara SSL dan TLS? Sebenarnya TLS merupakan versi terbaru dari SSL. Baik SSL maupun TLS sama-sama berfungsi mengamankan data yang di transfer ke website. Tapi, karena TLS adalah versi baru, maka TLS lebih baik dalam mengamankan data website Anda. Dari penjelasan ini, tentunya Anda sudah ada gambaran bahwa perbedaan keduanya hanya terletak dari versinya saja. Karena SSL memang sudah tidak digunakan sama sekali karena sudah diganti dengan TLS.

Apakah Saya Harus Memasang SSL / TLS Pada Website?

Jika Anda masih bertanya-tanya “apakah saya harus memasang SSL / TLS pada website?” Maka jawabannya adalah “Iya” berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memasang TLS pada website Anda:

1. Melindungi Dari Pencurian Data

Keuntungan memasang SSL / TLS pada website dapat membantu melindungi website Anda dari perentas atau pencuri data. Website yang diamankan TLS akan lebih aman karena informasi / data yang di transfer dienkripsi, sehingga data tidak akan di curi oleh pihak ketiga. Itu artinya Anda telah melindungi data yang Anda kirim di internet dari kejahatan dunia maya.

Apalagi jika Anda menerima pembayaran kartu kredit di situs website Anda, maka TLS sangat wajib bagi website Anda. Anda tahu bahwa data kartu kredit sangat penting dan sangat perlu untuk dilindungi ketika pengguna mengisi data mereka di situs website Anda

2. Membangun Kepercayaan Pelanggan / Reputasi Website

Didunia maya, keamanan informasi menjadi sangat penting bagi semua orang. Calon pelanggan akan menghindari perusahaan yang tidak menerapkan keamanan pada situs websitenya. Mereka akan mencari situs web yang aman dengan melihat ikon gembok dan HTTPS di bilah alamat website.

Jika Anda memasang TLS pada website Anda akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Karen mereka tahu bahwa Anda peduli dengan keamanan data mereka, hal ini juga akan membuat merek Anda memiliki reputasi baik di mata pengguna.

Namun sebaliknya jika Anda mengabaikan keamanan website Anda. Maka ketika pengunjung Anda diperingatkan oleh browser bahwa situs website yang di kunjungi tidak aman, maka kemungkinan besarnya mereka akan meninggalkan website Anda. Tentunya ini akan membuat bounce rate Anda meningkat dan waktu rata-rata yang singkat dapat berpengaruh pada peringkat dan lalu lintas situs web Anda.

3. Peningkatan SEO dan Ranking

Percayakah Anda bahwa SSL / TLS dapat membantu meningkatkan SEO dan peringkat website di mesin pencari? Sejak tahun 2018 tepatnya pada bulan Juli, SSL / TLS sudah menjadi hal yang wajib diterapkan pada semua situs website. Apabila website Anda tidak memiliki sertifikat TLS, ini akan sangat berpengaruh pada peringkat dan lalu lintas web Anda.

Karena website yang belum HTTPS akan lebih sulit mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari, dan tentu saja akan kesulitan mendapatkan pengunjung karena mereka menghindari situs web yang tidak menjaga datanya. Jika Anda tidak ingin semua ini terjadi pada website Anda, maka Anda perlu memikirkan untuk menginstal sertifikat TLS pada website Anda.

Nah itu dia manfaat utama dari sertifikat SSL / TLS. Dari beberapa manfaat ini seharusnya sudah menjadi alasan kuat mengapa website Anda harus menggunakan TLS.

Selain harus mengetahui apa itu SSL / TLS dan manfaatnya, Anda juga harus tahu jenis-jenisnya. Berikut jenis-jenis SSL / TLS yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing website:

  • Domain Validated SSL / DV SSL
  • Organization Validated SSL / OV SSL
  • Extended Validated SSL / EV SSL

Jadi, jika website Anda belum memiliki sertifikat SSL / TLS, segera pasang sekarang. Jangan tunda lagi untuk perubahan yang lebih baik!

Baca juga: Manfaat Mengganti HTTP Ke HTTPS

× Butuh Bantuan?