Simak, Ini Dia 8 Tren Strategi Pemasaran Di 2021

Tren Pemasaran 2021

Sudahkah Anda mulai menjalankan strategi pemasaran di 2021 ini? Tahukah Anda bahwa tren pemasaran juga akan terus berubah setiap waktu. Jadi bagi para pelaku bisnis sangat penting untuk terus mengikuti tren pemasaran. Ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Selalu upgrade strategi pemasaran adalah cara terbaik untuk terus meningkatkan bisnis. Karena dengan mengikuti perkembangan strategi pemasaran terbaru dapat membantu Anda menciptakan strategi pemasaran yang lebih baik.

Jika di tahun 2020 banyak bisnis yang tutup karena dampak pandemi Covid 19. Maka di tahun 2021 ini para pelaku bisnis harus move on dan mulai merancang strategi pemasaran baru. 2020 adalah pelajaran, dimana selama setahun ini, para pemilik bisnis harus berjuang menyelamatkan bisnisnya dari kebangkrutan karena minimnya pendapatan.

Di awal tahun ini Anda harus mengatur agenda pemasaran untuk membangun kembali bisnis atau meningkatkan bisnis Anda. Di tahun 2021 ini Anda wajib merencanakan strategi baru untuk perubahan dalam kesuksesan bisnis Anda.

Anda perlu memperhatikan dengan seksama strategi pemasaran bisnis Anda dengan membuat beberapa perubahan. Anda harus merubah strategi yang mati saat bisnis Anda menghadapi pandemi. Dengan begitu bisnis Anda bisa tetap berjalan dan menghasilkan penjualan.

Hingga memasuki 2021, covid juga belum usai dan itu artinya Anda wajib merancang strategi pemasaran baru untuk tetap bertahan. Untuk tetap mendatangkan pelanggan Anda bisa beralih ke pemasaran online. Karena pemasaran online dapat menjangkau pasar lebih luas dan dapat membantu bisnis Anda tetap bertahan di kondisi seperti saat in.

Belanja online sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun lalu namun semenjak pandemi belanja online semakin meningkat. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengonlinekan bisnis dan sekaligus mendatangkan pelanggan berkualitas.

Nah untuk membuat pemasaran bisnis Anda semakin sukses. Silahkan Anda simak tren atau strategi pemasaran 2021 yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

Strategi Pemasaran Yang Menjadi Tren di 2021

Tentunya Anda berharap merek bisnis Anda menjadi harapan bagi konsumen Anda. Itu mengapa Anda perlu mengikuti trend pemasaran tahun 2021, dimana Anda perlu memerhatikan bagaimana konsumen berhubungan dengan merek Anda.

Strategi Pemasaran 2021

Di era digital ini, pemilik bisnis dituntut untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses produk / layanan. Para pelanggan mengharapkan waktu respon yang cepat ketika mereka membutuhkan produk atau layanan Anda.

Nah lalu apa saja strategi pemasaran yang akan menjadi tren di 2021 ini? Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini!

1. Komunikasi Cepat dan Responsive

Komunikasi cepat dan responsive menjadi strategi pemasaran yang tren di 2021. Pelanggan di tahun 2021 mengharapkan lebih mudah terhubung dengan merek sehingga mereka akan lebih mudah melakukan pembelian. Konsumen berharap mendapatkan jawaban atas pertanyaan dengan tepat dan cepat ketika mereka membutuhkannya.

Untuk memenuhi harapan konsumen, Anda bisa memberikan kemudahan komunikasi yang cepat dan responsive. Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk terhubung secara langsung dengan konsumen Anda.

Jika ingin terhubung dengan pengguna Google maka Anda bisa menyediakan situs web untuk memudahkan konsumen menemukan merek Anda. Buatlah website Anda ramah pengguna untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

Apabila Anda ingin terhubung dengan pengguna sosial media maka Anda juga perlu membuat akun sosial media khusus untuk bisnis Anda. Anda bisa melakukan pemasaran sosial media untuk menarik minat konsumen dengan memberikan komunikasi dua arah.

Anda bisa mengarahkan pengunjung website atau pengikut sosial media Anda langsung ke aplikasi pesan singkat Anda. Dengan demikian mereka akan lebih mudah terhubung dengan merek Anda sepanjang hari.

2. Pengoptimalan Situs Web

Situs web yang responsive dan mobile friendly adalah strategi pemasaran yang menjadi tren di 2021. Banyak pengguna internet yang menggunakan perangkat selulernya untuk terhubung dengan internet. Baik dalam pencarian di mesin pencari, sosial media maupun mendengarkan musik.

Jadi untuk menjangkau pengguna smartphone, Anda perlu memiliki situs website yang ramah seluler dan responsive. Dengan menyajikan situs web yang ramah pengguna dapat membantu meningkatkan kepuasan pengguna. Mereka dapat dengan mudah menjelajahi situs web Anda melalui smartphonenya.

Lagi pula dengan mengoptimalkan situs web untuk pengguna seluler akan membuat pengguna lebih mudah menghubungi Anda ketika ingin membeli. Anda cukup menyediakan tombol CTA untuk mengarahkan pelanggan ke melakukan tindakan lebih lanjut.

3. Content Marketing

Pemasaran konten masih menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam mendatangkan pelanggan berkualitas. Di 2021 ini pemasaran konten masih menjadi strategi pemasaran yang wajib Anda lakukan. Dengan melakukan pemasaran online yang efektif akan membantu meningkatkan penjualan.

Content marketing masih menjadi strategi pemasaran yang berlaku di tahun ini bahkan mungkin akan tetap menjadi tren di beberapa tahun kedepan. Dengan konten berkualitas Anda bisa menaikkan peringkat website, mendatangkan pelanggan berkualitas, meningkatkan citra merek dan meningkatkan pengenalan merek di media sosial.

Anda bisa melakukan pemasaran content untuk meningkatkan bisnis Anda. Namun saat Anda menjalankan pemasaran konten pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar. Buatlah konten dengan kata kunci relevan dan prmosikan konten Anda untuk mendatangkan pelanggan potensial.

4. Artificial Intelligence / Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan merupakan strategi pemasaran yang masih menjadi trend di 2021. Dengan menjalankan strategi pemasaran ini, Anda akan lebih mudah menyelesaikan pengelolaan data Anda. Pada umumnya bisnis yang menjalankan strategi ini yaitu untuk mendatangkan leads secara cepat.

Tidak hanya itu karena Anda juga bisa melacak kebiasaan konsumen ketika mereka melakukan belanja online. Anda juga bisa mengetahui perilaku konsumen Anda. Ini mengapa strategi pemasaran yang satu ini patut Anda coba di 2021.

5. Media Sosial

Sosial media menjadi semakin populer saat pandemi covid tahun lalu hingga saat ini. Karena banyak orang yang menghabiskan waktu di sosial media. Hingga saat ini sosial media masih menjadi platform yang populer yang digunakan untuk promosi sebuah bisnis.

Di tahun 2021 ini sosial media masih menjadi tren pemasaran yang efektif dalam meningkatkan penjualan. Anda dapat menjangkau jutaan bahkan miliaran pengguna media sosial diseluruh dunia.

6. Video

Jika selama ini Anda sering menonton Youtube, TikTok dan IG TV apakah Anda berfikir jika beberapa platform ini dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran bisnis Anda?

Tahukah Anda bahwa platform video ini bagus untuk meningkatkan bisnis Anda? Video menjadi tren pemasaran di tahun 2021 karena kebanyakan orang lebih suka menonton dari pada membaca. Jadi melakukan strategi pemasaran dengan video dapat adalah cara efektif meningkatkan bisnis Anda.

Anda bisa memanfaatkan platform-platform video seperti Youtube, TikTok dan IG TV untuk mempromosikan bisnis Anda. Sudah banyak pebisnis yang melakukan strategi ini dan efektif untuk meningkatkan bisnisnya.

7. Search Engine Optimization (SEO)

SEO masih menjadi tren pemasaran favorit para pelaku bisnis karena ada ribuan pengguna mesin pencari yang secara aktif mencari produk atau layanan disana. Mungkin Anda tahu bahwa SEO merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dalam mendatangkan pelanggan potensial.

SEO dapat membantu meningkatkan peringkat dan traffic situs web Anda. ini akan membantu pemasaran bisnis Anda di tahun 2021 karena SEO masih menjadi pilihan utama bagi para pelaku bisnis untuk mendatangkan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan SEO Anda  secara teknis, onpage dan off page. Anda perlu fokus untuk mendapatkan posisi nomor satu di mesin pencari dengan menggunakan teknik SEO terbaik, Anda bisa menambahkan skema dan bahasa data tertentu yang bisa memberikan konteks mesin pencari tentang konten.

Anda bisa menambahkan FAQ pada konten Anda.  tetapi jika Anda tidak ada waktu karena kesibukan Anda, Anda bisa menggunakan Jasa SEO untuk membantu Anda dalam penerapan strategi SEO pada bisnis Anda.

8. Iklan Berbayar

Penggunaan iklan berbayar bisa menjadi trend di tahun 2021 nanti, karena peningkatan kebutuhan iklan yang sangat tinggi. Sehingga iklan berbayar menjadi pilihan sebagai strategi pemasaran pada tahun 2021.

Anda bisa memanfaatkan iklan berbayar untuk strategi pemasaran bisnis anda dengan Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads maupun Youtube Ads. Anda bisa memilih beberapa iklan tersebut untuk mengiklankan bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan jasa konsultan internet marketing, langsung saja hubungi kami. Anda bisa konsultasi secara gratis dengan tim pemasar kami.