Strategi Pemasaran Produk Untuk UKM / UMKM Yang Efektif

Strategi Pemasaran Produk UKM

Jika Anda sedang mencari informasi tentang strategi pemasaran produk UKM / UMKM yang efektif, disini Anda akan menemukannya. Di artikel ini kami akan membahas tentang strategi pemasaran produk UKM / UMKM yang dapat bekerja untuk meningkatkan penjualan produk UKM / UMKM Anda.

Setiap bisnis harus memiliki strategi pemasaran produk yang efektif dan tepat supaya dapat meningkatkan penjualan. Jadi sangat penting bagi para pelaku UKM / UMKM Indonesia untuk merencanakan dan membuat strategi pemasaran produk yang tepat untuk di industrinya.

Untuk meningkatkan penjualan, UMKM / UKM perlu menjalankan strategi pemasaran secara online. Karena untuk membuat sebuah bisnis berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan lebih banyak perlu keseimbangan antara pemasaran konvensional dan pemasaran online.

Nah disini kami akan membahas cara memasarkan produk UMKM / UKM secara online yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya. Ini sangat mudah dapat di lakukan oleh siapa saja yang ingin membangun merek produk UKM. Jika Anda adalah salah satu UKM / UKM yang ingin meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan, terus baca artikel ini!

Sebelum kita memasuki pembahasan strategi pemasaran produk untuk UKM / UMKM, kami ingin Anda tahu terlebih dahulu apa itu internet marketing dan mengapa itu sangat penting untuk UKM Anda.

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing atau pemasaran internet adalah suatu kegiatan memasarkan atau mempromosikan produk atau layanan melalui jaringan internet. Tujuan dari internet marketing adalah untuk memperkenalkan perusahaan, produk dan layanan kepada publik untuk meningkatkan penjualan.

Ini adalah era digital dan pemasaran internet sangat penting bagi para pemilik bisnis. Bagi setiap bisnis, menjalankan pemasaran internet adalah kewajiban karena dengan menjalankan pemasaran internet yang tepat dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

Baca juga: Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis

Melakukan pemasaran internet berarti Anda harus memahami berbagai platform untuk menentukan platform mana yang tepat untuk pemasaran internet Anda. Jika Anda salah menggunakan platform untuk menjalankan pemasaran internet, Anda bisa menghabiskan banyak uang dan tidak akan mendapatkan keuntungan yang Anda harapkan.

Maka dari itu pastikan Anda memilih platform yang tepat supaya pemasaran internet yang Anda jalankan dapat menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat. Jika Anda kesulitan menentukan platform mana yang tepat untuk memasarkan produk UKM Anda, Anda bisa meminta bantuan kepada konsultan internet marketing. Mereka dapat memberi solusi terbaik untuk setiap permasalahan pemasaran internet Anda.

Nah setelah Anda tahu tentang internet marketing dan manfaatnya untuk bisnis. Kini saatnya Anda memasuki pembahasan utama yaitu strategi pemasaran produk untuk UKM dan UMKM. Yuk langsung saja kita mulai!

Strategi Pemasaran Produk UKM / UMKM

Strategi pemasaran Produk UMKM
bisnis-ukm-solo-online

Untuk meraih kesuksesan dalam pemasaran internet, Anda perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu sehingga ketika pemasaran internet Anda berjalan akan memberi keuntungan bagi bisnis Anda. Berikut ini strategi pemasaran produk UKM / UMKM yang bisa Anda terapkan pada pemasaran internet Anda untuk menghasilkan penjualan yang lebih banyak.

1. Membangun Identitas Merek yang Kuat

Produk yang hebat saja tidak cukup untuk membuat produk laku keras di pasaran. Mungkin Anda telah memiliki produk yang luar bisa untuk solusi bagi konsumen, namun jika produk Anda tidak memiliki identitas merek yang kuat dan jelas mustahil untuk membuat konsumen percaya pada perusahaan Anda.

Nah maka dari itu Anda harus membangun identitas merek yang kuat dan jelas, karena dengan identitas merek yang jelas dapat mengkomunikasikan tentang perusahaan dan produk Anda dengan konsumen. Ini juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan produk UKM Anda.

Logo

Cara membangun identitas merek yang kuat adalah dengan memiliki nama yang cocok untuk jenis produk Anda, Logo yang sederhana, Warna yang menarik dan Slogan yang tepat untuk memberi tahu konsumen Anda bahwa Anda ada sebagai solusi bagi permasalahan konsumen Anda.

Untuk memperkuat merek Anda, Anda perlu membuat logo yang menarik bagi konsumen Anda. Ini penting karena logo adalah salah satu identitas merek yang wajib Anda miliki untuk meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap Anda. Untuk membuat logo eksklusif dan menjadi hak cipta Anda, Anda bisa meminta bantuan seorang ahli desain logo profesional yang membantu memperkuat identitas merek Anda.

2. Buat Situs Website Profesional

Setelah Anda memiliki logo selanjutnya adalah membuat situs website yang profesional (tidak gratisan). Situs website yang gratisan tidak akan menjamin UKM Anda maju bahkan sukses. Tidak masalah bukan mengeluarkan sejumlah uang di awal untuk menghasilkan berkali-kali lipat dari uang yang telah Anda keluarkan?

Ketika Anda berencana menjalankan pemasaran produk UKM, pikiran situs website yang ramah pengguna dan ramah mesin pencari. Situs website yang ramah pengguna berarti mudah diakses di berbagai perangkat pengguna seperti smartphone, tablet, laptop maupun komputer. Tanpa harus memperbesar atau memperkecil tulisan dan gambar yang ada di situs web Anda atau bisa di sebut sebagai situs website yang responsive dan mobile friendly.

Sedangkan situs website yang ramah mesin pencari adalah situs website yang mudah di indeks dan di rayapi oleh mesin pencari untuk diberi peringkat. Ini bisa di sebut sebagai situs website yang SEO friendly, website yang SEO friendly lebih mudah mendapatkan peringkat lebih tinggi sehingga akan memudahkan Anda mendapatkan pengunjung, prospek dan penjualan.

Anda dapat membuat situs website profesional dengan harga terjangkau dengan menggunakan layanan desain website UKM. Anda akan mendapatkan situs website yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan tentu saja ramah pengguna dan mesin pencari.

3. Lakukan SEO Pada Situs Website Anda

Pemasaran internet yang tidak boleh Anda lupakan adalah Search Engine Optimization atau di singkat SEO. SEO adalah strategi pemasaran internet yang wajib Anda masukan kedalam list Anda. Karena dengan melakukan SEO pada situs website dapat membantu situs website Anda mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencari mesin pencari.

Salah satu cara meningkatkan penjualan secara online adalah dengan mendatangkan pengunjung potensial ke situs website Anda. Nah untuk membuat situs website Anda menghasilkan banyak pengunjung potensial, maka Anda harus melakukan SEO untuk mewujudkannya.

SEO

SEO bekerja untuk meningkatkan peringkat situs website Anda supaya berada di halaman satu hasil pencarian untuk kata kunci yang relevan. Situs website yang memiliki peringkat bagus di hasil pencarian mesin pencari untuk keyword-keyword yang ditargetkan akan mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial.

Ketika situs website memiliki peringkat tinggi di hasil pencarian, maka mereka akan mendapatkan lebih banyak pengunjung yang dapat di konversi sebagai pelanggan. Semakin banyak pengunjung pada situs website semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan.

4. Lakukan Pemasaran Media Sosial

Media sosial adalah salah satu platform pemasaran internet yang dapat meningkatkan kesadaran merek dan membantu mendorong lalu lintas ke situs website Anda. Strategi pemasaran produk UKM / UMKM berikutnya adalah pemasaran media sosial, Anda dapat memasarkan produk Anda di media sosial.

Setiap bisnis yang aktif di media sosial akan lebih mudah untuk mendapatkan pengenalan merek dan juga sangat membantu untuk meningkatkan lalu lintas pada situs website Anda. Selain itu juga, pemasaran media sosial dapat mendorong peringkat pada situs website.

Anda dapat melakukan pemasaran media sosial untuk memasarkan produk Anda dengan membagikan postingan situs website Anda di media sosial. Jika Anda aktif dan rutin membagikan postingan yang bermanfaat pada audiens Anda di media sosial dapat memberi manfaat pada UKM Anda.

5. Melakukan Google Ads

Jika Anda ingin situs website Anda lebih cepat mendapatkan lalu lintas berkualitas, cara terbaik adalah dengan melakukan iklan Google tentu saja Anda harus membayar kepada Google. Google Ads adalah pemasaran internet yang menggunakan sistem PPC dimana Anda hanya akan membayar kepada Google jika iklan Anda di klik oleh audiens target.

Google Ads

Cara kerja Google Ads yaitu menampilkan iklan situs web Anda untuk kata kunci tertentu di hasil pencarian dengan tujuan menghasilkan pengunjung berkualitas. Cara ini dianggap sangat efektif jika Anda ingin mendapatkan pengunjung berkualitas dalam waktu yang lebih cepat. Karena dengan Google Ads uang yang Anda keluarkan di hari itu akan menghasilkan manfaat di hari itu juga.

Butuh Bantuan Pemasaran Internet Untuk UKM / UMKM?

Setiap bisnis perlu menjalankan pemasaran, baik itu pemasaran konvensional, pemasaran tradisional dan juga pemasaran internet. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih banyak, maka Anda perlu menggabungkan pemasaran konvensional dengan pemasaran internet. Ini akan sangat membantu UKM atau UMKM Anda mendapatkan penjualan yang lebih banyak .

Jika Anda membutuhkan bantuan seorang ahli untuk memasarkan produk UKM / UMKM melalui pemasaran internet, jangan ragu untuk menghubungi kami. Layanan internet marketing kami siap membuat produk UKM / UMKM Anda muncul untuk setiap pencarian di mesin pencarian maupun media sosial.

Kami siap membantu bisnis Anda mencapai tujuan Anda dengan strategi pemasaran internet terbaik yang di rancang khusus untuk bisnis Anda.! Mau konsultasi gratis dengan tim ahli kami? Hubungi kami hari ini!