Seberapa Penting Organic Search Traffic & Paid Search Traffic Untuk Bisnis Anda?

Manfaat Organic Search Traffic

Mengapa organic search traffic & paid search traffic sangat penting bagi bisnis online? Traffic adalah istilah yang di gunakan untuk menyebutkan pengunjung atau orang yang mengunjungi situs website Anda. Pengunjung situs website bisa diartikan sebagai seseorang yang tertarik, membutuhkan atau seorang calon pembeli produk atau layanan Anda melalui pencarian di mesin pencari.

Semakin banyak Traffic atau lalu lintas yang situs website dapatkan, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan prospek, konversi dan penjualan. Traffic atau pengunjung situs website sendiri memiliki dua opsi, yaitu organic traffic dan paid traffic. Dimana keduanya diperoleh dengan cara atau strategi yang berbeda.

Perbedaan Organik Traffic dan Paid Traffic

Organic traffic adalah pengunjung website yang diperoleh dengan cara gratis atau natural. Ini memang gratis namun untuk mendapatkan lalu lintas organik, Anda perlu bekerja keras untuk menghasilkan lalu lintas organik yang berkualitas. Anda wajib mengoptimalkan situs website Anda untuk mesin pencari sehingga mesin pencari menempatkan situs website Anda di peringkat terbaik di hasil pencarian.

Salah satu cara menempatkan situs website di peringkat terbaik di hasil pencarian supaya mendapatkan organic traffic adalah dengan menciptakan konten yang berkualitas tinggi. Anda harus dan wajib menciptakan konten yang relevan dan original untuk membuat mesin pencari memberi peringkat yang lebih tinggi untuk halaman web Anda.

Konten teks yang Anda buat harus mengalahkan ratusan bahkan ribuan konten yang sama dengan topik Anda di mesin pencari. Jadi untuk membuat situs website Anda tampil di halaman satu hasil pencarian Google untuk pencarian organik Anda harus bekerja keras untuk mengungguli ribuan pesaing Anda. Karena jika halaman web Anda tidak mampu tampil di halaman 1 Google akan sangat sulit untuk mendapatkan lalu lintas oragnik.

Cara yang paling efektif untuk menghasilkan organic traffic adalah SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah suatu proses meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web untuk menghasilkan lalu lintas organik yang berkualitas. Konten, kecepatan memuat, respons seluler termasuk kedalam strategi SEO.

Sedangkan Paid Traffic adalah jenis lalu lintas atau pengunjung website yang di peroleh dari iklan berbayar PPC seperti Google Ads. Orang-orang yang mengklik iklan Anda ketika mereka mencari produk atau layanan Anda menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari disebut sebagai paid traffic.

Melakukan iklan mesin pencari seperti Google Ads berarti Anda harus membayar kepada Google untuk setiap klik yang iklan Anda dapatkan. Google Ads adalah layanan iklan digital yang menggunakan sistem PPC (Pay Per Click). Dimana Anda hanya akan membayar kepada Google apabila iklan Anda mendapatkan klik.

Manfaat Organic Search Traffic

Manfaat Paid Search Traffic

Organic traffic memiliki banyak manfaat untuk bisnis apalagi diperolehnya secara gratis. Jadi bagi setiap pemilik bisnis, lalu lintas pencarian organik sangat penting untuk untuk mereka karena memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Diperoleh Secara Gratis

Manfaat organic traffic yang pertama adalah Anda bisa mendapatkannya secara gratis tanpa harus membayar kepada mesin pencari. Ini artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang Anda untuk membayar mesin pencari untuk meminta orang mengunjungi situs website Anda. Untuk menghasilkan lalu lintas organik, Anda hanya perlu membuat konten berkualitas tinggi yang di lakukan dengan teknik SEO yang tepat untuk industri Anda.

2. Tidak Terlalu Menuntut

Kampanye organic traffic tidak seperti kampanye paid traffic yang mengharuskan Anda memantau kinerja iklan berbayar. Lalu lintas organik akan terus Anda dapatkan selama situs website Anda berada di halaman satu Google.

3. Membawa Prospek yang Sangat Berkualitas

Ketika Anda mulai menjalankan pemasaran digital, tujuan utama Anda adalah menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan. Lalu lintas pencarian organik adalah salah satu yang dapat membawa prospek yang sangat berkualitas.

Lalu lintas pencarian organik atau pengunjung yang secara natural mengunjungi situs website Anda di mesin pencari adalah orang-orang yang ingin mendapatkan informasi tentang produk atau layanan Anda.

Ketika mereka menemukan apa yang mereka cari di situs website Anda, maka berpeluang untuk melakukan interaksi, panggilan bahkan pembelian.

4. Memberi Anda Bagian Aset Pemasaran Terbesar

Ketika seseorang membutuhkan informasi atau solusi mereka akan mengunjungi Google untuk menemukan jawabannya. Google adalah tempat dimana Anda dan pelanggan potensial bertemu, faktanya 93% interaksi online di mulai melalui mesin pencari. Jika Anda mengabaikan prospek ini maka Anda telah meninggalkan pendapatan di depan mata. Jadi perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari dan lalu lintas organik memberi Anda keunggulan pemasaran yang nyata.

5. Meningkatkan Kredibilitas Merek Anda

Ini merupakan salah satu manfaat yang lebih nyata dari lalu lintas organik. Jika situs website Anda menempati peringkat di halaman satu mesin pencari untuk kata kunci yang tertarget, maka dapat membantu meningkatkan kredibilitas merek Anda.

Semakin banyak lalu lintas organik yang Anda dapatkan, semakin meningkat pula tingkat kredibilitas merek Anda. Karena semakin banyak pengunjung, Google akan menganggap bahwa konten Anda memiliki kredibilitas tinggi.

Manfaat Paid Search Traffic

Manfaat Organic Search Traffic

Lalu lintas berbayar diperoleh dari iklan berbayar yang Anda lakukan dari berbagai platform. Paid traffic memiliki manfaat yang sangat positif untuk bisnis Anda jika Anda menjalankannya dengan baik dan tepat. Dengan lalu lintas berbayar, Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk melihat hasilnya. Ketika Anda mendapatkan lalu lintas berbayar pada saat ini, maka Anda juga dapat mendapatkan hasil pada saat ini pula.

Manfaat lain dari padi traffic adalah mereka merupakan pengunjung potensial yang memiliki peluang tinggi untuk membeli produk atau layanan Anda atau setidaknya mereka akan menghubungi Anda. Jadi setiap paid traffic yang Anda dapatkan, mereka adalah prospek berkualitas yang dapat Anda arahkan menjadi pelanggan nyata Anda.

Kesimpulan

Setiap upaya yang di jalankan dalam pemasaran digital, baik untuk menghasilkan lalu lintas organik maupun lalu lintas berbayar tentunya memiliki keuntungan dan manfaat masing-masing. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal Anda bisa menggabungkan antara strategi yang dapat menghasilkan organic traffic dan paid traffic. Misalnya saja dengan SEO dan SEM.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan SEO dan iklan berbayar Google Ads, jangan ragu untuk menghubungi kami. Ceritakan kebutuhan pemasaran digital Anda dengan kami sekarang, kami siap membuat bisnis Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik maupun lalu lintas berbayar!

× Butuh Bantuan?