Inilah 9 Manfaat Website Bagi Perusahaan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat website bagi perusahaan

Ada 8 manfaat website bagi perusahaan yang harus Anda ketahui. Di era modern ini, pemasaran melalui internet sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh para pelaku bisnis. Baik perusahaan besar, UKM bahkan perorangan sudah banyak memanfaatkan internet untuk pemasaran bisnis mereka.

Hadirnya internet yang mampu menghubungkan miliaran orang diseluruh dunia kedalam satu jaringan untuk berinteraksi satu sama lain dimanfaatkan juga oleh pelaku bisnis. Kini konsumen terbiasa dengan pembelian secara online, selain lebih hemat waktu, pembelian online juga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Internet yang kini juga menjadi kebutuhan pokok manusia pada era ini menjadikan pertukaran informasi semakin mudah dan cepat. Oleh karena itu sebuah perusahaan juga perlu memiliki media digital seperti Website untuk membagikan informasi kontak, alamat, produk / layanan kepada konsumennya.

Situs website adalah salah satu media digital yang wajib dimiliki perusahaan jika ingin menjangkau pasar lebih luas. Karena website adalah media informasi yang sekaligus menjadi alat penjualan yang efektif mendatangkan pelanggan berkualitas.

Website merupakan alat yang berfungsi sebagai sumber informasi perusahaan Anda, dimana dapat diakses oleh banyak orang dari manapun dan kapanpun.

Untuk mengetahui pengertian website silahkan Anda kunjungi halaman: Apa itu website

Lalu apa saja manfaat website untuk perusahaan? Tenang karena kami telah menyiapkan di bawah ini, pastikan Anda membacanya hingga selesai.

9 Manfaat Website Bagi Perusahaan Yang Wajib Anda ketahui

Apa sih manfaatnya perusahaan memiliki Website? Website di ibaratkan kantor online sebuah perusahaan yang bisa dikunjungi oleh jutaan pengguna internet di seluruh dunia. Orang-orang yang membutuhkan informasi tentang perusahaan Anda, produk maupun layanan Anda dapat dengan mudah mengaksesnya.

Dengan menghadirkan merek online dapat membantu bisnis Anda buka 24 jam non stop. Website dapat di akses sepanjang hari karena situs web tidak memiliki batasan waktu untuk menerima calon pembeli. Jadi tidak heran jika perusahaan wajib memiliki website.

Keuntungan website untuk perusahaan

Karena dengan website, Anda bisa membuka bisnis Anda sepanjang hari dan melayani pembelian tanpa ada batasan waktu. Bukankah bisnis yang buka sepanjang hari memiliki kesempatan lebih besar dalam mendapatkan pelanggan? Jadi mengapa Anda tidak membuat website untuk perusahaan Anda?

Jika Anda masih bimbang mengapa perusahaan Anda perlu memiliki situs web. Mungkin beberapa penjelasan tentang manfaat bagi perusahaan ini dapat merubah keputusan Anda.

Website tidak hanya kantor online sebuah perusahaan melainkan juga sebagai alat penjualan online. Ada banyak manfaat dan keuntungan apabila perusahaan memiliki website. Nah di bawah ini beberapa manfaat dan keuntungan website bagi perusahaan.

1. Menjadi Sumber Informasi Lengkap Bagi Perusahaan

Saat konsumen ingin membeli produk / layanan tentunya mereka akan mencari tahu informasi tentang penjual, mulai dari alamat kantor, kontak dan juga kelebihan produk / layanan yang ditawarkan. Nah konsumen online pun demikian, mereka akan mencari tahu informasi tentang perusahaan Anda melalui Google.

Konsumen bisa langsung mengetikan nama domain Anda di Google atau mengetikan kata kunci yang Anda targetkan. Jika kata kunci yang Anda targetkan muncul di halaman depan hasil pencarian Google, maka calon pelanggan dapat menemukan perusahaan Anda.

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda dapat membuat situs web dengan dilengkapi informasi tentang perusahaan Anda. Anda bisa menambahkan alamat kantor, kontak, Maps, produk / layanan dan banyak lagi. Dengan menyajikan situs web yang informatif maka Anda tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar tentang perusahaan Anda. Karena secara otomatis konsumen dapat membaca informasi yang Anda berikan di situs web Anda.

Jadi ketika mereka menghubungi Anda, mereka sudah tahu tentang perusahaan Anda dan apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

2. Meningkatkan Profesionalisme Dan Kredibiliatas Perusahaan

Tahukah Anda bahwa lebih dari 81% konsumen melakukan penelitian online sebelum mereka membeli? Mereka akan mencari tahu informasi di mesin pencari saat mereka akan membeli produk / layanan yang mereka butuhkan. Nah jika perusahaan Anda memiliki situs web dan mengoptimalkannya untuk mesin pencari dan pengguna maka konsumen dapat menemukan merek Anda di halaman depan hasil pencarian Google.

Ini akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda, karena kebanyakan konsumen lebih percaya kepada perusahaan yang memiliki alamat kantor jelas, kontak aktif dan juga situs website. Selain itu, perusahaan Anda juga di pandang lebih profesional karena terus mengikuti perkembangan zaman dan juga menjadi perusahaan yang memenuhi harapan konsumen Anda.

Kepercayaan konsumen meningkat apabila Anda menyajikan situs web profesional dengan informasi lengkap dan juga memberikan pelayanan, layanan dan produk berkualitas. Dengan menghadirkan merek online, Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen sekaligus meningkatkan profesionalisme perusahaan Anda.

3. Memperluas Jaringan Pemasaran

Seperti yang kita ketahui bahwa internet menghubungkan miliaran manusia di seluruh dunia, pengguna internet bisa saling terhubung satu sama lain tanpa ada batasan demografis. Website merupakan media digital yang dapat diakses oleh jutaan pengguna internet di seluruh dunia. Ini artinya Anda dapat memperluas jaringan pemasaran dengan website.

Website berfungsi sebagai sumber informasi perusahaan Anda yang sekaligus sebagai alat penjualan dengan target pasar yang lebih luas. Dengan website, Anda bisa menargetkan konsumen lebih banyak dan juga pemasaran yang lebih luas. Karena Anda bisa menjangkau konsumen dari Sabang sampai Merauke bahkan hingga mancanegara.

Bayangkan saja jika Anda hanya menggunakan teknik pemasaran offline produk atau layanan Anda hanya akan di kenal dilingkungan toko atau kantor Anda saja. Berbeda dengan menggunakan website merek, produk dan layanan Anda akan di kenal dan mudah untuk ditemukan oleh konsumen kapanpun dan dari menampun.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan

Setiap konsumen menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat, terkadang mereka tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke toko. Jadi untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan Anda menyajikan website untuk memudahkan mereka membeli produk atau layanan Anda.

Menghadirkan merek online akan memudahkan konsumen menemukan merek Anda dengan mudah, karena mereka cukup terhubung dengan internet untuk menemukan Anda. Menampilkan website Anda di halaman pertama Google akan memudahkan konsumen menemukan merek Anda yang pada akhirnya memudahkan Anda mendapatkan prospek berkualitas.

Mereka bisa terhubung dengan merek Anda, mengetahui kelebihan produk / layanan Anda dan akan lebih mudah menghubungi Anda. Dengan website Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik, karena mereka dapat dengan mudah terhubung dengan Anda dan membeli tanpa harus datang langsung ke kantor fisik Anda.

Website juga membantu Anda mendapatkan data konsumen yang dapat di follow up untuk jangka panjang. Anda bisa langsung memberikan promosi kepada mereka bisa melalui pesan singkat maupun pemasaran email.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Website juga dapat membantu meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Apalagi jika website Anda tampil di halaman depan hasil pencarian Google dengan kata kunci yang relevan. Karena semakin banyak orang-orang yang menemukan merek Anda secara online semakin meningkat pula kesadaran merek Anda.

Karena kesadaran merek sangat penting bagi perusahaan maka salah satu cara meningkatkannya adalah dengan membuat website untuk perusahaan Anda. Website merupakan media digital yang sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek Anda, karena dapat menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia.

Jadi menghadirkan website dan menampilkannya di halaman depan hasil pencarian Google, berpotensi besar dalam meningkatkan pengenalan merek yang sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen dan penjualan.

7. Buka 24 Jam Non Stop

Jika kantor / toko Anda buka 24 jam non stop tentunya akan membutuhkan biaya besar karena Anda harus membayar karyawan yang berjaga. Namun dengan website Anda tidak perlu membayar karyawan untuk menjagai toko Anda 24 jam non stop. Karena website akan terus bekerja tanpa perlu di pantau 24 jam non stop untuk mendatangkan pelanggan berkualitas.

Situs web dapat terus bekerja sepanjang hari untuk mendatangkan pelanggan bahkan saat hari libur maupun saat malam hari. Jadi Anda bisa terus mendapatkan pelanggan meskipun hari libur maupun saat Anda istirahat di malam hari. Ini lah keuntungan website bagi perusahaan, karena Anda bisa membuka peluang mendatangkan pelanggan sepanjang hari tanpa batas waktu dan wilayah.

8. Meningkatkan Penjualan

Setiap strategi pemasaran tentunya bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan website adalah salah satu media digital yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Website yang di optimalkan untuk mesin pencari dan konsumen dapat mendatangkan pelanggan online.

Anda dapat menargetkan orang-orang yang tepat dengan strategi SEO atau Google Ads. Dengan begitu website Anda dikunjungi oleh orang-orang yang memang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Semakin banyak prospek berkualitas yang Anda dapatkan semakin meningkat pula penjualan Anda.

Website dapat menjangkau pasar lebih luas yang berarti menjangkau lebih banyak audiens target. Selain itu, website juga tidak memiliki batas waktu dan batas wilayah untuk diakses, jadi dapat melayani pembelian kapanpun dan dari manapun.

Karena perusahaan yang buka 24 jam non stop, memiliki peluang lebih besar untuk terus melayani pembelian dibandingkan perusahaan yang buka 8 jam sehari. Jadi dapat disimpulkan bahwa website adalah salah satu media yang dapat membantu mendatangkan pelanggan lebih banyak dan menghasilkan penjualan lebih banyak karena target pasar lebih luas dan audiens target lebih banyak.

9. Memudahkan Pelanggan Menemukan Merek Anda

Yang terakhir dari manfaat website bagi perusahaan adalah pelanggan akan lebih mudah menemukan merek Anda. Dengan memiliki website dan mengoptimalkannya, dapat memudahkan konsumen menemukan perusahaan Anda secara online. Mereka tidak perlu datang langsung ke kantor Anda untuk mencari informasi terkait dengan produk atau layanan Anda. Karena mereka dapat menemukannya dengan mudah, yaitu dengan menemukan website Anda di internet.

Dengan demikian Anda memberikan kemudahan bagi konsumen dalam menemukan merek Anda. Karena ini adalah era modern, jadi menghadirkan website untuk memudahkan konsumen dalam terhubung dengan Anda adalah ide yang bagus.

Kesimpulan

Perusahaan yang membuat website dan mengoptimalkannya adalah keputusan yang tepat karena dengan website Anda bisa mendapatkan ke 9 manfaat di atas. Setelah Anda mengetahui 9 manfaat website bagi perusahaan ini, kami berharap Anda sudah bisa memutuskan untuk membuat website. Karena memang website memiliki segudang manfaat bagi perusahaan Anda.

Dan jika Anda ingin membuat website profesional yang di lengkapi dengan fitur sesuai kebutuhan, silahkan langsung menghubungi jasa pembuatan website perusahaan. Kami siap membantu Anda memiliki website profesional yang mewakili perusahaan Anda.