Mana Yang Lebih Baik Antara Traditional Marketing vs Digital Marketing?

Traditional Marketing vs Digital Marketing

Masih bingung menentukan traditional marketing vs digital marketing untuk memasarkan produk atau layanan Anda? Bagi seorang pemula, mungkin akan cukup kesulitan dalam menentukan mana yang terbaik. Tapi jangan panik, karena kami disini akan menjelaskan mana yang lebih baik antara traditional marketing vs digital marketing untuk mempromosikan bisnis Anda.

Traditional marketing dan digital marketing merupakan strategi pemasaran yang memiliki tujuan sama yaitu mendatangkan pelanggan. Namun keduanya memiliki cara yang berbeda dalam mendatangkan pelanggan. Dari perbedaan cara yang dilakukan dan tingkat efektivitas dari keduanya maka tidak heran jika kedua strategi pemasaran ini sering dibanding-bandingkan.

Traditional marketing mengandalkan media berupa billboard, koran, TV dan radio untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens target. Sedangkan digital marketing melakukan promosi sebuah merek melalui internet (online) menggunakan media seperti situs website, media sosial, mesin pencari dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya kami telah menyiapkan penjelasan lengkap tentang definisi traditional marketing vs digital marketing di bawah ini.

Definisi Traditional Marketing

Traditional Marketing

Sebelum munculnya strategi digital marketing, traditional marketing merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif untuk mempromosikan sebuah bisnis. Traditional Marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara tradisional dengan menggunakan berbagai media berupa media cetak (koran dan majalah), direct mail (katalog, brosur kartu pos, dll), billboard, telepon (telemarketing dan sms marketing) dan siaran (TV dan radio).

Traditional marketing yang di rancang dengan baik dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk bisnis Anda. Bagi perusahaan besar melekukkan pemasaran tradisional adalah keharusan, karena dengan mengiklankan merek mereka di TV akan sangat membantu meningkatkan brand awareness.

Namun iklan di TV tentu saja itu akan membutuhkan biaya yang sangat besar, biasanya ini hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah besar. Selain membutuhkan biaya yang sangat besar, traditional marketing juga belum tentu menargetkan orang yang tepat.

Definisi Digital Marketing

Digital Marketing

Di era modern ini, lebih banyak pengusaha yang menjalankan digital marketing untuk menunjang bisnis mereka. Karena dengan mempromosikan merek mereka melalui internet akan lebih efektif karena mampu mendatangkan pelanggan lebih cepat. Lagi pula selain mendatangkan pelanggan lebih cepat, digital marketing juga tidak membutuhkan biaya yang besar.

Digital marketing adalah kegiatan mempromosikan produk atau layanan melalui jejaring internet dengan menggunakan berbagai media digital seperti situs web, mesin pencari, media sosial, email dan lain sebagainya. Tujuan utama digital marketing adalah untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan tepat waktu dan relevan.

Karena dapat menjangkau pelanggan berkualitas lebih luas, tidak heran jika digital marketing kini lebih diminati untuk strategi pemasaran merek para pemilik bisnis. Digital marketing atau pemasaran digital cara efektif untuk menjangkau pelanggan lebih cepat, lebih tepat dan lebih hemat.

Namun untuk menjalankan pemasaran digital, Anda perlu melakukannya dengan tepat, karena jika tidak dilakukan dengan tepat maka tidak akan menghasilkan hasil yang sesuai harapkan. Jadi pastikan bahwa Anda memilih jasa digital marketing profesional yang telah berpengalaman dalam melakukan berbagai pemasaran digital untuk berbagai industri.

Mana Yang Lebih Baik Traditional Marketing vs Digital Marketing?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya tergantung dari diri Anda sendiri, mana yang lebih tepat untuk merek Anda. Namun jika Anda adalah perusahaan yang sudah besar yang memiliki anggaran iklan tinggi, maka Anda bisa melakukan traditional marketing dengan mengiklankan merek Anda melalui siaran TV atau membuat papan reklame.

Jika Anda adalah perusahaan yang baru merintis atau tidak memiliki anggaran iklan yang terlalu tinggi, Anda bisa menjalankan digital marketing. Karena digital marketing dapat dilakukan oleh siapapun baik perusahaan besar bahkan para pelaku UMKM / UKM. Anda dapat membuat situs website untuk mempromosikan merek Anda di internet seperti mesin pencari bahkan media sosial.

Tapi, semua itu kembali kepada Anda sendiri, karena Anda yang akan menjalankannya. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menciptakan digital marketing yang sukses, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap menjadi partner usaha online Anda yang menciptakan pemasaran digital yang sukses dan menghasilkan ROI.

Hubungi kami sekarang!

× Butuh Bantuan?