Ingin Menjalankan Bisnis yang Berkembang? Fokus Pada E-Commerce Sekarang!

Manfaat E-Commerce

E-Commerce merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi pemilik bisnis di era digital ini karena manfaat bagi perkembangan bisnis. Sudah menjadi kegiatan yang umum melakukan jual beli melalui internet. Semua orang bisa dengan mudah membeli produk atau layanan yang mereka butuhkan melalui internet. Mulai dari membeli produk elektronik maupun memesan layanan kontraktor secara online.

Di era digital ini hampir semua hal dapat di lakukan secara online baik melakukan pekerjaan maupun membeli produk / layanan yang dibutuhkan. Apalagi semakin berkembangnya teknologi smartphone menjadikan masyarakat lebih mudah mengakses internet kapanpun dan dimanapun. Mereka bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi yang di butuhkan melalui akses internet.

Jika Anda adalah seorang yang baru memulai menjalankan bisnis maka menerapkan E-Commerce pada strategi pemasaran Anda adalah ide yang cemerlang. Karena Anda dapat menjangkau jutaan pengguna internet di seluruh dunia sehingga peluang mendapatkan pelanggan lebih banyak terbuka lebar. Ini artinya memungkinkan Anda untuk meningkatkan penjualan lebih tinggi.

Nah apabila Anda berencana menjalankan bisnis dengan metode online maka Anda perlu memiliki situs website. Apapun bisnis yang Anda jalankan situs website sangat penting sebagai media promosi 24 jam non stop. Website sangat membantu Anda mempromosikan produk / layanan secara online sehingga mendatangkan pelanggan lebih banyak.

Manfaat E-Commerce Dalam Dunia Bisnis

Elektronik Commerce / E-Commerce adalah kegiatan pemasaran produk / layanan melalui jaringan internet, televisi dan jaringan komputer lainnya. Sederhananya adalah kegiatan jual dan beli produk / layanan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Semakin berkembangnya E-Commerce selama beberapa tahun ini telah mengubah dunia bisnis menjadi lebih mudah dalam memasarkan bisnis.

E commerce

Ada banyak sekali manfaat E-Commerce bagi perusahaan sehingga tidak heran jika pemilik bisnis menjalankannya. Meskipun ada banyak manfaat E-Commerce namun Anda harus menjalankannya dengan konsisten dan dengan strategi yang tepat. Anda harus memahami apa tujuan E-Commerce Anda sesungguhnya sehingga Anda dapat menciptakan strategi pemasaran efektif.

Nah untuk lebih memudahkan Anda menjalankan bisnis online yang sukses. Anda wajib tahu dulu manfaat E-Commerce berikut ini:

1. Mengatasi Batasan Geografis

Jika pemasaran tradisional memiliki keterbatasan geografis dalam menjangkau konsumen maka tidak dengan E-Commerce. Perdagangan Elektronik membantu Anda dalam menjangkau konsumen dimanapun dan kapanpun. Anda dapat menargetkan audiens target tidak hanya di wilayah toko fisik Anda saja namun juga bisa menargetkan audiens target di seluruh dunia.

E-Commerce mempermudah pemilik bisnis menjangkau pasar lebih luas dengan menyajikan media penjual profesional yang mudah ditemukan melalui internet. Ini berarti Anda perlu menampilkan website Anda tepat di hadapan audiens target Anda. Sehingga calon pembeli lebih mudah menemukan merek Anda melalui internet.

Manfaat E-Commerce mengatasi batasan geografis dengan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-Commerce lebih hemat biaya dalam menjangkau pasar lebih luas. Lagi pula cara ini efektif dalam menargetkan orang-orang yang tepat sasaran. Jadi Anda bisa menargetkan orang-orang yang memang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

2. Bisnis Anda Buka 24 Jam Non Stop

Dengan Perdagangan Elektronik / E-Commerce Anda telah memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk membeli produk / layanan Anda sepanjang hari. Pelanggan dapat membeli kapanpun tanpa harus menunggu toko Anda buka. Ini artinya Anda memiliki peluang lebih besar mendapatkan penjualan dibandingkan dengan bisnis yang memiliki batasan waktu buka / beroperasi.

Bisnis yang melayani pembelian 24/7 atau tanpa istirahat dan libur lebih berpeluang menghasilkan lebih banyak penjualan. Namun bayangkan saja jika Anda menjalankan bisnis 24 jam dengan meminta bantuan staf Anda, maka biaya yang akan keluarkan untuk gaji staf akan melambung tinggi. Tapi dengan E-Commerce Anda tidak perlu menggaji staf Anda untuk menjalankan bisnis 24 jam Anda.

Dengan E-Commerce Anda bisa menjual produk / layanan kepada pelanggan kapan pun baik siang hari atau pun malam hari tanpa ada batasan waktu. Ini artinya meskipun toko fisik Anda hanya buka dari hari Senin-Sabtu jam 08-17 Anda tetap bisa menjual sepanjang hari.

Anda dapat memanfaatkan website dalam mendatangkan pelanggan. Website akan terus menampilkan apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan sepanjang hari. Sehingga memudahkan mereka membeli kapan pun siang atau malam dan dimanapun lokasi mereka berada. Tugas staf Anda hanya perlu memproses segala pesanan pelanggan ketika toko fisik Anda buka.

Meskipun website dapat menjual produk / layanan 24 jam tanpa istirahat bukan berarti biaya pembuatan website lebih besar dari membangun toko fisik. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat website tidak sebanyak seperti membangun toko fisik dengan jam kerja 24 jam. Jika Anda ingin diskusi harga membuat toko online langsung saja hubungi tim kami.

3. Mempelajari Lebih Lanjut Tentang Pelanggan Anda

Manfaat E-Commerce berikutnya adalah membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda. Anda dapat mengetahui berbagai informasi penting tentang mereka misalnya saja usia, gender dan lokasi mereka. Tentunya ini penting karena dapat membantu Anda dalam menyiapkan strategi baru untuk mempromosikan produk atau layanan Anda di masa mendatang.

Ini juga bermanfaat ketika Anda mengeluarkan produk baru atau promo khusus, Anda bisa menawarkan kembali kepada mereka. Ketika Anda memiliki informasi tentang kebiasaan pelanggan maka Anda dapat menargetkan ulang mereka untuk membeli lagi. Jadi dapat disimpulkan bahwa penjualan online tidak hanya mendatangkan pelanggan baru namun juga mempertahankan pelanggan lama.

4. Hemat Biaya

Menjalankan pemasaran online yang efektif dapat membantu menghemat biaya promosi Anda. Jika pemasaran tradisional membutuhkan biaya besar untuk promosi maka Perdagangan Elektronik sangat hemat biaya. Anda cukup membuat website dan mempromosikannya untuk menjangkau jutaan pengguna internet. Apabila Anda melakukannya dengan benar maka pelanggan potensial akan berdatangan.

E-Commerce tidak hanya efektif bagi perusahaan besar saja namun juga sangat efektif bagi UKM. Karena tidak membutuhkan biaya yang tinggi namun bisa menjangkau pasar lebih luas untuk mendatangkan pelanggan potensial lebih banyak. Anda bisa menjangkau jutaan pengguna internet di Indonesia bahkan mancanegara dengan penjualan online.

Dengan penjualan online Anda juga dapat menargetkan orang-orang yang tepat sasaran. Tentunya ini lebih efektif karena Anda tidak akan membuang waktu dan uang Anda untuk menargetkan orang yang tidak tepat. Penjualan online membantu Anda mendatangkan pelanggan potensial lebih banyak.

5. Cara Efektif Meningkatkan Brand Awareness

Tidak perduli Anda menjual produk dari perusahaan lain atau produksi sendiri karena yang terpenting adalah konsumen mengenal merek Anda. Jika mereka membutuhkan produk yang Anda jual maka mereka akan mencari Anda dan membelinya ditempat Anda. Itulah fungsinya kesadaran merek, sebanyak apapun pesaing yang menjual produk seperti yang Anda jual, jika merek Anda sudah dikenal maka konsumen akan tertuju kepada merek Anda.

Dan salah satu cara efektif meningkatkan brand awareness adalah dengan penjualan online. Anda dapat menjangkau khalayak luas untuk memperkenalkan merek Anda kepada mereka. Ini efektif karena Anda dapat menghemat biaya namun bisa menjangkau jutaan orang untuk memperkenalkan merek Anda.

Lagi pula dengan online meningkatkan brand awareness lebih cepat dibanding dengan tradisional. Pesan Anda cepat sampai kepada audiens target Anda dan juga mereka dapat dengan mudah mengetahui berbagai informasi tentang perusahaan Anda. Jadi ketika mereka membutuhkan produk / layanan seperti yang Anda tawarkan mereka akan mengingat merek Anda.

6. Menargetkan Orang-Orang Yang Tepat

Jika secara tradisional sulit untuk menargetkan orang-orang yang tepat maka dengan online Anda bisa dengan mudah menargetkan orang-orang yang memang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Strategi pemasaran online efektif dapat membantu menargetkan orang yang tepat. Sehingga pelanggan yang datang merupakan orang yang memang tertarik dengan produk / layanan Anda.

Misalnya saja dengan strategi SEO atau iklan Google dimana kedua strategi pemasaran ini menargetkan orang yang tepat dengan penggunaan kata kunci yang relevan. Dengan menggunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian maka itu artinya Anda menargetkan orang-orang yang membutuhkan produk / layanan yang Anda tawarkan.

Itu lah mengapa Perdagangan Elektronik efektif dalam mendatangkan orang yang tepat sasaran. Karena memang di rancang untuk mendatangkan prospek berkualitas pada bisnis online yang di jalankan. Apabila Anda melakukan penjualan online dengan strategi yang tepat maka memungkinkan mendatangkan prospek berkualitas yang dapat meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Nah jika Anda ingin mengembangkan bisnis, Anda bisa melakukannya secara online. Anda perlu membuat website dan mempromosikannya untuk mendatangkan prospek berkualitas. Dengan penjualan online dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan.

Apabila Anda ingin menjalankan pemasaran online untuk mengembangkan bisnis, Anda bisa meminta bantuan kami. Kami merupakan jasa marketing online yang siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Kami menyediakan layanan pemasaran online lengkap yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Jika Anda ingin konsultasi secara gratis silahkan hubungi kami sekarang!