Cara Mengoptimalkan Website untuk SEO dalam 7 Langkah Sederhana

Cara Mengoptimalkan Website Anda untuk SEO
Cara Mengoptimalkan Website Anda untuk SEO

Mempelajari cara mengoptimalkan website untuk SEO adalah keputusan yang tepat, karena SEO merupakan teknik mengoptimalkan website atau blog agar disukai oleh mesin. Ini juga dapat membantu meningkatkan kesuksesan pemasaran website Anda. Lagi pula dengan menerapkan SEO pada website tidak hanya meningkatkan visibilitas saja, namun juga dapat membantu meningkatkan konversi. Itu mengapa, mengoptimalkan SEO sangat penting untuk kesuksesan pemasaran bisnis Anda.

Apabila Anda menerapkan teknik SEO yang benar, Anda bisa mendatangkan lebih banyak traffic organik. Ini juga memberikan peluang besar untuk menkonversi mereka menjadi pelanggan yang membeli. Jadi mengoptimalkan SEO pada website tidak akan sia-sia, karena peringkat meningkat, visibilitas meningkat dan penjualan pun ikut meningkat.

Dan jika Anda ingin meningkatkan peringkat website dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik, lakukan pengoptimalan SEO sekarang! Jangan sampai Anda tertinggal jauh oleh pesaing Anda, karena ada ribuan pesaing di luar sana yang juga melakukan hal sama untuk menarik lebih banyak pelanggan. Mari kenali lebih dekat apa itu SEO.

Definisi SEO dan Manfaatnya

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik pemasaran online untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas website melalui mesin pencari. Sederhananya, SEO membuat website Anda mudah ditemukan oleh audiens target Anda. Ketika calon pelanggan mengetikan kata kunci terkait merek Anda, mereka dapat menemukan website Anda di hasil pencarian Google.

Misalnya saja, Anda memiliki bisnis kaos distro. Lalu Anda memberikan tips memilih kaos distro berkualitas di situs web Anda. Anda membuat artikel tentang cara memilih kaos distro berkualitas secara online dengan teknik SEO yang benar. Kemungkinan besarnya orang-orang yang mengetik kata kunci “cara mencari kaos distro berkualitas” dapat menemukan artikel Anda yang sekaligus menemukan merek Anda.

Tentu saja ini menjadi peluang bagus bagi bisnis Anda, karena selain memberikan tips bagi audiens target, Anda juga sekaligus menawarkan merek Anda. Ini memungkinkan mereka tertarik dengan kaos Anda dan membelinya. Inilah manfaat SEO.

7 Cara Mengoptimalkan Website Untuk SEO Yang Bisa Anda Terapkan Sendiri

Untuk meningkatkan peringkat dan mendatangkan lalu lintas organik, Anda perlu meningkatkan SEO pada situs web Anda. Anda bisa mempelajari dan mempraktikan langkah-langkah berikut, sehingga Anda bisa menghasilkan lebih banyak prospek berkualitas.

1. Menganalisa Semua Data Situs Web Anda

Langkah awal mengoptimalkan website untuk SEO adalah dengan menganalisa semua data website Anda. Mengumpulkan semua data sangat penting karena dapat membantu Anda dalam meningkatkan strategi Anda. Dengan data ini lah Anda bisa mengetahui apa saja yang perlu di perbaiki dan apa saja yang perlu di tingkatkan.

Jika hanya beberapa orang yang gagal mengklik CTA mungkin tidak terlalu masalah, namun jika sebagian pengunjung mengabaikan CTA, inilah yang harus Anda perbaiki. Inilah fungsinya data yang Anda dapatkan dari situs web Anda. Laporan data yang Anda dapatkan dari alat seperti Google Analitycs dan Google Search Console sangat membantu memberikan gambaran yang jelas.

Dengan kedua alat ini, Anda bisa mengetahui seberapa banyak jumlah pengunjung, waktu kunjungan, halaman penghasil lalu lintas, bounce rate, demografis dan banyak lagi. Dengan demikian, Anda bisa merancang ulang halaman web yang menghasilkan banyak prospek untuk di terapkan pada keseluruhan situs web Anda.

2. Riset Kata Kunci

Seberapa pentingkah kata kunci bagi keberhasilan situs web? Kata kunci menjadi bagian paling penting dalam mengoptimalkan SEO pada website. Selain untuk meningkatkan peringkat lebih tinggi, kata kunci juga berfungsi mendatangkan pengunjung berkualitas.

Kata kunci merupakan bagian penting dalam pemasaran online, karena strategi pemasaran online yang tidak menggunakan kata kunci relevan akan sulit mendapatkan pelanggan berkualitas. Nah cara terbaik untuk menarik lebih banyak prospek ke situs web Anda adalah dengan menggunakan kata kunci relevan.

Untuk mendapatkan kata kunci relevan ada banyak cara, bisa dengan alat seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest dan banyak lagi. Selain itu, mendapatkan kata kunci relevan juga bisa dengan Google Autocomplete maupun Google Related Search yang bisa lakukan di Google.

Cara Mengoptimalkan Website Anda untuk SEO

Dengan beberapa cara ini Anda bisa mendapatkan short tail keywords dan long tail keyword yang bisa di gunakan untuk pembuatan konten website Anda. Supaya konten Anda lebih cepat mendapatkan peringkat lebih tinggi, Anda bisa menggunakan long tail keyword. Karena biasanya jenis kata kunci ini memiliki pencarian lebih sedikit dibandingkan short tail keywords.

Meskipun long tail keyword memiliki lebih sedikit valume pencarian, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung. Karena jika Anda hanya fokus pada short tail keywords saja akan sulit mendapatkan peringkat lebih tinggi, karena persaingan sangat lah tinggi. Dan ini akan sulit bagi Anda mendapatkan lalu lintas.

Dengan menggunakan long tail keyword, Anda masih bisa mendapatkan banyak pengunjung yang memungkinkan mereka mengkonversi. Jika Anda membuat banyak konten dengan long tail keyword dan mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian, maka berpeluang menarik lebih banyak lalu lintas.

3. Buat Konten Berkualitas

Cara mengoptimalkan SEO pada website yang paling utama adalah membuat konten berkualitas. Karena konten yang berkualitas lah yang mampu meningkatkan peringkat sekaligus mendatangkan lalu lintas berkualitas. Selain itu, membuat konten berkualitas secara konsisten dapat membantu mendatangkan kembali pengunjung lama Anda.

Dalam pemasaran online, konten masih menjadi kunci utama untuk mendatangkan pelanggan. Jadi tidak heran jika konten berkualitas dijadikan sebagai elemen penting dalam teknik SEO untuk meningkatkan website. Jika Anda ingin mengoptimalkan SEO pada website berarti Anda perlu membuat konten berkualitas.

Sebenarnya konten banyak macamnya, namun konten yang biasa dibuat untuk website berupa konten teks, gambar, dan video. Ketiga jenis konten ini paling umum digunakan dan sangat efektif meningkatkan peringkat dan mendatangkan traffic.

Anda bisa membuat konten teks dengan menggabungkan konten lain seperti gambar dan video. Ini bertujuan supaya pembaca tidak bosan, karena jika hanya berisi tulisan mereka cepat bosan dan pada akhirnya meninggalkan halaman Anda. Lagi pula gambar dan video juga berfungsi mempercantik konten teks Anda dan membuat pembaca lebih lama di halaman Anda.

Nah saat Anda membuat konten pada website, Anda wajib melibatkan SEO onpage supaya konten Anda lebih SEO friendly. Perhatikan beberapa hal seperti judul halaman, heading, teks alt pada gambar, meta deskripsi, penempatan kata kunci dan banyak lagi.

Yang tidak boleh Anda lupakan yaitu membuatnya secara konsisten, karena spider mesin pencari akan sering mengunjungi website apabila ketika website tersebut memperbarui konten secara teratur. Ketika mesin pencari terus mengindeks halaman web baru Anda itu akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa Anda masih ada.

4. Libatkan SEO On Page

Dalam teknik SEO ada SEO on page dan off page, yaitu pengoptimalan website dari dalam dan luar website. Seperti namanya SEO onpage merupakan teknik SEO yang pengoptimalannya di halaman web atau didalam tubuh website. Misalnya saja saat Anda membuat postingan baru di blog Anda, nah untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi untuk postingan tersebut, Anda perlu melakukan SEO onpage.

SEO onpage membantu menjadikan postingan Anda lebih relevan dan mudah untuk di rayapi dan diindeks oleh Google sehingga kemungkinan mendapatkan peringkat lebih tinggi lebih besar. Dan jika banyak postingan Anda masuk ke dalam halaman pertama hasil pencarian Google, maka lalu lintas pun meningkat.

5. Libatkan SEO Off page

Selain SEO onpage, Anda juga perlu melibatkan SEO off page. Teknik SEO ini juga sangat penting karena website Anda didorong dari luar untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Anda bisa melakukan blog tamu, share ke sosial media, menggunakan influencer, membuat review dan lain sebagainya.

Apabila Anda melakukan teknik SEO offpage dengan cara yang tepat maka dapat memberikan sinyal kepada Google bahwa halaman web Anda relevan. Dan dengan demikian, Google dapat memberi peringkat lebih tinggi yang pada akhirnya mendatangkan banyak traffic.

6. Jadikan Website Anda Mobile Friendly

Tahukah bahwa Anda bahwa situs web yang mobile friendly berpeluang besar di beri peringkat lebih tinggi oleh Google? Karena Google adalah mesin pencari yang juga memiliki banyak pesaing, jadi tidak heran jika Google selalu berusaha menjadi mesin pencari terbaik.

Dan untuk mempertahankan pengguna mereka, Google terus melakukan peningkatan dalam banyak hal salah satunya yaitu selalu menyajikan hasil pencarian yang paling relevan dan sesuai harapan pengguna. Karena pada saat ini pengguna banyak menggunakan perangkat seluler untuk mengakses internet, maka Google pun menyajikan hasil pencarian yang ramah seluler.

Jadi dapat disimpulkan bahwa situs website mobile friendly memiliki peluang lebih besar untuk diberi peringkat lebih tinggi oleh Google dibandingkan dengan website biasa. Selain peringkat tinggi yang di dapatkan, menjadikan website mobile friendly juga memudahkan pelanggan mengkonversi dari perangkat mereka.

7. Optimalkan Kecepatan Memuat

Dalam dunia internet kecepatan sangat penting karena jika website Anda lambat dalam memuat pengunjung akan segera meninggalkan website Anda sebelum mereka melakukan konversi. Jadi meningkatkan kecepatan website adalah ide yang cemerlang. Karena selain untuk meningkatkan pengalaman pengguna, kecepatan website juga sangat berpengaruh terhadap peringkat dan konversi.

Dan cara mengoptimalkan SEO pada website, Anda harus meningkatkan kecepatan website Anda. Ini sangat penting, karena akan mengurangi bounce rate pada website Anda. Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan website, silahkan Anda menggunakan layanan Optimasi Page Speed. Ini dapat membantu membuat website Anda lebih cepat dalam memuat.  

Nah itulah ke 7 cara mengoptimalkan SEO untuk website yang bisa Anda terapkan. Jika butuh bantuan seorang ahli, silahkan hubungi kami. Kami melayani jasa SEO tahunan, bulanan, per keyword dan kursus SEO online dan offline.

This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.