Menampilkan Website di Google Dengan 8 Cara Mudah

cara memunculkan website di pencarian google

Bagi pelaku bisnis online tentunya akan melakukan berbagai cara untuk menampilkan websitenya di halaman pertama Google. Karena website yang tampil di halaman pertama hasil pencarian berpeluang lebih besar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Jadi tidak heran jika pelaku bisnis melakukan berbagai cara supaya websitenya tampil di halaman depan mesin pencari, baik dengan cara gratis maupun berbayar.

Website merupakan alat yang dapat difungsikan sebagai media informasi secara online. Dimana website bisa diisi dengan konten-konten yang membahas topik tertentu yang mungkin dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, website juga bisa difungsikan sebagai alat promosi 24 jam non stop loh?

Anda dapat memanfaatkan website untuk mempromosikan bisnis dengan membuat konten-konten yang relevan untuk menarik lebih banyak calon pelanggan. Pada umumnya website digunakan untuk sumber informasi yang sekaligus sebagai alat promosi.

Biasanya para pelaku bisnis online, memanfaatkan website sebagai media informasi perusahaan, industri, merek, produk atau layanan yang dikemas dengan konten yang relevan. Pelaku bisnis dapat menampilkan info perusahaan mereka seperti alamat, kontak dan jam kerja.

Mereka juga bisa mengenalkan merek dan memberikan berbagai informasi terkait keahlian di industri / bidangnya. Dan yang paling utama bagi para pelaku bisnis, yaitu mempromosikan produk / layanannya ke audiens target dengan menyajikan konten-konten berkualitas.

Dan syarat utama supaya website Anda di lihat oleh audiens target, maka Anda harus menampilkannya di halaman satu hasil pencarian Google. Jika website Anda berada jauh dari halaman satu akan sulit ditemukan oleh audiens target, karena kebanyakan pengguna Google tidak beralih ke halaman lain selain halaman satu.

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan apabila website bisnis Anda tampil di halaman depan hasil pencarian. Selain menarik lebih banyak pengunjung, website yang muncul di halaman depan juga meningkatkan kepercayaan konsumen dan meningkatkan kesadaran merek.

Lalu bagaimana cara menampilkan website di halaman pertama google supaya mendapatkan lebih banyak pengunjung berkualitas? Nah simak beberapa cara berikut.

Cara Memunculkan Website di Pencarian Google

Cara Menampilkan Website di Google

Di artikel ini kami telah menyiapkan beberapa cara memunculkan website di pencarian Google, baik dengan gratis maupun berbayar. Karena baik secara gratis maupun berbayar dapat membantu menampilkan website Anda di halaman depan mesin pencari seperti Google. Berikut beberapa caranya:

1. Daftarkan Website Anda dengan Google Search Console

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan website Anda pada Google Search Console. Manfaat mendaftarkan website di Google Search Console untuk mengirimkan situs web dan peta situs ke Google untuk diindeks.

Mungkin Anda tahu bahwa Google adalah mesin pencari terbesar didunia dan mengirimkan peta situs web Anda ke Google Search Console adalah ide yang bagus. Karena Anda memberitahu mesin pencari terbesar itu bahwa situs web Anda dan layak ditampilkan di hasil pencarian.

Tidak hanya itu, karena Google Search Console merupakan alat gratis yang disediakan Google untuk melakukan berbagai hal yang berguna seperti:

  • Mengetahui peringkat halaman web Anda.
  • Melihat jenis kueri pencarian yang mengarahkan pengunjung ke situs web Anda.
  • Memberitahu Google saat Anda menambah / mengedit konten supaya konten baru ditampilkan di hasil pencarian lebih cepat.
  • Mengetahui apa yang perlu diperbaiki dari situs web Anda.
  • Melihat seberapa banyak pengunjung per hari, per minggu, per bulan bahkan per tiga bulan.

Melibatkan Google Search Console untuk website merupakan cara yang dapat membantu memaksimalkan visibilitas website di dalam hasil pencarian.

2. Daftarkan situs Anda dengan Google Bisnisku

Selain didaftarkan pada Google Search Console, cara kedua memunculkan website di hasil pencarian Google adalah dengan mendaftarkan ke Google Bisnisku. Ini merupakan cara efektif menampilkan website Anda di hasil pencarian geografis yang relevan.

Manfaat dari Google Bisnisku adalah untuk memunculkan bisnis Anda ketika orang-orang melakukan pencarian lokal. Misalnya saja mereka mengetikan kata kunci dengan menyertakan nama “Kota” atau “Terdekat” dengan lokasi toko fisik Anda.

Pada saat Anda mendaftarkan website Anda pada Google Bisnis, maka Google akan mengirimkan form yang berisi pin ke alamat bisnis Anda untuk memverifikasi bisnis dengan Google. Dengan verifikasi inilah yang akan memberi tahu Google bahwa bisnis Anda memang benar beroperasi secara fisik di lokasi yang sesuai dengan alamat Anda.

Dengan demikian, bisnis Anda memiliki peluang besar untuk tampil di hasil pencarian dan Google Maps ketika orang-orang melakukan pencarian bisnis seperti milik Anda di area lokasi Anda. Anda wajib tahu bahwa Google Bisnis merupakan bagian dari SEO lokal, yang berfungsi untuk menjangkau pencarian lokal.

3. Buat Website Anda Menarik dan Profesional

Cara memunculkan website di hasil pencarian Google adalah memaksimalkan website Anda dengan desain yang menarik dan fitur yang menunjang. Hal yang paling penting ialah kecepatan memuat, respons terhadap berbagai perangkat dan ramah SEO.

Situs web harus dibuat dengan kecepatan memuat yang maksimal, yaitu idealnya 3 detik. Untuk membuat website Anda lebih cepat dalam memuat yaitu mengurangi ukuran gambar dan menggunakan hosting cepat. Kecepatan halaman telah menjadi syarat bagi Google dalam memberikan peringkat. Jadi jika ingin mendapatkan peringkat lebih tinggi, memaksimalkan kecepatan halaman adalah cara yang tepat.

Nah selain itu, website juga harus mobile friendly karena pengguna Google tidak hanya dari perangkat desktop saja. Bahkan saat ini pengguna perangkat seluler sudah dominan karena perangkat yang satu ini lebih mudah digunakan dimanapun dan kapanpun. Sehingga melakukan pencarian di Google dapat dilakukan kapanpun mereka butuhkan.

Google adalah mesin pencari yang mengutamakan pengalaman pengguna, jadi supaya penggunanya tidak beralih ke mesin pencari lain, Google akan menampilkan hasil pencarian paling relevan. Seperti konten yang relevan, website yang cepat dan respons terhadap berbagai perangkat.

Sebenarnya kecepatan halaman dan mobile friendly termasuk pada SEO friendly. Website Anda perlu dibuat SEO friendly untuk mudah di indeks oleh Google. Indeks menjadi sangat penting karena dapat memunculkan website Anda di hasil pencarian.

4. Mengidentifikasi Kata Kunci yang Tepat

Kami yakin bahwa pelaku bisnis online tidak hanya mengharapkan websitenya muncul di halaman satu Google tanpa menghasilkan lalu lintas berkualitas. Karena segala upaya yang dilakukan untuk menampilkan website di hasil pencarian Google adalah untuk mendatangkan traffic dan penjualan.

Nah untuk mendatangkan orang-orang yang tepat sasaran, Anda wajib mengidentifikasi kata kunci yang tepat dan menambahkan dengan cara dan tempat yang tepat. Untuk mendapatkan kata kunci yang relevan ada banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan alat penelitian seperti Google Keyword Planner.

Google Keyword Planner adalah alat pencarian kata kunci yang di sediakan oleh Google untuk membantu para pelaku bisnis online menemukan kata kunci yang tepat dengan industri mereka. Dengan alat ini Anda bisa mengetahui kata kunci apa saja yang memiliki banyak pencarian di Google.

Dari hasil riset kata kunci ini, Anda bisa menggunakannya untuk ide pembuatan konten bahkan untuk iklan berbayar. Anda perlu menggunakan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan peringkat yang menghasilkan pengunjung potensial.

Selain menggunakan Google Keyword Planner, masih ada banyak jenis alat penelitian kata kunci seperti Ubersuggest, Google Trends, Moz dan banyak lagi.

5. Buat Konten Berkualitas

Pernah mendengar istilah “Content is king”? Hingga saat ini konten masih menjadi kekuatan utama dalam mendatangkan pengunjung website. Website tanpa konten berkualitas akan sulit mendapatkan lalu lintas berkualitas. Karena syarat utama mendapatkan peringkat dan lalu lintas adalah dengan membuat kontan berkualitas.

Cara menampilkan website di Google berikutnya adalah membuat konten berkualitas. Anda perlu membuat konten berkualitas dengan melibatkan kata kunci relevan. Cara ini efektif dan banyak di lakukan oleh pelaku bisnis untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Saat membuat postingan pada website, pastikan Anda menggunakan kata kunci relevan pada judul halaman, deskripsi meta, heading, URL, teks Alt pada gambar dan pada beberapa paragraf konten Anda. Ini dapat membantu Google memahami konten Anda dan menjadikannya faktor untuk memberikan peringkat lebih tinggi.

Membuat konten berkualitas adalah upaya terbaik meningkatkan peringkat, namun membangun backlink berkualitas adalah ide bagus untuk memperkuat konten Anda. Backlink hingga saat ini masih berfungsi mendorong peringkat website, dengan penerapan yang tepat maka peringkat konten dapat meningkat.

Nah untuk mendorong peringkat lebih tinggi, Anda perlu membangun backlink berkualitas. Namun perlu diingat bahwa tidak sembarangan backlink, tapi hanya backlink yang berkualitas lah yang bekerja menaikkan peringkat website Anda.

7. Libatkan SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik pemasaran yang sudah sangat familiar dikalangan pelaku bisnis online. Sudah banyak pelaku bisnis yang membuktikan keefektifan SEO untuk meningkatkan peringkat website yang sekaligus mendatangkan traffic berkualitas.

Teknik SEO adalah serangkaian proses meningkatkan visibilitas website supaya mendapatkan peringkat lebih tinggi dengan tujuan utama menarik lebih banyak lalu lintas organik. SEO adalah teknik pemasaran yang mendatangkan lalu lintas dengan gratis, dimana Anda tidak akan dikenakan biaya oleh pihak mesin pencari seperti Google.

cara memunculkan website di Google

Untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, maka Anda perlu melakukan teknik SEO yang sesuai dengan panduan algoritma Google terbaru. Supaya terhindar dari hukuman Google, Anda wajib melakukan teknik SEO yang aman yaitu teknik White Hat SEO.

Teknik White Hat SEO adalah teknik SEO yang berpedoman pada algoritma mesin pencari, dimana tidak melakukan teknik-teknik yang dilarang oleh mesin pencari untuk mendapatkan peringkat tinggi. Apabila menerapkan teknik SEO curang seperti Black Hat SEO, maka Google bisa saja memberikan hukuman pada situs web Anda dengan menurunkan peringkat di hasil pencarian.

Nah agar website Anda tidak dikenai hukuman oleh Google maka Anda wajib melakukan teknik SEO yang aman. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan peringkat lebih tinggi tanpa takut hukuman Google. Anda juga perlu melakukan beberapa teknik SEO seperti SEO onpage, offpage dan SEO conten.

Keuntungan melakukan SEO pada website adalah:

  • Meningkatkan visibilitas website
  • Menaikkan peringkat website
  • Mendatangkan pengunjung berkualitas
  • Mudah ditemukan oleh audiens target
  • Menargetkan orang-orang yang tepat sasaran

Nah jika Anda ingin melakukan SEO pada website, namun tidak memiliki banyak waktu. Anda bisa meminta bantuan kami yang menyediakan jasa SEO bulanan, per keyword dan tahunan untuk memunculkan website Anda di halaman pertama Google.

8. Google Ads

Cara menampilkan website di pencarian google yang terakhir adalah dengan Google Ads. Google Ads atau iklan Google adalah salah satu cara menampilkan website di hasil pencarian yang cukup efektif. Karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam menampilkan website Anda di hasil pencarian Google bahkan untuk website yang baru dibuat.

Google Ads adalah layanan periklanan dengan sistem PPC yaitu Pay Per Click, dimana pembayaran ditagihkan pada setiap klik yang didapatkan. Dengan Google Ads, Anda bisa menampilkan website Anda di hasil pencarian Google untuk menarik lebih banyak prospek berkualitas.

Anda bisa meminta bantuan jasa Google Ads jika Anda ingin menampilkan website Anda di Google dengan cara yang lebih cepat. Karena dengan Google Ads, Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama dalam menampilkan iklan Anda. Biasanya penyedia layanan pasang iklan Google hanya membutuhkan beberapa waktu untuk setting iklan Anda.

Nah itulah beberapa cara menampilkan website di Google yang bisa Anda terapkan pada website Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

This site uses cookies to offer you a better browsing experience. By browsing this website, you agree to our use of cookies.