6 Cara Jitu Membuat Strategi SEO Yang Efektif di 2021

Strategi SEO DI 2021

Jika tujuan Anda mengonlinkan bisnis untuk meningkatkan penjualan mungkin cara membuat strategi SEO ini efektif untuk bisnis Anda. Di artikel ini kami telah menyiapkan tips merancang strategi SEO yang dapat Anda terapkan untuk mempromosikan bisnis Anda. Karena menjalankan SEO yang sukses perlu di rencanakan dengan strategi yang tepat.

Tujuan menjalankan SEO adalah untuk meningkatkan peringkat dan visitor website yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Maka untuk mencapai tujuan bisnis Anda, itu artinya Anda harus menyusun peta jalan untuk mencapai tujuan Anda. Yaitu dengan membuat strategi SEO yang tepat.

SEO merupakan serangkaian proses meningkatkan peringkat website untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas berkualitas. Jika Anda ingin menghasilkan pelanggan berkualitas maka Anda perlu melakukan SEO yang di rancang untuk tujuan Anda ini. Nah untuk memudahkan Anda membuat strategi SEO, kami telah menyiapkan tipsnya untuk Anda. Pastikan Anda mempelajari dan menerapkannya pada situs web Anda.

Mengenal Apa Itu Strategi SEO

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah SEO. Dimana SEO merupakan strategi pemasaran online yang efektif mendatangkan pelanggan potensial. Anda perlu merancang strategi SEO efektif untuk situs web Anda supaya situs web Anda menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik yang berkualitas.

Lalu apa itu strategi SEO? Mengapa begitu penting bagi bisnis online? Strategi SEO merupakan rencana yang di buat secara mendetail untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian mesin pencari. Ini bertujuan untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik yang berkualitas.

seo 2021

Strategi SEO ini mencangkup banyak aspek seperti SEO teknis, SEO onpage, SEO off page, SEO Content, dan juga pengalaman pengguna. Semua aspek ini harus di gabungkan untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda untuk mesin pencari dan pengguna. Dengan demikian mesin pencari memberikan peringkat tinggi di hasil pencarian, sehingga menghasilkan lebih banyak pengunjung website.

Inti dari strategi SEO yaitu tentang menjadikan situs web / halaman web lebih relevan yang memberikan nilai positif bagi pengguna. Tujuan utamanya yaitu untuk membuat visitor untuk melakukan tindakan lebih lanjut seperti berlangganan atau memesan.

Menjalankan strategi SEO efektif memiliki banyak manfaat salah satunya adalah menampilkan merek Anda kepada audiens target yang memungkinkan menjadi pelanggan. Karena merek yang tampil di halaman depan hasil pencarian lebih dipercaya sehingga dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas potensial.

Tips & Trik Membuat Strategi SEO yang Efektif di 2021

SEO Strategies 2021

Untuk menjalankan pemasaran online yang sukses maka Anda perlu memiliki rencana / strategi SEO yang efektif. Sehingga dapat berkinerja dengan baik yang menghasilkan hasil sesuai tujuan Anda. Strategi SEO perlu dibuat dengan baik dan terperinci untuk menghasilkan strategi yang efektif .

Nah untuk membantu Anda merancang strategi SEO yang efektif untuk produk atau layanan Anda, kami telah menyiapkan tips dan triknya. Ayo mulai!

1. Menentukan Tujuan SEO Anda

Hal yang paling penting sebelum menjalankan SEO pada situs web Adalah dengan menentukan tujuan SEO Anda terlebih dahulu. Ini penting karena apabila Anda tidak memiliki tujuan yang jelas bagaimana teknik SEO Anda dapat memberikan ROI yang terukur. Anda juga perlu mengaitkan hasil SEO dengan metrik misalnya penjualan.

Ketika Anda merancang strategi SEO, penting untuk menentukan tujuan yang jelas. Anda bisa melakukannya dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

  1. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan bisnis online Anda?
  2. Apakah Anda ingin menumbuhkan pangsa pasar dengan segmen audiens target tertentu?
  3. Apakah Anda ingin meningkatkan lalu lintas berkualitas ke situs website Anda? Seberapa banyak lalu lintas yang Anda inginkan? dan Bagaimana Anda dapat menilai pengunjung dari satu halaman di bandingkan halaman lainnya.

Semua pertanyaan ini harus Anda jawab untuk menentukan tujuan SEO Anda. Dengan demikian Anda akan lebih mudah menentukan yang perlu Anda capai dari perencanaan SEO Anda.

2. Analisis kompetitif

Selanjutnya adalah dengan melakukan analisis kompetitif pada pesaing Anda untuk meningkatkan strategi SEO Anda sendiri. Yang bisa dilakukan ketika melakukan analisis pesaing adalah dengan menganalisis peringkat organik situs pesaing Anda, strategi blog, backlink, ulasan online, pengalaman pengguna, media sosial, dan pembeda merek mereka.

Buatlah situs web Anda lebih baik dengan pesaing Anda dengan melakukan audit SEO teknis. Anda perlu membuat situs web Anda lebih cepat dalam memuat halaman dan ramah seluler. Ini penting untuk menjangkau pengguna seluler dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Ketika Anda melakukan analisis kompetitif, pastikan Anda menyertakan pesaing utama Anda dan pesaing online Anda. Ketikan kata kunci terkait industri Anda di mesin pencari untuk mengetahui pesaing berat Anda. Ini akan membantu Anda merencanakan strategi konten yang lebih baik.

Nah ketika Anda telah mengetahui siapa saja pesaing Anda dan strategi yang mereka jalankan. Maka selanjutnya adalah dengan membuat rencana strategi yang lebih efektif untuk mengungguli pesaing Anda. Sehingga situs web Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dari pesaing dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas.

3. Riset Kata Kunci dan Topik Industri Anda

Riset kata kunci adalah bagian terpenting dalam strategi SEO karena merupakan ujung tombak dalam mendatangkan lalu lintas organik berkualitas. Dengan riset kata kunci, Anda dapat membuat konten-konten yang benar-benar dicari oleh audiens target Anda.

Namun ketika Anda melakukan riset kata kunci pastikan Anda melakukannya dengan tepat. Karena ini sangat berpengaruh terhadap penghasilan ROI SEO yang lebih besar. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat Anda dapat mendatangkan orang-orang yang memang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa menggunakan alat penelitian kata kunci yang banyak tersedia. Misalnya saja Anda bisa menggunakan Google Keyword Plenner, ubersuggest, SEMrush dan Ahrefs.

Atau Anda bisa melakukannya dengan Latent Semantic Indexing Keyword (LSI). Dimana Anda dapat menemukan kata kunci tersebut dalam pencarian mesin pencari. Biasanya mesin pencari seperti Google akan membantu pengguna menemukan kata kunci dengan memberikan saran dibawah ketikan atau di bawah hasil pencarian.

Anda bisa mempelajari riset keyword disini: Video Cara Riset Keyword Terbaik Dengan Menggunakan Google Keyword Planner

4. Menyelaraskan Konten Dengan Maksud Pencarian

Tahukah Anda bahwa Google akan memberikan hasil pencarian berupa konten paling relevan untuk penggunanya? Karena Google tidak ingin penggunanya beralih pada mesin pencari lain maka Google akan memberikan hasil pencarian yang paling relevan.

Aspek yang mempengaruhi Google menampilkan halaman web / konten Anda adalah relevansi konten Anda, kecepatan memuat halaman, SEO onpage dan kata kunci. Apabila halaman web Anda memenuhi standar Google maka Google dapat menampilkan halaman web Anda di halaman depan hasil pencarian.

Ini artinya Anda perlu membuat konten website dengan menyelaraskan dengan maksud pencarian. Tidak hanya menggunakan kata kunci relevan namun juga harus menerapkan strategi konten yang efektif. Anda perlu membuat konten yang bermanfaat bagi audiens target Anda dengan menyelaraskan judul dan isi konten Anda.

5. Buat Konten Lebih Panjang Namun Tetap Berkualitas

Bukan asal panjang saja namun juga harus berkualitas dan relevan. Manfaat riset kata kunci adalah untuk menargetkan orang yang tepat sasaran dan cara membuat audiens target mengkonversi adalah dengan memberikan konten berkualitas. Baik itu mengkonversi berlangganan konten atau mengkonversi melakukan tindakan lebih lanjut yaitu membeli.

Tahukah Anda bahwa konten yang lebih panjang membuat pengunjung lebih lama di situs web Anda? Dan ini artinya Anda mengirim sinyal kepada mesin pencari bahwa konten Anda memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa yang memungkinkan diberi peringkat lebih tinggi.

Menulis 2.000 kata memungkinkan pembaca membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca tulisan Anda. Namun perlu diingat bahwa panjang saja tidak cukup karena kunci utama dari kesuksesan konten adalah kualitasnya. Akan lebih baik jika Anda membuat konten berkualitas dengan topik yang lebih mendalam. Sehingga pembaca mendapatkan informasi dan manfaat dari konten Anda.

Anda bisa mempelajari: 5 Tips Menulis Artikel SEO Friendly

6. Mengikuti Perkembangan SEO Terbaru

Anda tahu bahwa SEO adalah ilmu yang selalu berkembang setiap waktu. Itu mengapa Anda harus beradaptasi dan mengikuti perkembangan SEO terbaru untuk membuat situs web Anda lebih unggul dari pesaing Anda. Anda bisa meluangkan waktu untuk memahami pembuatan konten dan copywriting yang efektif dengan tetap mengikuti perkembangan SEO teknis dan pengaruh terhadap kecepatan situs web dan backlink.

Dalam membuat strategi SEO yang efektif ada banyak aspek yang perlu di perhatikan. Namun bukan berarti harus Anda lakukan dalam semalam. Anda bisa memulainya dengan memahami dasar-dasar SEO lalu mulai meningkatkan relavansi situs web Anda. Ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dan memenangkan kompetisi.

Nah itulah cara membuat strategi SEO yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan bisnis Anda di tahun 2021. Jika Anda butuh bantuan seorang konsultan SEO dan ingin kursus SEO , jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu meningkatkan SEO Anda!