Bagaimana Cara Mempromosikan Atau Mengiklankan Situs Website?

Cara Mempromosikan Website

Bagaimana cara mempromosikan atau mengiklankan website supaya mendapatkan lebih banyak pengunjung? Disini Anda akan menemukan jawaban lengkapnya, karena di tulisan ini kami telah menyiapkan cara sederhana mempromosikan situs website. Kebanyakan pemilik bisnis hanya fokus pada pembuatan website saja. Tetapi mereka lupa bahwa mempromosikan situs websitenya juga sama pentingnya dengan membangun situs website.

Meskipun Anda telah memiliki situs website yang super canggih dan dengan desain modern, bukan berarti orang-orang akan langsung mengunjungi situs website Anda. Karena untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial, Anda harus mempromosikan situs website Anda dengan cara yang tepat.

Ada banyak pertanyaan dari pemilik bisnis, mengapa situs website yang telah mereka bangun tidak menghasilkan pengunjung yang berkualitas. Jawabannya sangat sederhana, situs website yang tidak dipromosikan, sampai kapanpun tidak akan menghasilkan banyak pengunjung berkualitas. Maka dari itu jika Anda ingin situs website Anda mendapatkan banyak pengunjung yang tepat, mulai promosikan website Anda sekarang!

Jadi, bagaimana cara mempromosikan website untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung berkualitas? Memiliki situs website yang canggih adalah keharusan, tapi untuk membuat situs website Anda menghasilkan lebih banyak pengunjung berkualitas, maka Anda harus mempromosikannya.

Akan sangat percuma apabila situs website yang Anda bangun dengan begitu hebatnya tetapi tidak Anda promosikan. Itu sama halnya Anda telah membuang uang Anda, tetapi tidak menghasilkan manfaat yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita masuk ke pembahasan cara mempromosikan website untuk menghasilkan lebih banyak pengunjung yang berkualitas.

Cara Gampang Mempromosikan Website Baru Anda

Hal yang pertama harus Anda lakukan sebelum mempromosikan situs website Anda dengan cara-cara yang akan kami jelaskan di bawah ini. Hal yang wajib Anda lakukan adalah membuat konten yang relevan dan berkualitas tinggi. Konten adalah elemen paling penting dari keberhasilan situs website dan menjadi ujung tombak untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung. Semakin banyak Anda membuat konten berkualitas pada situs website Anda, semakin bagus pula untuk perkembangan bisnis Anda.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mempromosikan website baru Anda. Tapi, yang paling populer dan sering di gunakan oleh banyak pemilik bisnis adalah promosi menggunakan SEO dan Iklan Google dengan pemasaran mesin pencari (Google, Bing dan Yahoo) dan pemasaran Media Sosial (Facebook, Twitter, Pinterest, dll). Anda dapat menggunakan mesin pencari atau media sosial untuk mempromosikan situs website Anda.

Pemasaran mesin pencari dan pemasaran sosial media sangat efektif untuk mempromosikan website Anda. Dengan melakukan promosi menggunakan kedua pemasaran online ini dapat mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs website Anda. Berikut beberapa pemasaran online yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan situs website Anda.

1. Mempromosikan Website dengan SEO

Promosi Website menggunakan SEO

Mempromosikan situs website menggunakan mesin pencari bisa Anda lakukan dengan SEO atau Iklan Google. Search Engine Optimization atau orang menyebutnya SEO merupakan cara paling populer yang banyak digunakan untuk mempromosikan situs website. Cara SEO mempromosikan situs website Anda adalah dengan membuat situs website Anda lebih disukai oleh pengunjung dan mesin pencari.

SEO adalah kegiatan menaikkan peringkat situs website Anda dengan tujuan mendatangkan lalu lintas potensial ke situs website Anda. Mengoptimasi SEO pada website berarti Anda membuat konten berkualitas, membuat desain website yang ramah pengguna dan membuat kecepatan yang maksimal. Sehingga akan mempermudah pengguna untuk mengakses situs website Anda di berbagai perangkat milik mereka dengan kecepatan memuat yang lebih cepat.

Apabila Anda telah membuat mesin pencari menyukai situs website Anda, maka situs website Anda akan diberi peringkat lebih tinggi oleh mesin pencari. Situs website yang memiliki peringkat lebih tinggi untuk kata kunci yang relevan, maka berpeluang untuk menghasilkan lebih banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Saat ini untuk memudahkan para pemilik bisnis yang tidak sempat atau tidak menilik banyak waktu untuk menerapkan SEO pada situs website sendiri. Anda dapat menggunakan spesialis jasa SEO untuk meringankan pekerjaan Anda dalam mempromosikan website Anda. Dengan menggunakan jasa SEO, Anda akan lebih fokus pada penjualan bisnis Anda.

2. Promosikan Website Anda dengan Iklan Google

Karena masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan Google daripada mesin pencari lainnya. Maka Anda dapat menggunakan Iklan Google untuk mempromosikan situs website Anda. Iklan Google termasuk kedalam pemasaran mesin pencari yang sangat populer di kalangan pemilik bisnis online.

Iklan Google atau Google Ads adalah layanan perikalanan yang di sediakan oleh mesin pencari Google. Manfaat Google Ads untuk website sudah dirasakan oleh banyak pemilik bisnis di seluruh dunia. Dimana tujuan utamanya adalah membuat iklan website Anda tampil di halaman satu Google. Sama seperti SEO yang memiliki tujuan untuk menjadikan situs website Anda tampil di halaman satu hasil pencarian Google. Tapi, bedanya adalah jika SEO, Anda tidak perlu membayar kepada Google apabila website Anda di klik oleh audiens target Anda.

Sedangkan Iklan Google atau Google Ads, Anda diharuskan membayar kepada Google untuk setiap klik yang website Anda dapatkan. Mempromosikan situs website Anda menggunakan Google Ads, Anda harus menyiapkan anggaran tertentu. Anggaran iklan Google dapat Anda pilih sendiri tergantung dengan kebutuhan iklan situs website Anda. Apabila Anda ingin iklan Anda sering ditampilkan, maka Anda juga perlu menyediakan Anggaran besar.

Iklan Google dianggap paling efektif untuk mendapatkan penjualan, karena iklan Google memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan pemasaran online lainnya. Jika SEO membuntukan waktu dan proses yang panjang untuk menjadikan situs website Anda menjadi nomor satu di hasil pencarian. Dengan Iklan Google situs website Anda akan langsung tampil di halaman satu Google tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Tapi perlu Anda ketahui, SEO memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat situs web Anda muncul di halaman satu hasil pencarian. Tapi SEO mampu mempertahankannya lebih lama di sana dan Anda tidak harus membayar kepada Google. Iklan Google memang akan langsung menampilkan situs website Anda di halaman satu Google, tapi itu tidak bertahan lama, tergantung dengan Anggaran yang Anda miliki.

Namun, yang paling menguntungkan dari kedua pemasaran mesin pencari ini, Anda dapat menargetkan orang-orang yang tepat sasaran. Baik itu SEO atau iklan Google mampu mendatangkan orang yang tertarik dan ingin membeli produk atau menggunakan layanan Anda. Jika Anda menggunakan cara mempromosikan website dengan SEO dan Iklan Google, memungkinkan Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

3. Mempromosikan Website di Media Sosial

Mempromosikan Website Dimedia sosial

Apabila Anda memiliki akun sosial media seperti Facebook, twitter, Pinterest atau Likedin, Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan situs website Anda. Saat ini hampir semua orang menggunakan sosial media untuk terhubung dengan teman, saudara bahkan dengan pelanggan mereka.

Anda dapat menjadikan sosial media sebagai sarana mempromosikan situs website Anda. Lagi pula mempromosikan website di media sosial sangat mudah dan membantu mendatangkan lalu lintas ke situs website Anda. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk menjangkau audiens target Anda dan menjadikan mereka sebagai pengunjung situs website Anda yang dapat dikonversi.

Caranya sangat mudah mempromosikan website Anda di media sosial, Anda cukup membagikan konten yang ada di situs website Anda ke berbagai akun media sosial Anda. Anda dapat melakukannya setiap hari dengan membagikan konten yang berbeda setiap harinya. Jika Anda ingin lebih cepat mendapatkan pengunjung situs website dari media sosial, Anda dapat menggunakan Facebook Ads. Facebook adalah media sosial nomor satu yang memiliki banyak pengguna.

Anda dapat menggunakan Facebook Ads untuk membantu mempromosikan website Anda. Iklan Facebook memiliki keunggulan, yaitu mampu menargetkan audiens berdasarkan demografis, gender, umur, pekerjaan dan lain sebagainya. Sehingga Anda dapat menargetkan orang-orang yang tepat dengan penjualan produk atau layanan Anda.

Langkah-langkah Mempromosikan Situs Website Secara Online

Setelah Anda mengetahui platform yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan website Anda. Yang tidak boleh Anda lupakan adalah langkah-langkah mempromosikannya. Dibawah ini langkah-langkah mempromosikan situs website:

1. Memilih Kata Kunci Yang Relevan

Yang harus Anda lakukan pertama kali dalam melakukan promosi website adalah memilih kata kunci yang terkait dengan website Anda. Cara memilih kata kunci yang tepat yaitu dengan melakukan riset kata kunci. Anda dapat melakukannya dengan bantuan alat yang disediakan oleh Google yaitu Google Keyword Planner. Anda cukup membuat akun Google Keyword Planner dan mendaftarkan URL website Anda.

Dengan Alat ini Anda dapat menemukan berbagai kata kunci yang relevan dengan pencarian produk atau layanan yang Anda tawarkan. Alat ini sangat efektif untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian dari yang paling rendah, sedang hingga pencarian tertinggi. Untuk lebih memahami dan memudahkan Anda dalam menemukan kata kunci yang tepat, Anda dapat membacanya disini.

  1. Memahami Strategi Kata Kunci 2020
  2. Tips Untuk Membantu Memilih Kata Kunci Yang Tepat

2. Membuat Konten Yang Berkualitas

Setelah Anda menemukan kata kunci yang relevan, Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut sebagai ide dari konten yang akan Anda buat untuk website Anda. Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan tepat sesuai dengan website Anda, dapat membantu mendatangkan lebih banyak pengunjung potensial.

Anda dapat membuat konten berkualitas secara rutin yang dilakukan secara konsisten, Sehingga Google dapat memberikan peringkat lebih tinggi yang dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas. Perlu diingat bahwa setelah membuat konten Anda harus tetap mengoptimasinya untuk membuat Google menampilkan konten Anda di halaman satu hasil pencarian.

3. Membangun Backlink

Hingga saat ini backlink masih mempengaruhi Google memberikan peringkat pada website. Jadi, untuk membuat website Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi, Anda perlu membangun backlink yang berkualitas.

4. Menggunakan Perusahaan Penyedia Jasa Pemasaran Digital

Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan promosi situs website Anda, akan lebih baik jika Anda menggunakan perusahaan penyedia jasa pemasaran digital. Karena apabila dikerjakan oleh ahlinya akan lebih terpercaya dan tentunya dapat memberikan hasil yang sesuai harapan.

Nah itulah cara dan langkah-langkah mempromosikan situs website baru yang Anda terapkan. Apabila Anda tidak ingin ribet dalam mempromosikan website baru Anda dan ingin mendapatkan hasil yang luar biasa Anda dapat mempercayakannya kepada kami.

Anda dapat mendiskusikan kebutuhan pemasaran digital Anda dengan tim kami, kami sangat senang dapat mendengar langsung dan membantu Anda dalam mempromosikan situs website Anda. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis.