Bagaimana Cara Melakukan Audit SEO Lokal Sendiri?

Cara Audit SEO Lokal

Apakah Anda sedang mencari artikel yang membahas cara melakukan audit SEO lokal sendiri? Tenang, Karena disini Anda telah menemukannya. Di tulisan ini Anda akan menemukan bagaimana Anda dapat melakukan audit SEO lokal sendiri. Kami telah menyiapkan cara audit SEO lokal yang sangat sederhana dan tentunya akan mudah di ikuti oleh siapapun.

Kami paham betul, bahwa melakukan audit SEO lokal sendiri, Anda merasa ini akan menyulitkan Anda. Tapi, Tidak harus panik, kami disini akan memandu Anda melalui proses melakukan audit SEO. Tapi sebelum sampai ke pembahasan cara melakukan audit SEO lokal, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu definisi SEO Lokal.

Apa Itu SEO Lokal?

SEO Lokal adalah bagian khusus dari SEO yang dikhususkan untuk pencarian bisnis lokal. Misalnya saja, Anda melakukan pencarian lokal ‘restoran enak terdekat’ maka mesin pencari seperti Google akan memberikan hasil pencarian restoran terdekat dengan posisi pencarian Anda.

Google menyadari bahwa Anda mencari restoran terdekat dengan posisi pencarian Anda, maka Google menunjukan hasil yang sesuai dan terdekat. Bahkan hasil organik yang ditampilkan oleh Google adalah hasil organik lokal, ini artinya bahwa situs web telah mengoptimalkan SEO untuk di munculkan pada pencarian lokal.

Cara Melakukan Audit SEO Lokal

Mungkin sampai sini Anda sudah paham apa itu SEO lokal dan mengapa SEO Lokal sangat penting bagi bisnis. Jadi, melakukan audit SEO lokal untuk bisnis Anda akan memastikan bahwa bisnis Anda dapat muncul di pencarian lokal.

Cara Audit SEO Lokal Anda Sendiri

Di postingan ini telah ditulis untuk membantu Anda melakukan audit SE lokal untuk bisnis Anda sendiri. Jadi, tidak perlu menunggu lama, mari kita mulai untuk melihat cara melakukan audit SEO lokal sendiri.

1. Cantuman Bisnis Lokal

Jika Anda ingin bisnis Anda muncul dalam pencarian lokal, maka Anda harus mengoptimalkan SEO lokal bisnis Anda. Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda terdaftar di semua direktori teratas untuk meningkatkan SEO lokal Anda. Yang paling penting Anda harus mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku yang merupakan sumber daftar bisnis lokal Google.

Mendaftar Google Bisnisku itu artinya Anda memainkan peran penting dalam peringkat lokal Anda. Dengan begitu Anda telah memberikan banyak informasi pada Google dan konsumen lokal Anda, mulai dari alamat bisnis dan jam buka hingga informasi layanan dan gambar.

Fitur akan berubah setiap saat dengan Google secara rutin meluncurkan alat dan opsi baru. Anda harus selalu mengikuti perkembangan dari Google, karena sinyal Google Bisnisku secara luas dianggap sebagai faktor peringkat SEO lokal yang paling penting. Apabila Anda tidak terdaftar di GMB, itu artinya Anda tidak akan pernah muncul di Google Maps atau di hasil pencarian Google.

Setelah Anda mendaftar Google Bisnisku, Anda harus bekerja melalui elemen daftar bisnis Anda secara metodis dan memeriksa ulang untuk memastikan Anda melakukan praktik dengan baik. Anda harus menyelesaikan pekerjaan Anda secara penuh, seperti semua informasi terkini dan terbaru dan semua bidang informasi yang dibutuhkan.

Anda juga harus menyertakan gambar pada Google Bisnisku, karena gambar sangat penting bagi Google , maka dari itu Anda harus menambahkan sebanyak mungkin gambar terbaik Anda di sejumlah kategori berbeda. Setelah Anda menyertakan gambar yang terkait dengan bisnis Anda, Anda harus mengaudit gambar secara visual untuk memastikan gambar Anda terlihat bagus.

Langkah berikutnya, Anda perlu meninjau deskripsi bisnis untuk kejelasan, penggunaan kata kunci dan semua kelengkapannya. Ini sangat bermanfaat karena Anda dapat memberi tahu pada konsumen Anda tentang bisnis Anda dan apa yang Anda lakukan.

2. Menggunakan SEO Lokal Dalam Pembuatan Konten

Setelah Anda mendaftarkan bisnis Anda ke Google Bisnisku, langkah berikutnya adalah dengan membuat konten pada situs website Anda. Kemunculan kata kunci di situs website Anda dapat memainkan peran dalam menentukan peringkat lokal Anda.

Anda dapat membuat konten dengan menggunakan kata kunci relevan untuk membidik wilayah tertentu. Anda dapat menulis artikel tentang topik layanan atau produk Anda di blog Anda dan mempostingnya, ini dapat membantu SEO lokal.

Jika Situs website Anda menggunakan platform WordPress ini akan sangat mudah Anda lakukan. Anda dapat mengoptimalkan URL halaman web Anda, judul, deskripsi meta, kategori dengan sangat mudah. Jadi, untuk mengaudit SEO lokal Anda, Anda bisa melakukannya dengan membuat konten yang menargetkan wilayah Anda.

3. Situs Media Sosial

Memiliki kehadiran media sosial yang kuat dapat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Langkah terakhir dalam melakukan audit SEO lokal adalah media sosial. Untuk menjalankan SEO lokal yang sukses Anda perlu melibatkan media sosial didalamnya. Meskipun tidak semua bisnis lokal harus hadir di semua jejaring media sosial, tapi pastikan Anda menggunakan 2 sampai 3 media sosial untuk membangun kehadiran media sosial Anda.

Karena bisnis Anda harus memiliki profil yang sesuai dengan demografis untuk basis konsumen. Mendaftarkan bisnis Anda di media sosial merupakan kewajiban yang harus Anda lakukan untuk SEO lokal Anda. Karena dengan media sosial memungkinkan Anda untuk terlibat dengan audiens target lokal Anda. Jika Anda terdaftar di Facebook juga akan muncul di daftar Google Bisnisku saat orang-orang menemukan bisnis Anda.

Berikut beberapa situs media sosial yang dapat Anda digunakan untuk SEO lokal Anda:

  1. Media Sosial Facebook – Facebook adalah media sosial yang memiliki milyaran pengguna diseluruh dunia. Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Facebook memungkinkan Anda untuk membuat daftar alamat bisnis Anda yang membantu SEO lokal Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, skor ulasan Facebook juga disinkronkan dengan Google Bisnisku.
  2. Media Sosial Twitter – Dengan media sosial Twitter dapat memudahkan Anda untuk menemukan target Anda. Karena Twitter menyarankan “orang untuk diikuti” berdasarkan dengan lokasi geografis dari pengguna.
  3. Media Sosial Pinterest – Dengan mendaftarkan bisnis Anda pada media sosial Pinterest, Orang-orang yang mencari gambar dari bisnis Anda dapat menemukan Anda.

Anda juga bisa menggunakan media sosial lain untuk SEO lokal Anda yang tentunya sesuai dengan bisnis Anda. Tapi pastikan bahwa Anda terlibat secara rutin dengan audiens target Anda di media sosial Anda dan juga Anda harus menanggapi ulasan yang Anda terima pada daftar bisnis Anda. Dengan membangun hubungan baik dengan audiens target Anda dapat membuat mereka kembali ke bisnis Anda.

Nah itulah ke 3 cara yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa audit SEO lokal Anda berhasil. Sekarang ini pencarian lokal sedang meningkat, kami sarankan untuk Anda memiliki kehadiran SEO lokal untuk upaya pemasaran lokal Anda.

Butuh Bantuan?

Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan audit SEO lokal sendiri dan membutuhkan bantuan dari ahlinya, Jasa SEO Lokal kami dapat membantu. Kami ahli dalam melakukan SEO lokal, jadi percayakan saja SEO lokal Anda kepada kami. Hubungi kami hari ini untuk memulai!