Apa Saja Sosial Media yang Efektif Meningkatkan Penjualan?

Sosial Media yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Di era internet ini hampir semua pengguna internet memiliki akun sosial media untuk saling terhubung dengan orang lain. Sosial media menjadi salah satu platform digital yang memiliki jutaan bahkan miliaran pengguna di seluruh dunia. Misalnya saja Facebook dimana platform media sosial yang satu ini memiliki jumlah pengguna aktif harian mencapai 1,79 miliar pada saat ini.

Internet memudahkan kita semua dalam berbagai hal seperti menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan bahkan jual beli produk atau layanan. Anda bisa menemukan berbagai informasi melalui platform mesin pencari maupun sosial media. Selain itu Anda juga bisa melakukan jual beli produk / layanan dengan sangat mudah yang bisa Anda lakukan melalui mesin pencari maupun sosial media.

Bagi pengguna internet belanja online sudah menjadi hal yang umum mereka lakukan. Mereka tidak perlu datang langsung ke toko karena belanja online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Cukup melalui smartphone atau desktop, mereka bisa mendapatkan produk / layanan yang mereka butuhkan. Belanja online bisa dilakukan melalui situs web, marketplace dan melalui media sosial.

Nah semakin meningkatnya minat belanja online, ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk meningkatkan penjualan melalui internet marketing. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk / layanan Anda. Ada banyak platform media sosial yang bisa di jadikan sebagai media promosi. Namun untuk lebih fokus Anda tidak perlu menggunakan semuanya karena ada beberapa platform sosial media yang sangat efektif meningkatkan penjualan.

5 Sosial Media Yang Efektif Untuk Promosi Bisnis

Jenis Sosial Media yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Ada puluhan platform sosial media di seluruh dunia yang mungkin bisa di jadikan sebagai media promosi secara online. Namun menggunakan banyak sosial media untuk promosi juga bukan ide yang cemerlang. Karena ini akan membuat Anda tidak fokus dalam menjalankannya. Untuk lebih efektif dalam menggunakan media sosial sebagai media meningkatkan penjualan, Anda bisa menggunakan beberapa platform media sosial berikut:

1. Facebook

Siapa yang tidak mengenal platform media sosial yang satu ini, mungkin hampir semua pengguna internet memiliki akun Facebook. Seperti yang telah diketahui bahwa Facebook memiliki pengguna aktif harian 1,79 miliar di seluruh dunia. Jadi tidak heran jika Facebook menjadi media sosial yang efektif untuk mempromosikan bisnis karena dapat menjangkau miliaran orang di seluruh dunia.

Menggunakan media sosial Facebook sebagai alat promosi online adalah ide yang bagus. Karena Anda bisa menjangkau pengguna Facebook yang memiliki ketertarikan terhadap apa yang Anda tawarkan. Apabila Anda mempromosikan produk / layanan Anda melalui Facebook dengan cara yang tepat maka dapat membantu meningkatkan penjualan.

Ketika Anda memutuskan menggunakan Facebook sebagai media promosi bisnis Anda maka Anda perlu melakukan beberapa tahapan. Anda perlu membuat akun atau fanspage Facebook sesuai merek Anda. Langkah selanjutnya mengundang teman-teman Facebook Anda untuk mengikuti halaman Anda. Setelah melakukan tahapan-tahapan membuat akun dan mengumpulkan pengikut, berikutnya membuat postingan yang menarik dan bermanfaat bagi audiens target Anda.

Promosi melalui Facebook bisa dilakukan dengan cara gratis maupun berbayar. Jika Anda ingin dengan cara cepat Anda bisa melakukan iklan berbayar namun jika Anda ingin berproses maka Anda bisa melakukannya dengan cara gratis. Baik berbayar maupun gratis jika dilakukan dengan benar maka dapat membantu meningkatkan penjualan Anda.

2. Instagram

Instagram merupakan bagian dari Facebook, dimana Instagram adalah media sosial berbagi foto dan video yang bisa di manfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Anda juga bisa menggunakan Instagram sebagai alat promosi bisnis Anda. Instagram merupakan media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, apalagi saat ini Instagram adalah bagian dari Facebook yang merupakan media sosial terbanyak pengguna.

Anda bisa membuat akun Instagram untuk bisnis yang disesuaikan dengan merek Anda. Setelah akun dibuat Anda bisa langsung mengumpulkan pengikut. Cari orang-orang yang memiliki minat terhadap apa yang Anda tawarkan, misalnya follow orang-orang yang mengikuti atau berinteraksi dengan pesaing Anda. Ini adalah salah satu strategi yang bisa Anda terapkan untuk menargetkan orang-orang yang tepat sasaran.

Pastikan Anda membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens target Anda. Ketika Anda menyajikan konten-konten yang menarik dan membantu memecahkan masalah audiens target maka memungkinkan mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Instagram menjadi salah satu sosial media yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan yang patut Anda coba.

Baca juga: Strategi Pemasaran Media Sosial

3. Twitter

Sosial media yang bisa meningkatkan penjualan lainnya adalah Twitter. Twitter merupakan media sosial yang tidak hanya menjalin untuk bertukar pesan secara cepat saja namun juga bisa di manfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Saat ini banyak pemilik bisnis yang juga menggunakan Twitter untuk promosi bisnis mereka. Meskipun tidak seperti Facebook yang memiliki pengguna hingga miliaran namun Twitter masih cukup efektif untuk mempromosikan bisnis.

Anda bisa memanfaatkan Twitter untuk promosi bisnis Anda, cukup buat akun Twitter yang dikhususkan untuk bisnis Anda lalu mulai promosikan. Sama seperti media sosial lainnya Anda bisa melakukan promosi secara gratis maupun dengan iklan berbayar. Keduanya sama-sama memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda jika Anda melakukannya dengan benar.

4. Pinterest

Pinterest adalah media sosial yang menyajikan / menampilkan gambar dan video. Sama seperti Instagram, Pinterest juga bisa digunakan untuk promosi bisnis. Anda bisa memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk membantu meningkatkan penjualan. Sama seperti media sosial lainnya, Anda bisa membuat akun Pinterest yang disesuaikan dengan tujuan bisnis Anda.

Anda bisa membuat gambar-gambar atau video yang menarik dan berkualitas supaya menarik perhatian audiens target Anda. Karena dengan menggunakan gambar-gambar yang menarik dan berkualitas akan meningkatkan ketertarikan dan rasa percaya terhadap bisnis Anda.

5. Youtube

Media sosial yang dapat membantu meningkatkan penjualan yang terakhir adalah Youtube. Siapa yang tidak mengenal Youtube disini, kami yakin hampir semua pengguna internet pernah menggunakan media sosial ini untuk menonton video. Youtube adalah media sosial yang menampilkan video mulai dari video musik, tutorial dan lain sebagainya.

Selain 4 media sosial diatas Anda juga bisa menggunakan Youtube untuk membantu meningkatkan penjualan Anda loh? Anda bisa buat akun Youtube lalu membuat video tutorial atau video lainnya sesuai dengan industri Anda. Buat semenarik mungkin dan sebagus mungkin untuk membuat audiens target Anda tertarik.