Apa saja Platform Blogging Populer Pada 2020?

Disini kami tidak akan menjelaskan apa itu Blogging, kami yakin Anda sudah tahu tentang hal itu. Miliaran orang diseluruh dunia telah menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan. Blogging merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk terhubung dengan dunia. Dengan blogging Anda dapat memamerkan hobi Anda, memposting foto bahkan mempromosikan bisnis Anda. Kami yakin Anda pernah melihat orang-orang blog di internet dengan berbagai macam topik dan untuk tujuan berbeda. Anda juga bisa melakukan apa yang mereka lakukan, Anda dapat melakukannya dengan nyaman, asalkan Anda memilih platform blogging yang tepat.

Sebelum Anda membuat blog, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih platform blogging yang tepat. Untuk menciptakan blogging yang luar biasa, menentukan platform blogging yang tepat tidak boleh Anda sepelekan. Anda harus tahu bahwa platform blog A dan platform B memiliki manfaat yang berbeda dan juga keunggulannya masing-masing. Anda harus memilih platform blogging sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menjadikan blogging Anda sukses.

Jika Anda kesulitan menentukan platform blogging apa yang dapat Anda pilih, tenang saja. Pada tulisan ini, kami akan membantu Anda untuk menemukan platform blogging terbaik pada 2020. Langsung saja Anda simak tulisan ini hingga selesai !

Cara Memilih Platform Blogging Terbaik

Sebelum Anda memilih platform blogging yang tepat untuk Anda, Anda harus mempertimbangkan poin-poin seperti:

1. Mudah Digunakan

Ada beberapa platform blogging yang mudah digunakan untuk membantu memudahkan pengguna pemula. Ada juga beberapa platform blogging yang melayani pengguna yang telah ahli. Anda dapat memilih platform blogging yang memberikan kenyamanan dan banyak kelebihan serta kemudahan.

2. Monetisasi

Hal yang harus Anda pertimbangkan berikutnya, apakah Anda membangun blog untuk menghasilkan uang atau hanya sekedar untuk hobi? Jika Anda membangun blog dengan tujuan ingin memonetisasi untuk mendapatkan uang, maka Anda harus mempertimbangkan hal ini. Tidak semua platform blogging menawarkan dukungan monetisasi.

Ada beberapa platform yang menawarkan dukungan monetisasi, ada pula yang secara aktif mencegah monetisasi menggunakan platform mereka. Dengan demikian Anda harus mempertimbangkan apa yang sebenarnya Anda harapkan dari blog Anda.

3. Tampilan dan Desain

Anda juga harus mempertimbangkan tampilan dan desain blog yang di berikan dari masing-masing platform. Setiap platform blogging memiliki desain dan juga opsi penyesuaian yang berbeda, beberapa platform memiliki tampilan yang ikonik yang tidak bisa di modifikasi banyak. Sedangkan platform yang lain dapat memberikan banyak pilihan untuk memodifikasi tampilan blogging dan juga desain yang dibuat untuk melengkapi jenis konten.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Bukankah Anda membangun blog untuk bisa terlihat oleh audiens Anda? Supaya audiens Anda mudah menemukan blog Anda, maka blog Anda harus berada di halaman pertama mesin pencari. Maka dari itu Anda harus memperhatikan kemampuan untuk mengoptimalkan kinerja blog yang lebih baik di mesin pencari. Platform blogging terbaik adalah yang ramah SEO sehingga akan memudahkan Anda mendapatkan audiens Anda,

5. Harga

Ada platform blogging gratis dan berbayar, untuk platform berbayar tentunya memiliki harga yang bervariasi. Perlu Anda ketahui bahwa platform gratis mungkin tidak menawarkan layanan yang sama dengan apa yang ditawarkan oleh platform berbayar.

Platform Blogging Terbaik Untuk Anda Pada 2020

Kami telah menyiapkan beberapa pilihan platform blogging terbaik yang memungkinkan membantu Anda untuk memilih platform untuk blog Anda. Langsung saja Anda simak dibawah ini.

WordPress.org

Platform WordPress

Kemudahan Penggunaan : Platform ini bukanlah yang termudah tapi WordPress.org memiliki banyak sekali sumber daya bermanfaat.

Monetisasi : Sangat bisa di monetisasi, Anda dapat menambahkan plugin untuk pemasaran afiliasi.

Tampilan dan Desain : Dengan platform ini desain bisa Anda sesuaikan dengan banyak tema yang di sediakan oleh WordPress.org atau dari pihak ketiga.

Search Engine Optimization (SEO) : Platform blogging ini sangat ramah SEO karena memiliki banyak plugin yang dapat membantu meningkatkan SEO Anda.

Harga : Anda hanya perlu membeli nama domain, plugin dan tema jika Anda ingin menggunakan tema yang sesuai dengan keinginan Anda.

WordPress.org merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang dapat Anda gunakan untuk blog Anda. Sebenarnya WordPress memiliki dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org, jika WordPress.com gratis untuk memulai. Beda halnya dengan WordPress.org Anda harus menangani Hosting sendiri, mulai dari memilih perusahaan hosting dan lain sebagainya. Tapi yang luar biasa dari platform ini adalah Anda dapat mempertahankan kontrol penuh atas blog Anda.

Baca Juga : Apa Perbedaan WordPress.com VS WordPress.org?

Keuntungan lain menggunakan WordPress.org sebagai platform blogging Anda adalah benar-benar gratis, Anda hanya perlu membayar domain dan hosting. Menggunakan WordPress.org juga akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan menggunakan platform lain. Yang lebih mengesankan dari platform blogging ini adalah sebagian besar tema dan plugin dapat dimodifikasi dan digunakan sesuai dengan keinginan Anda.

Mungkin WordPress.org sedikit sulit untuk dipahami, tapi jika Anda mau belajar dan dapat memahaminya, maka Anda dapat menikmati kemampuan penyesuaian yang di tawarkan. Baik itu SEO, optimasi kecepatan, monetisasi dan banyak lagi. Anda dapat memasang plugin untuk menambahkan fitur-fitur yang di butuhkan oleh blog Anda. Anda dapat mempublikasikan, memodifikasi dan juga bisa membuat tema dan plugin sesuai dengan keinginan Anda.

WordPress.org sangat cocok untuk pengguna tingkat lanjut yang tidak ingin tema dan templatenya dibatasi. Tapi harus diingat Anda harus berhati-hati saat memilih tem dan plugin berkualitas tinggi supaya blog Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Medium

Platform Medium

Kemudahan Pengguna : Platform Medium sangat mudah digunakan, baik itu ahli bahkan pemula.

Monetisasi : Untuk memonetisasi blog Anda bisa melakukannya melalui program kemitraan.

Tampilan dan Desain : Dapat menampilkan desain yang baik dan bersih, tapi tidak memiliki kemampuan penyesuaian.

Search Engine Optimization (SEO) : Platform ini sangat kurang dalam fitur yang berfokus pada SEO.

Harga : Blogging sepenuhnya gratis, tapi Anda harus membayar untuk keanggotaan sedang.

Platform blogging yang populer lainnya adalah Medium. Platform blogging Medium diciptakan untuk memberi ruang bagi pengguna yang sering memposting apapun tanpa dibatasi oleh batasan karakter seperti Twitter. Jika Anda hanya ingin menulis untuk menuangkan hobi, mungkin platform ini cocok untuk Anda. Keuntungan dari platform blogging ini, sangat ramah pemula Anda tidak perlu repot dengan banyak fitur untuk menyesuaikan dan mengelola blog. Medium memberi kemudahan sehingga memungkinkan orang tanpa pengetahuan teknis dapat menjalankan blognya.

Medium memang tidak memiliki opsi penyesuaian, tapi Anda tidak perlu khawatir karena Medium hadir dengan tampilan yang bersih, tipografi rapi yang bekerja dengan baik. Medium memiliki editor WYSIWYG yang sangat mudah Anda digunakan, bahkan bagi orang yang kurang teknis. Tapi kelemahan dari Medium adalah kekurangan opsi untuk kustomisasi dan juga Anda tidak akan memiliki kebebasan penuh terhadap blog Anda.

Jadi, jika Ada perubahan yang dilakukan oleh Medium juga akan mempengaruhi blog Anda, baik Anda setuju atau tidak. Apabila Anda ingin membangun merek Anda menggunakan Medium, maka persaingan akan sangat sulit. Anda dituntut bersaing dengan branding media terkemuka di blog Anda. Mungkin ini belum pernah terjadi sebelumnya pada platform blogging yang benar-benar gratis, tapi ini perlu Anda ingat.

Medium adalah platform blogging yang sepenuhnya gratis, ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki blog tanpa harus repot-repot dengan detail teknis. Keuntungan dari platform ini adalah sangat ramah pengguna, dapat menghasilkan uang dengan mudah melalui program mitra sedang, biaya perawatan yang rendah dan juga editor WYSIWYG yang bagus.

Blogger

Platform Blogger

Kemudahan Pengguna : Sangat sederhana dan sangat mudah diatur dan digunakan.

Monetisasi : Anda dapat menghasilkan uang melalui integrasi Google AdSense.

Tampilan dan Desain : Desain sangat mendasar dan opsi penyesuaian yang terbatas.

Search Engine Optimization (SEO) : Memiliki fitur dasar SEO

Harga : Sepenuhnya Gratis

Blogger merupakan platform blogging tertua di banding dengan platform blogging lainnya. Mungkin blogger kalah populer dengan WordPress, tapi Blogger masih memiliki kehadiran yang signifikan di internet. Sama seperti Medium, Blogger akan lebih cocok untuk orang-orang yang hobi blogger yang tidak memerlukan banyak opsi lanjutan. Memulai Blogger sangat mudah, bahkan bagi seorang pemula sekalipun, yang dibutuhkan untuk memulai Blogger hanyalah akun Google.

Penjualan utama dari Blogger adalah integrasi dengan berbagai layanan Google, melalui Google AdSense Anda bisa mendapatkan sedikit uang dari blog Anda secara otomatis. Ini tidak akan menambah penghasilan reguler Anda, tapi ini cukup menyenangkan bagi blogger hobi. Anda juga dapat mengetahui audiens Anda berasal dengan bantuan Google Analytics. Anda juga dapat menambahkan foto atau video di blog Anda dengan mudah dengan menggunakan foto Google dan Youtube.

Meskipun opsi penyesuaian yang terbatas, tapi Anda tetap bisa menggunakan opsi penyesuaian untuk efek yang luar biasa. Jika Anda adalah seorang ahli yang memahami CSS dan desain situs website, Anda bisa membuat template sendiri. Tapi jika Anda bukanlah seorang Ahli, Anda juga bisa menemukan dan menggunakan template yang di buat oleh orang lain. Anda juga bisa menambahkan berbagai Gadget di blog Anda supaya menambah fungsionalitas tertentu dan juga untuk meningkatkan desain.

Walaupun Blogger menawarkan banyak opsi dibandingkan dengan platform Medium, tapi masih kalah populer jika di sandingkan dengan platform WordPress. Jika Anda ingin membangun blogging yang profesional dan menumbuhkan reputasi yang lebih baik, akan lebih baik jika Anda memilih platform lain.

Itulah ke ketiga platform blogging paling populer, dari ketiga platform ini tentunya memiliki berbagai jenis layanan dengan manfaat yang berbeda. Untuk memilih mana platform terbaik untuk blogging Anda, tergantung dari kebutuhan blogging Anda sendiri. Jika Anda ingin lebih terlihat profesional dan dapat menghasilkan lebih banyak uang, Anda dapat Menggunakan WordPress. Untuk menciptakan blogging yang profesional, Anda dapat membuatnya hanya di Jasa Buat Website WordPress di tempat kami.

× Butuh Bantuan?