Apa itu Konsultan SEO? Dan Apa yang Mereka Lakukan?

Apa Itu Konsultan SEO dan Apa Yang Dikerjakan

Apa itu Konsultan SEO? Dan apa yang mereka lakukan? Mungkin saat ini Anda sedang mencari tahu jawabannya dan akhirnya Anda mendarat disini. Tepat sekali, karena disini Anda akan mendapatkan jawaban lengkapnya. Jadi, apa itu konsultan SEO? Dan mengapa sangat dibutuhkan oleh banyak orang?

Konsultan Search Engine Optimization (SEO) adalah seseorang dengan keahlian khusus dalam pemasaran mesin pencari. Tugas dari konsultan SEO adalah membantu menarik dan mengkonversi pada situs web kliennya. Ini artinya mereka menerapkan strategi SEO yang bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung yang ditargetkan ke situs website dan menjadikan mereka berubah menjadi pelanggan.

Jika Anda perlu melakukan SEO, mungkin Anda harus mempertimbangkan menyewa konsultan SEO untuk membantu Anda. Karena ada banyak manfaat menggunakan konsultan SEO untuk kemajuan bisnis Anda lho? Tapi di tulisan ini kami tidak akan membahas manfaat konsultan SEO, melainkan kami akan membahas apa yang dilakukan oleh konsultan SEO.

Langsung saja, Anda baca tulisan ini hingga selesai untuk mempelajari lebih lanjut tentang deskripsi pekerjaan seorang konsultan SEO.

Tujuan Konsultan SEO

Jadi, apa tujuan Anda menggunakan konsultan SEO? Apa yang di harapkan dari konsultan SEO untuk bisnis Anda, mungkin dibawah ini jawabannya.

1. Membantu Bisnis Anda Ditemukan Oleh Pelanggan

Anda telah menghabiskan banyak waktu, sumber daya bahkan uang untuk membuat konten yang luar biasa di situs website Anda. Tapi jika pelanggan Anda tidak dapat menemukannya di hasil pencarian mesin pencari, itu akan sia-sia. Konsultan SEO dapat membantu Anda dengan memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan pengunjung organik situs website Anda.

2. Membantu Anda Tetap Kompetitif

Jika pesaing Anda tidak melakukan SEO, mungkin Anda tidak akan khawatir, tapi jika mereka juga melakukan SEO. Maka Anda harus lebih diatas mereka untuk mendapatkan audiens yang ditargetkan. Semakin banyak halaman konten yang muncul di halaman pertama hasil pencarian dari berbagai kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Maka semakin banyak pula pengunjung potensial yang masuk ke situs website Anda. Jika Anda mendapatkan banyak pengunjung potensial maka Anda memiliki banyak peluang untuk meningkatkan penjualan.

3. Membantu Bisnis Anda Tetap Relevan Secara Online

Jika bisnis Anda tidak memiliki peringkat yang jelas di mesin pencari untuk kata kunci yang di targetkan, maka bagaimana pelanggan Anda bisa menemukan Anda dan mempertimbangkan Anda. Bisnis yang berada di halaman pertama mesin pencari memiliki visibilitas yang lebih tinggi dan lebih relevan dari pada bisnis yang berada di halaman lain.

4. Membantu Anda Membuat Keputusan dan Langkah Yang Bisa Ditindaklanjuti

Konsultan SEO dapat membantu Anda untuk melihat hal apa yang berfungsi dan yang tidak berfungsi, sehingga mereka dapat memberikan rekomendasi untuk Anda mengubah strategi. Misalnya dengan pelaporan bulanan, disini dapat dilihat perkembangan dari strategi SEO yang digunakan. Dari sinilah berdasarkan data konsultan SEO dapat mengetahui apa yang harus di lakukan selanjutnya.

Deskripsi Pekerjaan Konsultan SEO

Apa Itu Konsultan SEO

SEO bukanlah ilmu roket yang belajar hari ini, besok bisa langsung mempraktikannya. Sebagai Konsultan SEO tentunya membutuhkan pengalaman bertahun-tahun dengan pengujian berkali-kali dan selalu mengikuti perkembangan terbaru algoritma. Konsultan SEO biasanya tahu melakukan hal seperti berikut:

1. Konsultan SEO Akan Tetap Up To Date Pada Industri SEO Terbaru

Sebagai konsultan SEO, maka mereka diwajibkan untuk terus up to date pada perkembangan SEO, mereka harus tetap belajar tentang tren terbaru dari algoritma mesin pencari. Sehingga mereka dapat memastikan bahwa strategi SEO yang diterapkan pada situs website Anda mengikuti pedoman Google terbaru.

2. Konsultan SEO Ahli Dalam Penelitian Kata Kunci

Seorang ahli SEO sudah tentu tahu melakukan penelitian kata kunci, dimana mereka dapat melakukan penelitian kata kunci dengan tepat. Mereka akan melakukan pemilihan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda untuk di gunakan sebagai ide konten. Konten yang menggunakan kata kunci relevan adalah cara mereka mendatangkan pengunjung potensial ke situs website Anda.

3. Konsultan SEO Tahu Bagaimana Cara Mengoptimalkan Konten Situs Web Anda

Selain harus tahu melakukan penelitian kata kunci, mereka juga harus tahu bagaimana menerapkan kata kunci yang relevan pada konten yang dibuatnya.

4. Memperbaiki Kendala Teknis Pada Situs Website Anda

Konsultan SEO profesional pasti tahu cara menyelesaikan kendala teknis yang terjadi pada situs website Anda. Jika Anda menemukan seorang konsultan SEO yang tidak dapat menyelesaikan masalah teknis pada situs web Anda, maka Anda perlu memilih konsultan SEO yang memang benar-benar memahami secara teknis.

5. Konsultan SEO dapat Melihat Analitik dan Memberikan Langkah Selanjutnya

Sebagai konsultan SEO, pastinya mereka tahu cara melihat data Google Analytics dan akhirnya dapat memberikan langkah selanjutnya yang dapat ditindaklanjuti untuk memperbaikinya.

Konsultan SEO Harus Memiliki Ketrampilan

Jika ingin bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari untuk kata kunci yang Anda targetkan, maka SEO adalah salah satu cara untuk mewujudkannya. Apabila Anda membutuhkan seorang ahli SEO, biasanya ahli SEO memiliki beberapa ketrampilan seperti berikut:

1. Berpengalaman

Semakin lama pengalaman yang dimiliki oleh seorang konsultan SEO, semakin baik pula kemampuan dalam industri SEO. Karena mereka terus belajar dan beradaptasi dengan pembaruan algoritma terbaru selama bertahun-tahun.

2. Kemampuan Melihat Gambaran Besar

Melakukan SEO adalah investasi jangka panjang, seorang ahli SEO di haruskan mampu melihat gambaran besar saat memberikan rekomendasi untuk kampanye SEO Anda.

3. Merancang Strategi SEO Khusus

Setiap bisnis memiliki persaingan dan kesulitannya masing-masing, begitupun dengan bisnis Anda. Anda memiliki bisnis yang unik dan tentunya membutuhkan strategi SEO yang khusus dirancang untuk bisnis Anda.

4. Mampu Menjelaskan Nilainya

Sebagai konsultan SEO, tentunya mereka tahu bagaimana cara menjelaskan strategi SEO kepada Anda untuk menggambarkan nilainya.

Kini Anda telah tahu definisi apa itu konsultan SEO dan juga deskripsi pekerjaan konsultan SEO. Jika Anda membutuhkan layanan konsultan SEO, kami dapat membantu Anda. Sebagai perusahaan digital marketing kami menyediakan semua kebutuhan pemasaran digital, termasuk layanan konsultan SEO.

Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis!

× Butuh Bantuan?