Apa Itu Bounce Rate? Bagaimana Cara Menurunkannya?

bounce rate

Salah satu hal yang wajib di perhatikan dalam menjalankan pemasaran online adalah Bounce Rate pada website. Menggunakan media website sebagai alat penjual online itu artinya Anda harus memperhatikan berbagai aspek yang mempengaruhi kinerja website. Website yang memiliki konten relevan dan berkinerja baik akan lebih mudah mendapatkan peringkat dan lalu lintas.

Situs web bisnis memiliki fungsi untuk meningkatkan penjualan, brand awareness dan kredibilitas perusahaan. Namun untuk menghasilkan itu semua situs website Anda harus dioptimalkan untuk pengalaman pengunjung yang lebih baik. Yaitu Anda harus memiliki strategi ampuh untuk menurunkan bounce rate pada situs web Anda.

Jika bounce rate website Anda rendah itu artinya website Anda telah memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Namun apabila website Anda memiliki bounce rate tinggi itu artinya banyak pengunjung yang langsung pergi meninggalkan situs web Anda sebelum mereka mengkonversi. Lalu apa itu bounce rate? Mengapa website harus memiliki bounce rate yang bagus? Mari simak penjelasannya dibawah ini!

Apa Itu Bounce Rate?

Bounce rate / Rasio Pentalan adalah sebuah gambaran / presentasi sesi kunjungan dari visitor website. Yaitu bounce rate dapat diistilahkan sebagai waktu kunjungan, seberapa lama pengunjung menjelajahi situs web Anda. Apabila pengunjung membuka halaman lain dan terus menjelajah situs web dalam waktu yang lama maka bounce rate menajadi rendah. Semakin rendah angka bounce rate website Anda maka semakin bagus. Namun jika angka bounce rate semakin tinggi itu artinya website Anda tidak memenuhi harapan pengunjung Anda.

Nilai presentasi dari bounce rate yaitu 0-100 %, jika website Anda memiliki nilai bounce rate 40-55 % maka dapat dibilang bagus. Namun apabila bounce rate website Anda 70-100 % maka Anda perlu mencari cara untuk menurunkan-nya supaya menjadi bagus. Anda tidak perlu khawatir karena ada strategi ampuh yang dapat membantu Anda untuk menurunkan angka bounce rate.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Bounce Rate Pada Website

Arti bounce rate

Ada banyak sekali kerugian apabila website Anda memiliki rasio pentalan yang tinggi. Salah satu kerugian yang sangat mencolok yaitu menurunnya penjualan dikarenakan pengunjung meninggalkan website sebelum mereka mengkonversi. Tentunya ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda jika Anda tidak segera melakukan perbaikan pada situs web Anda.

Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi bounce rate? Nah berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjadikan situs web dengan bounce rate yang bagus:

  1. Desain Responsive dan Mobile Friendly

Yang mempengaruhi bounce rate rendah adalah desain situs website itu sendiri. Jika Anda ingin membuat tingkat pentalan lebih rendah maka situs website Anda perlu memberikan pengalaman yang luar biasa pada pengguna. Dengan menyajikan situs website yang responsive terhadap berbagai perangkat akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Karena pengguna dapat mengakses situs web Anda dari berbagai perangkat yang mereka miliki tanpa harus melakukan setting manual.

2. Kecepatan Loading

Website yang cepat memiliki tingkat pentalan yang lebih rendah. Namun jika website memiliki kecepatan yang lambat maka akan memiliki rasio pentalan yang tinggi. Kebanyakan orang tidak suka mengakses situs web yang lambat, mereka cenderung akan meninggalkan website yang lambat memuat sebelum website tersebut menampilkan hasil. Jadi kecepatan loading website sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dimana bounce rate akan menjadi rendah.

3. Konten

Hal yang tidak boleh Anda sepelekan adalah konten. Konten menjadi salah satu hal yang wajib Anda perhatikan, karena konten yang berkualitas lah yang menjadikan tingkat pentalan menjadi rendah. Jika situs web Anda dipenuhi dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens target maka mereka akan senang menjelajahi dan menghabiskan waktu lebih lama di situs web Anda.

Cara Mengurangi Bounce Rate Pada Website

Bagi pemilik situs website yang perduli terhadap kepuasan pengguna akan terancam dengan bounce rate yang tinggi. Karena bounce rate tinggi adalah masalah besar karena dapat mempengaruhi penjualan. Namun tenang, meskipun bounce rate / rasio pentalan dapat mempengaruhi penjualan namun bisa Anda atasi dengan berbagai cara ini.

1. Buat Konten Berkualitas Terkait Industri Anda

Untuk mengurangi bounce rate yang tinggi Anda bisa membuat konten yang terkait dengan industri Anda dengan ide tulisan yang lebih menarik. Konten adalah raja itu mengapa Anda harus membuatnya sebaik mungkin untuk membuat mesin pencari memberi peringkat yang lebih tinggi dan mengurangi tingkat pentalan pengunjung.

Buatlah konten yang terkait industri Anda, baik penjualan maupun konten edukasi. Jangan hanya buat konten penjualan karena itu akan membuat pengguna bosan, namun buat juga konten yang mengedukasi seperti tutorial, tips dan konten yang menghibur lainnya. Konten tersebut dapat mempengarhui tingkat pentalan yang lebih rendah. Karena tidak semua orang ingin membeli melainkan juga membutuhkan informasi terkait industri Anda. Konten seperti ini akan membantu mereka memecahkan masalah, dan jika membutuhkan bantuan maka berpotensi menghubungi Anda.

2. Konsisten Dalam Membuat Konten

Memposting konten berkualitas secara konsisten dapat membantu menurunkan pentalan pengunjung. Website yang secara konsisten menyajikan informasi baru lebih di sukai oleh pengguna dan mesin pencari. Itu artinya mesin pencari menganggap situs web Anda masih aktif dan pengguna akan menganggap bisnis Anda masih ada.

Namun bayangkan saja jika situs web yang sudah lama tidak melakukan posting konten. Pengguna beranggapan bahwa bisnis Anda sudah tutup dan mesin pencari tidak akan merayapi dan mengindeks halaman baru web Anda. Itu mengapa konsisten dalam memposting konten adalah cara efektif untuk membuat bounce rate menjadi bagus.

3. Meningkatkan Desain Website

Jika website Anda belum responsive dan mobile friendly cobalah untuk membuatnya menjadi lebih ramah seluler dan respons terhadap berbagai perangkat. Ini sangat berpengaruh sekali terhadap bounce rate yang bagus. Apabila website Anda dibangun dengan desain yang respon terhadap berbagai perangkat dan ramah seluler akan sangat memudahkan pengguna berselancar dengan nyaman menggunakan berbagai perangkat mereka.

Selain itu keuntungan dari desain yang ramah seluler dan responsive dapat membantu Anda dalam menghasilkan lebih banyak pengunjung. Karena situs web Anda dapat menjangkau pengguna dari berbagai perangkat. Sumber lalu lintas Anda tidak hanya dari desktop saja namun juga dari berbagai perangkat yang tersedia.

4. Meningkatkan Kecepatan Website

Yang tidak boleh Anda lupakan dari strategi menurunkan bounce rate adalah kecepatan website. Idealnya kecepatan website yaitu kurang dari 3 detik, apabila kecepatan website Anda lebih dari itu maka bisa dikategorikan lambat. Website yang lambat akan membuat tingkat pentalan semakin tinggi, karena pada dasarnya orang-orang tidak menyukai menunggu terlalu lama untuk situs web terbuka.

Untuk menurunkan tingkat pentalan maka website Anda harus cepat dalam memuat. Jika saat ini website Anda memiliki kecepatan yang lambat, Anda bisa redesign website Anda untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja website. Karena kecepatan website sangat penting dalam berbagai aspek mulai dari membuat bounce rate menjadi lebih bagus, meningkatkan kepuasan dan meningkatkan penjualan.

5. Mengatur Link

Dalam membuat konten artikel tentunya dibutuhkan internal link dan eksternal link. Karena internal dan eksternal link sangat berpengaruh terhadap SEO dan tentu saja bounce rate. Anda bisa membuat artikel dengan menyertakan eksternal link yang diarahkan pada website lain yang memiliki isi penjelasan yang lebih relevan. Misalnya saja Anda membahas topik tertentu dan membutuhkan penjelasan tentang definisi tertentu. Anda bisa mengarahkannya pada website lain yang lebih dulu membahas definisi tersebut. Tapi pastikan Anda tidak mengarahkannya pada website pesaing Anda, sebagai referensi Anda bisa mengarahkan pada situs Wikipedia.

Selain itu Anda juga perlu menyertakan internal link pada konten Anda. Internal link berfungsi untuk mengarahkan pengguna ke halaman lain website Anda yang masih relevan dengan pembahasan konten tersebut. Ini akan membuat pengguna lebih lama berada di situs web Anda karena mereka dapat menjelajahi halaman lain website Anda. Itu artinya dapat membantu menurunkan tingkat pentalan yang tinggi pada website.

Nah itu dia pengertian apa itu bounce rate, hal yang mempengaruhi bounce rate yang bagus dan cara menurunkannya. Jika Anda butuh bantuan untuk membuat bounce rate website menjadi lebih bagus, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap menjadikan website Anda dengan tingkat pentalan yang lebih baik yaitu menjadikan website Anda memiliki rasio pentalan yang lebih rendah. Sehingga tingkat konversi menjadi lebih tinggi.