Anda Wajib Tahu 7 Manfaat Blog Bagi Perusahaan

Manfaat Blog

Tahukah Anda bahwa blog memiliki banyak manfaat bagi perusahaan? Jika Anda melakukan strategi blog yang efektif untuk kebutuhan pemasaran perusahaan Anda maka blog dapat memberi hasil yang luar biasa. Blog adalah salah satu strategi pemasaran online yang cukup banyak dilakukan oleh pemilik bisnis didunia.

Dalam dunia pemasaran online, blog sangat penting dan mungkin menjadi hal yang wajib disertakan pada strategi pemasaran Anda. Blog merupakan metode yang cukup efektif untuk mendatangkan pelanggan berkualitas. Jadi tidak heran jika blog menjadi strategi pemasaran yang cukup penting.

Bagi perusahaan yang ingin mendatangkan pelanggan berkualitas secara online bisa melakukannya dengan strategi blog. Anda bisa membuat blog perusahaan untuk memberikan berbagai informasi terkait perusahaan Anda kepada konsumen Anda. Anda perlu tahu bahwa kebanyakan pengguna mesin pencari membaca blog ketika mereka mencari produk / layanan secara online.

Dengan postingan blog, Anda bisa memberitahukan kepada calon pembeli tentang perusahaan Anda, layanan / produk dan kelebihan merek Anda. Blog juga bisa diartikan sebagai sumber informasi perusahaan Anda, Anda bisa membuat postingan blog untuk membuat merek Anda lebih unggul dari pesaing Anda.

Mengenal Blog Dan Blogging

Sebelum masuk pada pembahasan manfaat blog bagi perusahaan, ada baiknya Anda mengetahui definisi blog dan blogging. Banyak orang yang mengira bahwa blog itu sama dengan website, padahal pada kenyataannya website dan blog memiliki perbedaan.

pengertian website menurut Wikipedia yaitu sekumpulan halaman web yang saling terhubung pada paladen yang sama. Website biasanya di buat oleh perorangan, perusahaan, organisasi / instansi dengan tujuan tertentu.

Sedangkan Blog merupakan kependekan dari Web Log bentuk dari aplikasi web yang berisi topik atau pembahasan lengkap tentang berbagai informasi perusahaan, produk / layanan dan keunggulan merek.

Pengertian blogging yaitu serangkaian kegiatan mengelola blog berupa pembuatan konten teks di sebuah blog. Jika blogger adalah sebutan untuk orang yang mengelola blog sedangkan blogging adalah aktivitas pengelolaan blog.

Manfaat Blog Bagi Perusahaan

Manfaat Blog untuk perusahaan

Di era digital ini sudah menjadi hal yang umum melakukan pemasaran bisnis secara online. Karena memang pengguna internet di Indonesia sendiri sangat banyak. Ada banyak perusahaan Indonesia yang memanfaatkan internet untuk mempromosikan merek mereka. Salah satunya yaitu dengan pemasaran blog.

Lalu apa saja manfaat blog bagi bisnis / perusahaan? Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Menargetkan Pelanggan Potensial

Cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan potensial adalah dengan postingan blog. Anda bisa melakukan pemasaran blog untuk mendatangkan pelanggan secara online. Ketika Anda akan membuat postingan blog pastikan Anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Riset kata kunci menjadi sangat penting dalam pembuatan postingan blog untuk kebutuhan promosi. Karena dengan pemilihan kata kunci yang relevan dapat membantu mendatangkan orang yang tepat sasaran. Anda bisa menemukan kata kunci relevan dengan menggunakan alat seperti Google Analityc.

Anda perlu tahu bahwa sebelum calon pembeli memutuskan membeli produk / layanan Anda, mereka akan membaca postingan blog Anda terlebih dahulu. Postingan blog yang relevan dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli karena Anda menyajikan informasi lengkap yang mereka butuhkan.

Dengan pemasaran blog, Anda bisa mendatangkan orang-orang yang tepat sasaran, dimana Anda akan mendatangkan orang-orang yang memang membutuhkan produk / layanan yang Anda tawarkan. Jika Anda mampu meyakinkan mereka dengan postingan blog Anda, maka memungkinkan mereka melakukan tindakan lebih lanjut.

2. Sebagai Alat Pengenalan Merek

Manfaat blog bagi perusahaan berikutnya yaitu sebagai alat pengenalan merek. Tahukah Anda bahwa salah satu elemen penting dalam meningkatkan peringkat website di mesin pencari adalah konten? Postingan blog adalah konten yang sangat efektif menaikkan peringkat website Anda.

Apabila website Anda mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian Google maka peluang mendapatkan lalu lintas semakin besar. Jika halaman konten Anda mendapatkan banyak lalu lintas maka ada banyak orang yang mengenal merek Anda.

Ada jutaan pengguna internet di seluruh dunia yang mungkin membutuhkan layanan atau produk Anda. Jika Anda menampilkan banyak postingan blog di halaman satu hasil pencarian mesin pencari, ini artinya ada ribuan orang yang memungkinkan mengunjungi situs web Anda.

Semakin banyak artikel blog Anda muncul di halaman depan hasil pencarian maka semakin banyak orang yang mengenal merek Anda. Apalagi jika merek Anda sama dengan nama domain website Anda maka akan lebih mudah meningkatkan pengenalan dan kesadaran merek Anda.

Dalam dunia bisnis, pengenalan merek sangat penting karena dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Apabila merek Anda sudah dikenal baik oleh konsumen maka mereka tidak akan sungkan membagikan postingan blog Anda di media sosialnya. Sehingga membuat orang lain juga mengenal merek Anda.

3. Meningkatkan Peringkat dan Pengunjung Berkualitas

Seperti yang sudah tertulis diatas bahwa blog mampu menaikkan peringkat website serta mendatangkan pengunjung berkualitas. Artikel yang dibuat SEO friendly dan mengutamakan pengalaman pembaca berpotensi mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Kunci sukses menaikkan peringkat website yaitu dengan postingan blog berkualitas yang dioptimalkan untuk mesin pencari dan pengguna. Untuk membuat mesin pencari memberikan peringkat lebih tinggi pada setiap halaman konten maka Anda harus memahami SEO onpage.

Dalam membuat artikel blog yang SEO friendly itu artinya Anda harus melakukan SEO on page pada setiap artikel blog Anda. Ini bertujuan untuk menaikkan peringkat website Anda di hasil pencarian mesin pencari. Apabila banyak halaman web yang masuk ke halaman satu hasil pencarian maka semakin banyak pula lalu lintas website Anda. Itu artinya, blog dapat menaikkan peringkat website sekaligus meningkatkan pengunjung website berkualitas.

4. Membangun Komunikasi Dengan Konsumen

Tidak hanya sebagai alat promosi saja namun blog juga bisa menjadi alat untuk membangun dan memperkuat komunikasi antara perusahaan dan konsumen. Ketika Anda membuat postingan blog yang membahas solusi terkait produk / layanan Anda memungkinkan pembaca tertarik berinteraksi dengan Anda.

Mereka bisa saja meninggalkan komentar di postingan blog Anda atau bisa langsung menghubungi Anda melalui chat live. Ini bagus untuk pertumbuhan bisnis Anda karena dengan mempererat komunikasi dengan konsumen adalah langkah awal untuk menjadikan mereka pelanggan Anda, baik pelanggan artikel maupun pelanggan yang membeli.

5. Menonjolkan Merek di Industri Anda

Manfaat lain dari blog untuk bisnis / perusahaan yaitu untuk menonjolkan merek Anda di industri Anda. Mungkin Anda tahu bahwa ada ribuan pesaing yang juga ingin menampilkan merek mereka di halaman satu hasil pencarian. Karena dengan tampil di halaman depan hasil pencarian terkait kata kunci relevan mereka dapat menarik lalu lintas ke situs web mereka.

Cara menonjolkan merek Anda di industri Anda yaitu dengan membuat blog berkualitas untuk bisa mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian Google. Jika ada banyak postingan blog yang mendapatkan peringkat tinggi di halaman satu Google, ini artinya merek Anda menonjol di industri Anda.

Dengan begitu akan ada banyak orang yang melihat merek Anda dan memungkinkan mereka mengunjungi postingan blog Anda. Semakin banyak artikel yang masuk ke halaman satu Google semakin banyak pula audiens target yang mungkin mengunjungi website Anda.

6. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Tahukah Anda bahwa sebelum seseorang membeli produk atau layanan secara online mereka lebih cenderung membaca blog? Anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan Anda.

Anda bisa membuat artikel yang SEO friendly untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Karena bisnis yang muncul di halaman depan hasil pencarian Google lebih di percaya oleh konsumen. Karena Google hanya menampilkan hasil yang paling relevan. Lagi pula untuk mendapatkan peringkat tinggi harus mengalahkan ribuan pesaing.

Jadi tidak heran jika perusahaan berlomba-lomba menampilkan merek mereka di halaman depan Google. Karena ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek mereka. Apabila Anda ingin meningkatkan kepercayaan konsumen, Anda bisa melakukan blogging pada website perusahaan Anda.

7. Membantu Meningkatkan Penjualan

Mengapa blog disebut sebagai strategi yang dapat membantu meningkatkan penjualan? Karena blog mampu mendatangkan pengunjung berkualitas ke situs web Anda. Postingan blog berkualitas mendapatkan peringkat tinggi yang mendatangkan pengunjung berkualitas. Dimana pengunjung berkualitas ini merupakan orang-orang yang tertarik dengan produk / layanan Anda.

Jadi Anda bisa menarik orang-orang yang tepat sasaran untuk mengarahkan mereka membeli produk atau layanan Anda. Jika Anda menarik banyak lalu lintas berkualitas ke situs web Anda maka penjualan pun dapat meningkat.

Kesimpulan

Setiap strategi pemasaran tentunya memiliki manfaat bagi yang menjalankannya. Begitupun dengan pemasaran blog dimana memiliki 7 manfaat seperti penjelasan di atas bagi bisnis / perusahaan yang menjalankannya dengan benar.

Nah itu dia manfaat blog bagi perusahaan, jika Anda ingin mendapatkan 7 manfaat di atas, jangan ragu untuk membuat blog. Hubungi kami jika Anda membutuhkan jasa pembuatan blog profesional.