7 Langkah Sukses Membuat Konten Digital Yang Menarik Perhatian Audiens Target

Konten digital

Di era digital hampir semua bisa dilakukan secara online misalnya saja belajar online, bekerja online hingga jual beli secara online. Nah ini lah yang dimanfaatkan oleh para pebisnis saat ini, mereka mengonlinekan bisnis mereka untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Banyak cara yang di lakukan untuk menarik perhatian audiens target salah satunya dengan membuat konten digital yang mendorong audiens target membeli.

Bisnis online merupakan metode efektif untuk menjangkau pasar lebih luas, meningkatkan brand awareness, mendatangkan lebih banyak prospek serta meningkatkan penjualan. Inilah alasan kuat mengapa para pemilik bisnis mulai mengonlinekan bisnisnya karena dengan online biaya yang dikeluarkan untuk promosi tidak terlalu banyak seperti pemasaran tradisional.

Tidak hanya hemat biaya namun pemasaran online juga sangat efektif karena mampu menjangkau orang-orang yang tepat sasaran. Orang-orang yang ditargetkan merupakan orang-orang yang memang tertarik dengan produk / layanan yang Anda tawarkan. Selain itu yang targetkan bukan hanya orang sekitar toko Anda saja namun seluruh pengguna internet di seluruh dunia.

Anda bisa menjangkau pengguna internet di seluruh dunia karena internet tidak terbatas geografis. Ada jutaan pengguna internet di Indonesia yang bisa Anda jadikan target pemasaran bisnis Anda. Bayangkan saja jika Anda mampu menjadikan setengah dari pengguna internet di Indonesia sebagai pelanggan, maka akan ada banyak penjualan yang bisa Anda dapatkan.

Tapi perlu diingat bahwa menjalankan pemasaran online tidak seindah yang dibayangkan karena perlu upaya lebih untuk memperoleh hasil yang lebih. Untuk menjalankan pemasaran online yang sukses dibutuhkan kerja keras, konsisten, strategi yang efektif dan memberikan produk / layanan berkualitas dan inovatif.  Semua aspek harus seimbang dan berjalan beriringan untuk memperkokoh pondasi bisnis Anda.

Nah untuk membantu Anda dalam membuat konten digital yang efektif menarik perhatian audiens target, Anda bisa menerapkan langkah-langkah yang di sajikan di artikel ini.

Cara Membuat Konten Digital Langkah Demi Langkah

Cara membuat konten digital

Mendistribusikan konten digital adalah salah satu strategi dalam digital marketing yang ampuh mendatangkan pelanggan potensial. Itu mengapa membuat konten digital menarik wajib Anda lakukan jika Anda ingin meningkatkan penjualan secara online. Karena menyajikan konten digital yang dikemas apik sangat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Nah ada langkah sukses membuat konten digital yang bisa Anda terapkan pada bisnis online Anda. Mari pelajari dan mulai terapkan langkah-langkah ini pada bisnis Anda:

1. Menetapkan Misi & Tujuan

Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam membuat konten digital adalah dengan menetapkan misi dan tujuan Anda. Anda perlu membuat urutan pertanyaan seperti, apa misi dan tujuan Anda membuat konten? Apakah untuk meningkatkan brand awareness? Meningkatkan prospek? Atau meningkatkan penjualan?

Semua pertanyaan ini harus ada ketika Anda mulai membuat konten digital. Ini bertujuan untuk membantu Anda fokus pada apa yang penting dan apa yang tidak. Sehingga konten digital yang dibuat sesuai dengan tujuan dan tetap pada jalurnya.

Dalam membuat konten digital ada berbapa aspek yang harus Anda perhatikan seperti audiens target Anda, jenis konten yang akan digunakan untuk menjangkau mereka, dan manfaat yang mereka dapatkan dari konten Anda. Buatlah jenis konten digital yang dapat menjangkau audiens target dengan memberikan manfaat kepada mereka.

2. Mengidentifikasi Audiens Target

Langkah kedua setelah menetapkan tujuan dan misi adalah mengidentifikasi audiens target. Anda perlu mengetahui audiens target Anda ketika Anda menjalankan strategi konten digital. Mengetahui audienst target yang di tuju dari konten digital sering disebut sebagai “Pesona pembeli”

Jika tujuan Anda melakukan strategi konten digital untuk meningkatkan prospek dan penjualan maka Anda perlu membangun pesona pembeli. Anda harus menggunakan riset pasar dan data yang Anda dapatkan dari pelanggan dalam meningkatkan pesona pembeli. Anda bisa membangun pesona pembeli dengan melihat perilaku mereka seperti perilaku belanja, demografi, lokasi, minat dan juga yang di butuhkan oleh mereka.

Semakin Anda mengetahui audiens Anda, ini akan membuat Anda lebih mudah membuat konten digital yang lebih efektif dan menarik. Anda dapat mengetahui perilaku audiens Anda dengan alat yang dapat di gunakan secara gratis misalnya saja Google Analytics

3. Tetapkan KPI Anda

Setelah mengetahui minat audiens target, Anda dapat melanjutkan langkah berikutnya yaitu dengan menetapkan KPI Anda. Ini sangat penting untuk mencapai tujuan Anda. Ketika sebuah bisnis ingin mencapai tujuannya maka perlu membuatnya spesifik serta terukur. Nah itu artinya Anda perlu menetapkan KPI kedalam strategi pemasaran konten digital Anda.

Dengan menetapkan KPI akan sangat memudahkan Anda mengetahui apakah Anda telah mencapai tujuan Anda. Manfaat membuat KPI, Anda bisa memeriksanya setiap diperlukan untuk melihat pencapaian tujuan Anda. Ini mencangkup banyak hal yang ingin Anda capai seperti peringkat, lalu lintas, prospek, penjualan dan berbagai aspek yang mencangkup digital marketing.

4. Membuat Konten Berkualitas dan Bermanfaat

Langkah selanjutnya dalam membuat strategi konten digital adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi audiens target Anda. Anda bisa membuat berbagai jenis konten digital yang sesuai dengan tujuan dan KPI Anda. Ada banyak jenis konten yang mungkin sesuai dengan tujuan dan misi Anda.

Jenis konten yang paling umum di gunakan untuk mendatangkan penjualan dan meningkatkan kesadaran merek adalah jenis konten teks, video, audio, dan gambar. Anda bisa membuat berbagai jenis konten ini sesuai dengan industri Anda untuk menarik lebih banyak lalu lintas dan penjualan.

Meskipun beberapa jenis konten ini efektif mendatangkan penjualan dan meningkatkan brand awareness namun Anda perlu membuatnya berkualitas dan bermanfaat bagi audiens Anda. Konten yang berkualitas akan di sukai oleh mesin pencari dan konten yang bermanfaat akan disukai oleh audiens Anda.

5. Distribusikan Konten Melalui Saluran Pemasaran Digital

Anda telah sampai pada langkah ke lima yaitu langkah untuk mendistribusikan konten Anda melalui saluran pemasaran digital. Ada banyak sekali saluran pemasaran digital yang di gunakan di dunia ini. Anda cukup menggunakan beberapa saja namun fokus pada saluran yang Anda pilih.

Ketika tiba saatnya Anda mendistribusikan konten, Anda harus memiliki strategi pemasaran digital yang dibuat dengan baik dan efektif. Konten di distribusikan dengan strategi pemasaran digital efektif untuk mendorong konten tersampaikan kepada audiens tertarget.

Anda dapat mendistribusikan konten Anda melalui berbagai saluran seperti mesin pencari, sosial media bahkan pemasaran email. Ketika Anda memilih saluran ini maka Anda harus menjalankan strategi Anda dengan tepat.

Tidak hanya sampai disitu, karena Anda harus terus memantau data Anda. Dengan demikian Anda bisa terus meningkatkan konten Anda dan Anda pun dapat mengetahui dimana konten Anda berkembang dan mencapai tujuan Anda.

6. Menerapkan Teknik SEO

Website adalah aset digital yang wajib di miliki oleh pebisnis online karena mampu mendatangkan pelanggan tanpa libur. Website yang di optimasi akan terus bekerja siang dan malam dalam mendatangkan lalu lintas potensial. Ini artinya bisnis Anda selalu buka dan melayani pembelian 24 jam non stop.

Menerapkan teknik SEO pada konten website adalah langkah berikutnya dalam membuat strategi konten digital. SEO (Search Engine Optimization) adalah proses meningkatkan peringkat website untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik. Anda harus melibatkan SEO pada konten website Anda seperti mengoptimalkan halaman konten untuk mesin pencari dan pengguna.

Ini wajib Anda lakukan jika tujuan Anda adalah mendatangkan lalu lintas potensial, prospek dan meningkatkan penjualan. Maka Anda harus menerapkan teknik SEO yang efektif didalam konten website Anda.

7. Melacak dan Analisis Konten

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan melacak dan menganalisis konten Anda. Ini sangat penting karena dapat membantu Anda mengetahui apakah strategi konten Anda berhasil atau tidak. Anda dapat meningkatkan aspek-aspek yang berkontribusi dalam kemajuan Anda. Anda juga dapat meningkatkan hal-hal yang mungkin berhasil berhasil dengan strategi baru yang lebih efektif.

Lakukan analisis pada setiap strategi konten digital untuk memperoleh hasil yang diharapkan dan tingkatkan yang belum berhasil. Ini akan membantu Anda menjalankan strategi konten yang lebih baik lagi.

Butuh Bantuan Seorang Profesional?

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat strategi konten digital percayakan saja kepada kami. Kami siap membantu Anda menciptakan strategi konten digital yang lebih efektif untuk mencapai tujuan Anda. Hubungi kami jasa pembuatan konten website dan mulai kembangan bisnis Anda sejak dini!