5 Alat Pemeriksa Backlink Paling Populer

Alat Pemeriksa Backlink Paling Populer

Hingga saat ini backlink masih berperan penting untuk meningkatkan peringkat dan mendatangkan pengunjung ke situs website. Bagi seseorang yang berinvestasi ke dalam pemasaran mesin pencari seperti SEO, tentunya sudah tidak asing dengan istilah backlink. Dimana backlink menjadi salah satu elemen penting dan sering di gunakan di dunia optimisasi mesin pencari atau SEO.

Backlink adalah tautan yang masuk ke halaman website, apabila halaman website terhubung dengan halaman lain itu disebut sebagai backlink. Untuk membantu meningkatkan peringkat dan pengunjung, menerapkan SEO berarti juga perlu untuk membangun backlink. Karena backlink masih berpengaruh untuk meningkatkan situs website Anda.

Keuntungan Backlink Dalam Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

Yang wajib Anda tahu dari backlink yaitu bahwa banyak dari backlink telah berubah dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk memberi backlink pada situs website, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar.

Sejak diluncurkannya algoritma penguin oleh Google, seluruh lanskap blackink kini telah berubah. Penting bahwa membangun backlink dari situs website yang berkualitas dan memastikan bahwa backlink tersebut harus kontekstual. Jadi, Anda harus membangun backlink yang sesuai dengan isi dari situs website Anda.

Misalnya saja situs website Anda adalah tentang layanan pengiriman barang, maka Anda harus membuat tautan yang sesuai dengan pengiriman barang. Jika Anda membuatnya tidak nyambung dengan pengiriman barang, maka backlink yang Anda buat tidak akan berguna sama sekali untuk perkembangan situs website Anda.

Jadi, ketika Anda membuat backlink, pastikan bahwa sasaran Anda adalah situs website resmi dan relevan. Sehingga apa yang Anda lakukan tidak sia-sia, dengan memilih backlink yang berkualitas dapat membantu untuk meningkatkan situs website Anda. Mari, kita lihat mengapa penting untuk membangun backlink di situs website Anda:

1. Meningkatkan Peringkat Organik

Membuat backlink berkualitas dapat membantu dalam menaikkan peringkat situs website Anda di mesin pencari. Jika situs website Anda muncul di halaman satu hasil pencarian Google untuk kata kunci yang relevan berpeluang untuk mendapatkan pengunjung daripada situs website yang berada di halaman lain.

Apabila konten situs website Anda mendapatkan backlink dari situs web lain, maka konten tersebut akan secara alami mulai menempati peringkat terbaik di hasil pencarian. Tapi, jika tidak maka Anda perlu proaktif dan membangunnya. Anda dapat membuat backlink ke setiap halaman web bersamaan dengan yang mengarah ke beranda situs web Anda.

2. Pengindeksan Lebih Cepat

Jika situs website Anda tidak memiliki backlink, maka mesin pencari akan mengalami kesulitan untuk mengindeks website Anda. Khususnya bagi situs website yang baru, sangat penting untuk membangu backlink berkualitas. Karena dengan membuat backlink berkualitas dapat membantu situs website baru Anda cepat terindeks.

3. Lalu Lintas Rujukan

Yang paling penting dari memiliki backlink adalah untuk membantu situs website mendapatkan lalu lintas rujukan. Ketika orang-orang membaca postingan mereka dapat mengeklik tautan di postingan Anda untuk mengetahuo lebih lanjut tentang topik lain yang masih terkait dengan pembahasan.

Pembaca yang mengeklik tautan secara sukarela, mereka biasanya lebih bertarget dan kecil kemungkinan untuk meninggalkan halaman dengan cepat. Atau bisa disebut sebagai rasio pentalan rendah.

Cara Mudah Mendapatkan Backlink

Sekarang Anda telah mengerti arti dari Backlink dan mengapa sangat penting untuk situs website Anda, karena backlink masih berkaitan dengan SEO. Perlu di ingat, membangun backlink di situs website Anda akan membutuhkan waktu dan usaha. Berikut cara mendapatkan backlink yang dapat Anda coba di terapkan pada situs website Anda.

  1. Anda dapat menambahkan tautan ke situs website Anda di profil media sosial milik Anda.
  2. Melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google untuk konten yang sudah memiliki peringkat bagus lalu Anda tingkatkan dan perluas.
  3. Buat konten berkualitas dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Anda perlu membuat konten Anda yang menyelesaikan masalah pembaca, mudah di baca, memiliki keunikan tersendiri dan bangun otoritas ke dalam konten Anda.
  4. Blog tamu, Anda bisa membuat postingan tamu di blog atau situs website lain.
  5. Menggunakan influencer di industri Anda, Anda dapat menggunakan konten di situs website Anda untuk mereka tautkan.

Baca juga: Cara Terbaik Untuk Membangun Backlink di Situs Web Anda

5 Alat Pemeriksa Backlink

Sekarang Anda telah sampai pada pembahasan utama yaitu alat pemeriksa backlink yang dapat membantu Anda untuk melihat siapa saja yang memberi backlink pada situs website Anda. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat memanfaatkan tautan yang telah di berikan pada situs website dan membangun hubungan baik dengan mereka.

Jadi, apa saja alat pemeriksa backlink yang bisa Anda gunakan untuk melihat backlink yang di peroleh oleh situs website Anda? Mari simak dibawah ini beberapa alat yang bisa Anda gunakan untuk melihat backlink pada situs website Anda.

1. Ahrefs

Ahrefs adalah alat pemeriksa backlink terbaik menurut kami, Ahrefs merupakan situs yang memfasilitasi alat backlink checker yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa backlink di situs website Anda. Biaya dari penggunaan alat ini Anda dikenakan $ 7 untuk uji coba selama tujuh hari. Jika Anda ingin menggunakan untuk opsi perbulanan berkisar $ 99 – $ 999. Tapi Ahrefs juga menyediakan opsi gratis yang cukup bermanfaat bagi pemula.

Alat Pemeriksa Backlink Ahrefs

Menggunakan Ahrefs juga sangat mudah, Jika Anda ingin melakukan check backlink Anda cukup mengunjunjungi situs Ahrefs dan memasukan alamat website Anda ke koloh yang telah tersedia. Setelah itu Ahrefs akan secara otomatis menampilkan hasil informasi tentang situs website yang menautkan ke situs web Anda.

Selain untuk melihat backlink dari situs website Anda sendiri, Anda juga bisa melihat dari situs website pesaing Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui backlink pesaing Anda, dari mana mereka mendapatkannya. Jika itu relevan Anda juga bisa membuat backlink seperti yang pesaing Anda lakukan pada situs websitenya.

Ahrefs juga melengkapi informasi tambahan yang dapat membantu Anda melihat peringkat domain dan berapa kali mereka menautkan ke situs Anda. Dan yang lebih mengagumkan dari alat ini adalah dapat melihat tautan baru, tautan rusak dan tautan yang hilang. Alat ini bisa Anda gunakan sebagai alat pemantauan backlink Anda.

Disini Anda dapat melihat perkembangan dari backlink Anda dan juga dapat melihat perkembangan lalu lintas organik yang mengunjungi situs website Anda setiap bulan. Alat ini juga bisa membantu untuk melihat halaman mana yang mendorong keberhasilan dengan halaman yang di tautkan.

Ahrefs memungkinkan Anda untuk melihat backlink miliki Anda sendiri dan backlink milik pesaing Anda. Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk mengubah strategi yang selama ini Anda gunakan (jika strategi yang Anda gunakan tidak mengalami kemajuan yang signifikan.

2. Moz Pro

Alat pemeriksa backlink yang dapat Anda gunakan adalah Moz Pro. Moz Pro merupakan alat pemeriksa backlink yang memungkinkan orang untuk memeriksa backlink situs mereka dengan cara yang mudah. Rangkaian alat SEO dari Moz Pro termasuk juga alat Link Explorer mereka.

Link Explorer dari Moz Prod dapat memberi Anda profil tautan secara detail dari situs website Anda. Sehingga Anda dapat membandingkannya dengan profil hingga 4 pesaing Anda. Dengan demikian memungkinkan Anda mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda yang mungkin berbeda dengan yang Anda lakukan.

Alat Pemeriksa Backlink Moz Pro

Selain itu alat ini juga memiliki alat praktis yang biasa disebut sebagai Link Intersect. Dengan ini Anda dapat melihat situs mana yang terhubung dengan situs pesaing Anda. Dengan begitu Anda dapat menargetkan situs-situs tersebut untuk membangun tautan ke situs web Anda.

Seperti alat pemeriksa backlink lainnya, Moz Pro juga memungkinakan Anda untuk melihat backlink yang hilang. Sehingga Anda dapat dengan segera mengganti tautan tersebut. Yang menarik dari alat ini adalah Anda tidak hanya bisa mendapatkan informasi backlink tapi juga bisa mendapatkan akses ke semua alat SEO Moz lainnya.

Anda juga dapat mengetahui kampanye untuk melacak dan menganalisis situs web Anda, memeriksa peringkat sehingga Anda dapat mengevaluasi kinerja mesin pencari Anda dan masih banyak lagi keunggulannya.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk alat ini berkisar $ 99 per bulan atau $ 79 per bulan di bayar di muka setiap tahun. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Moz juga menyediakan uji coba selama 30 hari yang memberi Anda akses penuh ke semua alat mereka.

3. SEMrush

SEMrush mungkin dikenal sebagai alat penelitian kata kunci, tapi tahukah Anda bahwa SEMrush juga merupakan alat pemeriksa backlink? Alat yang satu ini merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk penelitian kata kunci yang memiliki banyak alat ampuh untuk memungkinkan Anda menganalisis backlink situs Anda. Kami juga merekomendasikan alat ini untuk menjadi alat pemeriksa backlink Anda.

Untuk menggunakan SEMrush sebagai pemeriksa backlink situs Anda, Anda cukup masuk ke situs SEMrush, pilih ‘Backlink Analytics’ dan masukkan nama domain Anda. SEMrush akan menampilkan hasil dari informasi tentang domain Anda dan backlinknya.

Alat Pemeriksa Backlink SEMrush

Apabila Anda ingin melihat secara rinci tentang bagian apapun dari ikhtisar ini, Anda cukup klik tautan yang di bawah bagian itu untuk melihat laporan lengkapnya. Dengan alat ini Anda dapat memeriksa tautan apa yang dimiliki oleh situs Anda dan juga dapat membantu Anda untuk menemukan masalah seperti tautan yang memiliki kualitas rendah.

Dengan SEMrush Anda bisa dengan mudah melihat seberapa banyak total tautan yang dimiliki oleh halaman web Anda. Apabila Anda menemukan halaman yang memiliki ratusan backlink, bisa dipastikan bahwa itu adalah backlink spam.

Jika Anda ingin melihat backlink pesaing, Anda juga bisa menggunakan SEMrush untuk melihat situs otoritas tinggi yang menghubungkan mereka. Anda dapat melihat kata kunci mana yang mereka targetkan peringkat tinggi dan masih banyak lagi. SEMursh dapat memberi Anda daftar seluruh situs untuk Anda membangun backlink Anda sendiri.

SEMursh menawarkan harga mulai dari $ 99.95 per bulan atau Anda dapat mengambil harga $ 83.28 per bulan apabila Anda membayar di muka selama satu tahun. Jika Anda pemula, Anda dapat menggunakan opsi gratis yang disediakan oleh alat ini.

4. Ubersuggest

Alat pemeriksa backlink selanjutnya adalah Ubersuggest. Alat yang satu ini dimiliki oleh Neil Patel, dimana beliau adalah seorang pakar digital marketing terkemuka. Ubersuggest menawarkan alat untuk meriset kata kunci, tetapi Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk melihat backlink situs Anda.

Sama seperti SEMrush, Ubersuggest juga dapat digunakan untuk melihat backlink pada situs website Anda. Misalnya saja backlink yang hilang, backlink yang ditandai sebagai nofollow dan masih banyak lagi. Untuk melihat backlink pada situs Anda, Anda bisa menggunakan opsi gratis, tetapi Anda hanya akan mendapatkan detai dari sejumlah kecil backlink untuk setiap nama domain.

Alat Pemeriksa Backlink Ubersuggest

Jika Anda ingin melihat secara detail dan luas, Anda harus menggunakan versi berbayar.Sehingga Anda dapat menganalisi backlink, lalu lintas dan membantu Anda menemukan kata kunci yang dapat dijadikan sebagai ide konten yang akan Anda buat untuk situs web Anda. Untuk melakukan analisis backlink secara detail Anda dapat menggunakan versi berbayar yaitu berkisar $ 29 per bulan atau $ 290 per tahun apabila Anda membayar di muka. Tapi Anda juga bisa menggunakan versi gratis, dimana versi gratis ini memiliki keterbatasan akses.

5. BuzzSumo

BuzzSumo adalah alat yang dirancang untuk menganalisis konten Anda dan konten dari pesaing Anda. Alat ini sangat bagus karena dapat membantu Anda untuk membuat ide topik. Selain itu juga Anda dapat menggunakan alat ini untuk membantu Anda menyusun strategi Backlink Anda.

Menggunakan BuzzSumo sangat mudah, Anda cukup memasukkan kata kunci atau nama domain untuk melihat konten yang paling populer untuk kata kunci tersebut atau konten di domain itu. Lalu Anda klik ikon tautan di sebelah dari salah satu hasil untuk melihat backlink untuk konten tersebut.

Alat Pemeriksa Backlink BuzzSumo

Anda juga bisa memasukkan URL konten yang akan Anda lihat backlinknya, ini adalah cara bagus yang dapat Anda coba untuk melihat situs mana yang terhubung ke postingan teratas pesaing Anda. Alat ini memungkinkan Anda untuk menemukan halaman-halaman yang terhubung dengan URL atau nama domain tertentu. Alat ini memudahkan Anda untuk melihat backlink pesaing secara sekilas.

Dengan alat ini Anda dapat menyaring backlink untuk melihat dari berbagai periode waktu mulai dari 24 jam terakhir hingga 5 tahun terakhir. Jika Anda ingin menganalisis backlink secara mendalam, maka Anda harus menggunakan opsi berbayar mulai dari $ 99 per bulan atau $ 79 untuk menggunakan setiap tahun. BuzzSumo juga menyediakan opsi gratis selama 7 hari untuk uji coba.

Nah itulah ke 5 alat pemeriksa backlink yang paling populer dan dapat Anda gunakan untuk memeriksa backlink pada situs Anda. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat untuk orang banyak, Anda dapat membagikannya melalui media sosial Anda.

Artikel terkait:

  1. Cara Mudah Analisa Backlink Pesaing
  2. Cara Cepat Mendapatkan Backlink dari Google
  3. Waspadai Jasa Backlink Ngawur