Strategi Pemasaran Digital Terbaik untuk Bisnis B2B

Strategi Pemasaran Digital Bisnis B2B

Era digital memaksa perusahaan yang bergerak di bidang Business-to-Business atau B2B merubah cara mereka memasarkan produk atau layanannya. Dengan teknologi yang semakin berkembang menjadikan semua usaha atau bisnis beralih ke pemasaran digital.

Bahkan jika perusahaan Anda adalah B2B juga perlu untuk mengubah strategi pemasaran Anda menjadi pemasaran digital. Supaya Anda bisa menjadi harapan bagi klien yang telah merubah cara mereka menemukan produk atau layanan Anda.

Anda diharuskan siap beradaptasi dengan perubahan ini untuk memenuhi harapan klien Anda diluar sana. Anda perlu melakukan beberapa strategi pemasaran digital untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dan tetap mendapatkan pelanggan.

Mungkin selama ini Anda menganggap bahwa pengaruh teknologi terhadap bisnis yang Anda dijalankan bukanlah sesuatu yang baru. Tapi, yang berbeda sekarang adalah kecepatan dan perubahan teknologi. Jadi, pastikan bahwa Anda melakukan komunikasi dengan klien dengan cara yang mereka harapkan.

Berikut beberapa strategi pemasaran digital terbaik untuk bisnis B2B, sehingga Anda tetap bisa menjangkau klien Anda hari ini:

1. Memiliki Situs Website Profesional

Strategi Pemasaran Digital Terbaik untuk Bisnis B2B

Anda perlu memiliki situs website profesional yang mampu menarik audiens target Anda pada produk atau layanan Anda. Mungkin Anda telah memiliki website, tapi Anda perlu memastikan bahwa situs website Anda memiliki desain yang diharapkan audiens target Anda saat ini.

Ketika Anda telah memiliki situs website yang dirancang menggunakan teknologi terkini, bukan berarti selesai, namun Anda perlu untuk memeliharanya. Anda harus memastikan situs website Anda Menunjukan keahlian Anda dan pemberi solusi pada klien potensial Anda.

Anda perlu membuat situs website yang menjadi sumber daya industri Anda dan melibatkan klien dengan memberi mereka pengalaman yang informatif dan bermanfaat. Sehingga mereka mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cara yang mudah. Anda dapat memanfaatkan Website sebagai alat untuk mengumpulkan data termasuk penjualan.

Maka situs website B2B Anda harus:

  1. Resposive dan ramah seluler
  2. Tepat untuk audiens target Anda
  3. Ajakan bertindak untuk mendapatkan harga, menjadwalkan demo dan sebagainya
  4. Menampilkan testimoni dari klien
  5. Fitur lengkap
  6. Memiliki informasi industri lengkap, jelas dapat digunakan sebagai mengambil keputusan
  7. Diperbarui secara berkala dan di monitoring

Anda dapat membuat situs website yang memudahkan audiens target Anda menemukan Anda dan mengambil keputusan dengan menjabarkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat menjadi solusi terbaik daripada pesaing Anda.

2. Melakukan Optimasi SEO Pada Website

Strategi Pemasaran Digital Terbaik untuk Bisnis B2B

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa website Anda perlu untuk dipelihara. Pemeliharaan website bisa dilakukan dengan optimasi SEO, karena tanpa SEO tidak mungkin situs website Anda akan menghasilkan pengunjung potensial. Jika situs website Anda memiliki pengunjung potensial, maka Anda tidak bisa mengembangkan bisnis Anda.

SEO (Search Engine Optimization) membantu mesin pencari merayapi situs web Anda dan memberikan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian. Tapi melakukan SEO tidak semudah bayangan Anda, adalah keputusan terbaik untuk menggunakan jasa SEO untuk membantu meningkatkan SEO Anda. penyedia SEO melakukan optimasi SEO terbaik untuk membantu mesin pencari memberi peringkat tertinggi pada situs website Anda.

Mereka melakukannya dengan cara menerapkan kata kunci yang paling efektif untuk menghasilkan lebih banyak pengunjung potensial. Menerapkan teknik SEO on page dan off page yang berpedoman pada algoritma terbaru. Ini dapat membantu situs website Anda cepat diindeks oleh mesin pencari.

Membangun blog pada situs website adalah kewajiban, karena dapat membantu meningkatkan SEO Anda, disamping itu juga blog membantu menjadikan Anda sebagai pemimpin pemikiran dalam industri Anda. Anda dapat menuangkan keahlian Anda pada blog Anda, sehingga Anda memberi pengetahuan tentang industri Anda kepada klien sambil membantu mendapatkan klien baru ke situs web Anda.

Tentu saja Anda tahu bahwa siklus B2B cenderung berlarut-larut, maka Anda harus bisa memikat klien kembali ke situs website Anda dengan membuat konten yang kuat dan menarik. Anda dapat membuat konten yang bermanfaat bagi klien Anda yang pada akhirnya diarahkan ke akhir saluran konversi.

3. Melakukan Google Ads

Pemasaran Digital Bisnis B2B Menggunakan Google Ads

Tentu saja Anda tahu bahwa Google adalah mesin pencari terbesar didunia, dimana Google memiliki pengguna terbanyak diseluruh dunia. Melakukan iklan di mesin pencari terbesar akan memudahkan Anda ditemukan oleh klien Anda disana. Selain itu juga Anda dapat menjangkau pasar lebih luas, karena Google memiliki banyak pengguna.

Google menyediakan produk periklanan yang dikenal sebagai Google Ads (Dulu adalah Google Adwords) yang sangat populer di kalangan pemilik bisnis. Anda dapat mengiklankan bisnis B2B Anda menggunakan Google Ads untuk menjangkau klien Anda di mesin pencari Google.

Baca juga: Manfaat Google Ads

Google Ads menggunakan sistem PPC atau Pay Per Click, dimana Anda hanya akan membayar kepada Google ketika iklan Anda di klik oleh audiens target Anda. Harga yang ditawarkan oleh Google juga fleksibel, sehingga Anda dapat memiliki anggaran sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Pemasaran media sosial untuk bisnis B2B

Anda dapat menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi pemasaran digital untuk bisnis B2B Anda. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk mempromosikan bisnis B2B Anda. Sehingga Anda dapat menjangkau pengguna media sosial terbaik ini untuk menjadi klien Anda.

Salah satu cara paling efektif menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda adalah dengan memanfaatkan konten blog Anda. Postingan yang mengarahkan pengikut Anda ke konten yang bermanfaat, informatif, dan relevan dapat membantu meningkatkan SEO Anda. Tidak hanya Facebook dan Instagram tapi juga Anda bisa mempromosikan di semua platform media sosial Anda.

Pastikan Anda mempromosikan bisnis di media sosial dengan menggunakan visual yang menarik dan informasi yang bermanfaat seperti:

  1. Berita industri
  2. Solusi bagi setiap permasalahan klien
  3. Kiat industri
  4. Melakukan pembaruan secara berkala pada produk atau layanan Anda
  5. Kisah informatif tentang klien yang mendapatkan solusi dari produk atau layanan Anda
  6. Sertakan tautan situs website di media sosial
  7. Menggunakan video

Dengan memberikan informasi yang bermanfaat dan menjadi solusi bagi klien, membantu media sosial Anda ramai mendapatkan pengikut. Ini akan sangat bermanfaat bagi SEO Anda, karena media sosial dapatkan mengarahkan pengguna media sosial ke situs website Anda.

Kesimpulan

Pada dasarnya mengikuti perkembangan teknologi dan selalu diupdate adalah kunci utamanya. Untuk memulai melakukan strategi ini, Anda perlu memiliki semua aset digital termasuk situs website, blog dan media sosial. Tentu saja untuk melakukan ini semua Anda akan membutuhkan bantuan dari ahlinya. Anda dapat menghubungi kami untuk pembuatan website profesional, optimasi SEO terbaik dan pemasaran media sosial.

Anda dapat menghubungi kami untuk konsultasi gratis tentang layanan kami.!

× Butuh Bantuan?