Cara Gampang Meningkatkan SEO Toko Online

Cara Meningkatkan SEO Toko Online

Bagaimana cara meningkatkan SEO toko online? Memiliki toko online saja tidak cukup untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial, namun toko online Anda perlu untuk di optimalkan di mesin pencari. Sehingga toko online yang Anda bangun dengan biaya yang tidak sedikit dapat memberi keuntungan bagi Anda.

Situs website adalah platform terbaik untuk berjualan produk atau layanan secara online, maka Anda perlu untuk mengoptimalkanya untuk menghasilkan pelanggan. Karena jika situs website tidak dioptimalkan pada mesin pencari, maka sampai kapanpun situs website Anda tidak akan menghasilkan pelanggan potensial.

Supaya toko online Anda ditemukan oleh audiens target Anda, maka Anda perlu mengoptimasi SEO pada toko online Anda. SEO atau Search Engine Optimization adalah satu-satunya cara meningkatkan peringkat situs website Anda dalam pencarian organik. Tujuan utama dari optimasi SEO adalah menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik yang dapat di konversi.

Untuk meningkatkan SEO toko online Anda, kami telah menyiapkan tips atau cara meningkatkan SEO toko online yang dapat Anda praktikan sendiri atau dapat meminta bantuan dari seorang ahlinya. Mari, langsung saja kita mulai!

Cara Meningkatkan SEO Toko Online

Jika Anda ingin toko online Anda sukses dan menghasilkan lebih banyak pembeli, Anda wajib melakukan cara meningkatkan SEO toko online ini. Anda harus menerapkan-nya dengan cara yang tepat supaya segala upaya yang Anda lakukan mendapatkan hasil yang diharapkan. Berikut beberapa cara meningkatkan SEO toko online yang dapat Anda pelajari.

1. Jangan Hanya Mengandalkan Google Ads

Melakukan Google Ads memang sangat bermanfaat bagi penjualan, tapi Anda juga perlu menampilkan toko online Anda pada pencarian organik. Karena Google Ads tidak bisa menampilkan toko online Anda lebih lama seperti SEO. Lagipula ketika Anda berhenti melakukan Google Ads, maka toko online Anda berhenti di tampilkan di hasil pencarian.

Untuk lebih menguatkan toko online Anda, maka Anda tidak hanya mengandalkan Google Ads saja. Namun Anda perlu mengoptimalkan toko online Anda di mesin pencari menggunakan teknik-teknik SEO yang sangat bermanfaat untuk peringkat toko online Anda.

Jadikan SEO sebagai strategi memperkuat pemasaran mesin pencari Anda dan Google Ads sebagai pendukung untuk menjadikan toko online Anda lebih kuat dan menghasilkan hasil yang lebih banyak.

2. Buat Konten Original

Ini adalah yang paling penting dari cara meningkatkan SEO pada toko online Anda. Pastikan Anda membuat konten yang original, karena duplikat konten adalah kegiatan yang paling tidak disukai oleh mesin pencari. Untuk menghindari konten yang duplikat Anda perlu lebih kreatif dalam menggunakan kata-kata untuk deskripsi produk gambar dan lain sebagainya.

Meskipun Anda membuat konten yang original, pastikan Anda membuatnya sesuai dengan produk yang Anda jual. Sehingga tidak keluar dari jalur yang semisalnya. Anda cukup menggunakan kreatifitas Anda untuk menghasilkan konten yang original.

3. Sertakan Review dari Pelanggan

Review dari pelanggan akan sangat membantu meningkatkan traffic, pastikan Anda menyertakan review kepuasan pelanggan di halaman produk Anda. Buat pelanggan Anda memberikan review pada produk Anda, sehingga orang lain yang ingin membeli produk Anda tidak ragu dan bisa langsung membelinya.

Membuat pelanggan meninggalkan review memang tidak mudah, tapi demi membuat toko online mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut:

  1. Anda dapat meminta review kepada pembeli secara langsung atau melalui halaman produk.
  2. Anda dapat memberikan reward berupa kupon diskon atau cashback kepada pembeli yang memberi review.
  3. Minta review melalui email atau pesan singkat.

4. Menggunakan Kata Kunci yang Relevan

Untuk menghasilkan pengunjung berkualitas yang wajib dilakukan adalah menggunakan kata kunci yang relevan dan terkait dengan penjualan produk Anda. Anda dapat menggunakan kata kunci pada judul, ini sangat penting karena dapat memberi efek pada peringkat toko online Anda.

Toko online memang tidak memiliki banyak konten, tapi untuk membuat toko online Anda mendapatkan traffic dan peringkat. Maka Anda perlu mengoptimalkan judul menggunakan kata kunci yang relevan. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan kata kunci yang tepat.

Anda dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat. Menggunakan alat ini Anda dapat mengetahui kata kunci mana yang memiliki volume pencarian tinggi. Tapi Anda jangan berfokus pada kata kunci dengan volume tinggi saja, sebaiknya Anda menggunakan kata kunci yang akan membuat toko online Anda mendapatkan pengunjung yang tepat sasaran.

5. Gunakan Deskripsi Produk Secara Detail

Ini adalah salah satu cara meningkatkan SEO toko online yang harus benar-benar Anda perhatikan. Kebanyakan pemilik toko online menggunakan deskripsi produk duplikat dari milik orang lain bahkan dari produsen, terlalu singkat dan gaya penulisan deskripsi terlalu kaku.

Jika Anda ingin halaman produk Anda lebih menarik, maka Anda jangan malas untuk membuat deskripsi produk lebih detail. Anda dapat membuat deskripsi produk dengan spesifikasi lengkap dan memberikan informasi kelebihan produk yang Anda jual.

6. Optimasi Gambar Produk

Gambar memiliki daya tarik tersendiri, banyak orang yang akan langsung memutuskan membeli hanya dengan melihat gambar. Sebelum mereka memutuskan membeli, maka mereka akan mencari gambar produk melalui pencarian gambar.

Maka dari itu, untuk membuat gambar produk Anda muncul di halaman pencarian gambar, Anda harus memasukkan kata kunci terkait dengan produk Anda dalam tag ALT pada setiap gambar di toko online Anda. Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan sehingga orang yang menemukan gambar adalah orang tepat sasaran.

7. Optimasi URL dan Navigasi Toko Online

Tidak seperti situs website lain seperti blog yang memiliki struktur yang lebih mudah. Toko online memiliki struktur yang lebih rumit yang mengharuskan Anda lebih ekstra untuk mengatur struktur toko online Anda. Karena situs web yang memiliki struktur tidak teratur akan lebih sulit terindeks dan mendapatkan peringkat di hasil pencarian.

Untuk membuat toko online Anda di sukai oleh mesin pencari Anda wajib membangun struktur website dengan tepat. Anda perlu membuat internal link pada setiap konten untuk menuju halaman yang relevan. Hindari menggunakan link yang otomatis, karena ini tidak terlalu bagus pada perkembangan toko online Anda.

Anda harus mengatur struktur toko online dengan benar supaya dapat membantu pembeli menuju produk yang mereka inginkan. Atur halaman toko online Anda seusai dengan spesifikasi type dan merek dari produk yang Anda jual. Cara ini sangat membantu meningkatkan visibilitas toko online Anda di mesin pencari.

8. Mengatasi Produk Yang Sudah Sold Out

Untuk membuat pengunjung tidak langsung pergi dari toko online Anda ketika mereka mengklik produk yang sudah sold out. Anda perlu melakukan cara sebagai berikut.

Produk yang habis stock:

  1. Anda tidak perlu menghapus halaman produk yang sudah habis
  2. Anda cukup berikan informasi bahwa produk sudah habis
  3. Menawarkan kepada mereka dengan produk yang sejenis

Produk yang sudah tidak dijual lagi:

  1. Arahkan ke produk baru
  2. Arahkan ke halaman kategori
  3. Anda dapat menghapus halaman tersebut kemudian memberitahukan kepada Google Webmaster Tools bahwa halaman tersebut tidak direkomendasikan
  4. Anda dapat menggunakan URL tersebut untuk produk yang sejenis
  5. Atau Anda dapat memberi tahu kepada pengunjung bawah produk tersebut sudah tidak dijual lagi

9. Bagikan Produk Ke Media Sosial

Cara meningkatkan SEO toko online yang terakhir adalah membagikan link produk-produk Anda ke media sosial. Anda dapat menggunakan berbagai akun media sosial untuk membagikan link produk toko online Anda. Sehingga para pengguna media sosial tersebut dapat melihat produk dan mengunjungi toko online Anda.

Cara ini cukup efektif untuk membuat produk-produk yang ada di toko online Anda di lihat oleh khalayak luas atau pengguna media sosial di seluruh dunia.

Nah, itulah ke 9 cara meningkatkan SEO toko online yang dapat Anda coba, jika Anda membutuhkan bantuan dari ahlinya jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami melayani jasa SEO toko online untuk meningkatkan pesanan online Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Butuh Bantuan?