Project Management, Pengertian, Proses Dan Dasar Pembuatan

Pernahkah Kamu mendengar istilah project management? Secara pengertian project management adalah suatu disiplin ilmu dalam inisiasi, perencanaan, ilmu pengorganisasian, pelaksanaan, ilmu pengontrolan dan penutupan sebuah kerja tim untuk meraih tujuan yang jelas.

Project management berisi tentang penjelasan bagaimana agar suatu rencana atau suatu proyek bisa berjalan dengan target pencapaian tertentu yang diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Dalam Project Management terdapat proses perencanaan ( planning ) kegiatan, ada pengaturan ( organizing ), ada pelaksanaan dan juga ada pengendalian ( controlling ). Selama proses perencanaan, pengaturan, proses pelaksanaan dan proses pengendalian tersebut itulah, orang mengenal dengan namanya proses manajemen.

Tujuan Dari Proses Manajemen

Dalam artikel ini, Kamu perlu tahu tentang tujuan dari proses manajemen itu sendiri. Dalam proses manajemen ada serangkaian kegiatan yang perlu di perhatikan. Semua rangkaian kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tepat waktu, artinya tidak sampai terjadi keterlambatan penyelesaian suatu proyek
  2. Biaya yang sesuai, maksudnya adalah supaya tidak terjadi ada biaya tambahan dari perencanaan biaya yang sudah dianggarkan sebelumnya.
  3. Kualitas yang sesuai dengan persyaratan
  4. Proses kegiatan bisa berjalan dengan lancar

Proses perencanaan ( planning ) proyek bisa dikelompokkan menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah planning dalam garis manajemen konsultan, sedangkan untuk tahap yang kedua adalah adanya tahap dalam garis manajemen kontraktor.

Untuk konsultan, perencanaan yang ditangani meliputi perencanaan fisik struktur secara terperinci sampai pada proses perencanaan anggaran biaya proyek dan durasi pekerjaan proyek.

Untuk kontraktor, perencanaan yang ditangani meliputi perencanaan metode kontraktor, perencana rencana anggaran dalam pelaksanaan proyek, dan perencanaan administrasi lapangan maupun perusahaan.

Proses Dan Dasar Pembuatan

1.Proses Pembuatan Project Management Plan

Untuk project management plan biasanya dibuat oleh seorang manajer proyek. Kemudian, nanti akan ditandatangani oleh key stakeholder, dan menjadi dasar rencana dalam suatu proyek.

Bila nanti terdapat adanya perubahan, maka secara formal perubahan tersebut akan masuk ke dalam change control. Perubahan tersebut akan menjadi bahan perbandingan antara project actual dengan project baseline.

Proses selanjutnya bila manajer proyek sudah menyelesaikan dokumen project management plan, maka langkah selanjutnya akan diadakan kick-off meeting untuk memulai proyek secara resmi.

Dilakukannya kick-off meeting tujuannya adalah supaya memberitahukan kepada stakeholder, bahwa secara resmi proyek akan berjalan dan memberikan gambaran kepada setiap stakeholder mengenai aktivitas-aktivitas apa saja yang nanti akan dilakukan.

Pembuatan dokumen manajemen proyek adalah keharusan untuk proyek kecil mapun proyek besar.

2. Isi Project Management Plan

Apasaja sebenarnya isi dalam project management plan? Seorang manajer proyek biasanya sebelum suatu proyek dimulai akan menanyakan dokumen penting dalam suatu proyek. Dokumen terseput misalnya project charter dan project management plan

Manager proyek biasanya akan meminta penjelasan secara menyeluruh isi dari manajemen proyek, yang bertujuan untuk menilai kesiapan seluruh stakeholder dalam menjalankan suatu proyek.

3. Dasar Untuk Pembuatan Project Management Plan

Berikut ini adalah beberapa hal dasar dalam proses pembuatan suatu rencana manajemen yang perlu diperhatikan:

A.Project charter. Ini digunakan sebagai titik mula untuk perencanaan awal dalam initiating process group.

B.Output from other processes. Semua baseline dan subsidiary plan yang menjadi output pada proses perencanaan lainnya akan menjadi input pada proses ini.

C. Enterprise environmental factors. Ini adalah standar industri atau pemerintah, sistem informasi manajemen proyek, struktur organisasi, budaya, management practices, infrastruktur, dan administrasi personil.

D. Organizational process assets, Bisa berupa guideline yang sudah terstandarkan, Work Instruction (WI), kriteria evaluasi proposal, kriteria pengukuran kinerja, template project management plan, prosedur change control, project files dari berbagai proyek, historical information dan lesson learned knowledge base, dan konfigurasi management knowledge base.

Mau dapatkan informasi lebih lengkap tentang proyek manajemen? Buat Kamu yang saat ini sedang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Project Management, Kunjungi http://projectnowadays.com saja. Berbagai artikel menarik seputar topik bahasan tersebut ada di web tersebut.

× Butuh Bantuan?