Medium Vs WordPress Mana Yang Terbaik Untuk Memulai Blog?

Perbandingan WordPress vs Medium

Ketika Anda ingin membangun website atau blog untuk blogging Anda, tentunya Anda akan menggunakan platform blogging yang terbaik. Mungkin saat ini Anda ingin mengetahui Perbandingan WordPress vs Medium untuk membantu Anda dalam memutuskan platform mana yang harus Anda pilih untuk memulai blog. Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah WordPress dan Medium, karena kedua platform ini dikenal sebagai platform blogging terpopuler.

WordPress adalah platform blogging yang telah digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia. Karena WordPress menawarkan kemudahan bagi penggunanya, jadi tidak heran jika WordPress menjadi pilihan utama untuk platform website atau blog mereka. Sedangkan Medium adalah platform blogging gratis yang dapat membantu Anda untuk membuat cerita dan memiliki ruang personal sendiri di website.

Apabila Anda ingin memilih platform terbaik untuk menjalankan blog Anda, Anda wajib membaca tulisan ini hingga akhir. Memilih platform blogging akan menjadi sulit jika Anda tidak mendapatkan informasi yang akurat tentang platform blogging yang akan Anda gunakan. Di tulisan ini kami akan membahas perbandingan platform blogging Medium VS WordPress untuk membantu Anda menentukan platform blogging mana yang cocok untuk Anda.

Mari, langsung saja kita mulai!

Pengertian Medium VS WordPress

Medium merupakan platform blogging dan penerbit untuk cerita, siapapun dapat menggunakan platform Medium untuk mulai menulis dan menerbitkannya. Anda dapat membuat konten Anda sendiri dengan mendaftar di Medium untuk menerbitkan menggunakan editor yang ramah pengguna. Dengan mendaftar di medium, Anda tidak perlu membuat situs website sendiri, itu artinya Anda melakukan semuanya di platform Medium.

Sedangkan WordPress adalah platform yang sangat populer dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. WordPress menjadi CMS terpopuler karena kemudahan dan kelengkapan tema dan plugin yang ditawarkannya. WordPress memiliki dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org dimana keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Anda dapat membaca perbedaan WordPress.com VS WordPress.org disini.

4 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Platform WordPress

Untuk memudahkan Anda menentukan platform mana yang lebih tepat untuk Anda. Anda harus mengetahui Perbandingan WordPress vs Medium dan alasan-alasan mengapa Anda harus memilih WordPress untuk platform blogging Anda. Sebelum memilih salah satu diantara Medium dan WordPress, Anda perlu mengetahui keunggulan WordPress dan Medium, karena hal ini dapat memudahkan Anda dalam memutuskan platform mana yang akan Anda gunakan. Berikut sejumlah keunggulan WordPress yang wajib Anda ketahui.

1. Anda Dapat Memiliki Situs Website Sendiri

Apabila Anda memilih WordPress sebagai platform blogging Anda, maka Anda akan memiliki situs website sendiri dan semua konten yang Anda terbitkan. Anda dapat menerbitkan konten semau Anda dan dan dapat untuk monetisasi. Dengan WordPress Anda akan lebih mudah untuk menghasilkan uang dari blog yang Anda terbitkan di situs website Anda.

Keuntungan memiliki situs website sendiri yaitu:

  1. Tidak akan pernah ada yang bisa menutup akun Anda atau mengeluarkan Anda dari platform, kecuali jika Anda telah melakukan pelanggaran.
  2. Anda dapat secara bebas melakukan perubahan apapun di situs website Anda sendiri.
  3. Data dan konten yang Anda buat di situs website Anda menjadi milik Anda 100% selamanya. Anda dapat dengan mudah untuk mengedit atau menambahkan konten semau Anda.

2. Mudah Untuk Mengubah Fitur dan Mengubah Tampilan Situs Website

Keuntungan menggunakan WordPress sebagai platform blogging Anda adalah Anda dapat dengan bebas mengubah fitur dan mengubah tampilan situs website Anda. Anda dapat menggunakan plugin yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas situs web Anda dan dapat menggunakan tema untuk mempercantik tampilan situs website Anda.

WordPress menyediakan ribuan pilihan tema yang dapat membantu mempercantik situs website Anda. WordPress juga menawarkan berbagai plugin yang di butuhkan untuk membantu situs website semakin menarik bagi mesin pencari dan pengguna.

  1. Plugin – Plugin sangat penting untuk situs website, karena dengan menggunakan plugin yang sesuai di situs website Anda, dapat menambah fungsionalitas tambahan ke blog Anda. Ini akan sangat memudahkan Anda karena dengan menambahkan plugin akan memudahkan pengunjung untuk membagikan konten Anda ke media sosial, mengisi formulir kontak dan lain sebagainya.
  2. Tema – Situs website yang cantik akan lebih menarik bagi pengunjung dan juga mesin pencari. WordPress menyediakan ribuan tema yang dapat Anda pilih untuk membuat situs website Anda lebih menarik.

Anda dapat menggabungkan kedua jenis ekstensi ini untuk membuat situs website Anda terlihat menarik dan berfungsi dengan baik. Ini mengapa banyak orang lebih memilih WordPress untuk platform blogging mereka. Karena mereka dapat dengan mudah dan bebas menggunakan tema dan fitur yang mereka inginkan.

3. Pembuatan Konten Tidak Terbatas

Mungkin di Medium pembatasan konten tidak terlalu memberatkan, tapi tetap saja akan ada beberapa batasan pada jenis konten yang bisa Anda buat di Medium. Jika Anda tidak mengikuti peraturan dari Medium, maka Anda dapat berakhir dengan penutupan akun Medium Anda. Sedangkan dengan WordPress tidak ada batasan untuk membuat konten, Anda dapat membuat konten sebanyak Anda mau dan semampu Anda.

4. WordPress dapat Monetisasi

Apabila Anda membangun blogging dengan tujuan untuk menghasilkan banyak uang, maka Anda wajib memilih WordPress daripada Medium. Walaupun Medium memiliki Program Mitra yang dapat menjadikan seseorang menghasilkan uang dari konten mereka, tapi itu tidak menghasilkan uang yang banyak. Itu sebabnya banyak orang yang lebih memilih WordPress untuk menghasilkan lebih banyak uang dari konten yang mereka buat.

Dengan WordPress Anda juga mendapatkan paket komplit, yaitu:

  1. Dapat menjalankan iklan, semakin baik iklan yang Anda jalankan semakin besar peluang bagi Anda untuk menghasilkan lebih banyak uang.
  2. Dapat Menerima Sponsor
  3. Dapat menggunakan program afiliasi
  4. Dan apapun yang ingin Anda hasilkan lebih banyak uang

Banyak dari perusahaan besar yang menggunakan WordPress untuk membantu mereka untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Jadi, apabila Anda ingin memiliki platform blogging yang dapat menghasilkan uang, kami sarankan untuk menggunakan WordPress.

3 Alasan Memilih Medium Untuk Blogging Anda

Tidak adil jika hanya menjelaskan keunggulan WordPress saja, berikut beberapa area dimana Medium lebih unggul dari WordPress:

1. Medium Sangat Sederhana dan Mudah Digunakan

Jika Anda tidak berniat untuk memiliki situs website sendiri dan tidak ingin menambahkan fitur dan tema sesuai dengan keinginan Anda. Maka Medium adalah jawabannya, Anda dapat dengan mudah untuk membangun dan berjalan dengan blog. Dengan menggunakan Medium untuk blog, sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam hal manajemen.

Cara mendaftarnya pun sangat mudah dan sederhana, Anda cukup login menggunakan login sosial untuk mulai menulis postingan pertama Anda. Medium juga memiliki aplikasi seluler yang dapat memudahkan pembaca artikel menggunakan perangkat mobile mereka. Sehingga pembaca bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

2. Memiliki Pemirsa Internal

Jika dengan menggunakan WordPress, memungkinkan Anda untuk membangun audiens target Anda sendiri. Anda perlu kerja keras untuk mendatangkan pengunjung potensial ke situs website Anda. Tapi dengan Medium Anda tidak perlu melakukannya.

Keunggulan lain dari Medium adalah pemirsa dan lalu lintas bawaannya. Dengan menggunakan Medium Anda tidak harus memasarkan blog Anda karena Medium memiliki sekelompok besar pembaca yang datang ke Medium khusus untuk membaca konten orang lain. Apabila Anda memiliki konten yang berkualitas tinggi, maka Anda dapat menjangkau orang-orang yang tergabung di Medium.

3. Memiliki Komponen Sosial

Yang lebih menguntungkan dari Medium adalah memiliki elemen sosial yang sulit didapatkan di situs WordPress. Mungkin WordPress memiliki fungsionalitas yang cukup mudah, namun komunitasnya sedikit sulit untuk dibangun. Di Medium artikel Anda dapat dengan mudah untuk dikomentari, di bagikan atau mendapatkan tepuk tangan oleh pengguna lain.

Selain itu, di Medium juga Anda dapat dengan mudah mengikuti akun medium milik orang lain. Dan juga sistem notifikasi yang mirip seperti Facebook, dimana semua orang dapat mengetahui pembaruan konten dan artikel terbaru.

Mana Yang Harus Anda Pilih Antara WordPress vs Medium?

Sekarang Anda telah mengetahui Perbandingan WordPress vs Medium. Jadi, mana yang terbaik untuk platform blogging Anda? Apakah Medium atau WordPress? Sebenarnya itu tergantung pada tujuan Anda membangun blogging. Jika Anda hanya ingin menulis dan tidak mengharapkan menghasilkan uang, maka Medium merupakan pilihan yang bagus, selama Anda setuju dengan fakta dibawah ini:

  1. Anda tidak akan memiliki kepemilikan penuh atas situs Anda dan Anda juga membangun blogging di atas merek pihak lain.
  2. Anda tidak akan bisa mengontrol situs Anda terlihat atau berfungsi.
  3. Anda tidak dapat memonetisasi situs Anda seperti yang Anda inginkan.
  4. Memungkinkan mengalami pembatasan konten

Tapi jika Anda ingin membangun platform blogging yang bertujuan untuk jangka panjang dan untuk membangun merek Anda sendiri. Maka WordPress adalah yang wajib Anda pilih, karena dengan WordPress artinya Anda memiliki situs web sendiri dan berdiri sendiri. Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan WordPress dan menjadikan merek Anda di kenal oleh banyak orang.

Butuh Bantuan Spesialis Desain Web WordPress?

Jika Anda telah memutuskan untuk membangun blogging menggunakan platform WordPress, jasa pembuatan website WordPress dapat mewujudkan impian Anda. Kami dapat membantu Anda untuk memiliki situs website WordPress sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mempercayakan pembuatan website WordPress Anda kepada kami yang telah berpengalaman dalam membangun situs website canggih.

Segera hubungi kami untuk mendiskusikan proyek situs website yang Anda butuhkan. Dengan menghubungi kami hari ini, Anda bisa mendapatkan konsultasi gratis dari seorang ahli desain website profesional.

× Butuh Bantuan?