Cara Sederhana Untuk Maintenance Website Anda Secara Efektif

cara maintenance website

Memiliki situs website atau blog berarti Anda memiliki tanggung jawab untuk maintenance situs web atau blog Anda. Membangun situs web tidak hanya membuatnya dan melupakannya, tapi Anda juga harus menjaganya supaya berjalan sebagaimana mestinya. Maintenance website suatu kewajiban jika Anda ingin situs website Anda berhasil dan menghasilkan hasil yang Anda harapkan. Jadi, bagaimana cara untuk maintenance website secara efektif? Kamu bisa melakukannya setelah membaca tulisan ini hingga selesai.

Mengapa maintenance website sangat penting? Jika Anda melakukan pemeliharaan situs website, maka situs website Anda dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil terbaik. Jika Anda mengabaikan situs website Anda begitu saja tanpa melakukan pemeliharaan, bukan tidak mungkin situs website Anda tidak kan mendapatkan pengunjung potensial.

Karena situs website yang tidak di maintenance, akan membuat pengunjung tidak puas. Misalnya saja pengunjung Anda mengunjungi halaman website Anda dan ingin mengunjungi tautan yang Anda berikan, ternyata tidak berfungsi atau rusak. Itu membuat citra Anda buruk karena telah memberikan tautan yang tidak berfungsi dan itu akan membuat pengunjung Anda meninggalkan dan tidak akan mengunjungi kembali situs website Anda.

Biasanya juga pengunjung mencari informasi terbaru, produk atau fitur yang menarik. Selain itu juga situs website yang tidak di maintenance akan membuat situs website Anda mudah untuk direntas oleh hacker. Jadi, dengan memaintenance situs website dapat membantu Anda dalam memberikan informasi terbaru tentang perusahaan atau produk Anda kepada pengunjung. Maintenance website juga dapat membantu situs web Anda terhindar dari perantas.

Apa Itu Maintenance Website?

Maintenance website adalah kegiatan memeriksa situs website secara teratur untuk masalah atau kesalahan yang terjadi pada website. Maintenance website juga diartikan sebagai menjaga situs website untuk tetap diperbarui dan relevan. Maintenance website sendiri harus Anda lakukan secara konsisten untuk menjaga situs website tetap berjalan dengan baik, sehat dan mendorong pertumbuhan lalu lintas yang berkelanjutan. Selain itu maintenance website juga dapat memperkuat peringkat situs website Anda di hasil pencarian mesin pencari.

Membuat situs website tetap terpelihara dengan baik dan menarik menjadi sangat penting jika Anda ingin situs website Anda berhasil. Karena dengan maintenance secara konsisten dapat mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan melakukan pemeliharaan website secara konsisten memastikan situs website Anda tetap sehat dan berjalan dengan baik.

Cara Mudah Maintenance Situs Website

Jadi, bagaimana cara mudah untuk maintenance situs website, supaya situs website tetap berjalan dengan baik? Ada segala macam hal yang perlu Anda lakukan saat Anda maintenance situs website. Jika Anda melakukan maintenance website sendiri tanpa menggunakan jasa maintenance website, maka berikut yang harus Anda lakukan.

1. Jalankan Pembaruan Situs Website Anda

Kapan Anda melakukan pembaruan informasi pada situs website Anda? Apakah dua hari yang lalu, satu minggu lalu atau berbulan-bulan lalu atau bahkan setahun yang lalu? Mesin pencari tidak akan memberikan peringkat kepada situs website yang tidak memperbarui konten selama berbulan-bulan bahkan tahun.

Pastikan bahwa Anda tidak menunda-nunda untuk melakukan pembaruan pada situs website Anda. Jika Anda pernah mengunjungi sebuah situs website yang tidak diperbarui secara teratur, kami yakin Anda tidak akan lagi mengunjungi nya kembali. Karena situs website yang tidak diperbarui secara teratur akan dianggap sebagai bisnis yang sudah tidak aktif lagi. Jadi, mengapa Anda tidak melakukan pemeliharaan situs website Anda secara rutin?

Konten Situs Website

Konten adalah raja dan situs website membutuhkan konten untuk mendorong pengunjung ke situs website Anda. Konten tidak hanya artikel, tapi juga berbentuk gambar, video, unduhan gratis atau apapun yang dapat menarik pengunjung baru dan menarik pengunjung kembali mengunjungi situs web Anda. Berikut beberapa cara maintenance situs website Anda yang harus Anda lakukan:

1. Pembaruan Produk

Cara maintenance website yang dapat mendatangkan pengunjung baru adalah dengan melakukan perabuan produk. Pembaruan produk sangat penting jika bisnis Anda memiliki elemen toko online.

  1. Mengumumkan produk baru atau menambahkannya secara berkala.
  2. Memperbarui rencana navigasi, Anda harus menambahkan halaman dan menambahkannya ke sitemap.
  3. Apabila situs website Anda memiliki navigasi samping, pembaruan dapat ditambahkan ke dalamnya. Sehingga orang-orang yang mengunjungi halaman web Anda, mereka dapat melihat pengumuman produk atau informasi baru.
  4. Apabila Anda ingin mengecualikan atau menghentikan beberapa produk, Anda dapat mengumumkan produk baru yang nantinya akan menggantikannya di bila navigasi.
  5. Perubahan harga, jika Anda melakukan perubahan harga, Anda harus mengumumkannya juga di situs web Anda. Karena dengan memberikan informasi terbaru tentang harga Anda, maka dapat mendorong penjualan Anda.

2. Buletin Berita Untuk Perusahaan

Anda dapat memamerkan ulasan produk atau layanan dari pelanggan Anda di situs website Anda, sehingga pengunjung Anda tidak akan ragu dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Ketika Anda memaintenance situs website Anda, Anda juga harus memperbarui konten lama Anda. Sehingga konten-konten lama Anda tidak akan ketinggalan zaman dan menjadi daya tarik baru bagi pengunjung Anda.

Penambahan Fitur

Apabila Anda merasa situs website Anda tidak memiliki fitur tertentu yang dapat mendorong situs website lebih profesional. Kini saatnya Anda menambahkan fitur yang Anda butuhkan di situs website Anda. Ketika Anda melakukan pemeliharaan situs website secara rutin, maka Anda akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki pada situs web Anda. Misalnya saja Anda perlu menambahkan fitur untuk berbagi halaman web Anda ke jejaring sosial atau menambahkan live chat.

2. Mencadangkan Situs Website Anda Secara Teratur

Untuk menghindari kehilangan data yang diakibatkan situs website Anda direntas, Anda dapat mencadangkan situs website Anda. Dengan mencadangkan situs website, Apabila situs web direntas, Anda hanya cukup memulihkan file yang Anda cadangkan. Anda tidak perlu memulai kembali dari Awal yang tentunya akan memakan waktu yang lama.

Jika Anda menjalankan CMS, Anda cukup dengan menginstal plugin cadangan yang nantinya akan membuat cadangan situs website ketika Anda melakukan pembaruan. Tapi, apabila Anda menjalankan situs website dengan halaman HTML dan file flash, maka Anda dapat menggunakan program FTP yang dapat menyalin dan menempel seluruh direktori root ke folder komputer Anda.

3. Memeriksa Video, Gambar dan Tautan di Situs Web Anda

Hal paling penting dalam maintenance situs website adalah memastikan bahwa tautan Anda berfungsi. Sangat sering terjadi kerusakan pada tautan, misalnya saja Anda menautkan ke video Youtube dan ternyata URL nya berubah bahkan mungkin videonya telah dihapus. Apabila video tersebut telah dihapus di Youtube berarti itu tidak akan muncul di situs web Anda dan Anda harus mengganti video lain atau tidak memberikan referensi di halaman web Anda. Ini juga berlaku untuk gambar atau tautan keluar yang sudah tidak valid.

4.Mengevaluasi Kinerja SEO Anda

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu proses meningkatkan peringkat situs website di halaman satu Google yang bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial. Dengan melakukan SEO pada situs website Anda, maka situs web Anda dapat memperoleh peringkat terbaik di hasil pencarian mesin pencari dan pada akhirnya mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial yang dapat dikonversi menjadi pelanggan.

Tapi perlu diingat, apabila Anda telah menerapkan teknik SEO pada situs website Anda, maka Anda harus konsisten melakukannya. Sehingga Anda dapat mengevaluasi kinerja SEO Anda. Tujuan utama dari mengevaluasi kinerja SEO adalah untuk mengetahui apakah teknik SEO yang diterapkan bekerja dengan baik dan menghasilkan lalu lintas lebih banyak atau tidak.

Untuk mengevaluasi kinerja SEO, Anda dapat menggunakan beberapa alat yang di sediakan oleh Google seperti Google Analytic dan Google Search Console. Kedua alat ini dapat membantu Anda dalam mengetahui jumlah, pengunjung yang masuk ke situs web Anda, rasio pentalan dan lain sebaginya.

5. Buat Konten Tetap Segar

Bukankah ketika Anda mengunjungi sebuah situs website, Anda ingin mencari informasi baru? Begitu yang dipirkan oleh pengunjung situs website Anda. Jadi, mengapa Anda tidak melakukan pembaruan konten secara rutin pada situs website Anda? Orang-orang yang mengunjungi situs website Anda menginginkan Anda memberikan informasi terbaru. Jadi, semakin sering Anda memperbarui konten situs web Anda, semakin banyak pula lalu lintas yang akan Anda dapatkan.

Itulah ke 5 cara maintenance website yang efektif yang dapat Anda lakukan sendiri. Tetapi apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk maintenance website sendiri, Anda dapat mempercayakan kepada kami. Kami perusahaan digital yang menyediakan layanan maintenance website profesional. Anda dapat menghubungi kami hari ini untuk mendiskusikan layanan maintenance website yang dapat membantu memelihara situs website Anda.

× Butuh Bantuan?