Apa Saja Jenis-Jenis Iklan Google?

Jenis-jenis Google Ads

Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk mengiklankan bisnis Anda untuk menjangkau audiens target Anda, maka ada baiknya Anda memilih tempat yang tepat. Pastikan bahwa Anda memilih platform yang tepat sebelum Anda memulai untuk berinvestasi ke dalam iklan Berbayar. Layanan iklan berbayar yang paling terkenal dan yang paling dipercaya memberi hasil yang luar biasa adalah iklan Google.

Google Ads adalah program Periklanan online yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda di mesin pencari Google. Mungkin Anda telah mengetahui bahwa Google merupakan mesin pencari terbaik yang telah memiliki banyak pengguna. Ini adalah peluang yang bagus bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda melalui iklan berbayar dari Google.

Anda dapat berinvestasi ke dalam Google Ads, dimana Anda dapat menargetkan lebih banyak konsumen yang secara aktif mencari produk atau layanan Anda di sana. Ini adalah peluang unik yang di tawarkan oleh Google kepada pemilik bisnis untuk menampilkan produk atau layanannya di depan audiens target Anda.

Google menawarkan banyak alat periklanan yang dapat Anda terapkan dalam pemasaran merek Anda. Dengan mengiklankan bisnis Anda menggunakan iklan Google Anda dapat menjangkau jutaan konsumen yang secara aktif mencari produk atau layanan Anda di mesin pencari Google. Sebelum kita menuju ke pembahasan jenis-jenis iklan Google, sebaiknya Anda mengetahui pentingnya Iklan Google untuk bisnis Anda.

Mengapa Anda Perlu Beriklan di Google?

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Google adalah mesin pencari nomor satu yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Ada jutaan orang diseluruh dunia yang setiap harinya mencari berbagai informasi disana. Ini lah sebabnya mengapa Anda perlu mempromosikan bisnis Anda di Google untuk menjangkau pengguna Google yang membutuhkan produk atau layanan Anda. Selain itu juga Google menawarkan beberapa keuntungan seperti berikut:

  1. Menawarkan anggaran yang fleksibel, Anda dapat memilih anggaran sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Sistem PPC (Pay Per Klick), dimana anggaran atau saldo Anda hanya akan berkurang ketika seseorang mengeklik situs web Anda.
  3. Dapat mengontrol pengeluaran sesuka hati, Anda dapat mengatur sendiri kapan iklan Anda ingin di tayangkan.
  4. Mendapatkan umpan balik yang relatif lebih cepat dan terukur tentang kinerja kampanye iklan Anda.
  5. Anda dapat menargetkan orang yang tepat, Anda dapat mengatur iklan Anda untuk mendatangkan audiens yang tepat ke situs website Anda.
  6. Anda bisa mencapai skala luar biasa dengan kampanye Anda.

Yang lebih menguntungkan dari iklan google adalah kemampuan menjangkau konsumen yang tepat dan di waktu yang tepat. Iklan Anda hanya akan ditampilkan untuk orang-orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. Sehingga Anda tidak akan menghabiskan banyak uang untuk biaya iklan online Anda.

Jenis-Jenis Iklan Google

Sebelum Anda memulai untuk melakukan iklan berbayar di Google, Anda perlu memilih salah satu dari jenis iklan Google yang tersedia. Berikut ini jenis-jenis Iklan Google dan apa saja yang dapat mereka lakukan untuk bisnis Anda.

1. Search Ads

Pada umumnya orang-orang yang menggunakan mesin pencari memiliki tujuan tertentu, yaitu untuk mencari jawaban, mendapatkan solusi dari masalah mereka bahkan menemukan produk atau layanan yang mereka butuhkan. Ini mengapa mesin pencari Google menjadi saluran pemasaran yang sangat kuat untuk mempromosikan berbagai bisnis.

Lagi pula dengan menampilkan bisnis Anda di hasil pencarian Google untuk kata kunci yang Anda targetkan dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Jenis iklan Google Ads yaitu menampilkan iklan situs website Anda di halaman satu hasil pencarian Google. Sebagai contohnya, misalnya saja pencarian “cuci sofa” maka Google akan menampilkan hasil iklan seperti berikut:

Search Ads

Manfaat yang Anda dapat dari Google Ads adalah iklan Anda akan ditampilkan di tempat yang sebagian besar pencari melihat hasil pencarian pertama (Halaman Pertama). Google juga menampilkan iklan Anda dengan format yang sama dengan hasil pencarian organik. Yang membedakannya hanyalah menyatakan sebagai “Iklan” sehingga pencari akan terbiasa melihat dan dapat mengeklik dan mengunjungi iklan Anda.

Apabila Anda ingin lebih mudah dan tidak sempat melakukan iklan Google sendiri, Anda dapat meminta bantuan kepada jasa iklan Google profesional. penyedia layanan iklan Google dapat membantu Anda dalam menjalankan Search Ads dengan tepat untuk bisnis Anda.

2. Google Display Network

Anda dapat mengiklankan produk atau layanan Anda menggunakan Google Display Network, jenis iklan Google ini cukup efektif untuk menjangkau pelanggan potensial Anda. Google Display Network atau iklan gambar memberi Anda pilihan untuk menjangkau pelanggan Anda di luar hasil pencarian Google. Produk atau layanan Anda akan di tampilkan melalui spanduk teks, gambar atau video yang muncul ketika pengguna menjelajahi web tertentu, menggunakan aplikasi bahkan ketika mereka menonton video.

Perlu Anda ketahui bahwa Google memiliki jaringan situs website di berbagai industri dan juga pemirsa yang memilih untuk menampilkan iklan bergambar dari Google. Google Display Network memberi keuntungan bagi pengiklan, dimana mereka bisa menampilkan konten mereka tepat di depan audiens yang selaras dengan kepribadian mereka. Sedangkan keuntungan bagi pemilik situs website adalah mereka mendapatkan bayaran atas klik atau tayangan pada iklan.

3. Shopping Ads

Shopping Ads adalah layanan iklan Google yang sangat cocok bagi pemilik bisnis yang memiliki situs website toko online atau e-commerce. Dengan menggunakan jenis iklan Google ini, produk Anda ditampilkan di tempat yang dapat dilihat secara langsung oleh pencari. Yang menarik dari kampanye belanja Anda dapat mengiklankan setiap produk secara individual tanpa harus menetapkan tawaran pada semua kata kunci produk.

Yang harus Anda tahu dari iklan Google shopping, apabila Anda ingin menampilkan produk dari toko online Anda di Shopping Ads. Maka Anda perlu menyiapkan Google Merchant Center. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena Shopping Ads tidak memiliki banyak pengaturan dan proses pasang iklan tidak terlalu sulit.

4. YouTube Ads

Jenis iklan Google Ads ini memungkinkan Anda menampilkan iklan Anda di Youtube. Youtube merupakan salah satu di Jaringan Display Google yang diukur dengan sendirinya. Youtube merupakan media ke tiga yang paling banyak dikunjungi di website setelah mesin pencari dan media sosial Facebook. Youtube merupakan sebuah situs web berbagi video yang memiliki banyak pengguna. Ini lah yang membuat Youtube menjadi peluang bagus untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Jika Anda adalah seorang pengguna Youtube atau pernah menonton video di Youtube. Tentunya Anda telah terbiasa dengan iklan pra-putar yang akan Anda saksikan atau opsi spanduk dan hamparan sebelum video Youtube yang ingin Anda tonton. Itu lah yang disebut sebagai video Ads yang memungkinkan orang untuk melihat iklan Anda dan tertarik terhadap apa yang Anda tawarkan.

5. Kampanye Aplikasi Universal

Apabila Anda memiliki bisnis yang menyediakan aplikasi untuk pelanggan Anda, ini adalah iklan Google yang cocok untuk Anda. Kampanye Apalikasi Universal merupakan tempat terbaik untuk menyiapkan iklan untuk aplikasi Anda karena jangkauan Google. Iklan aplikasi Anda akan di tampilkan di seluruh jaringan display seperti Youtube maupun Google Play Store.

Kampanye Aplikasi Universal digunakan oleh pengiklan untuk mendorong lebih banyak pemasang aplikasi atau mendorong lebih banyak tindakan dalam aplikasi. Ini juga memiliki proses pengaturan yang lebih mudah atau otomatis daripada jenis iklan Google lainnya. Untuk melakukan iklan ini pengiklan harus menyediakan beberapa teks, tawaran dan aset lalu Google akan mengerjakan sisanya serta akan membuat beberapa kombinasi iklan dan menjalankannya dengan yang paling efektif.

Nah itulah jenis-jenis iklan Google yang mungkin membuat Anda ingin menggunakan salah satu iklan Google tersebut untuk mempromosikan bisnis Anda. Kami berharap sekarang Anda memiliki pemahaman tentang jenis-jenis Iklan Google dan bagaimana mereka bekerja.

Jika Anda ingin menginvestasikan uang Anda untuk iklan berbayar yang dapat memberikan hasil yang luar biasa, Anda dapat mencoba layanan iklan berbayar kami. Dengan menghubungi kami hari ini Anda akan mendapatkan konsultasi gratis dari spesialis Google Ads kami untuk mendiskusikan jenis layanan iklan Google apa yang cocok untuk bisnis Anda.

× Butuh Bantuan?