Lebih Menguntungkan Jualan di Marketplace atau Buat Online Shop Sendiri?

Lebih Menguntungkan Jualan di Marketplace atau Buat Online Shop Sendiri

Mana yang lebih menguntungkan jualan di marketplace atau buat online shop sendiri? Sering kali orang yang ingin memasarkan produknya mengajukan pertanyaan tersebut. Di tulisan ini Anda akan mendapatkan jawabannya, tapi ada baiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara marketplace dan online shop. Supaya nantinya Anda dapat menentukan berjualan di marketplace atau membuat website online shop sendiri.

Jika Anda menjual produk Anda secara online, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa harus membangun estalase fisik di berbagai tempat, menjual produk Anda sepanjang hari tanpa batasan waktu dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Namun untuk melakukan pemasaran online yang sukses, Anda perlu menentukan dimana produk atau layanan Anda di promosikan. Apakah akan lebih menguntungkan jika Anda memasarkan produk Anda menggunakan website online shop sendiri atau di marketplace. Untuk membantu menentukan mana yang lebih menguntungkan untuk bisnis Anda, Anda dapat membaca tulisan ini hingga selesai.

Apa Perbedaan Antara Marketplace dan Situs Website Online Shop?

Sebenarnya perbedaan antara marketpalce dan situs web online shop sendiri sangat sederhana, tapi bergantung pada siapa dan apa yang Anda jual. Jadi, apa perbedaan marketplace dan website online shop? Berikut jawabannya.

1. Marketplace

Marketplace

Marketplace adalah situs online pihak ke tiga yang menyertakan daftar produk dari banyak penjual dari berbagai kategori. Marketplace merupakan perantara yang menghubungkan penjual dan pembeli yang secara online. Atau marketplace membuat jutaan pengunjung tersedia untuk produk Anda, namun Anda juga harus bersaing dengan ribuan penjual lainnya.

Marketplace juga disebut sebagai pasar online, dimana pihak marketplace menyediakan lapak online yang digunakan untuk berjualan secara online. Sehingga Anda dapat menjual produk Anda kepada pengunjung marketplace yang membutuhkan produk Anda. Tapi perlu diketahui, bahwa menjual di marketplace berarti Anda harus siap bersaing dengan ribuan penjual yang sama dengan produk Anda.

Manfaat Jualan di Marketplace

Berikut dua manfaat yang bisa Anda rasakan jika Anda berjualan di marketplace:

  1. Lebih Mudah Untuk Memulai dan Memelihara – Jualan di marketplace Anda tidak harus melakukan promosi, bahkan untuk memulai berjualan pun sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar dan mengikuti peraturan dari pihak marketplace
  2. Terdapat Banyak Pengunjung yang sudah melakukan pembelian – Biasanya marketplace memiliki banyak pengunjung yang telah melakukan pembelian disana.

Kerugian Jualan di Marketplace

Meskipun berjualan di marketplace terlihat mudah, tapi ada beberapa kelemahan berjualan di situs web pihak ketiga atau marketplace.

  1. Memiliki banyak pesaing di situs yang sama – Meskipun produk Anda unik dan murah, tapi ada banyak pesaing yang juga bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan potensial Anda. Jualan di marketpalce memungkinkan produk Anda tidak selalu menonjol. Apalagi jika pesaing Anda menargetkan pembeli yang mengunjungi daftar Anda dengan menempatkan iklan produk mereka di halaman Anda. Sehingga membuat pengunjung Anda sulit untuk menentukan pembelian produk Anda.
  2. Orang yang membeli produk Anda mungkin tidak pernah menyadari keberadaan Anda – Orang-orang yang telah membeli produk Anda tidak akan mengingat merek Anda. Jika mereka ingin membelinya kembali mereka akan melakukan pencarian ulang dan belum tentu produk Anda yang di pilih oleh mereka. Karena orang-orang yang membeli di marketplace tidak berfokus pada penjual, melainkan kepada produk. Sehingga untuk membangun brand awareness dan mendapatkan pengakuan merek tidak akan mudah Anda peroleh.
  3. Tidak dapat mengirim promosi masa depan kepada orang yang telah membeli produk Anda – Kelemahan jualan di marketplace adalah Anda tidak bisa membuat daftar pelanggan untuk mempromosikan produk kepada mereka di masa mendatang. Marketplace tidak membiarkan penjual untuk berkomunikasi dengan pembeli di luar situs, tapi pihak marketplace dapat menghubungi pelanggan Anda lagi di masa mendatang. Sehingga Anda tidak bisa mengirim promosi kepada pelanggan Anda, pengumuman produk baru, bahkan Anda tidak bisa mengingatkan mereka bahwa produk Anda ada untuk mendorong penjualan di masa mendatang. Ini artinya dengan jualan menggunakan marketplace Anda tidak dapat memanfaatkan pembeli sebelumnya.

2. Situs Website Online Shop Sendiri

Online Shop

Situs website online shop adalah jenis toko online yang di buat secara mandiri, tanpa harus mengikuti peraturan pihak ketiga. Memiliki online shop sendiri adalah cara untuk membedakan merek, membangun brand awareness, membangun kehadiran online dan pengakuan merek. Membangun online shop sendiri Anda diwajibkan untuk lebih mandiri, misalnya saja membuat situs web online shop sendiri dan mengatur strategi promosi sendiri.

Mengapa Anda Harus Berjualan Produk Anda Menggunakan Situs Web Anda Sendiri?

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus berjualan produk Anda menggunakan situs website Anda sendiri:

1. Membangun dan Mempertahankan Kontrol Penuh Atas Merek Anda

Ketika Anda membangun toko online Anda sendiri, tidak ada pihak lain yang mengganggu kegiatan penjualan Anda, Anda dapat dengan bebas melakukan promosi dan memberikan diskon. Dengan memiliki online shop sendiri Anda memiliki kontrol penuh atas situs web Anda. Menggunakan website online shop sendiri juga menjadi kesempatan Anda untuk menunjukan kepada dunia tentang merek Anda.

Anda dapat menentukan sendiri desain, template, fitur dan lain-lain untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menyenangkan bagi pelanggan Anda. Dengan online shop sendiri Anda dapat membangun brand awareness, kehadiran online, pengakuan mereka dan menciptakan merek Anda sendiri.

2. Anda Dapat Menargetkan Ulang Pembeli Untuk Menjadi Pelanggan

Keuntungan yang terbesar yang akan Anda dapatkan dari memiliki situs web sendiri adalah Anda telah mendapatkan akses langsung ke pelanggan. Sehingga Anda dapat melakukan promosi ulang kepada pembeli dengan cara mengirimkan pengumuman produk baru, diskon dan lain sebagainya yang pada akhirnya memungkinkan peningkatan penjualan.

Memiliki situs web sendiri artinya dapat menargetkan audiens Anda dan mempromosikan produk Anda kepada orang yang mengunjungi situs website Anda. Anda dapat memasarkan kepada orang-orang yang mengunjungi situs web Anda atau orang-orang yang sudah pernah membeli dari Anda dan tetap terhubung dengan mereka di masa depan.

Menjual produk Anda dengan situs website milik sendiri berarti Anda juga membangun brand awareness dengan pembuatan daftar email. Anda juga dapat menghasilkan pendapatan tetap serta menjalankan promosi untuk terus mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru.

3. Berdiri Sendiri dan Tidak Akan Terjadi Perang Harga

Karena Anda berdiri di situs web Anda sendiri, maka tidak akan terjadi perang harga dengan pesaing Anda. Anda bebas menentukan harga produk di situs website Anda, Asalkan Anda mampu untuk mengambil hati calon pelanggan terhadap kualitas produk Anda.

Kekurangan Membuka Online Shop Sendiri

Berikut beberapa kekurangan membuka online shop sendiri:

1. Anda Harus Membuat Website Online Shop

Anda harus membuat situs web online shop sendiri, tapi Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak jasa pembuatan website online shop profesional yang dapat membantu Anda untuk membuatnya. Anda tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan bagaimana cara membuat online shop, karena dengan mempercayakan pembuatan situs web Anda kepada ahlinya akan dikerjakan dengan baik.

2. Anda Harus Mendapatkan Pembeli dengan Usaha Sendiri

Untuk mendatangkan calon pelanggan ke situs website Anda, Anda harus mengoptimasi situs web Anda untuk mesin pencari dan pengguna. Untuk memudahkan Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web, Anda dapat menggunakan jasa SEO atau jasa Google Adwords.

Lebih Baik Jualan di Marketplace Atau Membuka Online Shop Sendiri?

Nah, Anda telah membaca perbedaan marketplace dan online shop dan kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Jadi, lebih menguntungkan berjualan di marketpalce atau di online shop sendiri? Semuanya bergantung pada bisnis Anda. Jika Anda ingin membangun merek Anda dan tanpa harus mengikuti peraturan dari pihak lain, membuka online shop sendiri adalah ide yang bagus. Jika Anda baru memulai berbisnis online, marketplace bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Jika Anda membutuhkan layanan pembuatan website online shop dan jenis situs website lainnya, kami dapat membantu. Serahkan kebutuhan situs website Anda kepada kami, kami siap untuk mewujudkan kehadiran online Anda dengan situs website yang fungsional. Hubungi kami untuk membicarakan situs web apa yang Anda butuhkan.

× Butuh Bantuan?