Tips Pemasaran Usaha Kecil Selama Pandemi COVID-19

Tips Pemasaran UKM Selama Pandemi COVID-19

Tips Pemasaran Usaha Kecil Selama Pandemi COVID-19. Selama beberapa pekan terakhir hidup kita terganggu saat COVID-19 menjadi pandemi. Masyarakat dunia sedang berjuang untuk menghentikan penyebaran virus corona, begitu pun dengan masyarakat Indonesia.

Ketika tempat-tepat usaha di tutup, sekolah di liburkan dan pemerintah beraksi, masyarakat Indonesia di himbau untuk berada di rumah dan tidak melakukan perjalanan. Hal itu untuk menghentikan penyebaran virus corona baru.

Pandemi COVID-19 juga mempengaruhi perekonomian global dan Indonesia pun ikut terkena imbasnya. Ini juga mempengaruhi Usaha Kecil Menengah (UKM) banyak bisnis terpaksa tutup, banyak dari bisnis yang kehilangan persentase pelanggan yang signifikan dan pekerjaan jarak jauh. Banyak hal berubah selama wabah virus corona dan mengharuskan masyarakat untuk beradaptasi.

Selama kondisi ini belum berakhir, mungkin Anda bingung untuk memasarkan bisnis Anda. Karena COVID-19 juga mempengaruhi perilaku orang berubah dan perilaku pencarian mereka pun ikut berubah, ini juga mempengaruhi hasil iklan Google untuk berbagai industri. COVID-19 telah menyebabkan masalah bagi banyak UKM di Indonesia, jika Anda ingin keluar dari masalah ini dan mendapatkan tips pemasaran, Anda dapat membaca tulisan ini hingga selesai.

Jangan Panik

Kita semua berada di keadaan yang sama, dimana membantu pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus corona dengan mengikuti himbauan pemerintah yaitu tetap dirumah. Tapi apakah Anda akan tetap diam saja dan membiarkan bisnis Anda tenggelam dan tidak terlihat oleh calon pelanggan Anda? akan ada banyak yang bisa di peroleh jika Anda tetap fokus pada masa depan bisnis Anda daripada terlalu lama terjebak dalam hal negatif pandemi virus corona ini.

Untuk para UKM, kondisi ini mungkin menjadi kendala bagi mereka untuk memasarkan bisnisnya. Tapi jangan panik dulu! karena kami telah menyiapkan beberapa tips pemasaran yang bisa membantu Anda keluar dari masalah ini. Jangan biarkan COVID-19 menjadi penghalang bagi pertumbuhan bisnis, Anda harus tetap melakukan yang terbaik untuk pertumbuhan bisnis Anda

Berikut beberapa tips pemasaran sederhana yang dapat Anda ikuti untuk memasarkan bisnis Anda selama pandemi COVID-19 ini:

1. Investasikan Pemasaran Bisnis Anda

Kita semua tahu kondisi ini membuat semua orang sulit untuk bergerak bebas. Tapi selalu ada jalan disetiap permasalahan, begitupun untuk pemasaran bisnis Anda. Jangan biarkan kondisi ini mematahkan semangat Anda untuk terus tumbuh dan berkembang, ada banyak calon pelanggan dan pelanggan yang membutuhkan produk atau layanan Anda. Mungkin saat ini banyak dari pesaing Anda menghentikan upaya pemasaran nya karena mereka tidak tahu manfaat dari terus melakukan pemasaran bisnisnya. Jadi, Saat ini adalah waktunya untuk berinvestasi lebih banyak dalam pemasaran Anda. Ini adalah salah satu cara Anda mendapatkan keunggulan kompetitif di bulan-bulan dan tahun-tahun di masa mendatang

Jangan biarkan virus corona ini menghentikan langkah Anda untuk terus maju, tetap lakukan upaya pemasaran bisnis Anda untuk tetap menjangkau pelanggan Anda. Lakukan upaya pemasaran digital seperti:

1. Pemasaran Media Sosial

Tips Pemasaran

Anda tahu pemerintah telah menghimbau masyarakat Indonesia untuk tetap dirumah, ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk memasarkan produk atau layanan Anda melalui media sosial. Orang-orang yang tetap berada di rumah cenderung menghabiskan waktunya dengan berbagai platform media sosialnya. Anda dapat mengantarkan produk atau layanan Anda di depan mata pelanggan potensial dengan memanfaatkan media sosial. Anda bisa menjadikan ini sebagai kesempatan Anda tetap mendapatkan pelanggan daripada berdiam diri saja tanpa melakukan apapun dan pasrah dengan kondisi yang ada.

2. Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Jika Anda terus melakukan upaya pemasaran mesin pencari, ini akan membuat Anda lebih unggul dari pesaing Anda yang mungkin berhenti melakukan pemasaran mesin pencari. Lagi pula dengan terus melakukan optimasi mesin pencari manfaatnya bisa Anda dapatkan di bulan-bulan bahkan di tahun-tahun mendatang. Jadi, jangan berhenti melakukan upaya pemasaran situs website Anda. Karena calon pelanggan akan tetap membutuhkan apa yang Anda tawarkan dan mencarinya di mesin pencari. Perusahaan jasa SEO dapat membantu Anda untuk melakukan pemasaran mesin pencari di saat sekarang dan di masa mendatang.

2. Alokasikan Kembali Anggaran Pemasaran Anda

Jika selama ini Anda telah menghabiskan banyak uang untuk melakukan pemasaran tradisional. Kini saatnya Anda mengalihkan anggaran pemasaran Anda untuk pemasaran digital. Ada banyak manfaat dari pemasaran digital, apalagi disaat kondisi seperti ini. Anda dapat memanfaatkan pemasaran digital Anda untuk tetap mendapatkan pelanggan potensial.

Jika Anda adalah seorang bisnis penyedia paket tour, mungkin ini sangat sulit untuk Anda. Biasanya Anda melakukan pemasaran bisnis Anda dengan iklan Google Ads, Anda bisa mengalihkan anggaran iklan Anda ke optimasi mesin pencari (SEO). Dengan begitu situs web Anda akan mendapatkan peringkat organik dan ini membantu Anda menyalip pesaing Anda ketika pandemi COVID-19 berakhir.

Bukankah kondisi ini tidak akan berlangsung lama? Jadi, tetap melakukan upaya pemasaran adalah keputusan yang tepat. Coba bayangkan jika Anda berhenti melakukan semua upaya pemasaran. Bukan hanya sekarang Anda tenggelam, namun di masa mendatang di saat pandemi ini berakhir bisnis Anda juga tidak terlihat.

Jika Anda telah menghentikan upaya iklan, Anda dapat terus berinvestasi dalam pemasaran. Anda dapat mengalokasikan Anggaran Anda untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda.Anda harus tahu bahwa ini adalah investasi yang dapat menghasilkan pengembalian yang sangat kuat ketika kondisi ini kembali normal.

3. Fokus Kepada Pelanggan Yang Ada

Anda dapat mengambil sisi positif dari pademi COVID-19 ini. Kondisi ini adalah pengingat yang baik bahwa akan lebih mudah dan murah untuk memasarkan ke pelanggan yang sudah ada dibandingkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Setidaknya Anda masih bisa mendapatkan pelanggan disaat kondisi yang tidak bersahabat ini. Anda masih bisa produktif menyediakan produk atau layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan yang sudah ada.

Anda juga bisa menawarkan yang lebih kepada pelanggan yang sudah ada. Misalnya saja, apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk membantu pelanggan yang sudah ada, bisakah Anda mempercepat pengiriman dengan biaya tambahan dan banyak lagi yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjual produk atau layanan kepada pelanggan yang sudah ada. Berikan pelanggan yang sudah ada dengan kemudahan yang masih bisa Anda handle. Sehingga mereka akan menganggap bahwa Anda memperlakukan mereka dengan istimewa.

Lakukan yang Terbaik Untuk Bisnis Anda

Ini adalah kondisi yang sulit dan menakutkan bukan hanya untuk UKM melainkan untuk semua bisnis. Kami akui, kami juga takut tetapi kami juga selalu optimis, kami percaya bahwa bisnis kami akan lebih kuat dan lebih baik ketika kondisi ini berakhir. Semoga dengan beberapa tips pemasaran ini dapat mengurangi kegelisahan para UKM yang kesulitan melakukan pemasaran bisnis.

Kita tidak harus marah dengan kondisi ini, tapi cobalah untuk menikmati perjalanan ini, kita telah diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga kita 24/7. Mudah-mudahan ini akan cepat berakhir dan kita semua akan menjalani kehidupan yang lebih normal. Jadikan ini waktu Anda untuk menyerap semuanya, tetap berfikir positif bahwa Anda dan bisnis Anda akan baik-baik saja.

Jika Anda butuh bantuan untuk melakukan pemasaran online Anda, kami siap membantu. Serahkan saja semua kebutuhan pemasaran bisnis online Anda kepada kami, kami siap membuat bisnis Anda terus maju di waktu sekarang dan dimasa mendatang. Hubungi kami di 082310361484 & 08170133458 untuk membicarakan semua kebutuhan marketing online Anda.

Kami mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan, ikuti himbauan pemerintah dan selalu berdoa dan berikhtiar untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini. Sementara ini, tetap aman dan tetap dirumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Butuh Bantuan, chat Kami sekarang